5 Rempah–rempah Indonesia Yang Paling Top Di Luar Negeri

Sudah tidak perlu diragukan lagi, jika Indonesia merupakan salah satu penghasil rempah–rempah di dunia yang menjadikan bangsa barat pada abad ke-11 datang dan menjajah sebagian besar wilayah Indonesia demi mendapatkan komoditas terbesar tersebut.

Sampai saat ini ada banyak rempah-rempah Indonesia yang paling top di luar negeri yang tentunya juga sangat dicari.

Kepopuleran rempah ini tentu karena banyak sekali manfaat yang dimilikinya. Salah satu manfaatnya adalah mampu menghangatkan tubuh ketika diolah dalam berbagai bentuk seperti halnya minuman, masakan dan lain sebagainya.

Rempah-rempah di Indonesia yang Paling Top di Luar Negeri

Hingga saat ini, penggunaan rempah-rempah Indonesia masih dilakukan hingga saat ini oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Bahkan, rempah–rempah ternyata juga digunakan sebagai ritual keagamaan untuk Dewa dan Dewi Yunani. Tidak mengherankan jika harga rempah–rempah di luar negeri sana sangatlah mahal.

Berikut ini beberapa rempah-rempah Indonesia yang paling top di luar negeri karena manfaatnya yang sangat besar bagi kesehatan.

1. Cengkeh

Cengkeh

rumahmesin.com

Untuk pertama kalinya, dari sekian banyak jenis rempah-rempah asli Indonesia, rempah-rempah Indonesia yang paling top di luar negeri pertama adalah cengkeh. Hebatnya lagi, rempah-rempah yang asal mulanya dari Maluku ini memiliki harga yang sebanding dengan emas.

Di beberapa negara luar, cengkeh sangat bermanfaat untuk menambah cita rasa masakan serta untuk meringankan permasalahan alergi karena udara yang sangat dingin.

2. Jahe

Jahe

via google.com

Dikenal sejak zaman penjajahan, jahe merupakan rempah-rempah Indonesia yang paling top di luar negeri. Hal ini disebabkan oleh kemampuan jahe dalam menghangatkan badan yang diolah dalam bentuk minuman dan makanan.

Menariknya lagi, banyak bangsa Eropa yang hingga kini sering memborong jahe ketika musim dingin telah tiba dan merekapun akan mencampurkan bahan tersebut ke dalam setiap makanan dan miniman yang akan disajikan. Dengan demikian, mereka akan mendapatkan manfaatnya.

3. Kencur

Kencur

indoindians.com

Jenis rempah-rempah asli Indonesia lain yang juga sangat populer di luar negeri adalah kencur yang dalam hal ini, jenis tanaman rimpang ini sering kali dimanfaatkan sebagai jamu.

Tidak hanya itu saja, kandungan minyak atsiri dan alkaloid pada kencur juga bisa dimanfaatkan sebagai stimulant. Selain itu, kencur juga dapat anda gunakan sebagai bahan herbal untuk mengatasi permasalahan batuk, radang lambung dan juga masuk angin.

4. Kapulaga

Kapulaga

nitaherbal.com

Selain beberapa rempah-rempah Indonesia yang tersebut di atas, ternyata kapulaga juga sangat terkenal di luar negeri dan dianggap sebagai superfood. Dalam pemanfaatannya, kapulaga ini sering kali dijadikan sebagai bahan rempah yang dicampur dalam masakan.

Secara medis, kapulaga sangatlah ampuh dalam mengatasi permasalahan pada bagian perut dan juga usus. Untuk harga kapulaga di luar negeri saat ini dibandrol dengan harga Rp 430,000 per kilonya.

5. Kayu manis

Kayu Manis

wp.com

Kayu manis sangat populer dengan aromanya yang kuat dan rasanya yang pedas serta manis. Dalam pemanfaatannya selain dijadikan bumbu penyedap makanan, rempah-rempah Indonesia yang juga banyak diminati oleh masyarakat luar negeri ini dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi permasalahan diabetes.

Menakjubkannya lagi, bangsa mesir kuno menggunakan kayu manis sebagai bahan mummification.

Diatas adalah jenis rempah-rempah Indonesia yang paling top di luar negeri hingga saat ini. Rempah–rempah memberikan sejuta manfaat yang ke depannya juga dijadikan sebagai bagian dari bahan herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Dengan sejuta manfaat rempah–rempah khas Indonesia ini, tidak mengherankan jika pada zaman dahulu, negara Indonesia dijajah oleh bangsa barat demi mendapatkan rempah-rempah untuk dibawa kembali ke negaranya.

  •  
    1
    Share
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply