Keterlibatan Karyawan: Dapatkah Aplikasi HR Anda Menemukan Jawabannya?


Keterlibatan karyawan telah menjadi isu terdepan dalam diskusi SDM sebagai faktor kunci dalam mengurangi turnover yang tinggi. Tidak hanya itu, dengan keterlibatan karyawan yang turut merasa memiliki perusahaan, maka produktivitas dan kesejahteraan perusahaan turut meningkat.

Sayangnya, sangat sulit mengukur seberapa jauh keterlibatan karyawan. Meskipun sulit, tetapi Aplikasi HR dapat membantu untuk mengidentifikasi apa yang terbaik dan mengevaluasi keterlibatan karyawan di perusahaan Anda.

Survey Keterlibatan Karyawan

Aplikasi HR menyediakan fitur yang memungkinkan tim HR melakukan survey keterlibatan karyawan, tetapi mungkin ada beberapa penyesuaian. Buatlah pertanyaan – pertanyaan yang akan menambah wawasan dan informasi mengenai bagaimana karyawan secara langsung terlibat dalam misi perusahaan dan bagaimana investasi mereka terhadap perusahaan.

Merilis Hasil Survey

Dalam aplikasi HR umumnya hasil survey keterlibatan karyawan dapat dirilis untuk semua karyawan hanya dalam beberapa klik. Karyawan dapat mengakses survey dengan mengunjungi portal melalui perangkat masing – masing.

Dengan begitu, survey akan lebih fleksibel karena karyawan dapat mengisi survey dengan nyaman pada waktu yang diinginkan.

Mendapat Umpan Balik

Karena survei cepat dan mudah dikelola, HRIS Software dapat membantu pengusaha untuk mendapatkan umpan balik dari karyawan terkait dengan keterlibatan.

Buat survey yang sensitif terhadap waktu sehingga hasilnya juga relevan dengan peristiwa terkini atau isu yang sedang hangat terjadi di area perusahaan. Survey tidak perlu dilakukan bulanan yang kadang justru membebani karyawan, tetapi cukup tahunan atau dua tahun sekali.

Baca Juga : Aplikasi Absensi dan Manfaatnya Untuk Perusahaan

Menganalisis dan Melaporkan Hasil

Tim HR dapat menggunakan hasil survey untuk menganalisa dan melaporkan kesimpulan data keterlibatan karyawan terhadap manajemen perusahaan. Keterlibatan karyawan biasanya terbagi menjadi beberapa komponen untuk pengambilan keputusan.

Antara lain meliputi: pengembangan, koneksi interpersonal, pengakuan, dan penghargaan. Jika hasilnya negatif atau karyawan merasa keterlibatan masih minim, maka perusahaan bisa mengambil langkah antisipasi untuk meningkatkan program keterlibatan karyawan atau pelatihan.

Berbagi Hasil dan Rencana Tindakan dengan Karyawan

Setelah mendapatkan kesimpulan berdasarkan survey karyawan, akan sangat bermanfaat jika hasilnya didiskusikan bersama dalam sebuah meeting atau pertemuan.

Dengan begitu, karyawan akan merasa dihargai karena umpan balik dan saran mereka didengarkan oleh perusahaan. Nah, terbukti bukan, Aplikasi HR dapat membantu untuk mengkomunikasikan hasil dan rencana melalui fitur feedback atau pengolahan pesan.

Aplikasi HR  dapat menjadi solusi yang membantu perusahaan mengambil pendekatan proaktif untuk menilai dan meningkatkan keterlibatan karyawan.

Jika Anda ingin meningkatkan keterlibatan karyawan di perusahaan Anda dalam level yang lebih baik, LinovHR siap membantu Anda. Hubungi +62 21 2854 2835 untuk demo atau trial secara gratis hari ini.

  •  
    2
    Shares
  • 1
  •  
  •  
  • 1
  •  

Leave a Reply