Tips Jitu Memperbanyak dan Memperlancar ASI Secara Alami

Cara Memperbanyak ASI – ASI bisa dikatakan formula yang harus dan bahkan wajib dikonsumsi oleh bayi untuk perkembangan dan pertumbuhannya. Di negara Indonesia, Menteri Kesehatan sendiri sangat menganjurkan agar bayi diberikan ASI sejak hari pertama kelahiran.

Peran ASI sangat penting sebab ASI merupakan salah satu sumber nutrisi yang paling baik untuk bayi. Pemeberian ASI diberikan kepada bayi mulai dari usia 0 bulan sampai usia 6 bulan.

Adapun batas maksimalnya tergantung dan disesuaikan dengan kondisi bayi. Perlu para ibu ketahui bahwa kandungan yang dimiliki ASI sangat lengkap dan seimbang.

Seimbang dalam arti mengandung zat antibodi yang mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Selain dari pada itu pemberian ASI sejak usia 0 bulan maka akan menyelamatkan bayi dari infeksi dan virus yang berbahaya.

Menurut penelitian yang dilakukan ahli gizi, dengan mengkonsumsi ASI sejak pertama lahir maka akan menurunkan dan mengurangi resiko obesitas.

Begitu pentingnya ASI bagi bayi sehingga perlu bagi kami untuk menulis artikel tentang cara memperlancar dan memperbanyak ASI bagi ibu yang menyusui.

Dalam artikel ini kami akan menyajikan berbagai tips seputar memperlancar dan memperbanyak ASI. Para ibu boleh mengikuti tips yang manapun.


Contents

ASI Booster Tea

ASI Booster Tea berkahkhair.com

Tahukah Bunda apa itu ASI Booster Tea? Asi Booster Tea adalah obat pelancar ASI alami pertama di Indonesia dan sudah terbukti ampuh dapat memperbanyak jumlah ASI dalam waktu singkat.

ASI Booster Tea sudah dibuktikan oleh 60.000 konsumen lebih. Dan berhasil meningkatkan produktivitas ASI Bunda untuk Si Buah Hati.

ASI Booster Tea terbuat dari bahan alami sehingga sangat aman dikonsumsi oleh Bunda.

Sebagaimana Bunda ketahui bahwa ASI merupakan nutrisi terbaik yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kecerdasan anak. Dan ASI wajib diberikan kepada bayi sejak lahir hingga atau lebih dari 2 tahun.

Tentu Bunda sangat menginginkan anak tampil sehat dan cerdas kan? Namun banyak juga kondisi dimana ibu yang menyusui justru ASI-nya kurang lancar sehingga menjadi kendala dalam pemberian ASI kepada si Bayi.

Oleh karenanya kami hadir disini memberikan solusi kepada Bunda yang menyusui agar memperoleh ASI yang maksimal. Yakni dengan mengkonsumsi ASI Booster Tea.

Komposisi ASI Booster ASI

ASI Booster Tea (Berat 360 gram) adalah produk ASI terlaris hingga saat ini. Terbuat dari 100% bahan alami. Yakni terdiri dari:

1. Fenugreek Powder

2. Fenugreek Seed

3. Fennel Powder

4. Fennel Seeds

5. Malunggay

6. Anise Dan

7. Habbatussauda.

Kelebihan ASI Booster ASI

10 Kelebihan membeli dan mengkonsumsi ASI Booster Tea di web berkahkhair diantaranya:

  1. ASI Booster Tea Sangat Ampuh Melancarkan dan Meningkatkan Produksi ASI Bunda 900% Dalam Waktu Kurang Lebih 24 – 72 Jam

2. ASI Booster Tea Terbuat Dari 100% Herbal Alami

3. ASI Booster Tea Harga Sangat Terjangkau

4. ASI Booster Tea Dijamin Halal

5. ASI Booster Tea Sangat Aman Dikonsumsi Ibu dan Anak

6. ASI Booster Tea Sebagai Pengganti Teh dan Susu Formula

7. ASI Booster Tea AMAN & LEGAL, Lulus Sertifikasi DEPKES RI 172/1334/2003

8. ASI Booster Tea Dapat Mengirim Ke Seluruh Indonesia

9. ASI Booster Tea Bisa Disajikan Panas dan Dingin

10. ASI Booster Tea Bergizi daripada Susu Formula

Bagaimana Cara Membeli dan Harga ASI Booster Tea?

Harga Promo ASI Booster ASI

Harga ASI Booster Tea

Botol (Satuan) Harga Awal (Rp) Harga Setelah Promo (Rp)
1 Botol ASI Booster ASI 110.000 100.000
5 Botol ASI Booster ASI 550.000 475.000
10 Botol ASI Booster ASI 1.100.000 900.000

Cara Memesan ASI Booster Tea

Kirim SMS/WA ke No 0853 6298 9409 (No. Resmi) dengan Format (#Nama Penerima#No. Hp Penerima#Kode Pos#Provinsi#Kotamadya/Kabupaten#Kecamatan#Alamat Lengkap#Jumlah Pemesanan

Jasa Pengiriman yang kami gunakan adalah JNE

Dengan Model Paket Pengiriman :

JNE Reguler adalah paket reguler yang ditawarkan JNE. Kecepatan pengiriman tergantung dari lokasi pengiriman dan lokasi tujuan. Umumnya memakan waktu 3-4 hari

JNE OKE adalah paket ekonomis yang ditawarkan JNE. Umumnya pengiriman melalui paket ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Dukungan kota masih terbatas. Umumnya makan waktu 4-5 hari.

JNE YES adalah paket eksklusif/prioritas yang ditawarkan JNE.  Hanya diperlukan kecepatan barang diterima dan dipengaruhi kecepatan penjual melakukan pengiriman barang. Umumnya makan waktu 2-3 hari.

Contoh Pemesan ASI Booster ASI

#Ummu Hana#085334273839#2147# Provinsi Jawa Timur# Kota Surabaya#Kecamatan Sukakarsa#Jl. Luka No.3, RT/RW 03/02, Simpang Kantor Camat Sukakarsa#5 Botol ASI Booster Tea

kirim SMS/WA ke No. 0853 6298 9409

Setelah format pemesan kami terima maka pesanan akan kami balas dengan cepat dan  segera kami kirimkan dengan rapi dan aman. Terimakasih.


Apakah Bunda bingung bahkan khawatir makanan pendamping ASI apa yang tepat untuk bayi 6 bulan ke atas?

Kini telah hadir  Yummy Bites. Yummy Bites adalah pilihan yang sehat untuk bayi awali petualangan dengan rasa-rasa baru kesukaannya.

Yummy Bitesbiskuit beras pertama merupakan makanan semi padat yang memiliki kandungan lemak yang rendah dan bebas dari kandungan gluten, telur, kacang-kacangan, bahan pengawet dan bahan buatan.

Sejak umur 6 bulan bayi mengalami tumbuh kembang yang pesat dan beragam, inilah saatnya memperkenalkan bayi dengan rasa-rasa baru untuk merangsang pertumbuhan indra perasanya.

Yummy Bites adalah snack terbaik untuk bayi.

Yummy Bites

Yummy Bites Tersedia 5 rasa :

  • Apple (apel)
  • Strawberry
  • Vegetable (sayuran)
  • Banana (pisang)
  • Original

Yummy Bites Baby Rice Crackers adalah snack/biskuit bayi sebagai makanan selingan bayi usia 6 bulan keatas yang terbuat dari bahan dasar beras berkualitas alami dan ditambah rasa alami untuk bayi anda.

Sangat baik untuk bayi anda karena :

  • FAT FREE (bebas lemak)
  • Easily digestable (mudah dicerna)
  • GLUTEN , EGG & PEANUT FREE (bebas gluten, telur, kacang) sehingga aman untuk bayi yang alergi terhadap gandum, kacang, dan telur.

Berbentuk memanjang, sehingga memudahkan bayi untuk menggenggam dan belajar makan sendiri. Dapat dikombinasikan dengan puree buah segar.

Dengan rasa yang sangat disukai oleh anak, Yummy Bites akan menjadi makanan favourite anak

Yummy Bites dibuat aman untuk bayi yang sedang tumbuh gigi, mudah larut di mulut. Perkenalkan Yummy Bites Cracker pada bayi Bunda sebagai makanan padat yang lezat dan nikmati pengalaman baru yang menyenangkan di setiap gigitannya.

Tunggu apa lagi! Pesan sekarang juga!!! 

Harga Promo Beli 2 Box Hanya Rp. 100.000

  • *Belum termasuk ongkir
  • * 1 Box: 285 gram (1 kg = 4 Box)
  • *Kondisi produk: New (Baru)
  • *Expired date: Des 2017
  • *Min order 2 Box
  • *Jika pesanan yang dipesan customer habis maka penjual akan mengganti barang yang kosong tersebut dengan stok yang tersedia

Cara Memesan Yummy Bites

Kirim SMS/WA ke No 0853 6298 9409 (No. Resmi) dengan Format (#Nama Penerima#No. Hp Penerima#Kode Pos#Provinsi#Kotamadya/Kabupaten#Kecamatan#Alamat Lengkap#Jumlah Pemesanan

Contoh

#Ummu Hana#085334273839#2147# Provinsi Jawa Timur# Kota Surabaya#Kecamatan Sukakarsa#Jl. Luka No.3, RT/RW 03/02, Simpang Kantor Camat Sukakarsa#4 Box Yummy Bites

kirim SMS/WA ke No. 0853 6298 9409

Setelah format pemesan kami terima maka pesanan akan kami balas dengan cepat dan  segera kami kirimkan dengan rapi dan aman. Terimakasih.

 


Baca juga:
Manfaat ASI Ekslusif bagi Bayi
Manfaat ASI bagi Bayi dan Manfaat Menyusu bagi Ibu

A. Cara Memperbanyak dan Memperlancar ASI

Menurut buku “Keajaiban Menyusui” yang ditulis oleh Nadine Suryoprajogo, cetakan I April 2009 agar ASI para ibu lancar dan banyak maka bisa ikuti 8 tips berikut ini:

1. Cara Memperbanyak ASI: Tingkatkan Frekuensi Menyusui

Tingkatkan Frekuensi Menyusui

unj.ac.id

Artinya adalah apabila bayi anak ibu belum mau untuk menyusui disebabkan karena masih kenyang, maka perah atau pompalah ASI. Karena ASI pada prinsipnya demand on demand yakni semakin sering diminta, disusui, dipompa, tau diperas maka otomatis semakin banyak ASI yang diproduksi.

2. Cara Memperbanyak ASI: Kosongkan Payudara Setelah Bayi Selesai Menyusu

Botol ASI

alodokter.com

Apabila payudara sering dikosongkan, maka secara otomatis produksi ASI akan lancar. Seperti yang kami katakana diatas, Ingatlah produksi ASI menggunakan prinsip demand on demand.

Bisa juga dibaca:
Cara Menyimpan dan Memerah ASI yang Baik dan Benar
Manfaat Inisiasi Menyusu Dini bagi Ibu dan Si Buah Hati

3. Cara Memperbanyak ASI: Pastikan Ibu Harus Rileks

Bumil Rileks

riamirandadiary.com

Ternyata kondisi psikologis ibu yang telah berkeluarga dan memiliki bayi  juga mempengaruhi dan menentukan keberhasilan ASI ekslusif. Berdasarkan penelitian, pengaruh psikologis merupakan faktor paling besar dalam menentukan keberhasilan dalam memproduksi ASI.

4. Cara Memperbanyak ASI: Hindari Pemberian Susu Formula

Kurangi Pemberian Susu Formula

berkahkhair.com

Hal yang paling fatal dilakukan oleh seorang ibu adalah segera memberikan susu formula kepada bayi yang baru pertama lahir. Mereka beralasan kalau tidak ditambah dengan susu formula maka anak khawatir tidak kenyang.

Ini merupakan pendapat yang keliru. Pemberian susu formula hanya akan membuat anak relative malas menyusu. Ketahuilah bahwa semakin sering memberikan susu formula kepada anak maka akan semakin sedikit ASI yang diproduksi.

5. Cara Memperbanyak ASI: Jauhkan Penggunaan Dot atau Empeng Kepada si Anak

Batasi Penggunaan Dot Bayi

ayodibaca.com

Apabila para ibu hendak memberikan ASI peras/pompa ataupun memilih susu formula maka jangan terlalu sering menggunakan dot atau empeng, gunakan saja sendok.

Penggunaan dot secara berlebihan kepada si bayi hanya akan berdampak rendahnya keinginan bayi untuk menyusu hal ini dikenal dengan istilah bingung putting (nipple confusion).

Yaitu kondisi dimana si bayi pada saat menyusu hanya menyentuh bagian ujung putting si ibu sebagaimana halnya dengan saat menyusu dengan dot atau empeng.

Padahal cara menyusu yang benar adalah seluruh areola ibu masuk ke dalam mulut si bayi. Oleh karena penggunaan empeng atau dot kepada si bayi harus dibatasi agar tidak terjadi nipple confusion.

 6. Cara Memperbanyak ASI: Datangi Klinik Laktasi

Konsultasi Klinik Laktasi

citasehat.org

Apa itu laktasi? Laktasi adalah suatu proses menyusui dimulai dari memproduksi ASI sampai hingga proses bayi menghisap ASI. Kepada para ibu jangan ragu dan khawatir untuk selalu menghubungi klinik laktasi.

Bagi para ibu apabila datang ke klinik laktasi akan mendapatkan arahan secara teknis terhadap hal-hal yang berhubungan dengan ASI.

7. Cara Memperbanyak ASI: Mengkonsumsi Makanan yang Bergizi

Nurtisi Bergizi Ibu Hamil

mamasehat.com

Bagi para ibu yang sedang menyusui makanan mesti diperhatikan makanan agar produksi ASI berjalan dengan baik. Adapun yang perlu diketahui adalah seorang ibu menyusui memerlukan kalori, mineral, protein dan vitamin yang cukup.

Kalori yang dibutuhkan seorang ibu dalam sehari adalah 800 kalori. Kebutuhan kalori ini bertujuan agar produksi ASI tetap lancar. Kalori bisa didapat dari makanan yang mengandung karbohidrat.

Selain itu kebutuhan protein juga harus diperhatikan. Protein dapat para ibu peroleh dari susu, sayur-sayuran dan ikan teri. Dalam memenuhi kebutuhan mineral para ibu maka perlu minum yag cukup, setidaknya sebelum menyusui minumlah segelas air. Adapun zat gizi lain yang dibutuhkan oleh para ibu adalah:

  • Macronutrients: ini merupakan zat yang terdapat pada ikan.
  • Kalsium: zat yang terpadat pada susu kedelai, sayur-sayuran dan ikan laut. Ini bertujuan agar mencegah terjadinya osteoporosis.
  • Zinc: ini dapat diperoleh dari pangan hewani
  • Vitamin B (asam folat, B6, B12): ini dapat diperoleh dari daging ikan, ayamm, daging merah, telur dan juga berbagai produk susu.
  • Vitamin D: Ini dapat diperoleh saat berjemur dibawah sinar matahari.

8. Cara Memperbanyak ASI: Melakukan Perawatan Payudara

Perawatan Payudara Ibu Hamil

1health.id

Hal ini bertujuan agar proses produksi ASI berjalan lancar. Perawatan yang dilakukan yaitu dengan mengenakan bra yang enak dan nyaman. Perawatan payudara yang tepat dapat para ibu lakukan seperti penjelasan berikut ini:

  • Gunakan bra yang nyaman dipakai sehingga dapat menyangga payudara dengan baik. Apabila usia kandungan sudah bertambah maka gunakan bra yang lebih besar.
  • Pastikan payudara dalam kondisi bersih dan aman.
  • Usap atau bersihkan menggunakan handuk yang bersih secara perlahan-lahan setiap kotoran yang menyumbat mulut saluran ASI.
  • Untuk perawatan yang maksimal boleh menggunakan krem lanolin pada putting susu agar payudara tetap lembut dan juga mencegah terjadinya lecet sewaktu bayi menyusi.
  • Apabila putting susu ibu terlalu pendek, datang atau tenggelam maka tariklah masing-masing putting agar keluar. Kemudian pilirlah diantara ibu jari dan telunjuk selama beberapa menit. Dan ini dilakukan selama setiap hari.

Selain itu lakukan pijatan payudara setiap dua hari sekali. Ini bertujuan dapat merangsang produksi ASI dan juga dapat mengurangi resiko luka saat bayi menyusui. Adapun teknik pijatannya dapat para ibu simak dari penjelasan dibawah ini:

  • Sokonglah payudara sebelah sebelah kiri dengan tangan kanan. Lalu lakukan gerakan kecil atau ringan dengan dua atau tiga jari tangan kanan. Dapat dimulai dari pangkal payudara dan diakhiri dengan gerakan memutar atau spiral pada daerah putting susu.
  • Kemudian buatlah gerakan memutar sambil menekan dari pangkal payudara dan berakhir pada putting susu. Lakukan langkah ini juga pada payudara kanan.
  • Setelah itu posisikan kedua telapak tangan kanan berada diantara dua payudara. Kemudian urutlah dari tengah ke atas sambil mengangkat kedua payudara. Apabila sudah selesai lepaskan kedua tangan secrara perlahan-lahan. Lakukan gerakan ini kurang lebih 30 kali.
  • Langkah terakhir yaitu posisikan tangan secara paralel. Sangga payudara dengan satu tangan sedangkan tangan lainnya mengurut secara perlahan-lahan payudara dengan sisi jari kelingking masuk dari arah pangkal payudara menuju puting susu.

Baca juga:
Cara Terbaik Merawat Payudara Agar Memperoleh ASI yang Optimal

B. Mengapa Ais Susu Ibu (ASI) Sulit untuk Keluar?

Ada beberapa 4 kondisi sehingga ASI sulit untuk keluar, diantaranya:

1. Asupan nutrisi ibu yang tidak terpenuhi secara maksimal sehingga ASI sulit keluar.

2. Aspek kesehatan ibu sedang mengalami gangguan sehingga ibu lebih baik untuk istirahat yang cukup.

3. Kondisi ibu sedang tidak nyaman seperti sedang kesal, cemas, sedih ataupun marah yang mana mengganggu hormon oksitosin.

4. Dan faktor lelah dan terlalu banyak yang dipikirkan adalah sebab ASI sulit juga untuk keluar.

C. Apa Penyebab Air Susu Ibu Menjadi Berkurang?

Penyebab Air Susu Ibu Menjadi Berkurang 1

bidanku.com

Ada 10 hal yang menyebabkan air susu ibu berkurang, diantaranya:

1. Merokok dan Mengkonsumsi Obat-obatan

Dokter telah menghimbau kepada para ibu hamil dan pasca hamil agar menjauhi rokok. Karena akan beresiko terhadap janin dan juga perkembangan janin pasca melahirkan. Terlebih lagi juga akan menurunkan pasokan ASI.

2. Mengkombinasikan Pil KB

Efek yang ditimbulkan dengan mengkonsumsi KB adalah bisa mengubah kadar hormon sehingga menyebabkan penurunan ASI. Sebagiamana yang diketahui bahwa pil KB mengandung estrogen dan progesteron yang dikonsumsi setelah melahirkan.

3. Operasi Caesar

Bagi ibu yang memilih untuk operasi caesar dalam hal persalinan butuh waktu yang sangat ekstra untuk pulih sebelum fisik kembali normal dan nyaman.

Oleh karena itu akan mengalami sedikit keterlambatan untuk memproduksi ASI namun setelah itu pengeluaran ASI akan kembali berjalan lancar.

4. Melakukan Operasi Payudara

Bagi ibu yang pernah melakukan operasi payudara maka akan mengalami resiko  yang berdampak pada pasokan susunya rendah. Terlebih lagi jika puting susunya telah rusak.

Namun beda halnya yang melakukan implan atau biopsi payudara yang lebih cenderung mengalami sedikit masalah daripada operasi pengurangan payudara.

5. Puting Terasa Sakit

Puting yang terasa nyeri bahkan sakit secara refleks akan menghambat produksi ASI. Sehingga ibu akan cenderung menunda menyusui hingga putingnya kembali sehat.

Apabila hal ini terjadi maka sebaiknya ibu dapat mengubah posisi menyusui untuk meminimalisir rasa sakit.

6. Penggunaan Dot atau Penambahan Susu Formula

Penggunaan dot dan susu formula secara teratur berdampak pada penurunan produksi ASI. Bayi akan cenderung mengisap dot lebih lama daripada menghabiskan waktunya untuk menyusu.

Apabila bayi ibu ingin susu formula, ibu bisa memompa ASI setelah menyusui sehingga dengan begitu akan memberikan payudara ibu yang menyusui rangsangan ekstra.

Namun ingat pisahkan antara dot susu formula dengan dot susu ASI. Agar tidak membuat si bayi kebingungan saat meminum susu.

7. Mengalami Stress

Apabila ibu sedang mengalami stress atau penyakit maka akan berpengaruh pada berkurangnya produksi ASI. Hormon yang mengatur tingkatan stres yakni tiroid atau hipofisis.

8. Membatasi Bayi untuk Menyusui

Sering ditemukan kasus tentang ibu yang membatasi bayinya untuk meminum ASI. Ini akan menyebabkan bayi memiliki kalori yang rendah dan ASInya akan memiliki kandungan lemak yang kurang tinggi.

Umumnya bayi akan menghabiskan waktu selama lebih kurang 20-45 menit untuk menyusui agar mendapat ASI yang cukup. Jadi gunakan seluruh payudara ibu secara bergantian untuk mengoptimalkan pemberian ASI kepada si bayi.

9. Banyak Melakukan Aktifitas Fisik Setelah Melahirkan

Kerja yang memakan pikiran dan fisik juga penyebab menurunnya produksi ASI. Namun bagi ibu yang bisa memporsikan waktu kerjanya dengan baik ditambah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi maka akan bisa meningkatkan kembali produksi ASInya.

10. Tidak Mendapatkan Stimulasi Puting yang Cukup

Kurangnya kedekatan antara ibu dan bayi dalam membrikan ASI sehingga bayi lemah dalam menghisap puting susu ibunya.

Untuk menjaga agar hal ini tidak terjadi maka ibu harus mengkhususkan jadwal lebih banyak untuk si bayi. Minimal selama 6 bulan ibu harus fokus dalam merawat dan menjaga bayi.

D. Makanan Alami Memperbanyak dan Memperlancar ASI

1. Makanan Pelancar ASI: Air

Ibu yang masih dalam proses menyusui harus memperhatikan jumlah cairan di dalam tubuhnya. Apapun jenis makanan yang ibu makan, apabila kekurangan cairan maka tidak bisa menghasilkan ASI yang banyak.

Bagi ibu yang menyusui setidaknya mengkonsumsi 10 – 12 gelas air mineral setiap hari. Karena cairan yang cukup akan membantu dalam penyerapan nutrisi di dalam tubuh yang nantinya akan berfungsi untuk memperbanyak jumlah ASI.

Apabila menyusui telah selesai maka disarankan bagi ibu untuk langsung mengkonsumsi air mineral seperti yang kita sebutkan diatas.

2. Makanan Pelancar ASI: Cookies

 

3.Makanan Pelancar ASI: Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang dapat memperbanyak pasokan ASI ibu yang sedang menyusui. Selain itu oatmeal juga berperan dalam menurunkan kolesterol jahat yang bisa meregulasi tekanan darah.

4. Makanan Pelancar ASI: Bawang Putih

Makan alami yang telah dipraktikan bagi ibu-ibu yang sedang menyusui selama berabad-abad adalah bawang putih. Disini kami menyarankan agar mengkonsumsi bawang putih dalam kondisi mentah bukan matang.

Karena dalam kondisi matang khasiat bawang putih untuk memproduksi ASI sudah tidak berfungsi lagi. Akan tetapi praktik ini sudah jarang dilakuin oleh para ibu.

Padahal selain bisa memperbanyak prosuksi ASI, bawang putih juga berkhasiat mengatasi hipertensi bagi ibu hamil.

5. Makanan Pelancar ASI: Wortel

Enzim yang berperan dalam memproduksi ASI dalam jumlah banyak  adalah phytoestrogens. Enzim ini  salah satunya terdapat pada buah wortel.

Selain mengandung vitamin A, satu gelas jus wortel yang dikonsumsi sebelum makan siang akan berkhasiat memproduksi ASI dalam jumlah banyak.

6. Makanan Pelancar ASI: Adas

Ada salah satu tradisi di Jawa bahwa mengkonsumsi biji adas dapat memperbanyak produksi ASI bagi ibu menyusui. Fakta ini juga sejelan dengan riset yang dilakukan oleh tim medis.

Biji adas juga kaya vitamin C. untuk penyegaran mulut dan sangat tepat untuk pencernaan. Ibu-ibu zaman dahulu telah mempraktikan ini dan ternyata berkhasiat untuk memperbanyak produksi ASI.

7. Makanan Pelancar ASI: Kacang

Ada dua jenis kacang yang bisa membantu dalam memproduksi ASI secara optimal yakni kacang almond dan mete. Kedua kacang ini mengandung zat besi, protein dan kalsium yang berguna bagi ibu yang menyusui.

8. Makanan Pelancar ASI: Pepaya Hijau

Sebenarnya tidak hanya buah pepaya hijau saja yang bisa memperbanyak produksi ASI. Akan tetapi seluruh yang ada di pohon dapat dimanfaatkan. Mulai dari bunga, buah dan daunnya.

Ketiga hal ini mengandung vitamin A, C dan berbagai mineral. Seperti kalsium, asam folat dan enzim. Enzim ini berperan dalam proses pencernaan  ibu menyusui.

Bagi seorang ibu yang menyusui membutuhkan banyak cairan dan nutrisi. Oleh karenanya kami menyarankan untuk mengkonsumsi buah pepaya, daun dan buahnya.

Jadi olahan pepaya ini bisa disop buah yang masih mengkal. Daunnya bisa dijadikan bahan pelengkap urap. Sedangkan bunga pepaya bisa di jadikan tauco.

9. Makanan Pelancar ASI: Biji Wijen

Wijen hitam mengandung kalsium yang baik untuk digunakan meningkatkan produksi ASI. Para ibu telah membuuktikan khasiat biji wijen ini. Sehingga mereka menggunakannya secara rutin untuk meningkatkan produksi ASI mereka.

10. Makanan Pelancar ASI: Jahe

Jahe merupakan bahan alami yang mampu meningkatkan produksi ASI. Selain itu apabila ibu menyusui lelah dan banyak tenanga terbuang maka coba minta bantuan suami untuk dibuatkan air jahe dengan ditambah rempah-rempah.

11. Makanan Pelancar ASI: Labu

Semua jenis labu bisa memperbanyak produksi ASI. Terutama labu kuning atau siam. Karena labu merupakan sayuran yang sangat baik untuk pencernaan, nilai gizinya tinggi dan mampu terhindar dari sembelit.

12. Makanan Pelancar ASI: Sayu Merah

Sayur-sayuran yang berawarna merah seperti bayam merah, ubi jalar, kangkung  merah dan sawi merah mengandung beta karoten dan asam folat yang bisa meningkatkan produksi ASI.

13. Makanan Pelancar ASI: Kemangi

Selain wortel kemangi juga mengandung enzim phytoestrogens yang mampu memperbanyak produksi ASI. Selain itu manfaat kemangi lainnya adalah bisa menenangkan, mengurangi bau badan, meninkatkan gerakan usus dan mencegah sembelit.

14. Makanan Pelancar ASI: Jinten Hitam

Hal yang terpenting untuk memperbanyak produski ASI bagi ibu menyusui adalah adanya protein dan zat besi. Kedua zat ini terdapat pada jinten hitam. Jinten hitam umumnya dapat ditemui di toko obat tradisional.

15. Makanan Pelancar ASI: Daun Katuk

Daun katuk untuk di zaman modern ini sangat jarang ditemui. Padahal keberadaan daun ini sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI ibu.

Daun katuk memilik rasa pahit sama seperti daun pepaya. Sehingga untuk mengolahnya harus tepat agar enak saat dimakan. B

Bagi ibu yang menyusi kebutuhan protein dalam sehari yang harus terpenuhi adalah 60 gram. 20 gram protein ASI dan 40 gram protein yang harus dimiliki ibu. Untuk memenuhi 60 gram protein setiap hari bisa mengkonsumsi daun katuk minimal 100 gram perharinya.

16. Makanan Pelancar ASI: Sup

Sup bukanlah sembarang sup yang mesti dikonsumsi ibu menyusui. Sup yang kami sarankan adalah sup ayam, daging dan ikan. Pengolahan sup ini dianjurkan tidak menggunakan penyedap rasa sintetik. Cukup gunakan garam sebagai penyedap rasa alami.

Setiap sup yang dimasak maka mengandung protein yang sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI ibu.

17. Makanan Pelancar ASI: Sayur Pare

Tidak semua para ibu menyukai sayur dengan rasa pahit ini. Tapi perlu diketahui oleh para ibu bahwa pare mengandung berbagai vitamin yang baik dalam meningngkatkan produksi ASI. Selain itu pare juga merupakan penyubur kandungan. Artinya jika ibu mengkonsumsi sayur tersebut, maka bisa membantu menyuburkan kandungan. Dan ini sangat tepat diterapkan bagi ibu hamil.

 

Sayur para mengandung vitamin K, likopen, fitokomia dan zat antioksidan. Selain dapat melancar ASI, pare juga berkhasiat dalam menurunkan diabetes dan membunuh sel kanker.

Banyak cara mengolah pare sebagai makanan olahan. Yakni bisa memasaknya dengan tauco atau tumis pedes pare.

18. Makanan Pelancar ASI: Jagung

Makanan alami yang terakhir adalah jagung. Jagung mengandung protein dan karbohidrat yang baik untuk memproduksi ASI. Ibu yang baru saja melahirkan namun ASInya belum bisa keluar, maka bisa mengkonsumsi jagung.

Bisa dimasak dengan cara merebusnya, sup ataupun digoreng. Kami sarankan untuk mengkonsumsi jagung setiap harinya adalah 200 gram.

  •  
    1
    Share
  •  
  •  
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply