8 Manfaat Lebih Mengkonsumsi Pisang Merah

Pisang merah – Indonesia merupakan negara agararia. Dimana sebagian besar penduduk Indonesia adalah bertani. Banyak hasil pertanian tumbuh subur di negara beriklim tropis ini. Sangkin suburnya segala jenis flora bisa tumbuh dengan baik.

Pertanian yang paling banyak ditanam di Indonesia diantaranya adalah pisang. Pisang merupakan buah yang memiliki banyak manfaat. Salah satu adalah adalah sebagai sumber vitamin C. Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca liknnya disini.

Banyak jenis pisang yang dapat tumbuh di Indonesia, kita katakana saja pisang merah. Ya, pisang ini merupakan pisang yang berwarna merah. Berbeda dari pisang yang lain. Umumnya kita melihat pisang berwarna kuning dan sangat jarang kita temukan pisang yang berwarna selain kuning.

Manfaat Pisang Merah

berkahkhair.com

Pisang merah merupakan pisang yang sangat efektif dan baik untuk siapa saja yang ingin diet dan juga dapat mencegah penyakit jantung dan obesitas. Sama halnya dengan beras merah yang rendah nilai glukosanya.

Peneilti menyelidiki pisang merah ini kaya akan serat sehingga sangat pas bagi wanita ataupun para orangtua yang ingin diet dan mencegah penyakit jantung.

Dijual Madu Penggemuk Badan Al Mabruroh, Solusi Tepat Menaikkan Berat Badan Secara Alami

Memang sih pisang merah ini sangat jarang kita temui di Indonesia. Namun apa salahnya kita mencoba jenis pisang ini yang memiliki  16% kebutuhan serat manusia. Pisang merah sendiri sangat populer di negara Taiwan. Cukup merogoh kocek 96NT kamu sudah dapat memperoleh 5 buah pisang.

Di bawah ini akan kami tampilkan segudang manfaat yang dapat kamu alami saat mengkonsumsi pisang merah.

1. Sangat Rendah Kalori

Rendah Kalori 1

cdns.klimg.com

Bagi kamu yang sedang menerapkan program diet, tidak ada salahnya mencoba konsumsi pisang merah. Memang pada dasarnya semua jenis buah-buahan rendah akan asupan kalori. Namun tidak ada salahnya untuk mecobanya bukan?

Setiap satu pisang merah mengandung 110 kalori. Jadi kamu tidak perlu khwatir akan bertambahnya berat badan dengan mengkonsumsi banyak pisang merah. Sebab seberapun kamu makan tidak akan menambah berat badanmu secara signifikan.

Baca juga:
Rasakan 15 Manfaat Lebih Saat Mengkonsumsi Bawang Hitam (Black Garlic)

2. Kaya Serat

Kaya Serat 1

infojakarta.net

Dengan mengkonsumsi pisang merah maka kamu sudah memenuhi kebutuhan serat harian. Setiap satu pisang merah ukuran sedang maka kamu telah memenuhi 4 gram dari 16 persen serat yang diperlukan oleh tubuh.

Serat merupakan sejenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna organ tubuh. Peniliti menyatakan bahwa seorang wanita membutuhkan setidaknya 20 gram serta per hari sedangkan pria membutuhkan 30 gram per hari.

Jadi, kira-kira sudah terbayang kan berapa banyak kamu harus memenuhi kebutuhan serat dalam tuuh? Serat akan membantu kamu tidak mudah lapar alias kenyang.

Sehingga dengan mengkonsumsi jenis pisang ini kamu bisa mengontrol tubuh dengan lebih maksimal. Dan selain itu juga kamu akan dapat mengontrol dan mnegurangi terjadinya penyakit jantung.

3. Sumber Kalium

Sumber Kalium 1

l-men.com

Setiap satu pisang perang ukuran sedang mengandung 400 mg sehingga sudah memenuhi sebesar 11 persen kalium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tahukah kamu apa Kalium? Kalium adalah zat mineral dan elektrolit yang membantu menjaga keseimbangan tubuh. Selain dari pada itu kalium juga berfungsi terhadap jantung, kontraksi otor dan sistem pencernaan.

Peneliti dari Amerika, American Heart Associatin menyatakan bahwa untuk menurunkan kadar tekanan darah agar lebih rendah maka untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium.

Namun, perlu kami ingatkan. Apabila kamu punya riwayat penyakit ginjal tidak kami sarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium. Dan apabila kamu ingin mnegkonsumsi pisang merah ini, maka konsultasi dengan dokter harian kamu.

4. Sumber Vitamin B6

Sumber Vitamin B6 1

testosteronejunkie.com

Apa itu vitamin B6? Vitamin B6 adalah sumber vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme protein dan sel dara hmerah. Sehingga vitamin B6 ini sangat baik untuk memproduksi hemoglobin dalam darah.

Hemoglobin sendiri merupakan kandungan protein yang mengandung zat besi di dalam sel darah merah dan fungsinya sebagai pengangkut oksigen dar paru-paru ke seluruh tubuh.

Apabila kamu sering pusing-pusing, maka itu tandanya terserang penyakit anemia. Yang secara langsung kekurangan vitamin B6. Dengan mengkonsumsi pisang merah, maka secara tidak langsung akan membantumu dalam memperoleh vitamin B6.

Setiap pisang merah yang kamu konsumsi setiap hari maka sudah memenuhi kebutuhan vitamin B6 sebesar 20 persen dari nilai harian kamu.

Pisang Merah (Red Banana)

undergroundhealth.com

5. Sumber Vitamin C

Sumber Vitamin C 1

urbanclinic.wordpress.com

Nah, untuk yang ini sudah bukan hal yang khusus lagi, sebab setiap pisang tentu memiliki kandungan vitamin C. Vitamin C sendiri merupakan vitamin yang larut dalam air.

Sehingga vitamin C berfungsi dalam menjaga kekebalan tubuh dan juga memproduksi kolagen. Zat antioksidan yang dimilikinya dapat menagkal radikal bebas tubuh manusia.

Dengan begitu dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan beberapa jenis kanker yang bisa saja menyerang setiap tubuh manusia.

6. Sebagai Sumber Energi

Sumber Energi Bagi Tubuh 1

reps-id.com

Makan pisang merah akan menghindarkan kamu dari kelesuhan karena pisang jenis ini memiliki kandungan gula alami sehingga dapat dijadikan sebagai sumber energy secara instan.

7. Mampu Mencegah Batu Ginjal

Mencegah Batu Ginjal 1

masalahkesehatan.com

Sebagaimana poin no. 3 diatas, mengkonsumis pisang merah dapat mencegah batu ginjal, serangan kanker dan jantung. Dengan mengkonsumsi sedikitnya satu buah per hari maka sudah dapat membantu kamu meningkatkan kesehatan tubuh dan tulang.

8. Menurunkan Kadar Asam Lambung

Menurunkan Kadar Asam Lambung 1

berkahkhair.com

Sangat penting sekali bagi kamu penderita maag. Memang pada kenyataanya naiknya kadar asam lambung sungguh tidak mengenakkan. Namun kamu jangan khawatir, dengan mengkonsumsi pisang merah maka akan dapat meredakan asam lambungmu, sebab pisang ini memiliki sifat antacid di dalamnya.

Begitu banyaknya manfaat yang dimiliki pisang merah, maka tidak diragukan lagi untuk kita mencicipinya sedikit. Namun ada beberapa hal yang perlu kami informasikan.

Secara fisik, pisang merah merupakan pisang yang sangat berbeda dari pisang lainnya sewaktu ia mencapai usai yang sangat matang. Pisang merah ini memiliki bentuk buah yang berwarna merah maron.

Hal yang berbeda lainnya yaitu rasa buah pisang merah yaitu seperti raspberry. Dan selain 8 manfaat yang kami tampilkan diatas. Manfaat lainnya yaitu untuk ibu hamil.

Bagi ibu hamil mengkonsumsi pisang merah akan mudah diserap oleh melalui rahim. Karena pisang merah ini mengandung asam folat yang baik untuk kandungan ibu hamil.

Kemudian juga baik untuk penderita liver. Yaitu cukup dengan mengkonsumsi pisang merah ditambah dengan dua sendok madu. Dengan mengkonsumsinya tersebut maka akan menambah nafsu makan dan juga menambah stamina.

Untuk dapat menyimak lebih jauh tentang manfaat pisang merah, maka kamu bisa melihat video di bawah diatas. Yuk, kita cicipi sedikit pisang merah untuk menjaga kesehatan tubuh dan stamina.

 

  •  
    1
    Share
  •  
  •  
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  

3 Comments

  1. Frutablend Sen, 5 September 2016
  2. kelinci Kam, 14 September 2017
    • Khair Sel, 19 September 2017

Leave a Reply