Manfaat, Jenis dan Pertanyaan Seputar Pisang Untuk Bayi

Pisang Untuk Bayi – Ketika bayi berusia 1, 3, 4 dan 8 bulan memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna. Sempurna disini maksudnya adalah belum bisa mengunyah ataupun memakan makanan yang berat.

Kita sebagai orang tua tentu menginginkan bayi selalu dalam kondisi sehat. Bisa saja rasa gelisah, cemas bahkan sulit tidur menghampiri orang tua disaat buah hati terserang penyakit. Apakah mau bunda dihadapkan kondisi seperti ini?

Oleh karenanya jenis makanan yang baik untuk bayi di usia tersebut adalah pisang. Mengapa pisang? Karena pisang adalah jenis buah yang memiliki banyak vitamin, mineral dan kalori yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu kandungan lemak di dalam pisang sangat rendah, sehingga tidak heran dahulu para orang tua memberikan bubur pisang sebagai makanan bernutrisi kepada bayi.

A. Manfaat Pisang Untuk Bayi

Manfaat Buah Pisang Untuk Bayi

berkahkhair.com

Nah, tahukah para bunda? Apa saja manfaat buah pisang untuk bayi? Setelah kami melakukan riset dari beberapa referensi ada 7 manfaat buah pisang untuk bayi, diantaranya adalah:

1.1. Manfaat Pisang Untuk Bayi: Mengatasi Kesulitan Buang Air Besar (Sembelit)

Sembelit adalah penyakit yang kerap kali dialami oleh anak bayi. Dan pada umumnya bayi yang terserang penyakit ini akan bertingkah aneh. Yakni sering rewel atau selalu merasa gelisah.

Rewelnya mereka ini dikarenakan kesulitan mendorong BAB dengan posisi tubuh yang berbaring. Untuk mengatasi hal ini maka sang bunda perlu memberikan dan meruntinkan pemberian pisang kepada si bayi.

Kenapa? Karena kandungan serat pada pisang mampu membantu usus mendorong BAB-nya dengan mudah.

1.2. Manfaat Pisang Untuk Bayi: Nutrisi Penting Bagi Pertumbuhan Bayi

Nutrsi yang baik adalah asupan terpenting bagi tumbuh dan kembang bayi. Oleh karenaya dalam menunjang perkembangan si buah hati maka dapat diberikan buah pisang sebagai menu utama makanan buah hati Anda.

Pisang mengandung banyak protein dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya kalium, kalsium, belerang, fosfor dan zat besi.

Kelima nutrsi ini mampu membentuk dan menjaga fungsi otot, mengatur detak jantung agar selalu stabil, membentuk pertumbuhan tulang dan meningkatkan sel darah merah atau hemoglobin.

1.3. Manfaat Pisang Untuk Bayi: Melancarkan dan Membersihkan Kandung Kemih

Selain sembelit atau sulit BAB. Bayi juga rentan terhadap infeksi saluran kemih. Hal ini ditandai dengan sering menangisnya bayi di jam-jam tertentu kemudian timbul demam dan jarang sekali buang air kecil.

Cara terbaik adalah dengan berobat ke dokter dan kedua yakni merutinkan pemberian pisang kepada bayi. Karena pisang mampu membersihkan saluran kemih dari toxin berbahaya.

1.4. Manfaat Pisang Untuk Bayi: Makanan yang Mudah Dicerna

Manfaat pisang lainnya untuk bayi adalah sangat mudah dicerna. Karena secara fisik pisang memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang harum. Sehingga sangat disukai oleh bayi.

Dan keunggulan lainnya, pisang adalah jenis buah yang paling mudah dicerna diantara jenis buah lainnya. Oleh karenanya, daripada memberikan makanan instan kepada bayi lebih baik berikan pisang yang sudah jelas khasiatnya.

1.5. Manfaat Pisang Untuk Bayi: Mengatasi Diare

Sembelit dan diare adalah penyakit yang umum dialami oleh bayi. Dan perlu diketahui oleh para ibu, diare adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang bernama rotavirus.

Solusi terbaik dalam masalah ini adalah konsultasi ke dokter spesialis anak Anda atau juga bisa menghubungi dokter umum, perawat atau bidan.

Namun alangkah lebih baiknya jika bunda melakukan pencegahan agar hal ini terjadi pada buah hati Anda. Yakni dengan memastikan bahwa si bayi telah mendapatkan nutrisi yang cukup.

Nutrsi yang cukup disini adalah memberikan susu dengan proporsional kepada bayi. Ditambah dengan memberikan makanan lain seperti pisang, bubur halus (alami) ataupun sereal. Akan tetapi hal ini baru bisa diberikan apabila bayi sudah masuk ke tahap makanan padat atau semi padat.

1.6. Manfaat Pisang Untuk Bayi: Buah yang Bebas dari Alergi

Manfaat Pisang Untuk Bayi: Buah yang Bebas dari Alergi

pixabay.com

Alergi yang biasanya dialami oleh seseorang disebabkan karena intoleransi asam amino yang timbul di dalam sistem pencernaan. Pisang adalah jenis buah yang mengandung asam amino namun lebih sederhana atau jinak sehingga mudah dicerna.

Oleh karenanya ibu tidak perlu khawatir untuk memberikan pisang kepada bayi. Karena dengan memberikan pisang kepada bayi secara rutin akan melenacarkan sekresi dan ekresi serta menyehatkan bayi.

1.7. Manfaat Pisang Untuk Bayi: Sumber Energi

Rasa bahagia akan dirasakan oleh ibu apabila melihat bayinya aktif dan riang. Namun tidak sedikit juga kita melihat bayi yang selalu saja menangis bahkan menderita kekurangan gizi.

Tentu kita sebagai orang tua tidak ingin hal ini terjadi kepada anak-anak kita. Agar tampil sehat dan aktif maka ibu bisa memberikan pisang sebagai menu utama makanan bayi.

Ibu dapat memberikannya disaat sarapan pagi, siang atupun sore hari. Cukup berikan 1 buah pisang dengan ukuran sedang maka bayi telah memperoleh cakupan energi yang cukup.

B. Jenis Pisang yang Baik Untuk Bayi 6 Bulan Keatas

Dikutip dari situs alodokter, jenis pisang yang baik untuk anak usia 6 bulan keatas adalah pisang, pisang kepok, pisang mas dan pisang susu serta pisang ambon. Namun perlu ditekankan seorang ibu harus memastikan pisang yang dikonsumsi tersebut harus memenuhi 3 syarat. Yaitu matang, lembut dan layak dikonsumsi.

Ibu bisa mengolah pisang tersebut yaitu dengan mengerok buahnya dengan sendok yang bersih atau dipotong kecil-kecil sesuai dengan ukuran mulut bayi atau bisa juga dibuat puree (dihaluskan seperti bubur).

Sebagai pengenalan ibu bisa memberikan satu buah pisang kecil setiap kali hendak makan. Hal ini akan berguna untuk sistem pencernaan bayi Anda.

2.1. Pisang Sunpride (Cavendish) Untuk Bayi

Pisang Sunpride (Cavendish) Untuk Bayi

berkahkhair.com

Pisang sunpride atau cavendish adalah jenis buah yang paling populer di dunia. Metode yang digunakan untuk membudidayakan pisang ini adalah dengan kultur jaringan.

Kelebihan dari menggunakan metode ini adalah bebas dari penyakit tanaman seperti layu moko akibat Pseudomonas solanacearum serta layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense.

Masyarakat umumnya menilai pisang cavendish ini merupakan jenis pisang impor. Karena kulitnya yang mulus, cerah, rasanya manis serta  enak saat di makan.

Lapung adalah provinsi yang membudidayakan pisang cavendish. Mulai dari pembibitan dengan teknik kultur jaringan hingga perawatan yang maksimal.

Pisang cavendish merupakan buah yang sangat tepat dikonsumsi oleh bayi saat berusia 6 bulan. Meskipun harganya cukup mahal tapi khasiatnya dapat dirasakan bagi bayi.

2.2. Pisang Raja Untuk Bayi

Pisang raja adalah pisang  yang memiliki aroma dan rasa yang jauh berbeda dari jenis buah lainnya. Ukurannya tidak begitu besar ataupun terlalu kecil.

Kandungan yang dimiliki pisang raja adalah protein, fosfor, zat besi, lemak dan kalsium serta vitamin A, vitamin B dan vitamin C.  Pisang raja menurut para ahli gizi punya khasiat menyembuhkan penyakit maag.

Dengan kandungan protein, mineral dan vitamin serta rasa yang manis menjadikan pisang raja layak diberikan kepada bayi berusia 6 bulan.  Oleh karena ibu tidak perlu khawatir memberikan pisang ini kepada bayi.

2.3. Pisang Kepok Untuk Bayi    

Pisang Kepok Untuk Bayi

sekilas-info.tk

Pisang kepok adalah jenis pisang yang tinggi kandungan patinya. Dengan kandungan pati yang dimilikinya menjadikan pisang kepok direkomendasi oleh dokter sebagai makanan yang baik untuk bayi berusia 6 bulan.

Secara fisik pisang kepok memiliki tekstur yang keras namun tetap lembut sehingga enak dimakan. Bentuk dari pisang kepok adalah buntal namun tidak terlalu lonjong.

Umumnya pisang kepok diolah menjadi keripik. Atau sebagai bahan utama membuat bolu. Satu buah pisang kepok memiliki 105,2 gram kalori. Dan ini merupakan sumber energi terbesar daripada pisang lain.

2.4. Pisang Susu Untuk Bayi

Pisang susu merupakan pisang yang memiliki pottasium terbesar dari jenis pisang lain. Fungsi pottasium ini adalah untuk memperkuat fungsi otot dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Pisang susu adalah jenis pisang yang sangat baik bagi bayi terutama bayi yang baru belajar mengunyah makanan. Glukosa yang terkandung di dalamnya adalah sebagai sumber tenaga bagi bayi. Serta kandungan pectin berfungsi sebagai serat alami untuk melancarkan sistem pencernaan bayi.

2.5. Pisang Emas Untuk Bayi

Pisang emas adalah pisang yang berukuran kecil yakni sekitar 3 – 4 cm untuk setiap buahnya. Kulit buah pisang emas sangat tipis sehingga sangat mudah untuk membukanya. Dan memiliki aroma yang khas.

Dengan ukurannya yang kecil menjadikan pisang emas makanan yang tepat diberikan kepada bayi setiap kali makan. Kalau dari segi manfaat sama dengan pisang pada umumnya.

Baca juga:
Manfaat dan Cara Membudidayakan Pisang Barangan

C. Pertanyaan Seputar Pisang Untuk Bayi

Pertanyaan Seputar Pisang Untuk Bayi

berkahkhair.com

3.1. Apakah Buah Pisang Aman dan Sehat Dikonsumsi Oleh Bayi?

Ya, Pisang adalah buah yang aman dan sehat dikonsumsi oleh bayi. Karena pisang mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi untuk terus tumbuh dan berkembang. Komponenn gizi tersebut adalah potasium dan serat serta vitamin B6, vitamin C dan Vitamin B2.

Penelitian telah membuktikan bahwa kalium yang terkandung pada buah pisang dapat menyehatkan jantung dan menstabilkan tekanan darah. Kemudian kandungan antioksidannya berfungsi melindungi tubuh dari maag dan kerusakan usus.

3.2. Kapan Waktu Terbaik Memberikan Pisang Kepada Bayi?

Waktu terbaik memberikan kepada bayi adalah saat usia 6 bulan keatas. Atau ibu boleh memperkenalkan makana padat kepada bayi saat berusia 4 bulan. Namun dari rekomendasi dokter, usia terbaik memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) adalah 6 bulan.

Saran kami dalam hal ini akan lebih elok atau baiknya jika para ibu berkonsultasi kepada dokter kapan waktu tepat memberikan pisang kepada bayi. Ini kami tujuakan dengan tujuan agar memperoleh hasil yang baik dan si bayi tampil sehat.

Pisang tidak perlu lagi dicuci, apabila kulitnya sudah dikupas maka sudah bisa langsung dimakan.

Silahkan juga dibaca:
20 Manfaat Mengkonsumsi Pisang Untuk Ibu Hamil

3.3. Bagaiman Memilih dan Menyimpan Pisang yang Baik Untuk Dimakan Bayi?

Pisang yang baik adalah pisang yang masih segar. Pisang yang masih segar ditandai dengan kulitnya mulus dan sedikit bercak hitam. Jangan sesekali memberikan pisang kepada bayi saat masih mentah.

Pisang yang masih mentah umumnya ditandai dengan warna kulit yang masih hijau. Tapi tidak bagus juga memilih pisang yang sudah terlalu matang. Selain teksturnya lembek dan rasanya juga kurang enak.

Selains egar pilih juga pisang dengan rasa yang manis. Rasa manis akan membuat rasa tenang dalam diri si bayi. Arti tenang disini ialah bayi tidak merasa kaget  saat makanan masuk ke dalam mulutnya.

Coba Anda bandingkan jika buah hati diberikan makanan yang masam, pahit ataupun pedas, tentu Anda tidak tega melihatnya.

Terakhir pilih pisang dengan tekstur yang lembut. Umumnya pisang yang diberikan oleh bayi adalah pisang raja atau ambon. Selain teksturnya lembut, kedua jenis pisang tersebut juga memiliki aroma yang harum.

Sehingga sangat cocok bagi tumbuh kembang anak saat mulai belajar makan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

4 Comments

  1. Diah Woro Susanti Kam, 20 Oktober 2016
  2. boyin Kam, 20 Oktober 2016
  3. herlambang Sen, 28 November 2016

Leave a Reply