16+ Hiasan Dinding Unik yang Membuat Kamu Betah di Rumah

Hiasan Dinding – Setiap pemilik rumah tentu sangat menginginkan ruangan yang cantik dan nyaman. Sehingga tidak heran bagi kita apabila ada sebagian orang menghabiskan waktu, pikiran, tenaga bahkan materi untuk mempercantik desain ruangan yang lebih menarik dan juga enak dipkamung.

Tetapi perlu diingat bukan berarti ruangan yang tampil menarik diidentikkan dengan tampilan yang serba mewah dan perabot yang serba mahal.

Memang orang akan memkamung rumah dengan tampilan tersebut terkesan namun bukan berarti menarik. Karena bisa jadi terkesannya itu disebabkan karena perbotan dan desaain dengan harga yang sangat fantastis.

Bahkan sebaliknya dengan tampilan yang sederhana dan biasa justru akan menjadikan rumah yang minimalis menjadi terlihat menarik dan unik.

Karena ditangan orang yang memiliki kreatifitas dan inovatif yang tinggi rumah pun bisa disihir menjadi tampilan yang sangat mengagumkan bahkan bisa melebihi rumah mewah dengan segala perabotan mahal.

Untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah tetapi cuman butuh kesabaran, kreatifitas dan inovasi serta penataan yang menarik dan juga furniture yang unik sesuai dengan tema rumah Kamu.

Dengan memulai hal yang kecil seperti memilih girden dengan warna yang ceria kemudian menggunakan cat yang cerah untuk dinding atau juga bisa menempelkan wallpapaer yang unik di satu sisi dinding.

Cara lainnya misalkan dengan membeli aksesoris yang tepat untuk diletakkan di dinding atau bisa juga dengan memanfaatkan barang bekas yang diolah menjadi hiasan menarik.

Namun sebelum itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu kepada Kamu tips dalam memilih hiasan dinding yang dilansir oleh wolipod.detik.

Tips Dalam Memilih Hiasan Dinding

1. Dinding Kosong dengan Area yang Cukup Luas

Aspek terpenting untuk menyihir rumah Kamu menjadi menarik dan unik adalah dengan mempertimbangkan area yang cukup. Misalnya saja dengan menempatkan suatu lukisan di ruang tamu.

Ukuran lukisan yang ditempelkan di dinding mesti disesuaikan dengan area kosong dinding. Jangan menempatkan lukisan besar di dinding area kosong yang kecil dan begitu juga sebaliknya. Intinya harus disesuakan saja.

2. Tidak Mesti Mahal

Jauhkan anggapan bahwa rumah yang menarik harus merogoh kantong yang besar. Ingat ya, barang seni tidak selalu diidentikkan dengan mahal.

Kamu cukup memilih barang yang murah namun bisa menciptakan daya tarik tersendiri apabila di letakkan di suatu ruangan. Tidak mesti harus lukisan asli namun Kamu dapat menempelakn lukisan kesayangan Kamu dalam bentuk print.

3. Sesuaikan Dengan Selera

Karya seni tergantung dari selera masing-masing individu karena hal ini bersifat personal. Artinya jangan selalu mengaitkan kesamaan warna dengan barang yang ada di ruangan tetapi pilihlah suatu barang yang kesana dan arti yang dalam apabila ditempelkan di dinding.

Sehingga ini akan membangkitkan mood atau perasaan Kamu menjadi nyaman dan tenang saat berada di ruangan tersebut. Caranya yaitu coba Kamu pikirkan barang yang akan Kamu simpan hingga puluhan tahun.

Dalam hal ini Kamu harus memilih suatu karya seni yang apabila dipajang akan disukai oleh Kamu dan juga anggota keluarga yang lain.

4. Cocokkan Dengan Tema Rumah

Pilihlah barang yang sesuai dengan penataan tema ruangan Kamu. Misalnya saja tema ruangan Kamu dipenuhi dengan buku-buku maka pilihlah barang yang sesuai dengan teman tersebut. Contihnya lukisan pensil, atlas dan lain sebagainya.

Jangan menempatkan barang yang bertolak dengan teman ruangan Kamu, maka hal ini akan membuat Kamu dan orang melihatnya juga akan merasa bosan dan aneh.

5. Minta Bantuan Ahli

Apabila Kamu sulit menentukan barang yang cocok untuk diletakkan di dinding rumah maka mintalah seorang desainer interior untuk memberikan tips atau setidaknya lihat gamabr-gambar hiasa dinding yang mewakili tema rumah Kamu.

Dengan berdiskusi dengan desain interior maka Kamu akan menemukan gaya seperti apa yang pantas duletakkan di rumah. Selain itu juga mereka akan membantu memilih karya seni yang cocok dan menantanya di ruangan Kamu.

6. Bersabar dan Tidak Tergesa-gesa

Sabar adalah sifat yang harus dimiliki oleh orang yang akan menata rumahnya. Cobalah Kamu melihat berbagai galeri mengenai desain interior ruangan bisa melalui hasil print atau melalui website.

Nah, apabila Kamu sudah putuskan tema yang cocok di tempatkan di ruangan maka segerah eksekusi. Namun ingat pilihlah secara bijaksana buka karena hanya lapar semata.

7. Sesuatu yang Unik

Hal yang unik terkadang memiliki makna tersendiri apabila diletakkan di suatu ruangan. Hal yang unik tersebut bisa berfungsi sebagai pemanis ruangan jika diletakkan di dinding sisi bagian rumah.

Dengan meletakkan hiasan yang unik akan memberikan kejutan kepada orang yang bertamu. Untuk memperoleh hiasan dinding ini maka Kamu hanya perlu mencarinya langsung di pusat perbelanjaan atau di website yang menjual barang-barang antic.

8. Barang yang Berkualitas

Lukisan yang apabila dicetak menggunakan printer akan sangat bagus diletakkan di dinding ruangan Kamu. Meskipun lukisan tersebut tidak sesuai dengan aslinya tidak masalah asalkan hasil lukisan itu terlihat menarik dan enak dipkamung.

Selain itu Kamu juga bisa membeli barang yang berkualitas namun tetap memiliki nilai artistic yang tinggi. Dipadu dengan aneka warna yang ceria dan cemerlang maka dinding rumah Kamu akan semakin cantik dan nyaman.

Memang butuh kesabaran dan kreatifitas yang tinggi untuk melakukan ini semua.Namun ketika hal ini dapat kamu kerjakan dengan baik maka rasa nyaman pun akan Kamu dapatkan meskipun seharian di rumah.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Kamu untuk memanfaatkan barang bekas atau model dekorasi dinding yang dapat  jadikan referensi untuk rumah idaman Kamu.

1. Hiasan Dinding Kupu-Kupu

Hiasan Kupu-kupu

soalkamar.com

Memiliki dinding yang polos tentu membuat kamu merasa bosan dan jenuh. Agar Kamu tidak jenuh plus gampang bosan tidak salahnya apabila kamu mencoba membuat hiasaan dinding yang terbuat dari kertas karton.

Hiasan dinding yang kamu buat ini adalah hiasan kupu-kupu. Cara buatnya sangat mudah kok. Kamu hanya perlu menyediakan alat seperti gunting dan pensil dan bahannya adalah kertaa karton, isolasi, double tip untuk merekatkan kertas.

Hiasan Dinding Kupu-kupu

alicdn.com

Caranya kamu tulis dengan pensi gambar kupu-kupu. Lalu gunting secara perlahan-lahan menurut pola gambar. Gambar kupu-kupu yang kamu buat terserah berapa banyak yang kamu inginkan.

Dan langkah terakhir gunakan double tip untuk menempel kupu-kupu di dinding. Kupu-kupu tersebut dapat kamu susun sesuai kreasi mu. Gunakan warna kertas yang kontras agar enak dipandang, misalnya saja ungu, hitam, pink dan lain-lain.

Kupu-kupu

alicdn.com

Gampang bukan?

2. Hiasan Dinding Dengan Kepingan CD Bekas

Hiasan CD

hipwee.com

Nah, hiasan dinding yang kedua ini sangat gampang plus murah. Cukup menyediakan kepingan CD kamu yang tidak terpakai dan lem alteco sebagai perekatnya.

Kepingan CD bekas yang ditempelkan di dinding akan terlihat menarik dan mengkilau apabila disaat ruangan gelap.

Era sekarang kepingan CD sudah perlahan ditinggalkan untuk melihat dan mendengar video adan music. Karena banyak orang sekrang lebih menggunakan memori card kerimbang CD.

