Senyuman Hangat Di Pagi Hari

Namanya Azizah Al Mardhiyyah Sigalingging. Usianya sekitar 3 tahun. Banyak kenangan yang aku rasakan saat bersamanya. Di usianya yang masih kecil, dia sangat lincah dan sedikit rewel. Ya, biasalah anak seusianya, ingin dimanja dan diajak bermain. Diantara keponanku yang lain, dia terbilang sangat pintar dan gemesin. Keponanku ada 6 orang, diantaranya 4 putra dan 2 putri. Yang paling besar namanya Aisyah Al Mardhiyyah Sigalingging, Irvan, Naylah, Royan Marwan, Azizah Al Mardhiyyah Sigalingging dan Arifah.

Saat yang paling menyenangkan yaitu ketika mereka berkumpul di rumah kakeknya. Ada yang minta jajanlah, permenlah, duitlah dan minta diajak jalan-jalan. Pernah suatu sore pukul setengah 5 si Azizah ngomong ke aku,

Azizah : “Om, ayoklah janjayan (red-jalan-jalan)?”

Saya : “Janjalan kemana kita Azizah?”

Azizah : “Janjayan auhlah” (red-jauhlah).

Saya: “Iya, tapi Azizah sudah mandi belum?”

Azizah : “Udahlah, cepatlah om

Saya : “Iya-iya ini kan om mau siap-siap, Azizah tunggu di luar ya”.

Dengan sigapnya dia berlari ke depan dengan wajah yang sangat gembira. Sangking senangnya, dia pun ngomong ke teman-temannya. Ya, begitulah anak kecil. Senyumannya, rewelnya dan wajahnya yang gemesin membuatku semakin semangat untuk mengajaknya jalan-jalan.

Setiap sore, aku selalu menyediakan waktu untuk mereka. Terkadang aku bawa mereka main, jalan-jalan, jajan dan terkadang juga maka di cafe. Mereka sangat suka sekali jika diajak ke taman bermain. Ditambah lagi jika taman bermainnya itu ada segala jenis permainan. Aku lihat mimik wajah mereka, sungguh sangat riang sekali. Bisa jadi dengan kehadiran mereka sudah dapat menghilangkan kepenatanku dalam sehari beraktifitas.

Aku tak pernah bosan-bosannya jika mengajak mereka jalan-jalan. Terkadang aku mengajak mereka berenang, wisata ke kebun binatang dan juga ke pantai. Ya, aku maklumi namanya anak-anak pasti banyak rewelnya. Bagiku masa-masa mereka wajar jika sangat aktif. Keaktifan mereka disebabkan rasa ingin tahu dan juga sedang masa pertumbuhan.

IMG_20160124_131314

Melihat Azizah bermain dengan riang gembira. Mengingatkan aku indahnya masa anak-anak. Riang gembira, tanpa ada beban hidup dan bermain dengan sepuasnya. Pernah terbayang olehku, bisakah kembali ke masa dulu, hehe.

Biasanya setiap sore kami jalan-jalan keliling Delitua. Saat di jalan, yang diperhatikannya itu cuman mini market. Nah, hal yang tak pernah dia lupa yaitu minta dibelikan susu tetrapet. Yah, mau tak mau harus dibelikan nih, hehe. Asalkan bisa melihat senyuman di wajahnya sudah membuat hati ini merasa bahagia.

Ada banyak cara seseorang menemukan kebahagian. Ada yang menemukannya melalui pergi ke tempat-tempat hiburan, ke alam, ke mall. Tapi bagiku kebahagian itu cukup datang dari senyuman polos dari seorang anak. Karena dari senyumannya mengajarkan ke aku sedekah yang paling ringan untuk dilakukan.

Sebagaimana anak lainnya, rasa jengkel pasti ada. Setiap mereka melakukan kesalahan misalnya, membuat rusuh di kamar, terus numpahkan makanan dan parahnya lagi ngambek jika gak diikuti keinginan mereka. Ada kalanya permintaan mereka, aku turuti dan terkadang juga tidak. Aku berpikir anak-anak seperti mereka harus diberikan pendidikan yang baik. Selalu diajarkan akhlak dan tata krama, karena setiap perbuatan kita akan ditiru mereka, apakah itu baik ataupun buruk. Begitu juga dengan Azizah, setiap apa yang dilakukan teman seusianya yang buruk selalu diikutinya. Nah, jika hal ini tidak diberikan perhatian khusus khawatirnya akhlak yang buruk akan menggerogoti jiwanya kelak nanti sampai dewasa. Alhamdulillah, di lingkungan keluarga kami selalu memberikan contoh yang baik disamping itu juga mendidik dengan cara yang tepat kepada anak-anak seusia mereka. Sehingga aku berharap kedepannya mereka bisa tumbuh dan berkembang serta bersosialisasi dengan tata krama yang baik. Terimakasih, cukup sekian dulu yaa.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply