50 Gambar dan Spesies Serangga yang Ada di Sekitarmu

Macam-macam Serangga – Insekta adalah salah satu fauna dari anggota dari filum Arthropoda. Hampir setiap hari kita menemukan berbgaai jenis serangga, contohnya saja lalat, kupu-kupu, kutu, capung, dll.

Tahukah anda bahwa hewan yang paling banyak spesiesnya di muka bumi adalah serangga. Secara umum serangga memiliki 3 bagian utama yaitu kepala, dada dan perut.

Keberadaan insekta dalam kehidupan sehari-hari bisa berperan penting (misalnya jenis serangga yang menguntungkan bagi manusia) dan bisa juga sebagai hama atu penyakit bagi tanaman petani.

Baca:
6 Jenis Serangga yang Menguntungkan bagi Manusia

Berikut ini kan kita tampilkan 50 spesies serangga dan deskripsi singktanya:

1. Kumbang

Serangga Jenis Kumbang

pixabay.com

Kumbang dengan nama latin Coleopetra merupakan salah satu ordo (bangsa) serangga. Kata Coleopetra sendiri itu berasal dari bahasa Yunani koleos dan pteron. Apabila keduanya disatukan artinya sayap berlapis.

Kumbang jenis ini penyebarans sangat luas. Maka dari itu dari seluruh ordo serangga, ordo Coleopetra saja terdiri dari 350.000-400.000 spesies. Sehingga banyak dapat kita temui di semak-semak ataupun pepohonan.

Adapun jenis makanan kumbang ini bervariasi tetapi pada umumnya kumbang memakan bangkai jenis tertentu, menghancurkan jaringan hewan dan tumbuhan yang mati.

Baca:
Penjelasan Lengkap Tentang Morfologi Kumbang

2. Semut

Serangga Jenis Semut

pixabay.com

Semut merupakan anggota keluarga dari Artropoda. Penyebaran semut sangatlah luas. Hampir seluruh permukaan bumi terdapat spesien mungil ini.

Semut hidup berkoloni. Masing-masing koloni akan didapati semut pekerja, semut penjaga, semut pejantan dan dipimpin oleh ratu semut.

Serangga yang masuk kedalam suku Formicidae ini adalah terkuat di dunia. Bayangkan saja, seekor semut jantan mampu mengangkat lebih kurang 50 kali berat badannya. Menakjubkan bukan?

Adapun bentuk tubuh semut terbagi menjadi tiga bagian yaitu kepala, dada (mesosoma) dan perut (metasoma)

3. Nyamuk

Serangga Jenis Nyamuk

pixabay.com

Serangga yang memiliki dua sayap berisik, tubuh yang langsing dan enam kaki panjang  ini masuk ke dalam ordo Dipetra. Adapun panjang spesies ini adalah tidak lebih dari 15 mm.

Dan pada dasarnya nyamuk menghisap protein yang ada pada darah hanya untuk pembentukan telur. Ini hanya dilakukan oleh nyamuk betina saja. Sedangkan nyamuk jantan hanya menghisap madu atau cairan nektra bunga

Fakta menarik dari seekor nyamuk betina adalah memiliki reseptor. Artinya setiap satu ekor nyamuk betina memiliki sensor suhu dan kelembapan yang terdapat pada bagian bawah perutnya. Inilah yang berfungsi untu mengerami telur-telurnya.

Selain itu nyamuk yang menempel pada permukaan air sejatinya bukanlah untuk meminum air tersebut. Tapi itu hanya digunakan sebagai landasan untuk penerbangan perdananya.

Apabila ia tidak kokok menempel pada permukaan air tersebut maka akan mneyebabkan kematian. Dan satu lagi nyamuk hidup tidak lama. Hanya mempunyai siklus hidup empat sampai satu bulan.

4. Lebah

Serangga Jenis Lebah

pixabay.com

Bayangan kita kalau bicara tentang lebah adalah madu. Ya, inilah manfaat yang dimiliki serangga ini. Serangga penghasil madu ini memiliki empat tahap proses perkembangbiakan. Dimulai dari telur kemudian larva berubah menjadi pupa dan menjadi dewasa.

Di dalam sarang lebah hanya dipimpin oleh satu ratu lebah dan memiliki anggota lebah perawat, lebah pencari dan lebah pengumpul. Dan ini dikerjakan hampir kesemuanya oleh lebah betina.

Sedangkan lebah jantan hanya berperan untuk membuahi sang ratu lebah. Setelah itu maka lebah jantanpun mati.

Adapun fakta menarik lainnya yaitu  lebah pengumpul hanya akan mengumpulkan nektar dari jenis bunga dari spesies yang sama dalam satu putaran.

Baca:
20 Gambar Lebah yang Cantik dan Unik

5. Kupu-kupu

Jenis Serangga Kupu-kupu

pixabay.com

Hewan satu ini tentu semua orang telah mengenalnya. Fisiknya yang cantik mengundang semua orang yang melihatnya akan terpikat.

Kupu-kupu merupakan jenis spesies yang masuk ke dalam ordo Lepidoptera. Secara singkat kupu-kupu dibedakan berdasarkan waktu aktif dan ciri-ciri fisiknya. Umumnya kupu-kupu aktif di waktu siang dan ciri-cirinya yaitu bersayap lebar dan memiliki warna yang cemerlang.

Metamorfosis kupu-kupu sama seperti nyamuk yaitu melalui 4 tahap. Telur kemudian larva kemudian menjadi kepompong dan dewasa. Masa hidup kupu-kupu bisa seminggu bahkan setahun.

6. Ngengat

Ngengat

pixabay.com

Ngengat merupakan serangga yang masih dalam ordo Lepidopetra. Perbedaan ngengat dengan kupu-kupu yaitu terletak pada bentuk fisik dan waktu aktifnya. Bentuk fisik ngengat lebih gelap dan bersayap pendek. Dan waktu aktifnya lebih banyak di malam hari.

Kalau pada kupu-kupu memiliki nilai estetika yang baik dipandang dan objek yang menarik bagi wisatawan. Sedangkan pada ngengat merupakan hama perkebunan dan merusak tanaman. Contohnya saja ngengat dapat meyebabkan kerusakan yang parah terhadap hutan di Amerika Serikat

7. Kumbang Tanduk

Serangga Kumbang Tanduk

pixabay.com

Untuk dapat membedakan antara kumbang tanduk jantan dan betina yaitu dari tanduknya. Kalau kumbang tanduk jantan lebih panjnag dan melengkung ke belakang. Sedangkan kumbanng tanduk betina hanya berupa tonjolan.

Kumbang tanduk dapat ditemui dengan mudah di pohon palem. Dan bertelur di batang tanaman inang yang membusuk. Serangga spesises ini sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian pada pohon kelapa sawit muda.

Baca juga:
Kehidupan Kumbang Tanduk Lengkap Dengan Jenis-jenisnya

8. Pinjal

Serangga Pinjal

wikipedia.org

Ini merupaka jenis serangga parasit. Yang banyak ditemui menghinggap pada hewan dan sebagian kecil pada manusia. Hewan ini akan menghisap darah dan inang yang ditumpanginya.

Secara fisik inang tidak memiliki sayap. Namun memilki kaki yang kuat sehingga mampu melompat dari inang satu kelainnya dan masuk melewati rambut dan bulu. Hewan ini sangatlah berbahaya.

Karena bisa mengakibatkan radang dan alergi pada kulit dengan cara mausk kedalam jaringan kulit melalui air ludah.

9. Lalat

Serangga Lalat

pixabay.com

Lalat masih sebangsa dengan nyamuk. Secara fisik lalat memiliki sepasang sayap terbang, bertubuh pendek dan ramping. Dibagian kepada terdiri dari ocelli, antenna, mata majemuk dan mulut.

Fakta menarik dari lalat yaitu memiliki kemampaun pandangan yang dianalisis oleh sekumpulan neuron sensitif terhdap gerakan. Saran neuron iniliah yang dijadikan parameter untuk berguling, mengelak dan berbelok.

10. Kecoa

Serangga Kecoa

pixabay.com

Kecoa adalah serangga yang masuk ke dalam ordo Blattodea. Hampir seluruh belahan dunia kecuali kutub keco dapat ditemukan. Secara fisik kecoa memiliki panjang yang berbeda-beda tergantung daerahnya.

Misalnya saja kecoa di Amerika memiliki panjang 3 cm dan bagian eropa dan asia memiliki panjang 1,5 meter atau lebih. Kecoa sering kita kelompokkan kedalam serangga pengganggu. Kaarena kehadirannya yang dapat merusak hama dan bahan bangunan.

11. Belalang

Serangga Belalang

pixabay.com

Belalang yang masuk kedalam subordo Caelifera ini memiliki ciri fisik antenna yang lebih pendek dari tubuhnya. Suara yang dihasilkan umumnya berasal dari kepakan sayapnya.

Adapun hewan herbivora ini dapat dikonsumsi sebagai protein hewani bagi manusia. Banyak di beberapa negara menggunakan belalang sebagai menu andalannya.

Seperti di pasar malam DOnghuamen, China menjadikan belalang sebagai sajian utama dan disajikan menggunakan tusuk sate.

12. Belalang Sentadu

Serangga Belalang Sentadu

pixabay.com

Belalang sentadu atau bisa juga disebut belalang sembah memiliki keunikan tersendiri. Coba perhatikan model tangannya tersebut seringkali kelihatan seperti sedang berdoa. Secara fisik hewan ini dapat memutar kepalanya dan memiliki panjang 17 cm.

Seekor belalang sentadu betina dapat menghasilkan 300 butir telur yang semuanya dilindungi dalam kantung busa. Belang sembah termasuk hewan karnivora. Biasanya ia memakan serangga kecil seperti lalat, nyamuk atau jangkrik.

13. Kutu Daun

Serangga Kutu Daun

amazine.co

Serangga ini merupakan pemakan getah tanaman. Hewan ini hidup secara berkelompok. Umumnya berwarna hitam, coklat dan hijau. Ukuran fisiknya sangat kecil hanya tidak lebih dari 1 – 2 mm.

Karena serangga ini merupakan hama tanaman yang sangat merusak maka ia merupakan musuh petani. Sebab  kerusakan yang ditimbulkannya yaitu pada daun dan tunas-tunas muda.

Selain sebagai perusak tanaman kutu daun dapat mengundang semut untuk datang karena cairannya mengandung madu atau manis.

14. Tonggeret

Serangga Tonggeret

pixabay.com

Serangga ini pada umumnya dikenal manusia karena mengeluarkan suaranya yang nyaring dari pepohonan. Secara kasat mata hewan ini terlihat seperti lalat. Namun karena ukurannya yang besar dapat membedakannya dari jenis lalat.

Hewan ini memiliki daur hidup yang dipengaruhi oleh musim. Sehingg diujung musim penghunjan serangga ini melakukan ritual musim kawin.

Dibalik musim kawain itu ternyata tonggeret memiliki fase metaformasa yang sangat lama yaitu selama 17 tahun, dan hanya 3 hari menjadi serangga dewasa dan semingu setelah perkawinan tonggeret akan mati.

15. Kutu Kepala

Serangga Kutu Kepala

wikipedia.org

Setiap orang biasanya pernah menderita gatal di area kepala. Bisa jadi gatal itu disebabkan karena banyaknya kutu yang menempel pada rambut. Hewan ini sejenis parasit yang menghisap darah.

Umumnya kutu ini berkembang pada rambut yang tak terurus. Jika berlarut maka  seekor kutu betina dapat bertelur 6 butir perhari dan setelah 8 hari telur akan mentas.

16. Capung

Jenis Serangga - Capung

pixabay.com

Capung adalah jenis serangga yang masuk ke dalam ordo Odonata. Secara umum capung bertubuh relatif besar, hinggap denga nsayar terbuka dan terbentang kesamping.

Secara garis besar siklus hidup capung banyak dihabiskan di bawah permukaan air dalam bentuk nimfa. Pernapasan yang digunakannya yaitu menggunakan insang internal.

Di dalam air nimfa dapat memburu dan memangsa berudu dan anak ikan. Namun setlah dewasa, caoung hanya dapat hidup selama 4 bulan.

17. Wereng

Serangga Wereng

pixabay.com

Bagi kalangan petani sudah tidak asing lagi sama hewan satu ini. Karena hewan ini sebagai hama yang dapat menularkan virus dari sejumlah penyakit tumbuhan penting. Terutama fitoplasma yang hidup di floem tumbuhan.

Ciri-ciri yang terdapat pada hewan ini yaitu nimfa dari fulgorida. Ini berfungsi memproduksi lilin dari kelenjar khusus di perut dan bagian tubuh lainnya. Lilin ini bersifat mebantu menyembunyikan serangga dari serangga pemasangnya lainnya.

18. Kepik

Serangga Kepik

pixabay.com

Kepik adalah serangga yang masuk kedalam keluarga arthropoda dan ordo hemiptera. Serangga yang bertubuh mungil ini tidak mengalami metaformosis secara sempurna. Memiliki sayap yang tipis dan transparan. Dan Struktur mulut yang berbentuk seperti jarum.

Adapun proses perkembangbiakan seranggan ini yaitu perlu melalukan perkawinan agar betinanya bisa membuahi telurnya dan berkembnag biak.

Hampir di seluruh dunia keculai kutub akan dijumpai kepik. Karena cara hidup mereka mereka yang beraneka ragam membuat persebarannya begitu luas.

19. Caplak

Serangga Caplak

cat-world.com.au

Caplak aalah hewan berkaki delapan dan anggota dari Ixodoidea, masih kerabat sama tungau. Serangga ini dikenal sebagai parasit yang hidup pada darah hewan vertebrata. Sehingga keberadaaanya sangat berbahaya sebab dapat menyebarkan virus menular.

20. Kutu Loncat

Serangga Kutu Loncat

pixabay.com

Ini merupakan serangga dari suku Psyllidae. Cara bertanahan hidup serangga ini yaitu dengan memakan cairan tumbuhan, sehingga ada beberapa jenisnya yang sangat berbahaya bagi tumbuhan.

Kutu ini biasanya bersarang di sofa, karena tubuhnya yang sangat kecil sangat sulit bagi kita untuk membasminya. Cara efektif untuk membasminya yaitu dengan melapisi sofa dengan plastik dan sering dibersihkan menggunakan vacuum cleaner.

21. Ulat Jati

Serangga Ulat Jati

berkahkhair.com

Ulat jati atau juga bisa disebut ungkrung. Ulat jenis ini umumnya dikonsumsi masyarakat Gunung kidul, Yogyakarta. Ciri fisik ulat ini yaitu tekstur yang lonjong dan berwarna coklat.

Aapun hukum memakan ulat ini adalah boleh atau tidak masalah karena kembali lagi ke hukum asal makanan yaitu halal sampai ada dalil yang menyatakannya haram.

Meskipun sebagian orang mengatakan ulat ini menjiikan namun ini bukan termasuk makanan yang menjijikkan (rumaysho).

22. Ulat Bulu

Serangga Ulat Bulu

pixabay.com

Ulat merupakan tahapan kedua (larva) setelah menetes dari telur. Umumnya larva ini memakanan dedaunan. Sehingga tidak jarang ditemukan nginggap sebagai hama dalam pertanian.

Ulat bulu masuk kedalam ordo Lepidopetra. Secara fisik ulat memiliki kepada, dada, perut, spirakulun, kait anal, tungakai perut, segmen dan tungkai dada serta antena.

23. Ulat Sutera

Serangga Ulat Sutera

berkahkhair.com

Ulat jenis ini sebagai penghsil benang sutera. Adapun hidup ulat ini hanya di pohon Murbei. Dan satu ekor ulat lat sutera akan menghasilkan 500 butir telur.

Ulat dengan nama ilmiah Bombyx mori ini akan menjadi larva setelah menetas dari telur sekitar 20 hari. Setelah menjadi larva ulat ini tergolong rakus memakan dedaunan Murbei sehingga pertumbuhannya sangat cepat.

Baca:
Budidaya Ulat Sutra

24. Rayap

Serangga

halhalal.com

Rayap masuk ke dalam infraordo Isoptera. Hewan yang kecil ini memiliki prilaku yang khas yaitu dapat membangun istana di dalam tanah hingga kedalaman tertentu.

Satu koloni rayap dapat mencapai ratusan ribu hingga jutaan dan dipimpin oleh satu rayap yang dilindungi sama ribuan rayap. Umumnya rayap ini muncul diawal musim penghujan dan datang secara berbondong-bondong. Ini merupakan sinyal akan datagnnya musim baru.

25. Lipan

Serangga Lipan

pixabay.com

Lipan masuk kedalam bangsa Scolopendromorpha. Hewan ini termasuk serangga noktural yang artinya hewan berbisa. Setiap ruas tubuhnya terdapat sepasang kaki. Dan memiliki panjang dari 10 cm – 30 cm lebih.

Hewan ini tidak sulit untuk dijumpai. Bisa ditemukan di balik dedaunan yang mati, balik batu, gua, hutan dan bagian kolong rumah.

Siklus hidup spesies ini yaitu pada siang hari pergi mencari perlindungan di lahan basah dan gelap. Namun ketika hujan turun, maka ia akan mencari tempat lain untuk berlindung.

26. Kalajengking

Serangga Kalajengking

pixabay.com

Hewan beruas dengan delapan kaki ini termasuk kedal bangsa Scorpiones. Dan masih kerabat dengan serangga birbisa lainnya seperti laba-laba, lipan, tungau dll. Spesisen jenis ini banyak ditemukan di daerah permukaan panas seperti di Amerika Selatan.

Secara umum kalajanegking termasuk hewan yang menyerang saraf. Racunnya dapat bersifat mematikan karena menggangu tranmisi saraf korban.

Namun, tidak semua kalajengking bersifat mematikan, racun yang dihasilkannya hanya bereek rasa sakit dan pembengkakan.

27. Luwing

Serangga Luwing

pixabay.com

Hewan yang berwarna merah ini biasanya disebut kaki seribu. Setiap segmen terdapat dua pasang kaki dan stu kepala. Hewan ini tak bertulang namun ketika disentuh akan melingkarkan badannya membentuk bulatan.

Luwing umumnya makan makanan yang sudah membusuk. Namun hanya sedikit yang karnivora. Cara makannya yaitu mereka akan mengekstrak nutrisi setiap bejumpa dengan makanan dan mengeluarkannya apabila tidak bisa dicerna.

28. Undur-undur

Serangga Undur-undur

jaxshells.org

Hewan ini sekilas seperti capung jarum namun jika dilihat secara terperinci maka serangga ini merupakan kelompok serangga dari keluarga Myrmeleontinida. Hewan ini tidak bisa hidup di daerah dengan suhu yang panas dan hangat. Undur-undur memiliki bentuk fisik dengan panjang 2-10 cm dan bersayap tipis dan transparan.

Perilaku undur-undur dapat dijumpai di sore hari dan terlihat berkoloni saat masa mencari pasangan kawin. Sebagian undur-undur memiliki gigitan yang lumayan menyakitkan walaupun tidak sampai membahayakan.

29. Ketonggeng

Serangga Ketonggeng

staticflickr.com

Ketonggeng adalah hewan beruas yang hampir mirip kalajengking. Serangga ini masuk kedalam keluarga Thelypgonida. Secara fisik hewan ini berwarna gelap, bagian depan mirip seperti kalajengking dan ekornya menyerupai jarum dan berwarna coklat.

Jika dalam keadaan terancam, maka hewan ini akan mengeluarkan bau seperti cairan cuka. Cairan ini merupakan gabungan dari asam asetat dan asam asam oktanoat. Jika terkenana capitannya akan terasa sangat sakit. Dan pada umumnya serangga ini hanya aktif di malam hari.

30. Kepinding

Serangga Kepinding

wikipedia.org

Kepinding atau kutu busuk sering tinggal di rumah manusia khususnya pada tempat tidur. Serangga ini sangat senang tinggal dan bertelur dilipatan batal dan sepray. Sehingga tidak terlihat oleh mata manusia.

Kutu busuk bertindak sangat agresif sehingga secara tidak sadar pada malam hari hewan ini menggingit korbannya sampai menimbulkan bentolan dan gatal-gatal. Selain itu hewan ini termasuk serangga yang beraroma tidak sedap dan sangat menyengat di hidung.

31. Tawon

Serangga Tawon

berkahkhair.com

Tawon dikenal dengan hewan yang mengeluarkan suara bising dan suka menyengat. Hewan ini masuk ke dalam ordo Hymenoptera. Secara anatomi hewan ini sangat mudah dikenal daripada serangga lainnya.

Yang mana hewan ini terdiri dari 3 bagian utama yaitu kepala, throax dan abdomen. Ciri khas tawon denga serangga lainnya yaitui pada pinggangnya yang menyatu dengan bagian dada dan perutnya.

Seperti penjelasan diatas tawon suka menyengat. Hanya tawon betina saja yang memiliki sengatan. Jika terkena sengatannya maka akan bisa melumpuhkan lawannya. Namun ini tidaklah berbahaya bagi manusia.

Sarang tawon memiliki bentuk yang sama seperti lebah yaitu segienam. Disini dia akan menyimpan makanan dan tempat bertumbuhnya anaknya.

32. Kunang-kunang

Serangga Kunang-kunang

cdn.klimg.com

Kunang-kunang merupakan hewan yang dapat mengluarkan cahaya saat malam hari. Adapun cahaya yang dihasilkannya dari sinar singin dengan panjang gelombang 510 nm – 670 nm. Sinar ini hanya pertanda atau kode untuk memberi sinyal kawin.

Banyak kita jumpai spesises ini di rawa-rawa, hutan dan daerah lembab. Cahaya dikelurkannya ini adalah tanda bahwa meyakinkan musuh bahwa mereka bukanlah makanan yang lezat.

Adapun jenis makanan kunang-kunang antara lain tumbuhan, siput, cacing dan serangga lain. Dan hewan ini tergolong karnivora. Masa hidup kunang-kunang sangatlah singkat hanya 2-3 minggu.

33. Agas

Serangga Agas

wikepdia.org

Agas adalah serangga yang hidup di tepi laut, sungai dan kawasan semak-semak belukar. Kehadiran agas sangat menggangu karena mengandung racun yang menyebabkan rasa gatal. Umumny serangga ini berwarna hitam.

34. Anopheles

Serangga Anopheles

sumutpos.co

Ini merupakan salah satu bangsa nyamuk. Serangga ini persebsrannya sangat luas di daerah kawasan endemic, semisaln Afrika dan sebagian asia. Nyamuk ini penyebab malaria namun hanya 30-40 % saja dari jenis nyamuk ini.

Terdapat banyak parasit di dalam nyamuk ini. Sehingga setiap kali gigitannya parasite akan keluar dari mulutnya melalui gigitannya. Gejala yang dapat terlihat pada nyamuk ini hampir sama seperti demam berdarah yaitu diawali dengan demam tinggi, rasa menggigil dan berkeringat.

35. Aedes aegepty

 Aedes aegepty

pixabay.com

Aedis aegepty adalah nyamuk yang mebawa virus dengue yaitu demam berdarah. Hampir semua wilayah tropis terdapat nyamuk jenis ini. Ciri fisik serangga ini yaitu berwarna hitam kecokelatan. Disekitar tubuh terdapat garis-garis putih keperakan yang ditutupi dengan sisik.

Siklus hidup dilakukan pada siang hari oleh nyamuk betina. Sedangkan nyamuk jantan hanya memperoleh makan dari nektar dan tumbuhan. Nyamuk ini gemar di area gelap dan berwarna hitam atau merah.

36. Siafu

Serangga Siafu

kreativitas-alam.blogspot.co.id

Siafu adalah jenis semut yang sangat mematikan di dunia. Hewan yang kecil mungil ini hidup di bagian barat afrika dan secara berkoloni. Semut ini tidak sifatnya berpindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari makan.

Sekilas kita melihat tanduk yang dimiliki seperti kalajengking. Hewan yang dengan nama ilmiah Dorylus Nigiricans ini jika bergerombolan akan menjadi sangat menakutkan sampai hewan besar menghindar.

Umumnya semut ini memiliki panjang tubuh 0,5 – 5 cm. Jika manusia terkenana gigitannya akan menyebabkan sayatan pada kulit dan jika tidak ditangani dengan serius akan menyebabkan kematian.

37. Lalat Tsetse

Serangga Lalat Tsetse

gdb.voanews.com

Lalat ini merupakan lalat terbesar yang hidup di bagian Afrika. Ini digolongkan ke dalam genus Glossina dan masuk ke dalam family Glossinidae. Lalat jenis ini mengandung penyakit trypanosomiasis yang bisa meneyerang manusia dan binatang ternak.

Penyakit yang ditimbulkannya bisa berdampak pada sitem saraf dan disebabkan oleh mikroba trypanosomiasis, Karena serangga ini tergolong berbahaya maka dilakukan pemberantasan mencakup penyemprotan insektisida.

38. Semuat Api

Semut Api

pixabay.com

Sesuai dengan namanya, semut ini memiliki gigitan yang menyakitkan dan bisa menyerang manusia damn hewan. Semut ini memiliki panjang 3 mm – 6 mm. Dan hidup secara berkoloni hingga mencapai seratus ribu. Setiap kooni akan dipimpin oleh ratu semut yang bertelur sampai 200 butir per hari.

Ciri fisiknya yaitu pinggang dan dada terlihat dengan jelas dan kedua antenna masing-masing memiliki sepeuluh segmen dan semut api tidak memiliki gigi.

39. Semut Rangrang

Serangga Semut Rangrang

pixabay.com

Semut jenis ini tidak segan-segan menyerang apa saja yang melewati kawasannya. Sehingga ada sebagian negara di Asia Tenggara memanfaatkan semut ini sebagai penjaga buah yang ranum.

Manfaat lainnya dari semut ini yaitu larvanya digunakan untuk pakan burung berkicau. Hal unik dari semut rangrang ini adalah sukanya memelihara beberpa jenis kutu untuk diambil cairannya.

40. Semut Jepang

Serangga Semut Jepang

jualsemutjepangjkt.files.wordpress.com

Semut jepang dipercaya dapat mengobatai berbagai penyakit seperti halnya diabetes. Semut yang berwarna hitam ini sangat cepat bereproduksi. Tekstur yang kecil ternyata mengandung banyuak maanfaat. Diantaranya menstabilkan kadar gula, menormalkan kolesterol, asam urat dan mengobati penyakit jantung.

Secara fisik semut jepang memiliki ciri-ciri berbadan keras, hidup berkoloni, hewan herbivore dan bersayap namun tidak bisa terbang.

41. Tungau

Serangga Tungau

berkahkhair.com

Tungau adalah sekolompok hewan yang memiliki tungkai delapan. Banyak orang menyebut tungau seperti kutu. Ini adalah pernyataan yang keliru.

Tungau jenis avertebrata dan penyebarannya sangat mudah karena dapat beradaptasi dengan berbagai lingkungan. Tungau dapat dijumpai di air dan daratan secara bebas.

Sebagian jenis tungau ada yang hidupnya menumpang (parasit) dan ada juga sebagai sumber penyakit yang bisa mengakibatkan alergi. Secara fisik ukurannya sangat kecil dan inilah faktor tungau dapat beadaptasi dengan lingkungannya.

42. Orong-orong

Serangga Orong-orong

photos.zoochat.com

Orong-orong adalah serangga karnivora. Serangga ini dpat berlari cepat dan juga dapat terbang hingga sejauh 9 kmdalam musim kawin. Orong-orong masih dalam keluarga Grylloalpidae.

Orong-orong atau anjing tanah memiliki kulit yang tebal, berwarna kecokltan dan dengan sepasang tungkai yang berbentuk seperti cangkul, dimana ini berfungsi untuk menggali tanah dan berenang.

Hewan ini akan mudah dijumpai pada malam hari sedangkan pada musim dingin melakukan hibernasi. Serangga ini dapat ditemukan di lubang-lubang, saat kita ganngu maka akan mengeluarkan suara nyaring speerti jangkrik.

43. Kumbang Tanah

Serangga Kumbang Tanah

pixabay.com

Kumbang tanah merupakan keluarga Carabidae. Spisies kumbang ini sangat banyak dan memiliki panjang sampai 3 mm. Adapun warnanya bervariasi yaitu hitam, cokelat, hijau atau violet.

Secara garis besar kumbang ini hidup hanya sampai satahun saja. Sebelum menjadi kumbang tanah maka larva kumbang ini sangat aktif dan rakus makan ulat, siput dann bahan sayuran. Kumbang jenis ini akan mudah dicari pada malam hari.

