Penjelasan Lengkap Tentang Ciri-ciri Pohon Pisang

Berkahkhair – Pisang merupakan suatu komoditi yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Yang menjadi alasan digemari buah yang berwarna kuning ini adalah harganya yang cukup terjangkau dan juga memiliki kandungan gizi serta vitamin yang cukup untuk menyehatkan badan.

Pisang juga merupakan suatu tanaman yang bisa dikatakan tidak sulit untuk dibudidayakan. Sebab tanaman ini dalam perawatannya tidak menggunakan terlalu banyak pupuk.

Namun dalam artikel ini kita tidak begitu membahas tentang definisi pisang, tetapi lebih mengarah ke ciri-ciri pohon pisang.

Secara umum, pisang dapat hidup di daerah yang tinggi maupun rendah. Artinya dalam membudidayakan pisang kita tidak perlu repot-repot untuk mencari daratan yang bagus dari segi permukaan.

Agar tumbuhan pisang berkembang dengan baik maka sebaiknya ditempatkan di atas ketinggian 100 mdpl (meter di atas permukaan laut) dengan kondisi tanah sedikit lembab dan terbuka.

Selain kondisi diatas, tanaman pisang akan berkembang dan tumbuh dengan baik apabila mudah terkena sinar mahari. Begitu juga sebaliknya tumbuhan pisang tidak akan tumbuh di bawah genangan air.

Tahukah kamu mengapa demikian? Hal ini dikarenakan akan timbul penyakit yang mana dengan adanya penyakit ini akan berdampak kepada akar pohon pisang menjadi busuk.

Begitu juga halnya, tanaman pisang juga tidak bisa hidup dengan tiupan angin yang kencang. Yang dapat membuat  daunnya menjadi sobek.

Segera Miliki: Madu Penggemuk Badan Al Mabruroh, Solusi Tepat Menaikkan Berat Badan Secara Alami

Klasifikasi Ilmiah Pohon Pisang

Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Sub Kigdom : Tracheobionta (Tumbuhan Berpembuluh)
Infra Kingdom : Streptophyta (Tumbuhan Darat)
Super Division : Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)
Division : Magnoliophyta (Tumbuhan Berbunga)
Class : Liliopsida (Tumbuhan Monokotil)
Sub Class : Commelinidae
Ordo : Zingiberales
Family : Musaceae
Genus : Musa
Spesies : Musa paradisiacal

 

Morfologi (Ciri-ciri fisik) Pohon Pisang

Daun Pisang

www.specialfruit.com

Pertama kita mulai dari yang paling atas yaitu daun.. Jika kita perhatikan dengan seksama daun pisang berwarna hijau tua apabila sudah dewasa dan hijau muda apabila baru tumbuh.

Kemudian daunnya lebar dan panjang. Memiliki tulang daun yang berserat dengan tepi daun yang kompak.

Baca: 7 Manfaat dan Ciri-ciri Pisang Batu (Klutuk) Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Akar Pisang

berkahkhair.com

Adapun dari segi akar maka pohon pisang berakar serabut. Dengan pertumbuhan akar bergerak dan berkumpul kearah samping pohon sepanjang 4-5 meter.

Inilah alasan kenapa pohon pisang mudah sekali dicabut. Selain itu akar pohon pisnag sendiri tidak dapat meraih leih dari 2 meter di bawah permukaan tanah.

Jantung Pisang

viva.co.id

Perlu kamu ketahui bahwa pisang sendiri memiliki bunga. Bunga pisang dapat kamu perhatikan di pangkal untuk bunga betina sedangkan di bagian tengah untuk bunga jantan.

Ini mengindikasikan bahwa pisang merupakan kelompok dari bunga yang sempurna. Sebab memiliki dua alat reproduksi yaitu bunga jantan dan betina.

Adapun posisi bunga pisang yaitu terletak pada tiap ketiak antara daun pelindung. Adapun istilah bunga pisang sering kita sebut dengan jantung pisang.

Baca: 15 Khasiat Kulit Pisang Untuk Kesehatan dan Kesuburan Tanaman

Batang Pisang

ilovethaicooking.com

Pisang memiliki 2 jenis batang. Yaitu batang asli dan batang semu. Batang asli yaitu batang yang terdapat di pangkal batang semua yang mana posisinya tenggelam di bawah pernukaan tanah.

Batang asli sendiri memiliki sekumpulan mata tunas yang kemudian nanti akan menghasilkan akar. Sedangkan batang semu adalah batang yang terdiri dari pelepah-pelepah daun, tegak dan berdiri sangat kokoh diatas permukaan tanah.

Bunga pisang yang kemudian berubah menjadi buah pisang pada umumnya terdiri dari beberapa sisir. Setiap sisirnya terdapat 7-21 buah pisang. Dan ini tergantung dari jenis pisang dan cara perawatan pohon pisang itu sendiri.

Pisang Ambon Kuning

ardiwahyu144.files.wordpress.com

Buah pisang tidak memiliki biji dengan rasa yang manis. Namun ada beberapa jenis pisang yang memiliki biji dan rasanya sedikit asam. Tetapi ini hanya sedikit saja dari seluruh jenis pisang yanga da.

Banyak yang bisa dimanfatin dari pohon pisang. Pertama dari daun (daun warna hijau tua) bisa digunakan untuk membungkus makanan. Kemudian dari daun muda bisa digunakan sebagai makanan untuk ayam maupun bebek.

Selain daun, khasiat buah pisang adalah untuk kesehatan sebab dari buahnya ini memiliki gizi yang lebih tinggi dari apel dan juga memiliki cadangan energi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh dalam satu hari.

Baca:
13 Khasiat Pisang yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Kemudian jantung pisang bisa kita manfaatin sebagai sayur yang sangat enak untuk dikonsumsi. Umumnya diolah menjadi gulai daun singkong ditambah dengan jantung pisang tadi. Dan yang terakhir batang pisang bisa dimanfaatin sebagai acara-acara pesta pernikahan untuk membuat janur.

Demikaianlah ciri-ciri pohon pisang yang dapat kami sampaikan kepada kamu. Semoga bermnfaat dan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan kita.

Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan

Manfaat dari jantung pisang

detik.com

Sebagiamana sudah kita singgung diatas bahwa jantung pisang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, pengobatan maupun menu masakan. Nah, pada sub bab ini kami akan menjelaskan secara detail manfaat lain dari jantung pisang.

Sudah dapat diketahui bersama bahwa sayur mrupakan makanan yang kaya vitamin dan serat. Maka dari itu mengkonsumsi sayur-sayur akan membuat badan segar dan sehat.

Diantara berbagai jenis sayuran yang ditemukan di pasar ada satu jenis sayuran yang terbilang murah dan memiliki banyak manfaat. Yakni jantung pisang. ada 15 manfaat yangd apat diperoleh dengan mengkonsumsi jantung pisang diantaranya:

1. Mencegah Gejala Stroke – Gejala stroke sering menimpa orang tua di usia 40 tahun keatas. Oleh karena dengan mencegahnya maka kamu bisa manfaatin satu buah jantung pisang ambon.

Yakni dengan merebus pisang ambon lalu diperas dan diambil sarinya saja. Setelah itu minumlah sari tersebut sebanyak dua kali sehari untuk mencegah timbulnya stroke.

2. Menghindari dari Kolesterol – Pasa satu buah jantung pisang mampu mengikat lemak jahat yang terdapat dan menggumpal di dalam tubuh. Lemaknya ini nantinya akan dikeluarkan bisa melalui buang air.

3. Menyehatkan Perut – Jantung pisang diteliti oleh ahli kesehatan memiliki atau mengandung fiber yang tinggi sehingga dapat melancarkan sitem pencernaan tubuh manusia.

4. Menurunkan Kadar Gula – Bagi pendrita diabetes maka sangat dianjurkan untuk menngkonsumsii jantung pisang setiap hari. Karena kandungan memiliki indeks glikemik yang cukup rendah.

Indeks glikemik ini yang berfungsi dalam mengubag glukosa menjadi energi. Cukup dengan merebusnya maka sangat efektif dalam menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes.

5. Kaya Kandungan Serat – Dilansir dari berbagai juonal kesehatan bahwa satu buah jantung pisang mengandung karboho=idrat, protein, k=mineral maupun vitamin seperti betakarotin dan vitamin B1.

6. Menurunkan Berat Badan – Apabila kamu ingin menurunkan berat badan yang berlebih maka konsumsilah jantung pisang tanpa menggunakan nasi putih. Sebab jantung bisa mampu memberikan efek kenyang lebih lama.

7. Melancarkan Siklus Darah – Sifat anti koagula yang dimiliki jantung ternyata mampu mencegah terjadinya penumpukan atau penggumpalan darah di dalam tubuh.

8. Menghindarkan dari Resiko Kanker – Ekstrak metanol yang dimiliki oleh jantung maka mampung mencegah efek radikal bebas yang menyerang tubuh. Zat yang menyerupai antioksidan tersebut akan mencegah radikal bebas yang masuk melalui organ tubuh sehingga akan mengakibatkan sel tubuh menua dan rusak.

9. Anti Penuaan – Jadi pada jantung pisang tidak hanya kandungan vitamin yang cukup tinggi namun dapat memperbaiki sel-sel yang rusak sebab kandungan flavoniodnya juga berfungsi sebagai anti radikal.

10. Mengobati Gondok – Ternyata setelah diteliti oleh pakar kesehatan jantung pisang memiliki yodium yang efektif dalam mengobati penyakit gondok

11. Menyembuhkan Luka – Zat etanol pada jantung mampu menghalangi perkembangan bakteri jahar yang dapat merusak sistem imun tubuh.

12. Meningkatkan Produksi Eritrosit – Eritrosit adalah nama lain dari sel darah merah. Jadi dengan mengkonsumsi jantung pisang yang memiliki kandungan zat besi akan membantu memproduksi hemoglobin dalam darah.

13. Mengontrol Menstruasi – Dilansir juga dari penelitian ahli kesehatan, jantung pisang yang direbus ternyata memiliki efek dalam mengontrol hormon progesteron sehingga darah haid yang keluar pada wanita dapat dikontrol dengan baik.

14. Mengurangi Stres – Kandungan magnesium ternyata mampu mengembalikan mood yang sempat hilang jadi dengan memakannya akan mengembalikan suasana hati yang sempat penat.

15. Meningkatkan Produksi ASI – ASI merupakan sumber nutrisi bagi bayi. Apabila ibu yang telah melahirkan mengkonsumsi rebusan jantung pisang maka dipercaya mampu dalam memperlancar ASI.

Baca:
Tips Memperbanyak dan Memperlancar ASI

Manfaat Jantung Pisang untuk Pengobatan

Manfaat Jantung Pisang untuk Pengobatan Tradisonal

solusisehatku.com

Kalau diatas manfaat jantung pisang dari segi kesehatan ada manfaat jantung pisang ditinjau dari segi pengobatan. Setidaknya ada 2 manfaat yang dapat kita ketahui diantaranya:

1. Mengobati Penyakit Malaria

Penyakit malaria merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena nyamuk yang menempel ke tubuh manusia ini membawa virus yang mematikan. Cara mengobatinya diantara:

  • Sediakan lebih dahulu pisang ambon dan asam jawa masing-masing satu buah.
  • Kupaslah kulit buah dari pisang ambon tersebut.
  • Bakar dengan timbunan bara api selama lebih kurang 30 menit.
  • Lalu parut dan tumbuk sampai terasa halus dan bisa dilumat.
  • Peras airya dan saring di dalam gelas atau mangkuk.
  • Terakhir berikan perasan asam jawa dan minum pada pagi hari sebelum sarapan. Lakukan setiap hari.

2. Mengobati Penyakit Diare

Diare merupakan gangguan yang menyerang sistem pencernaan manusia. Selama ini mungkin kita sering menggunakan obat-obatan untuk mencegah maupun mnegobati penyakit ini.

Dengan memanfatkan jantung pisang maka kamu tidak perlu lagi menggunakan obat untuk menyembuhkannya. Cukup gunakan ramuan tradisional ini yaitu dengan cara:

  • Bakar jantung pisang hingga bagian dalamnya sudah masak.
  • Ambil bagian yang tidak hangus. Lalu beri sedikit bumbu urap yang diambil dari kelapa muda.
  • Setelah itu santaplah jantung pisang seperlunya dan lakukan cara ini hingga sembuh.

Menurut para orang tua dahulu biasanya mereka selalu menggunakan jantung pisang untuk pengobatan dan kesehatan tubuh. Sehingga bagi mereka jantung pisang merupakan sayuran wajib yang selalu hadir pada menu makanan.

Namun dewasa ini banyak orang lebih memilih makanan instan yang sudah terbukti banyak mengandung penyakit. Sudah selayaknya kita kembali makan sayuran agar tubuh sehat dan tetap terjaga.

Adapin jantung pisang yang bagus dan layak untuk dikonsumsi pada menu harian kamu adalah pisang gepok, pisang batu dan pisang siam.

Menu Olahan Jantung Pisang

Resep Abon Jantung Pisang

menuharian.com

Abon Jantung Pisang

Bahan-bahan

  • 1 liter air
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sdm  kaldu sapi bubuk
  • 0,5 kg jantung pisang
  • 1 cm lengkuas (memarkan)
  • 0,5 liter minyak goreng

Bumbu

  • 2 sdt ketumbar
  • garam secukupnya
  • gula merah secukupmya (sisir)
  • 6 siung bawah putih dan
  • 4 buah bawang merah

Cara Memasak

  • Pertama didihkan air beserta kaldu sapi bubuk. Setelah itu masukkan jantung pisang. Tunggu hingga lunak.
  • Kemudian potong dan tumbuk hingga halus jantung pisang.
  • Tumis bumbu yang telah dihaluskan sambil memasukkan daun salam dan lengkuas. Tunggu hingga harum.
  • Masukkan jatung pisang, diaduk hingga merata dan meresao semua bumbu-bumbunya dan kelihatan kering. Kemudian diangkat.
  • Lalu panaskan minyak dan goreng jantung hingga warna kecokltan tampak, diangkat lalu tiriskan.
  • Terakhir ditekan atau dipres abon tersebut hingga minyaknya keluar. Dan siap disajikan.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

3 Comments

  1. Istvan Szollosi Ming, 4 September 2016
    • anhar Ming, 20 November 2016
  2. Muhammad Ming, 9 April 2017

Leave a Reply