Pisang Tanduk Buah Khas Desa Colo, Jawa Tengah

Pisang tanduk – Indonesia merupakan negara yang subur dengan aneka tanamannya. Salah satunya adalah pisang. Pisang merupakan slah satu tanaman flora yang buahnya sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain kaya akan vitamin juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Namun pembahasan kami kali ini adalah tentang pisang tanduk. Adapun postingan sebelumnya tentang manfaat dan khasiat pisang ambon dapat kamu baca disini. Di daerah Kudus pisang tanduk dikenal dengan sebutan pisang byar.

Pisang tanduk merupakan pisang yang sangat populer di Indonesia. Sanking populernya pisang tanduk dijadikan bahan dasar pembuatan pisang goreng dan aneka jenis makanan lainnya.

Baca juga:
Rasakan 15 Manfaat Lebih Saat Mengkonsumsi Bawang Hitam (Black Garlic)

1. Ciri-ciri Pisang Tanduk

pohon buah pisang tanduk

berkhakhair.com

Asal usul pisang tanduk yaitu berasal dari daerah Sukabumi Jawa Barat. Yang menjadi pisang tanduk begitu istimewa adalah bentuk fisik buahnya yang besar dan panjang serta melengkung seperti tanduk.

Adapun panjang pisang ini adalah bisa menapai 35 cm. Akan tetapi pisang tanduk berbeda dengan pisang lainnya, produksi buahnya hanya sedikit. Satu pohon pisang tanduk hanya bisa menhgasilkan tiga sisir. Dan rata-rata tiap sisirnya terdiri dari 10 buah.

Dijual Madu Penggemuk Badan Al Mabruroh, Solusi Tepat Menaikkan Berat Badan Secara Alami

Apabila kita ukur, maka setiap buah berukuran 300 gram. Memiliki kulit yang tebal berwarna kuning sedikit kemerah-merahan dan berbintik coklat. Kemudian daging buag berwarna merah kekuningan.

Selain daripada itu pisang tanduk memiliki aroma yang sangat khas dan kuat. Dan mempunyai rasa yang manis sedikit asam. Berikut di bawah ini klasifikasi ilmiah dari pisang tanduk.

Klasifikasi Ilmiah Pisang Tanduk
Kingdom Plantae
Divisi Magnoliophyta
Class Liliopsida
Ordo Zingiberales
Famili Musaceae
Genus Musa
Spesies Musa spp.

 

Di Indoensia ada nama daerah Desa Colo. Desa ini merupakan desa penghasil pisang tanduk terbesar. Desa Colo merupakan desa yang dikenal dengan desa tujuan wisata.

Desa ini menawarkan hawa yangs ejuk, bumi perkemahan yang asri, air terjun montel dan pemandangan kawasan pegunungan Muria yang sugguh eksotik. Selain itu Desa ini juga sebagai tempat salh satu wali dimakamkan yakni Sunan Muria.

Selain dari pada itu Colo juga menawarkan hasil bumi yang melimpah diantaranya Parijoto, Jeruk Pamelo, Talas, Jangklang dan Alpukat.

Pada umumnya banyak wisatawan disuguhkan dengan oleh-oleh khas Colo yaitu pisang tanduk atau byar. Para Kinanti atau penjual/pedagang gendong biasanya menjual dalam keadaan mentah secara tundunan.

Pisang Tanduk Desa Colo 1

masakanpraktis.com

Dan apabila direbus dijual secara gandengan, Setiap gandeng 2 buah. Segandeng pisang tanduk dijual seharga 2 ribu. Dan ini merupakan harga yang cukup normal.

Baca juga:
20 Jenis Pisang yang Dikonsumsi dan Dijual di Indonesia

Namun sayangnya, pisang tanduk ini hanya bisa didapatkan oleh para wisatawan di kawasan Muria saja. Hal ini dikarenakan daerah belum mampu membudidayakan pisang ini dengan baik.

Menurut pakar pertanian UMK Ir. Supari, M.Si, pisang tanduk memiliki nilai khas yang berbeda dengan bentuk pisang lainnya. Ukurannya yang panjang dan besar serta memiliki rsa yang sedikit asam dan kenyal saat disantap.

Kemudian lanjut dia, pisang ini memiliki bentuk yang unik dan menarik dan pisang tanduk ini hanya cocok dibudidayakan di daerah pegununga muria saja. Selain itu dengan membudidayakn pisang tersebut juga akan meningkatkan pendapatan bagi masyarakat muria.

Adapun dalam pembudidayaannya pisang byar atau tanduk dapat ditanama dengan pola yang menganut sistemm culture teknik yaitu berdasarkan pol ataman secara turun temurun.

Menurut Anis Fajriyah salah satu konsumen, Dia menuturkan, “Rasanya itu seperti ada madu ditengahnya” saat mencoba mencicipi pisang tanduk. Menurut dia, sudag tradisi keluarganya membeli pisang tanduk apabila hendak mengunjungi Muria.

Jadi apabila kamu hendak mengunjungi pegunungan Muria, tidak ada salagnya mencoba mencicipi dan membeli pisang tanduk khas asa Colo dan juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk kerabat terdekat.

2. Manfaat Pisang Tanduk

Sumber Energi Bagi Tubuh 1

reps-id.com

Produk utama dari pisang adalah buahnya. Pisang dapat dimanfaatkan baik dalam keadaan mentah, dimasak ataupun diolah dengan cara-cara tertentu. Adapun manfaat lainnya yaitu dapat diolah menjadi tepung, kripik, puree, bir dan cuka. Karena proses fermentasi asam cuka pisang memiliki nilai konsentrat yang tinggi dan aroma yang khas.

Selain buahnya, daunnya juga dapat dimanfaatin untuk menggosok lantai, sebagai alas atau tempat pembungkus nasi atau sebagai pembungkus makanan tertentu.

Kemudian serat yang terdapat pada batang semunya dapat dimanfaatin untuk membuat kain atau sebagai pengikat barang tertentu. Bagian-bagian vegetatif serta buah yang tidak dimanfaatkan dapat dijadikan sebagai pakan ternak.

Dalam upacara adat, tanaman pisang baik itu buah dan batangnya memiliki peranan penting, misalnya saja di Indonesia. Dapat dijadikan sebagai upacara pernikahan dan upacara keagamaan setempat.

Dalam dunia medis, daun pisang dapat dijadikan sebagai obat sakit dada dan sebagai tapal dingin untuk kulit yang bengkak atau lecet.

Air yang keluar dari pangkal batang juga dimanfaatkan untuk mengobato penyalit raja singa , disentri dan diare dan selain itu juga bermanfaat dalam merangsang pertumbuhan rambut.

Adapun cairan yang keluar dari akar bersifat anti demm dan terbilang efektif dalam memulihkan daya tahan tubuh. Dalam bentuk tepung, pisang juga dimanfaatkan untuk mengobati anemia atau kekurangan darah. Serta buah yang belum matang efektif dalam mengobati diare dan kencing manis.

3. Syarat Tanam Pisang Tanduk (Umum)

Syarat Tanam Pisang Tanduk 1

kerepekpisangrangup.blogspot.com

Tanaman pisang dapat tumbuh di iklim tropik yang memiliki suhu yang hangat dan lembab. Hal ini dikarenakan pertumbuhan pisang sangat cepat dan terus menerus. Suhu yang optimal untum pertumbuhannya yaitu sekitar 27oC dan suhu  maksimumnya sekitar 30oC.

Adapund di daaerah ekuator, pisang tidak dapat tumbuh pada ketinggian diatas 1600 mdpl. Banyak juga kami melihat pisang tumbuh di daerah terbuka. Akan tetapi pisang sangat sensitif terhadap angin kencang.

Angin kencang ini yang kemudian akan merobek daun-daunnya sehingga akan merobohkan pohon. Curah hujan untuk membudidayakan pisang sekitar 200-220 mm serat kelembapan tanahnya tidak kurang dari 60-70%.

Tanah yang tepat untuk pertumbuhan pisang adalah tanah liat dan gembur yang mana memiliki pengeringan dan aerasi yang baik. Kesuburan yang tinggi akan sangat menguntungkan dalam pembudidayan pisang.

4. Cara Budidaya Pisang Tanduk

Cara Budidaya Pisang Tanduk 1

buahku.wordpress.com

4.1 Persiapan Lahan Pisang Tanduk

Lahan merupakan syarat utama dalam menanam pisang tanduk selain bibit. Pemilihan lahan yang bagus akan menghasilkan buah pisang tanduk yang berkualitas.

Pertama sediakan lahan yang sesuai dengan syarat tumbuh pisang tanduk yakni terkena sinar matahari yang cukup, mengandung unsur hara dan tida terkena angin yang keras dan terhindar dari banjir.

Dalam hal ini sediakan lahan untuk budidaya sedikitnya 1 hektar. Yang diisi sebanyak 400 batang pohon pisang tanduk.

4.2 Pembuatan Lubang Tanama Pisang Tanduk 

Langkah selanjutnya adalah menggali lubang dengan kedalaman 50x50x50 cm dan jarak antara tanaman adalah 3×3 m. Pastikan pembuatan lubang ini membentuk seperti dadu.

4.3 Penyediaan Bibit Pisang Tanduk

Bibit pisang tanduk yang dikehendaki adalah diambil dari tunas pohon pisang tanduk yang berkualitas dan dengan ketinggian 1 meter. Pastikan juga tunas baru ini daunnya yang baru masih membentuk tabung atau belum mekar.

4.4 Penanaman Pisang Tanduk

Sebagaimana yang kami sarankan bahwa jarak penanam antar pisang adalah 3×3 meter. Saat menanam tunas baru pastikan bahwa tanah telah diberi pupuk semisal urea dan tanah kompos.

4.5 Perawatan dan Pemeliharaan Pisang Tanduk

Perawatan dan pemeliharaan ini akan berkaitan dengan kualitas buah pisang tanduk yang akan dihasilkan. Meliputi pembuangan gulma, memberantas hama penyakit, penyirama dilakukan secara berkala,pemupukan setiap 6 bulan sekali dan penjarangan tunas baru.

4.6 Panen dan Pasca Panen Pisang Tanduk

Ciri dari buah pisang tanduk yang masak adalah tampak buah pisang melengkung bagaikan tanduk dan berwana hijau tua. Atau dari segi umur panen adalah berusia 110-120 hari setelah mulai muncul jantung pisang.

Setelah didapat maka dapat dilakukan pemanenan dan dijual di pasar.

5. Puding Pisang Tanduk

puding buah pisang tanduk

cookpad.com

Bahan

3 buah pisang tanduk masak

1 bungkus agar-agar (wallet)

1 butir telur

4 sendok makan susu kental manis (putih)

3 sendok makan gula pasir

400 cc santan kelapa

Melon dan coklat batang (tambahan) dan biscuit gaben

Cara Memasak

  1. Dikupas pisang tanduk dan buah bagian tengahnya yang berwarna hitam.
  2. Blenderlah pisang sampai halus. Kemudian campurkan pisang yang sudah halus dengan gula pasir, telur, santan dan agar-agar. Aduklah hingga rata.
  3. Setelah itu masak adonan tadi dengan api kecil sampai meletup-letup.
  4. Dan terkakhir, angkat dan tuang sedikit demi sedikit. Masukkan biscuit dan kemudian tiang lagi. Lakukan hal tersebut hingga adonan habis.
  5. Taburi hiasan melon dan coklat. Dan tungguh hingga dingin. Potong dan sajikan. Selamat mencoba.

6. Kolak Pisang Tanduk Berempah

kolak buah pisang tanduk

cookpad.com

Bahan

150 gram kolang kaling (putih)

2 buah pisang tanduk yang ukuran sedang (potong-potong menyamping)

1 liter santan kelapa

3 butir cengkeh

5 cm kayu manis

100 gram gula merah

2 sendok makan gula pasir

Cara penyajian

  1. Cuci sampai bersih hingga tidak ada getah yang menempel pada kolang kaling. Kemudian masukkan semuanya ke dalam panci.
  2. Tuangkan semua santan, cengkih, kayu manis, gula merah dan gula pasir. Tunggulah sampai bahan tersebut mendidik. Kemudian masukkan potongan pisang. Dan tunggu sampai semuanya melunak.
  3. Beri sedikit garam agar masakannya terasa gurih. Apabila pisang sudah melunak. Matikan apinya. Dan sajikan bersama potongan roti tawar. Selamat mencoba bunda.

7. Video Panen Pisang Tanduk Tanpa Perawatan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One Response

  1. Dewi Ming, 25 September 2016

Leave a Reply