44. Kumbang Badak

Serangga Kumbang Badak

pixabay.com

Kumbang badak memiliki panjang tubuh 30 – 54 mm. Kumbang jeis ini banyak ditemukan di daerah Jepang. Kumbang badak ini dapat ditemukan di permukaan dahan yang berpohon kayu keras.

Sebagaimana capung, kumbang badak juga mengalami 4 tahap proses metamofosis sempurna. Jika kita lihat dengan rinci, untuk mengalahkan lawannya kumbang ini menggunakan prinsip pengungkit hingga lawannya jatuh akibat cakar.

45. Bapak Pucung

Serangga Bapak Pucung

berkahkhair.com

Bapak pucung adalah jenis serangga yang cantik dan umumnya berwarna orange disertai bintik-bintik hitam pada tubuhnya. Hewan dengan warna yang mencolok ini memiliki nama latin Dysdercus cingulatus yang memiliki panjang 11-17 mm.

Untuk dapat melihat serangga ini, maka dapat dijumpai di lingkungan yang masih hijau. Namun kehadiran serangga ini tidak begitu menguntungkan bagi petani sehingga bagi petani kehadirannya sebagai hama tanaman.

47. Jangkrik

Serangga Jangkrik

pixabay.com

Serangga yang dikenal sebagai pemakan omnivora ini sangat dekat dengan belalang. Suaranya yang nyaring hampir sama dengan orong-orong. Namun hanya jangkrik jantan saja yang dapat mengasilkan suara.

Umumnya orang menggunakan jangkrik sebagai pakan burung atau ayam laga. Adapun mitos yang berkembang ditengah masyarakat bahwa apabila jangkrik bersuara nyaring itu pertanda akan turun hujan lebat.

47. Ulat Serit Api

Serangga Ulat Bulu

pixabay.com

 

Kalau dilihat warnanya indah. Namun serangga ini sangatlah rakus dalam hal makanan. Banyak pohon sawit mati akibat ulat yang berwarn hijau ini. Jika disentuh maka kulit kita akan terasa panah seperti terbakar api.

Jenis ulat yang menyerang kelapa sawit diantaranya adalah Etothosea asigna, Setora nitens, Darna trima,dan Ploneta diducta namun  diantara itu semua, jenis ulat api yang banyak menyerang tanaman kelapa sawit adalah S. asigna dan S. nitens.

48. Kumbang Biru

Serangga Kumbang Biru

pixabay.com

Sesuai dengan namanya kumbang ini berbeda dengan kumbang lainnya. Perbedaan hanya terletak pada warna yang melekat pada punggungnya yaitu warna biru. Ciri fisik lainnya dari kumbang ini adalah sayapnya yang tebal dan umumny ahanya terdapat di bagian negara Amerika.

49. Tarantula Hawk

Serangga Tarantula Hawk

wikipedia.org

Tarantula Hawk adalah predator yang memburu laba-laba untuk dijadikan makanan bagi larvanya. Serangga ini memiliki panjang bisa mencapai 5 cm. Ciri-ciri lainnya yaitu umumnya berwarna metalik biru, kehitam-hitaman, sayap berwarna orange dan kecoklatan

Cara memburu mangsanya yaitu dengan membuat laba-laba menggerakkan badannya agar keliatan perut, sehingga dengan bagitu ia dapat menyengat perut laba-laba tersebut hingga lumpuh.

50. Serangga Air Raksasa

Serangga Air Raksasa (Insekta)

berkahkhair.com

Serangga air raksasa ini banyak hidup di perairan Kanada dan memiliki ukuran yang sangat besar. Yang membuat serangga ini berbahaya adalah gigitannya yang dapat mengeluarkan racun dan merusak jaringan otot secara permanen.

Semoga bermanfaat ya. . .

  •  
    1
    Share
  •  
  •  
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  

7 Comments

  1. Alfan Zulkarnain Sel, 22 Maret 2016
  2. Mawas Prayogi Jum, 23 September 2016
    • Khair Jum, 23 September 2016
  3. Dewi Ratih Purnama Jum, 28 Oktober 2016
  4. Bagya Rab, 28 Desember 2016
  5. ican mori Rab, 25 Januari 2017
  6. Petani (Mahdi) Ming, 16 April 2017

Leave a Reply