13 Khasiat Buah Pisang Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Khasiat Buah Pisang – Siapa yang tidak kenal dengan buah pisang? Buah yang hampir di setiap pelosok daerah dapat ditemui. Bahkan di setiap kebun pasti terdapat setidaknya 1 pohon pisang. Pisang tumbuh disekitar 107 negara.

Buah yang memiliki kandungan 110 kalori dan 30 gram karbohidrat serta 1 gram protein ini memiliki segudang gizi yang besar. Hampir seluruh bagian pohong pisang dapat digunakan.

Seperti halnya jantung pisang dapat digunakan sebagai pelengkap untuk sayur singkong (ubi), begitu juga daunnya sebagai pembungkus makanan tradisional dan batangnya dapat diolah sebagai makanan bagi sebagian masyarakat papua.

Berdasarkan penelitian orang yang makan 3 buah pisang itu sama halnya memberi 1500 mg potasium yang berguna menambah tenaga bagi tubuh. Buah yang kaya akan vitamin dan mineral ini berguna untuk membangun perbaikan dan regenarasi tulang.

Vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya diantara lain vitamin B kompleks (0,5 mg), vitamin C (9 mg), kalium (459 mg), magnesium (34 mg), zat besi (0,3 mg), serat (3 gr), protein (1 gr), folat (25,0 mcg), riboflavin (0,1 gr), niacin (0,8 mg)

Begitu banyaknya kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki buah dengan nama latin M. acuminate ini menjadikan buah pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat buat pisang yang tidak ketaahui sebagian orang.

Baca:
20 Jenis Pisang yang Dikonsumsi dan Dijual di Indonesia

#1 Diabetes Tipe 1

Diabetes Tipe 1

tech.co

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh kedokteran dan farmakologi mengkonsumsi 1 pisang dengan ukuran yang sedang dapat meningkatkan lipid dan insulin pada tubuh. Karena pisang kaya akan serat yang sangat cocok bagi penderita diabetes.

#2 Mengatasi Hipertensi

Mengatasi Hipertensi

obathipertensi.net

Hipertensi atau tekanan darah tingggi disebabkan karena obesitas, penyakit ginjal atau ketidakstabilan aorta maupun kelainan hormonal. Orang yang mengidap penyakit ini bisa mengakibatkan stroke, gagal ginjal bahkan kematian.

Dijual Madu Penggemuk Badan Al Mabruroh, Solusi Tepat Menaikkan Berat Badan Secara Alami

Maka dari itu bagi yang ingin mengurangi hipertensi maka konsumsilah pisang. Karena kalium yang terkandung dalam buah pisang membantu menjaga keseimbangan cairan sehinngga tekanan darah akan stabil.

Dan kandungan serat pada buah pisang dapat mengikat lemak dan mencegah terbentuknya plak.

#3 Mengatasi Kurang Darah & Baik Untuk Darah

Mengatasi Kurang Darah & Baik Untuk Darah

viva.id

Seperti yang sudah kita jelaskan diawal bahwa pisang mengandung zat besi. Dengan  memakan dua buah pisang setiap hari. Maka bagi penderita anemia dapat terselematkan.

Begitu juga halnya kandungan vitamin B6 pada buah pisang berperan penting dalam memproduksi antibody dan hemoglobin. Sehingga dengan mengkonsumsinya mampu menjaga kadar gula dalam tubuh menjadi stabil.

#4 Meningkatkan Kekebalan Tubuh & Mengatasi Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Meningkatkan Kekebalan Tubuh & Mengatasi Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

tokoherbalacemaxs.com

Kandungan vitamin A dan C pada buah pisang mampu meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Dengan begitu tubuh akan semakin segar dan tentunya tidak lemas.

Dan rasa gatal akibat gigitan nyamuk dapat dihilangkan dengan pisang. Gunakanlah kulit pisang dan kemudian oleskan secara perlahan pada bagian tubuh yang terkena gigitan.

Baca juga: cara alami menghilangkan bau badan

#5 Melancarkan Sirkulasi Udara & Meperlancar Sistem Pencernaan

Melancarkan Sirkulasi Udara

pixabay.com

Buah dengan nama ilmiah M. acuminate mengandung kalium dan potassium yang berkhasiat melancarkan peredaraan oksigen ke otak agar menjadi lebih lancar.

Dengan memakan buah ini minimal satu hari dua kali akan dapat membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terserang stroke dan mengatur hipertensi.

Selain itu buah yang berwarna kuning ini juga sangat ampuh membantu menyerap nutrisi pada sistem pencernaan. Sehingga orang yang makan buah pisang secara teratur akan terhindar dari sembelit dan susah buang air besar.

#6 Mengurangi Rasa Sakit Saat Haidh

Mengurangi Rasa Sakit Saat Haidh

wpengine.netdna-cdn.com

Bagi sebagian kaum hawa belum begitu banyak mengetahui khasiat buah ini untuk mengurangi rasa sakit saat haidh. Dengan mengkonsumsi buah pisang sacara teratur maka rasa nyeri akan berkurang.

#7 Obat Penderita Asma & Liver

Obat Penderita Asma & Liver

lockthecabinet.com

Penelitian yang dilakukan oleh Imperial College yang berpusat di London. 34 % anak-anak yang makan buah pisang minimal satu hari sekali berpeluang terhindar dari penyakit asma.

Dan begitu juga halnya apabila pisang dicampur madu makan akan mengobati penyakit liver. Karena stimulant pada campuran tersebut dapat meningkatkan nafsu makan bagi penderita liver.

#8 Bermanfaat Buat Ibu Hamil

Bermanfaat Buat Ibu Hamil

solusisehatku.com

Seorang ibu hamil sangat memerlukan makanan yang baik buat dirinya dan janin yang dikandungnya. Asam dan kalori sangat berperan penting dalam pembentukan janin.

Seperti halnya asam folat dapat mencegah terjadinya cacat pada anak dan kalori dapat membantu pembentukan sel-sel baru pada janin. Serta bagi ibu yang sering merasakan mual maka konsumsilah buah pisang untuk menjaga kadar gula menjadi stabil.

#9 Menghaluskan Kulit & Mengobati Jerawat

Menghaluskan Kulit & Mengobati Jerawat

divorcelawyertemecula.com

Dengan menghaluskan pisang dan ditambah sedikit madu maka kulit pada wajah akan terlihat cantik dan mulus serta mengurangi jerawat. Teksturnya yang lembut dan dingin inilah yang mampu menghaluskan kulit pada wajah.

Jika ingin mendapatkan hasil yang optimal lakukanlah hal semcam ini serutin mungkin. Maka dalam beberapa hari jerawat dan kulit pada wajah akan tampil mulus dan percaya diri.

#10 Membantu Percernaan Usus & Luka Lambung

Membantu Percernaan Usus & Luka Lambung

divorcelawyertemecula.com

Jika anda biasanya menggunakan obat pencahar untuk mengurangi sembelit maka setelah membaca artikel ini cukuplah menggunakan buah pisang. Dengan menambahkan susu pada buah pisang maka akan membantu mengurangi terjadinya penyakit usus.

Usus sangat erat kaitannya dengan lambung maka kandungan yang dimiliki pisang yaitu anti-asam sangat membantu mengurangi terjadi asam lambung dan juga iritasi pada lambung.

#11 Menjaga Kesehatan Kedua Mata

Menjaga Kesehatan Kedua Mata

pixabay.com

Banyak tak menyangka bahwa pisang juga ternyata berkhasiat menjaga kesehatan mata. Vitamin A yang dimiliki oleh pisang mampu melarutkan lemak dan melindungi mata.

Dengan begitu asupan yang diberikan oleh pisang dapat mengurangi resiko kebutaan. Karena senyawa yang terdapat pada pisang ini mampu melindungi membran yang mengelilingi mata.

Antara pria dan wanita memilki kebutuhan vitamin A yang berbeda, misalnya pria membutuhkan 900 mikro gram dan wanita membutuhkan 700 mikro gram.

Selain itu di dalam 1 buah pisang terdapat alpha karoten dan beta karoten yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.

lihat juga : cara mengatasi rambut rontok

#12 Mengurangi Mood Booster

Mengurangi Mood Booster

pixabay.com

Disaat suasana hati anda sedang kacau, stress atau deperesi. Maka makanlah pisang karena kandungan triftopan yang dikandungnya sangat memiliki peran penting dalam pembentukan hormon serotonin.

Hormon inilah yang mengatur suasana hati anda. Dengan memakan pisang satu buah saja saat anda stress maka denganseketika otak anda akan lebih tenang.

#13 Aneka Olahan Bahan Makanan

Aneka Olahan Bahan Makanan

berkahkhair.com

Banyak koki ataupun ibu rumah tangga menggunakan pisang untuk berbagai macam makanan olahan. Seperti halnya membuat pudding, jus, smoothie atau makanan penutup.

Makanan kue atau[un roti akan terasa enak dan lezat jika ditambahkan olahan pisang. Karena aromanya yang khas bagi siapapun menciumnya akan langsung ingin mencoba memakannya.

  •  
    1
    Share
  •  
  •  
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  

8 Comments

  1. Aireni Biroe Sab, 12 Maret 2016
    • Khair Ming, 13 Maret 2016
    • muh gunardi Sel, 13 Desember 2016
  2. Diah Kusumastuti Sen, 14 Maret 2016
  3. Nanda Sel, 15 Maret 2016
    • Khair Sel, 15 Maret 2016
  4. Fajar ro'is Sen, 28 Maret 2016
  5. muh gunardi Sel, 13 Desember 2016

Leave a Reply