Cara membuat hiasan dinding dengan kepingan CD sangat mudah. Pertama kamu bentuk pola gambar di dinding dengan menggunakan pensil. Gambar kali ini kami membuat pola angka.

Setelah itu kepingan CD tersebut kamu tempelkan berdasarkan pola tersebut. Nah, mudah kan? Dinding kamu akan terlihat menarik dan unik apabila di malam hari dengan sedikit pencahayaan. Selamat mencoba!

3. Hiasan Dinding 3D

Hiasan Hati

klimg.com

Hiasan ketiga ini masih seputar kertas karton. Kenapa? Karena kertas karton adalah media dasar yang terbilang cukup murah dah hemat kantong.

Jadi dalam hal ini kamu yang perlu kreatifitas dan inovasi yang tinggi untuk membuatnya menjadi lebih menarik dan indah dipandang.

Hiasan 3D

soalkamar.com

Contohnya membuat gambar hati dengan model 3D. Cara pola gambar hati di kertas karton. Kamu boleh menggunakan kertas karton warna pink, merah dan yang lain. Lalu gunting mengikuti pola yang ada.

Hiasan 3D Awan

rooang.com

Terakhir pada bagian atas sedikit kamu jepit dan rekat dengan lem kertas agar membentuk pola 3D. Buatkan sesaui kebutuhan lalu tempelkan pada dinding dengan warna yang ceria. Gambang kan?

4. Hiasan Bunga di Dinding

Hiasan Bunga

soalkamar.com

Pada kasus yang keempat ini kami mengajak kamu untuk memanfaatkan bunga yang ada di pekarangan rumah. Dengan memanfaatkan bunga tersebut maka akan memberikan suasana yang romanitis di ruang dinding rumah.

Caranya tidak sulit kok, cukup sediakan gunting untuk memotong bunga lalu selotip dan beberapa jenis bunga.

Hal yang pertama kamu lakukan adalah pastikan dulu dinding tersebut bersih dan cerah. Kemudian tempelkan bunga yang telah kamu potong dengan berbaris dari atas ke bawah menggunakan selotip transparan.

Hiasan Bunga Cantik

alicdn.com

Usahakan pilih jenis bunga yang memiliki warna yang cerah misalnya saja bunga kertas dan bunga anggrek. Hiasan bunga ini memang tidak bertahan lama namun sangat tepat apabila dijadikan sebagai momen yang indah dan tak terlupakan.

Apabila kamu ingin hiasannya bertahan lama maka cukup kamu beli bunga palsu yang beraneka ragam jenisnya. Lalu kamu tempelkan seperti yang telah kami jelaskan diatas. Nah, sangat sederhakan?

5. Hiasan Dinding dengan Karton Tisu Bekas

Hiasan dengan Kertas Tisu Bekas

homesthetics.net

Dari judulnya saja kamu pasti bisa langsung menebak. Ya, kali ini kami akan memanfaatkan kertas karton pada tisu bekas. Nah, jadi kalau kamu punya tisu bekas jangan dibuang yaa. Karena bisa dimanfaatin sebagai hiasan dinding.

Caranya ialah potong kjarton tersebut hingga membentuk lingkaran kecil seperti digambar. Potonglah hingga sebanyak yang kamu inginkan.

Agar kelihatan menarik dan unik maka boleh kamu warnai dengan berbagai warna yang kontras. Misalnya saja biru dengan merah atau hijau dengan kuning.

Hiasan Karton

soalkamar.com

Lalu rangkailah potongan tersebut hingga menempel 5 lingkaran menempel menjadi satu. Lalu rekatkan dengan menggunakan lem. Apabila sudah banyak sesuai keinginanmu.

Maka langkag terkahir adalah tempelkan ke dinding dengan menggunakan paku kecil agar hiasannya tidak jatuh. Kreasiakan bentuk ukiran sesusai keinginan. Jangan berhenti pada satu inovasi saja. Selamat mencoba!

6. Hiasan Dinding Dengan Botol Plastik Bekas

Hiasan Dinding Botol Plastik Bekas 2

hipwee.com

Bagi kamu yang suka dengan nuansa alam seperti taman yang berisi dengan bunga, maka botol plastik bekas dapat kamu manfaatin sebagai media peletakan bunga. Dengan menempelkannya di dinding dan kemudian diisi dengan sedikit air maka ruangan kamu akan bernuansa alam yang sejuk dipandang.

Jadi kamu cukup mengumpulkan botol plastik kemudian kamu tempelkan secara berbanjar dimulai dari atas sampai ke bawah. Namun apabila kamu tidak ingin menempelkannya ke dinding maka bisa kamu gunakan tali untuk merekatkannya ke mulut botol.

Hiasan Dinding Dengan Botol

soalkamar.com

Setelah kamu isi dengan berbagai macam bunga yang segar maka ruangan akan terlihat sejuk dan nyaman sehingga membuat kamu merasa betah dan ingin berlama-lama disana.

Hiasan Dinding Dengan Botol Plastik Bekas

rumahminimalisku.net

Jika kamu ingin konsep yang berbeda maka dengan memanfaatkan bagian bawah botol dan kemudian kamu tempelkan di dinding ruagan kamu juga akan terlihat cantik. Seperti gambar yang diatas.

Selamat mencoba!

7. Hiasan Dinding Dengan Kertas Kue

Hiasan Dinding Kertas Kue 1

female.store.co.id

Mungkin selama ini kamu tidak begitu memperdulikan pembungkus kue ini. Bisa jadi setelah kamu makan kue langsung dibuang pembungkus kuemya.

Hiasan Dinding Kertas Kue 1

female.store.co.id

Nah, setelah mempelajari ini maka akan kamu dapati pembungkus kue tersebutjuga bermanfaat untuk menghiasi dinding rumah kamu.

Hiasan Dengan Kertas Kue 2

soalkamar.com

Caranya sangat mudah kamu boleh menggunakan pembungkue yang polos lalu kamu tempelkan di dinding menurut pola dan kedua bisa kamu warnai pembungkus kue pada bagian tengahnya lalu kamu tempelkan di dinding sesuai pola yang dikehendaki.

9. Hiasan Dinding Dengan Aneka Photo

Hiasan Dengan Aneka Photo

kreasirumah.net

Selam ini kamu biasanya meletakkan photo di dinding dengan dilapisi bingkai. Nah, pada kesempatan ini kami akan mengajarkan kepada kamu untuk meletakkan photo di dinding dengan pola yang kamu kehendakki.

Jadi photo yang tertempel di dinding tidak perlu diberikan bingkai. Pola yang bisa kamu ukir diantaranya bentuk love, persegi enam, segi tiga atau bentuk geometri lainnya.

Hiasan Dinding Aneka Photo 1

soalkamar.com/

Ini merupakan cara berbeda dan unik. Apabila kamu terrapin ini terutrama di dinding kamar maka akan menjadi hati bersemangat. Siapkan saja foto terbaik kamu atau bisa juga foto artis yang kamu sukai. Nah, hal ini sangat mudan, murah dan efisien. Selamat mencoba!

10. Hiasan Dinding Dengan Aneka Toples Kaca

Hiasan Dinding Aneka Toples Kaca

kerajinan.id

Apabila kamu sangat hobi menanam tanamaan hias maka bisa memanfaatkan toples kaca bekas sebagai media tanamnya. Pada toples kaca ini kamu bisa menanam aneka bunga yang mini.

Seperti yang terlihat pada gambar, metode ini dapat kamu terapkan di depan rumah dengan memanfaatkn area dinding samping atau depan rumah. Namun perlu diingat untuk merekatkan toples tersebut kamu butuh ring dari besi lalu kemudian ditempelkan di kayu.

11. Hiasan Unik Dari Kaleng Bekas

10. Hiasan Dinding Dengan Kaleng Bekas

berkahkhair.com

12. Hiasan Dinding Dengan Ranting Pohon

Hiasan Dinding Dengan Ranting Pohon

meklo.co.za

13. Hiasan Dinding Dengan Gambar Peta

Hiasan Dinding Gambar Peta

cdn.homesthetics.net

14. Hiasan Dinding Dengan Model Dasi

Hiasan Dinding Dasi

magazine.decadeco.com

15. Hiasan Dinding Dengan Kayu Tua

Hiasan denga Kayu

bandstalkapp.com

16. Hiasan Dinding dari Cangkang Kerang

Hiasan Dinding Cangkang Kerang

soalkamar.com

 

  •  
    1
    Share
  •  
  •  
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply