Metode, Tata Cara dan Manfaat Inisiasi Menyusu Dini

A. Metode Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Inisiasi Menyusu Dini – disingkat dengan IMD mulai diperkenalkan kepada masyarakat pada Maret 2006 oleh M. Edmond. Metode ini didasarkan pada refleks atau kemampuan bayi dalam mempertahankan diri (survival instinc).

Menurut Edmond bayi yang baru berusia 20 menit, dia akan refleks mencari puting susu ibunya. Dan ini bisa berlangsung selama 60 menit atau bahkan bisa lebih.

Perlu diperhatikan IMD bukanlah metode ibu yang menyusui si bayi, akan tetapi si bayi yang dengan sendirinya mencari puting susu ibunya.

Metode ini dilakukan dengan cara mendekatkan bayi yang baru lahir di dada ibunya dan membiarkan bayi merayap dengan sendiri mencari puting susu ibu untuk menyusui.

 

 


Ingin Payudara Sista lebih kencang dan padat? Pakai Cream Dr. SUSAN Extra Breast Cream aja!

Dr. SUSAN Extra Breast Cream Original Thailand

Dr. SUSAN Extra Breast Cream Original Thailand

Dr. SUSAN Extra Breast Cream From Singapore diformulasikan untuk mendapatkan hasil payudara yang lebih kencang, berisi, sehat dan besar!!

Diracik dan diramu menggunakan herbal alami spesial dengan ekstrak Nano Q20 CO-enzyme yang memiliki lebih banyak keunggulan dan hasil yang lebih efektif dan terbukti dibanding produk lainnya.

Apa Keunggulan Dr. Susan Extra Breast Cream?

  • Hasil bisa terlihat insyaAllah dalam 1 minggu
  • Payudara akan tampak lebih kencang dan padat, apabila dipakai secara rutin ukuran cup bra bisa menjadi setingkat lebih besar
  • Sangat efektif, sekali pakai langsung terasa hangat.
  • Kulit payudara jadi lebih lembut dan kenyal

Bagaimana Cara Pakai Dr. Susan Extra Breast Cream?

  • Ambil sedikit cream, pijat perlahan pada payudara selama kurang lebih 2-3 menit ke arah atas sampai cream meresap seluruhnya (Ingat! Jangan sampai terkena bagian puting).
  • Dipakai 2 kalo sehari setelah selesai mandi, dan hasilnya akan tampak hanya dalam 1 minggu.
  • Selama perawatan dengan Dr. Susan Extra Breast Cream sangat dianjurkan untuk memakai bra yang berkawat.
  • Lebih baik jangan digunakan selama masa menstruasi.

Spesifikasi Produk Dr. Susan Extra Breast Cream

Dr. SUSAN Extra Breast Cream Asli

Kondisi Barang Baru
Netto (Isi) 70 gram
Bruto 100 gram
Harga Rp. 70.000

 

Harga Spesial : Rp. 70.000

*Harga belum termasuk ongkos kirim

 

Produk asli dari dr.susan beauty center. 895A beach road singapore 19951. Dijamin asli 100%

Cara Memesan Dr. Susan Extra Breast Cream

Kirim SMS/WA ke No 0853 6298 9409 (No. Resmi) ataun PIN BB  7ED7FDF6 dengan Format

(#Nama Penerima#No. Hp Penerima#Kode Pos#Provinsi#Kotamadya/Kabupaten#Kecamatan#Alamat Lengkap#Jumlah Pemesanan

Jasa Pengiriman yang kami gunakan adalah JNE

Dengan Model Paket Pengiriman :

JNE Reguler adalah paket reguler yang ditawarkan JNE. Kecepatan pengiriman tergantung dari lokasi pengiriman dan lokasi tujuan. Umumnya memakan waktu 3-4 hari

JNE OKE adalah paket ekonomis yang ditawarkan JNE. Umumnya pengiriman melalui paket ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Dukungan kota masih terbatas. Umumnya makan waktu 4-5 hari.

JNE YES adalah paket eksklusif/prioritas yang ditawarkan JNE.  Hanya diperlukan kecepatan barang diterima dan dipengaruhi kecepatan penjual melakukan pengiriman barang. Umumnya makan waktu 2-3 hari.

Contoh Pemesann Produk Dr. Susan Extra Breast Cream

#Ummu Hana#085334273839#2147# Provinsi Jawa Timur# Kota Surabaya#Kecamatan Sukakarsa#Jl. Luka No.3, RT/RW 03/02, Simpang Kantor Camat Sukakarsa#5 botol Dr. Susan Extra Breast Cream

kirim SMS/WA ke No. 0853 6298 9409 (No. Resmi) ataun PIN BB  7ED7FDF6

Setelah format pemesan kami terima maka pesanan akan kami balas dengan cepat dan  segera kami kirimkan dengan rapi dan aman. Terimakasih.

 

 

 


Ingat, IMD harus langsung dilakukan tanpa menunggu harus melakukan kegiatan mengukur atau menimbang bayi terlebih dahulu. Jadi, bayi jangan dibersihkan cukup dikeirngkan saja kecuali tangannya. Agar terjadinya proses skin to skin antara bayi dengan ibu.

Metode IMD sangat besar manfaatnya namun sangat jarang dipraktikkan oleh orang tua maupun pihak medis. Disebabkan karena kurangnya pengetahuan antara orang tua dan pihak medis.

Metode ini sudah di terapkan di Indonesia namun bukan dengan cara yang benar. Ada 2 kesalahan yang sering terjadi saat memulai metode IMD di Indonesia.

Metode Inisiasi Menyusu Dini 1

satujam.com

Kesalahan pertama adalah bayi yang baru lahir sudah dibungkus atau dibalut dengan kain sebelum di dekatkan ke ibunya sehingga tidak terjadi proses skin to skon contact. Dan kesalahan yang kedua, bayi bukan menyusui tapi disusui.

Berikut ini kami tampilkan informasi IMD yang dapat mendorong ibu maupun pihak medis agar dapat melakukan IMD setelah bayi dilhairkan.

1. Ketahui dan percayalah bahwa bayi dapat melakukan IMD dengan sendirinya. Karena pada dasarnya bayi secara alami akan menyusu dari ibunya saat dia lahir. Jadi ibu jangan terlalu khawatir terhadap bayinya.

2. Metode IMD merupakan langkah awal yang sangat baik apabila ibu ingin memberikan ASI eksklusif kepada bayi selama 6 bulan. Bayi akan menyukai ASI dan ibu tidak akan kekurangan memberikannya. IMD juga akan mengurangi rasa nyeri saat menyusui.

3. Ibu jangan khawatir apabila dalam satu jam lebih si bayi tidak dikenakan pakaian. Karena ketika ibu mendekatkan bayi ke dada maka secara otomatis akan memberikan kehangatan secara sempurna.

Apabila bayi merasa kedinginan maka suhu tubuh ibu akan secara otomatis meningkat sebesar 2 derajat celcius. Begitu juga apabila bayi kepanasan maka kulit ibu juga akan menyusuaikan dengan menurunkan suhu sebesar 1 derajat celcius.

4. IMD dapat meningkatkan sistem imun bayi sehingga dapat mengurangi kematian bayi yang baru lahir.

5. Gerakan bayi yang merayap di tubuh ibu maka akan dapat menghentikan pendaharan bagi ibu pasca melahirkan.

6. Apabila bayi menangis saat proses IMD, maka jangan buru-buru memberikan ASI kepadanya. Karena bayi menangis belum tentu lapar. Biarkan saja bayi menemukan puting susu ibunya sendiri.

7. Apabila ibu melahirkan melalui operasi caesar, IMD tetap dilakukan meskipun kemungkinan hanya 50%.

8. Dan terkakhir IMD dapat meningkatkan ikatan batin antara ibu dan anaknya.

Baca juga:
Perawatan Payudara dan Makanan untuk Ibu Menyusui
Tips Memperbanyak dan Memperlancar ASI Secara Alami
Cara Menyimpan dan Memerah ASI yang Benar

B. Tata Cara Inisiasi Menyusu Dini

Tata Cara Inisiasi Menyusu Dini 1

duniabiza.com

1. Saat setelah bayi dilahirkan dan kemudian ari-ari dipotong, maka bayi langsung didekatkan ke dada ibu tanpa perlu dibersihkan cukup dikeringkan saja terkecuali tangannya.

Apabila bayi kedinginan maka secara otomatis suhu ibu akan meningkat begitu juga apabila bayi merasa kepanasan maka suhu ibu juga akan turun.

Setelah didekatkan ke dada ibunya bayi akan diam selama 20-30 menit. Karena bayi akan menetralisir keadaaanya setelah trauma melahirkan . Tahan ini dikenal dengan rest alert.

2. Apabila bayi merasa lebih tenang maka dia akan bergerak-herak seperti halnya merangkak.

3. Setelah bayi melakukan gerakan tersebut, maka selanjutnya bayi akan mencium tangannya. Bau tangan bayi serupa dengan bau air ketuban dan juga sama dengan bau disekitar puting ibu.

Dengan mencium bau tangannya maka bayi akan secara otomatis akan mencari bau serupa dengannya yaitu puting susu ibunya. Secara perlahan-lahan dia akan bergerak mendekati puting ibunya dan kemudian akan menjilati dada ibu.

Jilatan ini berfungsi untuk membersihkan membersihkan bakteri jahat disekitar dada ibu dan kemudian diubah menjadi bakteri baik ketika masuk ke dalam perut bayi. Lamanya waktu jilatan ini tergantung bayi seberapa banyak ia mau membersihkan dada ibunya.

4. Setelah bersih maka bayi akan mengisap puting susu ibu yang bertujuan untuk merangsang agar ASI segera diproduksi. Lamanya produksi ASI tergantung dari bayi.

5. Dan terakhir bayi akan menyusu ASI dari ibunya.

Atau bisa dilihat melalui video berikut ini.

C. Pentingnya Skin to Skin Contact pada Saat Proses Inisiasi Menyusu Dini

Mungkin muncul pertanyaan apa alasan skin to skin contact saat proses IMD sangat penting? Berikut kami berikan jawabannya:

1. Kehangatan dada ibu dapat menurunkan resiko terjadinya hypothermia dam juga dapat menurunkan resiko kematian akibat kedinginan.

2. Bayi akan terhindar dari stress dan akan lebih tenang dengan begitu detak jantung dan pernapasannya akan lebih stabil.

3. Bayi akan terhindar dari bakteri meskipun tanpa dibersihkan maupun tak dilapisi pembungkus.

Karena bayi akan memperoleh antinya dari ASI. Bakteri baik akan langsung memerangi bakteri jahat yang lebih berbahaya di lingkungan luar.

4. Ibu maupun bayi akan terlihat tenang sehingga bisa membantu pernapasan bayi jauh lebih stabil. Dengan begitu bayi jarang rewel yang akan mengurangi pamakaian energi yang berlebihan.

5. Bayia kan menerima kolostrum atau ASI pertama. Yakni cairan yang sangat berharga untuk pertumbuhan usus dan kekebalan tubuh.

Pentingnya Skin to Skin Contact pada Saat Proses Inisiasi Menyusu Dini 1

s-media-cache-ak0.pinimg.com

6. Zat antibodi yang dimiliki ASI akan menjamin kelangsungan hidup bayi.

7. Bayi akan memperoleh ASI yang tidak akan menganggu pertumbuhan, perkembangan baik itu fungsi usus dan alergi pada tubuh.

8. Bayi yang diberikan IMD diawal akan jauh lebih berhasil dalam memberikan ASI eksklusif dan akan mempertahankan menyusu selama lebih kurang 6 bulan.

9. Sentuhan, emutan dan jilatan bayi akan merangsang sang ibu untuk mengeluarkan oksitosin yang sangat berperan dalam membantu mengeluarkan plasenta dan mengurangi pendarahan.

Mampu merangsang hormon yang akan membuat ibu menjadi lebih rileks dan tenang. Serta juga akan menimbulkan rasa cinta antara ibu dan anak.

Dan juga mampu merangsang lebih cepat pengaliran ASI dari payudara sehingga si bayi langsung dapat merasakan ASI pertama ibunya.

Silahkan dibaca juga:
Manfaat Petingnya ASI Eksklusif Bagi Bayi
Manfaat ASI Bagi Bayi dan Manfaat Menyusui Bagi Ibu

D. Manfaat Inisiasi Menyusu Dini

Cara Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

slidesharecdn.com

Ada banyak manfaat dari Metode Inisiasi Menyusu Dini, beberapa diantaranya dapat kami rangkum menjadi 7 yaitu:

1. Anak yang dapat menyusu dini akan lebih mudah menyusui di kemudian hari sehingga dengan begitu kegagalan akan semakin berkurang. Serta dapat menurunkan angka kematian pada bayi.

2. Hubungan antara keluarga ayah, ibu dan bayi akan lebih akrab, karena di jam pertama dilahirkan ayah, ibu dan bayi bersatu. Sambil si bayi mencari puting ibu, maka sang ayah bisa sambil mengazankan si bayi.

3. Dengan IMD sistem imun bayi akan terproteksi. Karena dapat disalurkan melalui ASI.

4. IMD sangat bermanfaat untuk menstimulus ibu agar memproduksi ASI. Karena bayi yang menyentuh dada ibu akan merangsang saraf sensorik yang kemudian langsung memerintahkan otak untuk memproduksi hormon oksitosin dan prolaktin.

5. IMD dan pemberian ASI eksklusif akan berpotensi membuat bayi sehat, cerdas dan shaleh.

6. Dengan IMD, angkat kematian bayi pasca melahirkan menurun sebesar 22 persen. Berarti menunda IMD maka berpotensi meningkatkan kematian bayi.

7. IMD dapat mensukseskan program Millenium Development Goals (MGDs). Apa itu MGDs? MGDs adalah program yang bertujuan dalam pengentasan kemiskinan dan kelaparan. Pemberian ASI eksklusif dapat mengurangi kemiskinan, sebab ASI bersifat ekonomi beda halnya dengan susu formula.

E. Agar Inisiasi Menyusu Dini Dapat Diterapkan Dengan Maksimal

Agar Inisiasi Menyusu Dini Dapat Diterapkan Dengan Maksimal 1

hellodoctor.co.id

Belum banyak rumah sakit ataupun bidan di Indonesia yang mengakomodasi proses IMD sehingga  menjadi suatu persoalan dan seklaigus tantangan serius yang mesti di hadapai terutama di Indonesia.

Oleh karenanya wajib bagi calon ibu lebih selektif untuk memilih rumah sakit yang pro ASI dan IMD. Dibawah ini kami berikan 5 pertanyaan yang wajib ditanyakkan kepada pihak rumah sakit atau bidan jika ibu ingin menerapkan IMD.

1. Apakah rumah sakit atau tempat bersalin mempunyai aturan untuk menempatkan ibu dan sang buah hati dalam satu ruangan atau istilahnya rooming-in setelah melahirkan.

2. Rumah sakit atau tempat bersalin tidak menyarankan ibu menerapkan susu formula untuk bayi. Terutama bagi ibu yang tidak bisa memproduksi ASI.

3. Apakah perawat atau bidan mau membantu proses melahirkan atau persalinan pro-ASI dan siap juga membantu ibu untuk menyusui.

4. Bisa menanyakan kepastian kepada dokter, perawat atau bidan untuk memberikan waktu kepada ibu dan bayi dalam melakukan proses inisiasi dini setelah pasca melahirkan. Dan juga membiarkan bayi menyusu selama yang dia butuhkan.

5. Hal-hal lain seperti memandikan, mengenakan pakaian dan menimbang bayi dapat ditunda dulu setelah IMD selesai dilakukan.

Ada kalanya prosedur diatas tidak berjalan lancar seperti ibu harus melakukan operasi caesar ataupun komplikasi lain yang dituntut harus menngikutinya.

Namun perlu ditanamkan dalam benak seorang ibu bahwa IMD sangat penting untuk dijalankan apabila masih memungkinkan untuk diterapkan.

Proses IMD akan berhasil apabila didukung oleh semua pihak terutama suami, keluarga dari pihak istri dan suami serta rumah sakit atau tempat bersalin.

F. Inisiasi Menyusu Dini Pada Persalinan Caesar

Inisiasi Menyusu Dini Pada Persalinan Caesar 1

blog.goethe.de

Apabila ibu melakukan operasi caesar dengan pembiuasan secara spinal dan ibu juga tetap sadar, maka si bayi segera dikeringkan namun tanpa menghilangkan lemak yang melekat ditubuhnya.

Lalu bayi langsung ditelungkupkan di perut ataupun dada ibu baru kemudian di selimuti. Biarkan saja si bayi hingga ia mencari puting susu ibu tanpa memaksanya.

Apabila dilakukan pembiusan atau anetasi pad ibu maka sang ayah dapat langsung melekatkan kulitnya dengan kulit bayi selama menunggu ibu selesai operasi.

Jika kontak skin to skin ditunda, bayi dapat diletakkan di inkubator sembari menunggu kondisi ibu dan bayi stabil.

G. Inisiasi Menyusu Dini Pada Persalinan Kembar

Inisiasi Menyusu Dini Pada Persalinan Kembar 1

cosmomom.net

Apabila bayi yang dilahirkan kembar, maka bayi pertama pasca melahirkan lakukan kontak langsung dengan kulit ayahnya. Lalu bayi kedua lekatkan dengan perut atau dada ibunya.

Setelah itu bayi pertama letakkan kembali di pangkuan dada ataupun perut ibunya. Boleh berikan bantuan sedikit apabila mengalmi kesulitan saat IMD.

H. Pedoman Menyusui

Pedoman Menyusui 1

beritaenam.com

Pedoman Menyusui Menurut UNICEF dan WHO, Breast Feeding Promotion and Support tahun 2005

1. Setelah melahirkan langsung segera disusui dengan metode Inisiasi Menyusu Dini.

2. Ingat, jangan memberikan makanan ataupun minuman lain kepada bayi kecuali ada instruksi dari dokter. Riset menunjukkan sangat jarang ditemukan ibu yang tidak memiliki air susu yang cukup sehingga memerlukan susu tambahan buat si bayi. (Enkin, 2000)

3. Selama 6 bulan pertama berikan ASI eksklusif dan dianjurkan memberikan makanan pendambing tambahan setelah 6 bulan.

4. Berikan ASI kepada si bayi sesuai dengan dorongan alamiahnya baik pagi, siang maupun malam atau setidaknya 8-10 kali dalam 24 jam selama bayi menginginkannya.

 

  •  
    1
    Share
  •  
  •  
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  

One Response

  1. ria IMD Sab, 25 Februari 2017

Leave a Reply