Manfaat dan Pentingnya ASI Eksklusif bagi Bayi

ASI Eksklusif – Para ibu taukah engkau apa yang dimaksud dengan ASI eksklusif? Pengertian dari ASI eksklusif adalah ASI yang diberikan kepada bayi tanpa ada makanan tambahan cairan lain misalnya susu formula, segala buah, air teh, madu maupun tanpa ada makanan tambahan padat seperti halnya pisang, pepaya, bubur, susum biscuit dan hal lain yang sejenis.

Ibu apabila hendak memberikan ASI eksklusif kepada anak maka dianjurkan untuk jangka waktu sekitar 6 bulan, adapun setelah 6 bulan bayi boleh diperkenalkan dengan makanan padat.

Adapun pemberian ASI kepada bayi dapat diberikan dalam jangka waktu selama 2 tahun atau dan boleh lebih dari 2 tahun. Adapun agar produktifitas ASI berjalan lancar maka Bunda bisa mengkonsumsi ASI Booster Tea.


Ingin Payudara Sista lebih kencang dan padat? Pakai Cream Dr. SUSAN Extra Breast Cream aja!

Dr. SUSAN Extra Breast Cream Original Thailand

Dr. SUSAN Extra Breast Cream Original Thailand

Dr. SUSAN Extra Breast Cream From Singapore diformulasikan untuk mendapatkan hasil payudara yang lebih kencang, berisi, sehat dan besar!!

Diracik dan diramu menggunakan herbal alami spesial dengan ekstrak Nano Q20 CO-enzyme yang memiliki lebih banyak keunggulan dan hasil yang lebih efektif dan terbukti dibanding produk lainnya.

Apa Keunggulan Dr. Susan Extra Breast Cream?

  • Hasil bisa terlihat insyaAllah dalam 1 minggu
  • Payudara akan tampak lebih kencang dan padat, apabila dipakai secara rutin ukuran cup bra bisa menjadi setingkat lebih besar
  • Sangat efektif, sekali pakai langsung terasa hangat.
  • Kulit payudara jadi lebih lembut dan kenyal

Bagaimana Cara Pakai Dr. Susan Extra Breast Cream?

  • Ambil sedikit cream, pijat perlahan pada payudara selama kurang lebih 2-3 menit ke arah atas sampai cream meresap seluruhnya (Ingat! Jangan sampai terkena bagian puting).
  • Dipakai 2 kalo sehari setelah selesai mandi, dan hasilnya akan tampak hanya dalam 1 minggu.
  • Selama perawatan dengan Dr. Susan Extra Breast Cream sangat dianjurkan untuk memakai bra yang berkawat.
  • Lebih baik jangan digunakan selama masa menstruasi.

Spesifikasi Produk Dr. Susan Extra Breast Cream

Dr. SUSAN Extra Breast Cream Asli

 

Kondisi Barang Baru
Netto (Isi) 70 gram
Bruto 100 gram
Harga Rp. 70.000

 

Harga Spesial : Rp. 70.000

*Harga belum termasuk ongkos kirim

 

Produk asli dari dr.susan beauty center. 895A beach road singapore 19951. Dijamin asli 100%

Cara Memesan Dr. Susan Extra Breast Cream

Kirim SMS/WA ke No 0853 6298 9409 (No. Resmi) ataun PIN BB  7ED7FDF6 dengan Format

(#Nama Penerima#No. Hp Penerima#Kode Pos#Provinsi#Kotamadya/Kabupaten#Kecamatan#Alamat Lengkap#Jumlah Pemesanan

Jasa Pengiriman yang kami gunakan adalah JNE

Dengan Model Paket Pengiriman :

JNE Reguler adalah paket reguler yang ditawarkan JNE. Kecepatan pengiriman tergantung dari lokasi pengiriman dan lokasi tujuan. Umumnya memakan waktu 3-4 hari

JNE OKE adalah paket ekonomis yang ditawarkan JNE. Umumnya pengiriman melalui paket ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Dukungan kota masih terbatas. Umumnya makan waktu 4-5 hari.

JNE YES adalah paket eksklusif/prioritas yang ditawarkan JNE.  Hanya diperlukan kecepatan barang diterima dan dipengaruhi kecepatan penjual melakukan pengiriman barang. Umumnya makan waktu 2-3 hari.

Contoh Pemesann Produk Dr. Susan Extra Breast Cream

#Ummu Hana#085334273839#2147# Provinsi Jawa Timur# Kota Surabaya#Kecamatan Sukakarsa#Jl. Luka No.3, RT/RW 03/02, Simpang Kantor Camat Sukakarsa#5 botol Dr. Susan Extra Breast Cream

kirim SMS/WA ke No. 0853 6298 9409 (No. Resmi) ataun PIN BB  7ED7FDF6

Setelah format pemesan kami terima maka pesanan akan kami balas dengan cepat dan  segera kami kirimkan dengan rapi dan aman. Terimakasih.

 


Salah satu Organisasi PBB yang bertindak sebagai organisasi kesehatan dan bahan pangan yaitu WHO dan UNICEF membuat deklarasi yang kemudian dikenal dengan nama Deklarasi Innocenti (Innocenti Declaration).

Deklarasi ini berpusat di kota Innocenti, Italia yang bertujuan untuk melindungi, mempromosikan dan kemudian memberi dukungan penuh pemberian ASI kepada bayi. Indonesia salah satu negara anggota yang ikut menandatangi deklarasi ini.

Deklarasi Innocenti

gizi.depkes.go.id

Dimana dijelaskan bahwa untuk meningkatkan kesehatanm keselamatan dan mutu makanan bayi yang optimal , maka kepada semua ibu yang telah berkeluarga dianjurkan memberikan ASI eksklusif kepada anak bayinya selama 4 bulan penuh.

Setalah itu baru kemudian para ibu memberikan makanan pendamping semisal pisang atau bubur yang benar dan tepat, tetapi pemberian ASI tetap dilanjutkan selama 2 tahun atau lebih.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh ahli gizi pada tahun 1999 menyebutkan bahwa pemberian makanan padat pada usia bayi terlalu dini akan memberikan efek negatf.

Berdasarkan riset ini yang kemudian UNICEF langsung memberikan klarifikasi tentang rekomendasai jangka waktu dalam pemberian ASI eksklusif.

Dan klarifikasi terbaru UNICEF bersama dengan WHA dan juga bersama dengan negara-negara lainnya menentapkan jangka waktu pemberian ASI ekslusif yaitu selama 6 bulan.

Agar pemberian ASI eksklusif dapat diberikan secara optimal maka WHO dan UNICEF merekomendasikan 3 langkah yang tepat. Pertama adalah menyusui apabila bayi sudah dilahirkan. Kedua yaitu tidak memberikan makanan tambahan (bubur) apapun kepada bayi.

Dan terakhir adalah menyusui sesering mungkin dan sebanyak yang diinginkan bayi. Dari ketiga langkah diatas diharapkan pemberian ASI ekslusif kepada bayi bisa tercapai secara optimal.

A. 6 Alasan Pemberian ASI Ekslusif pada Bayi

Bayi Tumbuh Optimal

dokteribu.com

Bunda taukah engkau kenapa para ahli tidak menyarankan memberi makanan padat kepada bayi sebelum lebih dari 6 bulan) Maka untuk menjawab pertanyaan ini akan kami berikan 6 alasan yang tepat menurut pandangan WHO-UNICEF.

1.1 Alasan Pertama: Perkembangan Bayi Menajadi Lebih Baik di 6 Bulan Pertama

Menurut riset medis bahwa pemberian ASI eksklusif salama 6 bulan akan membuat bayi berkembang dengan baik di semester pertama. Sehingga bisa dikatakan bahwa pemberian ASI selama 6 bulan merupakan cara yang paling optimal dalam pemberian makanan kepada bayi.

