Manfaat dan Cara Membudidayakan Pisang Barangan, Buah Khas Sumatera

Pisang Barangan – Buah pisang adalah buah yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Banyak ditemukan pada upacara pernikahan ataupun wirid menjadikan buah pisang sebagai menu atau buah yang wajib disediakan.

Buah yang memiliki banyak manfaat ini ada banyak jenisnya, Indonesia sendiri jika dihitung ada sekitar 20 jenis buah pisang yang dapat dikonsumsi. Dari segi kesehatan, pisang terbukti khasiatnya. Salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan.

A. Pengertian dan Ciri-ciri Pisang Barangan

Ciri-ciri Pisang Barangan

berkahkhair.com

Pisang barangan adalah jenis pisang khas daerah Talun Kenas, Deli Serdang, Sumatera Utara. Jenis pisang ini berbeda dari pisang pada umumnya. Dari segi fisik, pisang barangan memiliki bercak hitam di bagian kulitnya dan mempunyai aroma wangi di setiap gigitan daging buahnya.

Umumnya masyarakat daerah Sumatera Utara menjadikan pisang barangan sebagai makanan pencuci mulut setelah mengkonsumsi makanan utama. Selain daging buahnya yang dikonsumsi, masyarakat medan memanfaatkan daun pisang sebagai pembungkus makanan.

Dijual Madu Penggemuk Badan Al Mabruroh, Solusi Tepat Menaikkan Berat Badan Secara Alami

Selain itu  pisang barangan juga digunakan untuk upacara selamatan baik itu pernikahan, wirid, tahlilan, akiqahan dan acara-acara lainnya.

Dan apabila diteliti lebih jauh lagi, pisang barangan mempunyai segudang manfaat terkhusus bagi kesehatan. Apa sajakah itu? Yuk, simak penjelasan berikut ini:

B. Manfaat Pisang Barangan

2.1. Manfaat Pisang Barangan: Sebagai Obat Diare, Demam dan Memperkuat Rambut

Mungkin sangat sedikit dari kita mengetahui bahwa pangkal batang pohon pisang barangan berfungsi mengobati rasa sakit atau diare pada perut.

Dengan memanfaatkah getah pangkal batang pisang barangan dan mengoleskannya ke perut, maka diare Anda akan sembuh meskipun tidak secara instan.Kemudian getahnya juga dipercaya dapat meredakan demam dan mencegah kerontokan pada rambut.

Dan hal ini telah dipraktekkan oleh para orang tua dahulu. Meskipun secara medis belum terbukti, akan tetapi kita tidak salah mencobanya.

2.2. Manfaat Pisang Barangan: Sebagai Obat Anemia dan Nutrisi Baik Bagi Tubuh

Manfaat lainnya dari pisang barangan adalah sebagai obat anemia. Namun harus diolah terlebih dahulu yakni diubah menjadi tepung.

Ketika pisang barang telah dikeringkan di terik matahari baru kemudian Anda dapat menghaluskannya dengan mesin penggiling atayu blender hingga menjadi serbuk atau tepung.

Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan pisang tersebut untuk mengatasi rasa letih dan nurisi yang baik bagi tubuh.

2.3. Manfaat Pisang Barangan: Mampu Menurunkan Berat Badan dan Mengatasi Batuk Berdarah

Sebagaimana pisang pada umumnya, pisang barangan juga berfungsi untuk menurunkan berat badan. Yakni dengan mengkonsumsi pisang barangan 2 kali setiap hari sebelum maka berat badan akan akan turun sekitar 2 kg setiap minggunya.

Kemudian pisang barangan yang masih mentah dipercaya dapat mengatasi batuk berdahak. Yakni dengan menjadikannya keripik pisang.

2.4. Manfaat Pisang Barangan: Sumber Energi

Umumnya pisang berfungsi sebagai sumber energi yang baik bagi tubuh. Glukosa yang terkadnung dalam pisang langsung diserap oleh tubuh tanpa ada sedikitpun yang tersisa.

Glukosa ini kemudian dibentuk menjadi energi yang langsung dapat digunakan oleh tubuh. Inilah alasan kenapa, buah yang baik dan ekonomis dikonusmis ketika habis berolaharaga adalah pisang.

2.5. Manfaat Pisang Barangan: Menjadikan Tubuh Lebih Ideal

Ketika kita rajin mengkonsumsi buha pisang minimal 2 kali sebelum makan, maka secara otomatis berat badan kita akan menurun.

Artinya  pisang tersebut akan bekerja seolah-olah kita akan merasa cepat kenyang apabila ingin makan makanan yang berat.

Inilah kenapa buah pisang barangan dapat menjadikan tubuh kita menjadi lebih ideal dengan sendirinya. Cara lainnya yaitu dengan mencampur pisang barangan dengan 2-3 sendok makan madu.

Kemudian diminum setiap hari sebelum makan, maka dalam waktu seminggu berat badan Anda meningkatkan dengan baik.

Inilah manfaat dari pisang barangan. Sehingga tidak heran, harga pisang barangan di Medan dan sekitarnya cukup tinggi. Selain rasanya yang enak tapi juga dagingnya sanagt lembut.

Baca juga:
Cara Membudidayakan Pisang Cavendish Lengkap dengan Gambar

C. Resep Makanan Olahan Pisang Barangan

Di bawah ini kami menampilkan dua resep olahan pisang barangan. Yuk disimak:

3.1. Resep Bolen Pisang Barangan

Bolen Pisang Barangan

cookpad.com

Bahan 1:

100 gr tepung cakra (roti)

75 gr mentega

1 sendok makan minyak sayur

Bahan 2:

200 gr tepung cakra (roti)

80 gr gula halus

75 gr mentega dan

80 ml air

Isian:

Pisang barangan yang telah matang

Keju cheddar potong kotak

Bahan Oles:

1 butir kunin telur ayam

1 sendok makan susu kental manis

Cara Membuat:

1) Campurkan semua bahan 2 yang ada sampai bentuk memadat (kalis). Sisihkan lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit.

2) Pisahkan antara adonan 1 dan 2 menjadi 15 bagian.

3) Ambil adonan 2 tadi dan tumpuk di adonan 1

4) Kemudian lipat adonan tersebut lalu giling dengan kayu giling dan lakukan hal seperti itu hingga merata.

5) Kemudian susunlah adonan di dalama loyang yang sebelumnya telah diolesi mentega.

6) Lalu di bagian atas adonan berikan olesan secukupnya.

7) Pangganglah adonan kira-kira 25 mwnit dengan suhu 180OC. Setelah itu keluarkan sebentar dan taburi meises atau keju diatas adonanya. Panggal kembali hingga 5 menit dengan panas di tepi atas.

8) Keluarkan dari loyang dan bolen siap disantap apabila telah dingin.

3.2. Resep Pisang Barangan Panggang

Pisang Barangan Panggang Lezat

bisnisukm.com

Bahan:

Sediakan 4 buah pisang barangan

Margarien untuk memanggang

Keju Cheddar (Iris atau parut)

Choco chip (bila da)

Susu kental manis frisian flag

Cara Membuat:

1) Kupas pisang barangan yang telah matang lalu potong pipih menjadi 2.

2) Lelehkan margarin diatas panggangan dengan wajan yang sedang. Pastikan pisang berwana kecoklatan dan harus ketika dipanggang.

3) Angkat dan taburi keju dan choco chip (bila ada) dan susu kental manis diatasnya.

D. Budidaya Pisang Barangan

Untuk dapat membudidayakan pisang barangan, maka ada 5 tahap yang perlu dipahami. Diantaranya:

4.1. Budidaya Pisang Barangan: Pemilihan Lokasi dan Persiapan Lahan Tanam

Budidaya Pisang Barangan: Pemilihan Lokasi dan Persiapan Lahan Tanam

berkahkhair.com

Lokasi yang baik untuk membudidayakan pisang barangan adalah daerah yang datar dan memiliki curah hujan yang stabil sepanjang tahun.

Lalu disetiap baris area lokasi tanam, berikan atau sediakan parit-parit agar apabila hujan deras tidak muncul genangan yang bisa memicu timbulnya jamur.

Pastikan di area tanam tidak terdapat gulma (rumput liar). Karena secara fungsi gulma ini dapat menyerap unsur hara tanaman. Sehingga apabila dibiarkan maka unsur hara dan nutrisi tanaman akan tersaingi dengan pohon pisang barangan.

Selain itu dengan membersihkan area tanam dari gangguan hama dan penyakit maka akan memudahkan dalam proses penanaman. Dan terakhir tidak disarankan untuk menggunakan obat kimia yakni herbisida untuk membersihkan gulma.

Karena hal ini akan merusak struktur komposisi tanaman tanah. Baik itu dari segi nutrisi, unsur hara dan jasad renik sebagai dekomposer (pengurai).

4.2. Budidaya Pisang Barangan: Penyediaan Bibit

Budidaya Pisang Barangan: Penyediaan Bibit

berkahkhair.com

Ada dua metode dalam mendapatkan bibit pisang barangan yang baik dan berkualitas. Diantaranya adalah:

4.2.1. Bibit dari Anakan (Tunas)

Khusus untuk petani yang memiliki modal yang terbatas. Maka cara ini dapatt ditempuh. Karena selain mudah di dapat juga tidak membutuhkan proses yang panjang.

Namun terpenting dalam pengambilan bibit adalah keseragaman umur dan ukuran tanaman yang kelak dijadikan bibit. Hal ini bertujuan agar adanya keseragaman waktu panen.

Namun apabila nanti dalam prakteknya juga mengalami kesulitan saat pemilihan bibit. Maka Anda hanya tidak perlu menyeragamkan waktu panennya saja.

4.2.2. Bonggol

Memang pada teknisnya memerlukan waktu yang cukup panjang dalam memilih bibit dengan kualitas bagus. Bibit pisang barangan dengan kualitas yang bagus tentu memiliki keunggulan yakni waktu panen akan lebih seragam.

Lalu permasalahannya bagaimana mendapatkan bibit bonggol pohon pisang barangan yang berkualitas?

Bonggol berkualitas dapat diperoleh dengan cara membongkar bonggol pisang yang telah dipanen secara bersamaan.

Lalu dipotong dan dibelah berdasarkan mata tunas. Pemotongan ini harus dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak mata tunas.

Nah, potongan-potongan kecil ini lah yang kemudian dijadiakn tunas baru. Sebelum diletakkan di polybag maka rendam dulu di dalam air hangat selama kurang lebih 10 menit. Setalah 2 bulan di karantian di dalam polybag maka baru bisa dipindahkan ke area tanam.

Di area sekarang ini ada teknik baru diantara teknik diatas dalam memperoleh bibit yang berkualitas. Yakni dengan menerapkan sistem kultur jaringan.

Akan tetapi metode ini perlu penyuluhan kepada para petani untuk dapat menerapkannya. Alasan kenapa metode ini masih sedikit diterpakan di Indonesia adalah keterbatasan ilmu pengetahuan yang dimiliki petani.

4.3. Budidaya Pisang Barangan: Persiapan Lubang dan Penanaman Pohon Pisang

Budidaya Pisang Barangan: Persiapan Lubang dan Penanaman Pohon Pisang

berkahkhair.com

Ukuran lubang yang ideal untuk menanam pohon pisang barangan adalah 50 cm x 50 cm x 50 cm. Pastikan antara top soil (tanah bagian atas) dan subsoil (tanah bagian dalam) telah dipisahkan dengan tanah serta jarak tanam dengan pohon pisang lainnya adalah 2 m x 3 m.

Jalur jarak 2 meter dibuat ke utara dan selatan serta 3 meter ke arah timur barat. Ini bertujuan agar sinar matahari yang masuk lebih optimal.

Kemudian alangkah baiknya lagi sebelum dimasukkan pohon ke dalam lubang agar terlebih dahulu diberi campuran pupuk kandang dan media lubang, dibiarkan terkena sinar matahari guna mencegah munculnya jamur.

4.4. Budidaya Pisang Barangan: Perawatan dan Pemeliharaan

Budidaya Pisang Barangan: Perawatan dan Pemeliharaan

berkahkhair.com

Pemeliharaan dan perawatan pisang barangan dibagi menjadi 4 jenis yakni:

4.4.1 Pengendalian Gulma

4.4.2. Pemberian Pupuk

Pupuk yang terbaik untuk tanama pohon pisang barangan adalah pupuk kandang dicampur dengan urea, TSP dan KCL. Seiap komposisi dikur seberat 200 gram dengan pemberian 3-4 bulan sekali.

4.4.3.  Penjarangnan

Setiap pohon pisang barangan hanya diperbolehkan terdapat 3 pohon anakan (tunas). Upayakan setiap rumpun dengan jarak umur induk dan tunas adalah 3-4 bulan.

Ini bertujuan agar pertumbuhan tanaman menjadi optimal dan buah yang dihasilkan juga berkualitas dan panen secara kontinyu.

Kemudian apabila ada daun yang telah mati atau terserang hama dan penyakit segera potong dan bakar dilahan terbuka. Hal ini bertujuan agar tidak bermunculan lagi serangga-serangga baru.

4.4.4. Pemotongan Jantung

Setiap tandan pisang barangan memiliki 6-10 sisir. Nah, jika sudah terpenuhi jumlah sisir tersebut maka boleh dilakukan pemotongan jantung pisang barangan. Kemudian bungkus tandan buah pisang barangan dengan plastik berbahan polyethilen agar terhindar dari serangan hama dan penyakit.

4.5. Budidaya Pisang Barangan: Panen Pisang

Budidaya Pisang Barang: Pemanenan

wikimedia.org

Pisang barangan akan bisa dipanen jika telah berusia setahun. Apabila buah telah tampak tua atau telah rontok sisa kucup bunga atau bisa juga ditandai dengan bentuk buah yang relatif bulat.

Akan tetapi jangan sampai memanen buah yang telah masak di pohon. Karena hal ini dikhawatirkan akan kematangan sebelum sampai ke pengempul.

Beda halnya jika buah pisang barangan di jual sendiri. Setalah diambil buanya, maka tebang pohon dan jauhkan dari pohon pisang lainnya agar terhindari dari jamur.

  •  
    1
    Share
  •  
  •  
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  

4 Comments

  1. Enny Law Ming, 16 Oktober 2016
  2. Zia Subhan Ming, 16 Oktober 2016
  3. Tuxlin Sen, 17 Oktober 2016
  4. ira duniabiza Sel, 18 Oktober 2016

Leave a Reply