20 Gambar Lebah yang Cantik dan Unik

Lebah –  Seperti yang kita ketahui bersama lebah merupakan jenis serangga yang dapat menghasilkan madu. Mereka pada dasarnya memproduksi dan juga menyimpan madu yang dihasilkan dari nektar bunga.

Dan tahukah kamu untuk menyimpan nektar tersebut, mereka membangun sarangnya pada malam hari. Dan ini dilakukan oleh lebah pekerja.

Perlu diketahui juga bahwa dalam satu koloni atau kelompok lebah terbagi menjadi 3 divisi (bagian). Setiap koloni akan dipimpin oleh ratu lebah yang merupakan induk dari semua lebah.

Kemudian ada lebah pekerja yang tugasnya adalah mengumpulkan nektar. Dan yang terakhir adalah lebah jantan yang mana keberadaan hanya ratusan ekor saja.

Seperti yang sudah kita jelaskan diatas bahwa setiap koloni dipimpin oleh ratu lebah yang mana tugasnya adalah mengawal semua tugas bawahannya. Bawahannya yaitu si lebah pekerja (lebah betina) dan si lebah jantan.

Namun dalam hal pengawalan, itu bukan tugas utama ratu lebah. Tugas utama ratu lebah adalah bertelur selama hidupnya. Dan perlu diketahui juga bahwa ratu lebah hanya kawin sekali seumur hidup.

Uniknya dari perkawaninan ratu lebah yaitu dengan cara ratu lebah terbang setinggi mungkin dan kemudian para pejantan yang bisa mengejarnya maka berhak mengawaninya.

Baca:
50 Gambar dan Spesies Serangga yang Ada di Sekitarmu
Usut Tuntas Kehidupan Kumbang Tanduk

Namun pejantan yang bisa mengawaninya tersebut tidak bisa hidup lebih lama, sebab setelah kawin pejantan akan mati karena testisnya lepas dan kemudian tertanam pada alat reproduksi (ovarium) ratu lebah.

Ratu lebah bisa memproduksi telur setiap harinya sebanyak 2000 butir. Dan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ratu lebah akan mengkonsumsi royal jelly atau sari madu. Adapun lama hidupnya ratu lebah adalah sekitar 3 tahun.

Ada perbedaan dalam hal makanan antara ratu lebah, lebah pekerja dan lebah jantan. Kalau ratu lebah hanya mengkonsumsi sari madu (royal jelly). Sedangkan lebah pekerja adalah madu dan lebah jantan hanya mengkonsumsi madu biasa saja.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang kehidupan lebah. Namun pembahasan kami kali ini berkaitan tentang gambar-gambar lebah. Yuk,kita intip kehidupan lebah melalui gambar-gambarnya.

Silahkan dibaca juga:
Cara Beternak Ulat Sutra Agar Mendapatkan Hasil yang Melimpah

1. Lebah Black

Wajah Lebah

pixabay.com

2. Lebah Strongly

Lebah

dylancwalsh.worpress.com

3. Lebah Seriously

Bagian Wajah Lebah

nationalgeographic.com

4. Lebah Madu Pekerja

Lebah Madu Pekerja

pixabay.com

5. Lebah Purple

Lebah Madu Purple

pixabay.com

6. Lebah Red Rose

Lebah Madu Nektar

pixabay.com

7. Lebah White

Lebah Madu White

pixabay.com

8. Lebah Madu Flower

Lebah Madu Flower

pixabay.com

9. Lebah Holding

Lebah Madu Holding

pixabay.com

10. Lebah Leaf

Lebah Madu Daun

pixabay.com

11. Lebah Focus

Lebah Madu Fokus

pixabay.com

12. Lebah Yellow

Lebah Madu Yellow

pixabay.com

13. Lebah Pink

Lebah Madu Pink

pixabay.com

14. Lebah Hive

Sarang Lebah Madu

aetherforce.com

15. Lebah Bautiful

Lebah Ungu

pixabay.com

16. Lebah Ajib

Lebah Madu Ajaib

axltwentynine.com

17. Lebah Kawin

Lebah Madu Kawin

http://berkahkhair.com

18. Ratu Lebah

Ratu Lebah

http://typesofbees.info/

19. Lebah Petarung

Lebah Madu Terbang

ggpht.com

20. Lebah Propolis

Lebah Madu Propolis

arrywaisnawa.blogspot.com

21. Proses Lahirnya Lebah

Perlu kita ketahui bahwa di alam ini peran lebah sangat penting. Peran lebah tersebut adalah sebagai serangga penyerbuk utama tanaman. Kesukaan lebah terhadap nektar  membantu sekali dalam proses penyerbukan silang dan dalam penyebaran serbuk sari.

Kemudian madu yang dihasilkan oleh lebah tidak hanya disukai oleh manusia namun juga disukai oleh hewan, misalnya saja beruang.

Terus ada hal yang perlu kita ketahui juga terhadap jenis fauna yang satu ini  yaitu sengatannya. Sengatan yang terdapat pada ekornya itu digunakan hanya pada saat lebah diserang atau diganggu.

Lebah menusukkan ekornya sampai beberapa kali ke kulit (epidermis) musuh sehingga merasa sakit yang ditimbulkan dengan rasa seri dan bengkak pada bagian kulit.

Sayangnya sengatan lebah ini ternyata berdampak juga pada dirinya. Yaitu bisa menyebabkan kematian pada lebah tersebut.

Inilah dunia lebah, bahwa ada banyak segudang manfaat yang dapat kita ambil dari kehidupan lebah. Misalnya saja dia di pagi hari mencari nektar yang kemudian diolah menjadi madu. Dan madunya dapat dijadikan obat yang sekaligus dapat menyehatkan tubuh.

Kemudian di malam harinya dia membangun dan membuat sarang. Jika kita perhatikan ini banyak dilakukan oleh lebah betina.

Demikianlah artikel lebah ini. Terimakasih.

  •  
    1
    Share
  •  
  •  
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  

3 Comments

  1. Lidha Maul Sab, 21 Mei 2016
  2. Ida Tahmidah Sel, 24 Mei 2016
  3. Gushairon Fadli Kam, 29 September 2016

Leave a Reply