1.2 Alasan Kedua: Terlindungi dari Berbagai Penyakit

Adapun yang perlu bunda ketahui bahwa penundaan pemberian makanan padat pada bayi akan memberikan perlindungan yang lebih baik pada bayi dari berbagai penyakit.

Penelitian memperlihatkan ke kami bahwa pemberian ASI ekslusif yang kurang dari 6 bulan akan lebih mudah mengalami infeksi telinga dan juga infeksi saluran pernapasan.

Jadi alasan penundaaan pemberian makanan padat kepada bayi adalah memberikan kesempatan pada sistem pencernaan bayi untuk berkembang menjadi lebih matang. Adapun bayi siap diberi makanan padat secara pertumbuhan dan psikoogis yaitu pada usia 6-9 bulan.

Apabila makanan padat sudah diberikan sebelum sistem percernaan bayi siap untuk menerimanya, maka yang terjadi adalah makanan tersebut tidak dapat dicerna dengan baik.

Sehingga dengan begitu akan menyebabkan reaksi yang tidak menyenangkan seperti halnya gangguan pencernaan, timbulnya gas (buang angin) dan kosntipasi.

Bayi diusia kurang dari 6 bulan belum memiliki protein pencernaan yang lengkap. Seperti halnya Asam lambung dan pepsin dibuang pada saat kelahiran dan dalam 3 sampai 4 bulan terakhir jumlah akan terus meningkat hingga mencapai tingkat orang dewasa.

Selain daripada itu, enzim amilase yang diproduksi oleh pankreas belum mencapai jumlah yang cukup untuk mencerna makanan padat, kecuali diberikan diatas usia 6 bulan. Kemudian enzim karbohodrat lainnya seperti maltase, isomaltase dan sukrase belum bekerja sebelum usia diatas 7 bulan.

1.3 Alasan Ketiga: Pertumbuhan Bayi Jauh Lebih Maksimal

Mulai dari lahir hingga empat sampai enam bulan anak bayi belum memiliki usus yang terbuka. Sehingga dengan begitu jarak antara sel-sel pada usus kecil akan membuat makromolekul yang utuh termasuk protein dan bakteri patogen bisa masuk ke dalam aliran darah.

Disinilah kelebihan ASI yang dapat menguntungkan bayi disebabkan karena pada ASI terdapat zat antibodi yang mana dapat langsung masuk melalui aliran darah. Namun tidak hanya ASI saja yang bisa masuk langsung ke dalam aliran darah, protein dan bakteri patogen juga bisa masuk.

Selain daripada itu, enzim amilase yang diproduksi oleh pankreas belum mencapai jumlah yang cukup untuk mencerna makanan padat, kecuali diberikan diatas usia 6 bulan. Kemudian enzim karbohodrat lainnya seperti maltase, isomaltase dan sukrase belum bekerja sebelum usia diatas 7 bulan.

Saat usia bayi 4-6 bulan yang mana usus bayi masih terbuka maka zat antibodi slgA dari ASI akan berperan melapisi organ pencernaan yang bertindak sebagai kekebalan pasif, mengurangi terjadinya penyakit dan alergi.

Adapun bayi akan memproduksi antibodi sendiri pada usia lebih dari 6 bulan dan begitu juga pada saat usus mulai menutup di usia tersebut.

Silahkan dibaca juga:
Tips Jitu Memperbanyak dan Memperlancar ASI Secara Alami
Segudang Manfaat ASI bagi Bayi dan Menyusui bagi Ibu
Duhai Ibu Maukah Engkau dan Calon Buah Hatimu Lahir dalam Keadaan Sehat dan Selamat

1.4 Alasan Keempat: Bayi Terhindar dari Animea

Penundaan makanan berat untuk melindungi bayi dari anemia sebab kekurangan zat besi. Bayi yang sehat dan lahir di usia kandungan 9 bulan kemudian diberi ASI eksklusif selama 6-9 bulan akan menunjukkan kecukupan hemoglobin dan zat besi.

Bayi Tumbuh Aktif

dedaunan.com

Penelitian menunjukkan bahwa apabila bayi diberikan ASI eksklusif selama 6 bulan tanpa diberi makanan berat akan menunjukkan level hemoglobin secara sginifikan lebih tinggi dalam waktu satu tahun dibandingkan bayi yang diberi ASI dan makanan tambahan.

Sehingga para peneliti tersebut menyimpulkan bahwa di tahun pertama pemberian ASI eksklusif tidak ditemukan gejala animea pada bayi. Dengan demikian pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan mengurangi gejala animea.

1.5 Alasan kelima: Melindungi Bayi dari Obesitas

Selain dapat mengurangi gejala animea, pemberian ASI ekslusif juga melindingi bayi dari obesitas (kegemukan) di masa akan datang. Jadi apabila si bayi sudah diberikan makanan berat di usia baru lahir maka akan meningkatkan kandungan lemak dan berat badan.

1.6 Alasan Keenam: Membantu Ibu Menjaga Ketersedian ASI

Penundaan makanan padat di usia dini akan membantu para ibu untuk menjaga ketersedian ASI mereka. Hal ini telah diperkuat dengan studi ilmiah bahwa pemberian makanan padat hanya menambah total asupan bayi saja.

Artinya makin banyak makanan padat yang diberikan maka asupan ASI yang masuk ke dalam tubuh bayi semakin sedikit sehingga dengan begitu susu yang diserap dari ibu juga akan semakin sedikit.

Dari 6 alasan ini menurut kami sudah cukup memberikan penjelasan kepada para ibu bahwa pemberian ASI eksklusif pada bayi adalah sangat penting. Jadi sudah selayaknya para orang tua mengerti dan juga memahami hak bayi untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal.

Kami berharap dari artikel yang singkat ini dapat bermanfaat bagi para ibu dan para calon orang tua untuk menumbuh kembangkan anak dengan tepat dan benar.

B. 13 Manfaat Pemberian ASI Ekslusif 

Manfaat ASI Ekslusif

bidanku.org

2.1 Sistem Imun Menjadi Kuat

Sistem imun tubuh bayi lebih kuat dan kebal sama penyakit. Karena setiap ASI yang masuk ke dalam tubuh bayi mengandung zat anti bodi yang bisa membantunya melawan dan menghadang segala macam bakteri dan virus.

Oleh karena itu, resiko terkena atau terserang penyakit seperti diare, infeksi pendengaran, infeksi saluran pernapasan, kontipasi, bahkan bisa berkembang menjadi pengidap diabetes tipe 2 lebih tinggi jika dibandingkan dengan bayi yang selalu diberikan ASI eksklusif.

2.2 Anak Menjadi Lebih Cerdas

Anak akan  jauh lebih cerdas. Karena menurut para ahli kesehatan bahwa asam lemak yang terdapat pada air susu ibu memiliki atau mengandung peran yang sangat penting bagi kecerdasan otak bayi.

Ditambah lagi dengan hubungan emosional antara ibu dan si buah hati yang terjadi selama proses menyusui sehingga memungkinkan untuk berkontribusi.

2.3 Berat Badan Menjadi Ideal

Berat badan menjadi ideal. Oleh karenanya dengan  minum ASI eksklusif , si buah hati akan tumbuh dengan bobot tubuh normal. Kenapa demikian? Para ahli kesehatan menyebutkan bahwa ASI mengandung lebih sedikit insulin jika dibandingkan dengan susu formula.

Sedangkan insulin sendiri dapat memicu pembentukan lemak. Dan ASI sendiri tidak banyak memicu pembentukan lemak pada bayi. Selain itu, bayi akan memiliki suatu hormon leptin yang lebih dimana fungsinya mengatur nafsu makan dan metabolise lemak.

2.4 Tulang Bayi Menjadi Lebih Kuat

Manfaat yang ke empat yaitu tulang bayi akan menjadi lebih kuat. Pemberian ASI eksklusif kepada bayi selama 3 bulan atu lebih akan membentuk tulang leher dan tulang belakang menjadi lebih kuat jika dibandingkan pemberian ASI kurang dari 3 bulan.

2.5 Menperoleh Limpahan Kolesterol

Memperoleh limpahan kolesterol. Kolesterol bagi orang dewasa merupakan asupan yang tidak baik. Namun hal ini tidak berlaku buat bayi . Karena kolesterol sangat dibutuhkan sekali guna menunjang tumbuh dan kembang si bayi.

2.6 Mengurangi Sindrom Kematian Mendadak

Mengurangi resiko terjadinya sindrom kematian bayi secara tiba-tiba atau mendadak saat si bayi tidur.

2.7 Hubungan Antar Ibu dan Anak Menjadi Lebih Erat

Hubungan ibu dan anak meenjadi lebih erat. Karena pada saat menyusui antara ibu dan si buah hati saling bersentuhan dan juga saling bertatap-tatapan. Sehingga hal ini bisa memperkuat hubungan ibu dan anak.

2.8 Tubuh Menjadi Lebih Langsing

Tubuh menjadi lebih cepat langsing. Hal ini didasari dengan riset yang dilakukan oleh ahli kesehatan bahwa saat menyusui bisa membakar kalori sebesar 5000 kalori per harinya.

2.9 Mensukseskan Keluarga Berencana

Mensukseskan Keluarga Berencana Secara Alami. Pada saat menyusui ovulasi akan terhambat pada saat memberikan ASI eksklusif. Sehingga apabila sang buah hati hendak ingin menyusu maka penuhi kebutuhannya kapan pun. Agar bisa langsung terasa manfaatnya.

2.10 Stress Akan Berkurang

Stress akan berkurang. Karena pada saat menyusui ada salah satu hormon yang bisa membuat ibu menjadi lebih rileks yakni hormon oksitoksin.

2.11 Mampu Mengurangi Pendarahan

Mengurangi pendarahan. Selain menurunkan tingkat stress pada ibu, hormon oksitosin juga dapat membantu rahim berkontraksi. Sehingga memungkinkan untuk mengurangi perdarahan rahim usai persalinan dan sekaligus  mkembali ke bentuk rahim sebelum hamil.

2.12 Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Resiko terkena kanker menurun. Riset menyebutkan tidak ada implikasi menyusui dengan resiko terkena kanker payudara dan ovarium. Namun sejumlah penelitian menyebutkan menyusui akan melindungi ibu dan si buah hati terhindar penyakit. Karena dengan menyusui bisa menekan produksi hormon estrogen.

2.13  Menghemat Uang

Hemat uang. Selama si bayi terus mendapatkan ASI eksklusif maka ibu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli susu formula. Sehingga hal ini bisa menghemat pengeluaran bulanan rumah tangga ibu.

Namun perlu diperhatikan dengan baik bahwa ibu harus tetap menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Dengan menerapkan pola makanan sehat maka bisa dijamin nutrisi ASI akan jauh lebih baik seperti halnya sayuran, daging tanpa lemak, sejumalah makanan berserat dan susu serta mengkonsumsi air secara rutin.

Sayangnya program ASI ekslusif tidak bisa dijalankan untuk ibu yang sedang menjalani kemotrapi untuk kanker, mengidap tuberkulosis, pencandu narkoba dan pengkonsumsi obat-obatan tertetu.

  •  
    9
    Shares
  • 8
  •  
  •  
  • 1
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply