14 Manfaat, Ciri-ciri, Kandungan Gizi dan Potensi Pasar Budidaya Pohon Pisang Mas

Pisang Mas (Emas) – Buah adalah satu satu jenis makanan yang sangat digemari oleh hampir semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan para orang tua. Alasan banyak kalangan menggemari atau menyukai buah adalah rasanya manis dan mengandung serat yang tinggi.

Selain itu buah jugga diperkaya oleh vitamin sehingga sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Dari sekian banyak buah yang beredar di pasar. Ada satu jenis buah yang disukai banyak kalangan. Buah tersebut ialah pisang.

Pisang adalah buah yang bertekstur lembut, berwarna kuning dan berasa manis. Buah bertekstur lembut ini dapat dikonsumsi langsung atau bisa juga dijadikan olahan makanan, semisal keripik pisang, pisang bakar, bolu, kue, kolak pisang atau makanan olahan sejenis.

Jumlah jenis pisang yang tumbuh di dunia sangat banyak. Dan di Indonesia sendiri ada 20 jenis pisang yang bisa dikonsumsi. Dalam pembahasan kali ini kami ingin mengajak pembaca mengetahui lebih dalam tentang pisang mas (baca: emas).

Segera Miliki: Madu Penggemuk Badan Al Mabruroh, Solusi Tepat Menaikkan Berat Badan Secara Alami

Ciri-Ciri Pisang Mas

Ciri-Ciri Pisang Emas

ammahsukma.com

Seperti yang telah kami sedikit jelaskan di atas. Jenis pisang yang tersebar di dunia sangat banyak. Di Indonesia sendiri terdapat 20 jenis pisang yang layak dikonsumsi dan dijual. Untuk pembahan lebih lanjut Anda bisa merujuk ke tulisan berikut.

Secara umum semua jenis pisang yang beredar sama saja. Sama dalam arti warna dan tekstur. Yang membedakannya hanya pada rasa dan ukuran serta beberapa kriteria lain.

Pisang mas adalah jenis pisang yang kerap kali kita abaikan. Sebab pisang ini sering dimanfaatkan untuk pakan burung atau beberapa acara adat lainnya, seperti pernikahan. Karena bentuknya yang kecil mungil sering di nomor duakan sebagai makanan pencuci mulut.

Pisang mas atau muli berukuran kecil. Hanya berdiamter sekitar 3-4 cm. Memiliki kulit yang tipis dan berwarna kuning terang. Dalam hal rasa, pisang mas memiliki rasa sangat manis dan beraroma sangat khas.

Baca: 20 Jenis Pisang yang Dikonsumsi dan Dijual di Indonesia

Pisang mas memiliki nama ilmiah Musa acuminata Colla (AA Group) cv. ‘Lady’s Finger’. Banyak orang memanfaatkan pisang mas hanya sebagai makanan pencuci mulut di acara pesta dan adat. Sebab harga pisang mas cukup terjangkau.

Kandungan Gizi Pisang Mas

Kandungan Gizi Pisang Emas

ammahsukma.com

Sebagaimana pada jenis buah pisang lainnya. Pisang mas juga merupakan buah yang menyehatkan dan kaya vitamin. Kandungan gizi yang dimiliki pisang mas diantaranya adalah

  • Karbohidrat: setiap 100 gram pisang mas yang dikonsumsi maka mengandung 21,0-33,6 gram karbohidrat. Karbohidrat dalam pisang mas meliputi glukosa, sukrosa dan fruktosa.
  • Vitamin: jenis vitamin yang terkandung dalam pisang mas diantaranya Vitamin A, B1, B2, niasin dan asam folat. Semua jenis vitamin ini terkandung dalam setaip 100 gram pisang mas.
  • Mineral: jenis mineral yang terkandung dalam pisang mas yaitu kalsium, kalium dan zat besi. Ketiga mineral ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

Manfaat Pisang Mas

Pisang Mas merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari pisang Mas, antara lain:

Manfaat Pisang Mas – Menyehatkan Saluran Pencernaan

Pisang mas mengandung serat. Kandungan serat pada pisang mas sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Terkhusus bagi orang yang mengalami gangguan susah buang besar. Anda bisa mengkonsumsi pisang mas sebelum ataupun sesudah makan. Atau bisa juga disaat Anda mengerjakan aktifitas.

Manfaat Pisang Mas – Meningkatkan Fungsi Ginjal

Meningkatkan Fungsi Ginjal

berkahkhair.com

Ginjal merupak organ terpenting untuk menyaring darah agar bisa diedarkan ke seluruh tubuh. Merawat fungsi ginjal agar bekerja optimal adalah tugas setiap orang. Dalam nengatasi masalah ini jenis buah yang dapat meningkatkan fungsi ginjal ialah pisang mas.

Sebab pisang mas mengandung potasium, dimana mineral ini dapat mengatur pengeluaran kalsium dalam urine. Sehingga membantu ginjal tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Dengan melakukan perawatan ini maka resiko terkena batu ginjal dapat diminimalisir.

Manfaat Pisang Mas – Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Jenis mineral yang dapat membantu dalam mencegah terjadinya tekanan darah tinggi ialah kalium. Kandungan kalium ini terdapat pada pisang mas. Dan apabila dipadukan dengan sodium yang rendah maka sangat efektif mencegah terjadinya resiko penyakit jantung dan stroke.

Manfaat Pisang Mas – Meningkatkan Energi

Meningkatkan Energi

berkahkhair.com

Pisang emas merupakan buah yang mengandung banyak karbohidrat sehingga pengonsumsian buah ini secara rutin  akan meningkatkan energi yang ada di dalam tubuh.

Manfaat Pisang Mas – Menyehatkan Penglihatan

Konsumsi pisang mas secara rutin ternyata dapat membantu menyehatkan indra penglihatan. Hal ini sangat cocok apabila dikonsumsi penderita rabun. Dan juga tepat dikonsumsi oleh orang yang telah lanjut sebab usia. Agar memperoleh hasil yang maksimal disarankan untuk mengkonsumsi pisang mas 3 buah setiap harinya.

Manfaat Pisang Mas – Mencegah Kambuhnya Penyakit Maag

Mencegah Kambuhnya Penyakit Maag

berkahkhair.com

Seorang penderita maag akan merasakan sakit disekitar perut. Hal ini disebabkan karena tidak teraturnya setiap kali makan. Ketika lambung kosong (baca: tidak diisi makanan) maka produksi asam lambung meningkat dan menyebabkan asam menggerogoti dinding lambung.

Hal ini jika dibiarkan akan berpotensi terkena penyakit kanker lambung. Oleh karenanya sebelum hal ini dan sudah memiliki riwayat penyakit maag, maka cara efektif mencegah dan mengobatinya adalah dengan mengkonsumsi buah pisang mas. Hal ini dikarenakan pisang mas mengandung zat antasid yang berfungsi mengatasi gejala maag.

Manfaat Pisang Mas – Menjaga Keseimbangan Potasium Dalam Tubuh

Pada umumnya seorang pengidap stress terjadinya karena banyak masalah yang mengelilingi pikirannya. Kondisi stress ini tentu akan menguras jumlah potasium yang terdapat dalam tubuh.

Potasium adalah suatu zat dalam tubuh yang dapat mengurangi stress atau dapat memberikan efek menenangkan pikiran yang terkadang sedang jenuh atau suntuk. Apabila Anda mengkonsumsi pisang mas secara teratur maka Anda tidak perlu khawatir kehabisan potasium dalam tubuh.

Manfaat Pisang Mas – Memperkuat Tulang

Memperkuat Tulang

berkahkhair.com

Pisang Mas adalah buah yang banyak mengandung prebiotik yang disebut fructooligosaccharide yang berfungsi untuk membuat tubuh kita lebih mudah menyerap nutrisi. Hal ini secara tidak langsung akan membiarkan tubuh menyerap kalsium dengan mudah. Dengan demikian tulang kita akan lebih kuat.

Manfaat Pisang Mas – Mengatasi Anemia

Ada 3 mineral utama yang dimiliki pisang mas diantaranya yaitu zat besi, vitamin dan mineral. Ketiga mineral ini berfungsi dalam mencegah dan mengobati penyakit kekurangan sel darah merah atau animea. Dengan mengkonsumsi sedikitnya 100 gram pisang mas maka kebutuhan mineral Anda sudah dipenuhi.

Manfaat Pisang Mas – Sebagai Pembersih Wajah Dan Juga Menyehatkan Kulit

Sebagai Pembersih Wajah Dan Juga Menyehatkan Kulit

berkahkhair.com

Manfaat selanjutnya dari buah pisang mas adalah terletak pada kulitnya. Kulit pisang mas bermanfaat dalam mengangkat sel-sel kulit yang telah rusak dan mati. Seperti luka bekas jerawat atau luka bakar yang menyisakan noda hitam.

Caranya sangat mudah yaitu Anda cukup menggosokkan kulit pisang ke bagian permukaan kulit wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Anda bisa lakukan perawatan setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Pisang Mas – Membantu Menjaga Mood

Khasiat selanjutnya pisang mas sama dengan jenis pisang lainnya yaitu bermanfaat untuk menciptakan mood yang lebih baik. Sebab pisang mas mengandung zat triptofan. Yaitu suatu senyawa asm amino yang dapat membantu menghasilkan hormon serotonin.

Hormon inilah yang nantinya akan membantu seseroang dalam memperoleh rasa nyaman, tenang dan menstabilkan suasan hati disaat mood buruk secara alami.

Manfaat Pisang Mas – Mengatasi Dan Mengobati Sembelit

Mengatasi Dan Mengobati Sembelit

berkahkhair.com

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa pisang emas mengandung serat yang tinggi sehingga dapat menyehatkan saluran pencernaan. Apabila pencernaan sehat, maka akan dijauhkan dari penyakit sembelit sehingga proses defekasi pun dapat berjalan dengan lancar.

Manfaat Pisang Mas – Pelembap Wajah

Apabila di atas tadi kulit pisang mas bermanfaat untuk perawatan wajah dan menghilangkan bekas luka. Kali ini pisang daging pisang mas berkhasiat sebagi pelembab wajah. Anda bisa gunakan pisang mas dengan cara menumbuknya hingga halus lalu dioleskan ke bagian wajah sebelum tidur atau di pagi hari. Jadikan pisang mas ini sebagai masker yang terjangkau dan ekonomis.

Manfaat Pisang Mas – Menjaga Kecerahan Kulit Wajah

Menjaga Kecerahan Kulit Wajah

berkahkhair.com

Masker yang terbuat dari daging buah pisang emas selain memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit, ternyata juga mempunyai kemampuan untuk menjadikan kulit terjaga tingkat kecerahannya.

Potensi Pasar Budidaya Pohon Pisang Mas Kirana

Pisang mas kirana adalah salah satu jenis atau varietas pisang mas yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia. Bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur melihat potensi bisnis yang luar biasa dari pisang mas ini.

Sehingga menjadikan pisang mas kirana di Kabupaten Lumajang sebagai ikon daerah. Kelebihan yang dimiliki pisang mas kirana adalah mampu bersaing dari segi harga secara kompetitif dan dapat menarik minat pasar.

Dan tidak hanya sebatas itu saja, pisang mas kirana di mata pasar international sangat tinggi. Sehingga mampu mendobrok pasar ekspor. Negara yang sejauh ini meminta pasokan pisang mas kirana adalah China, Singapura, Taiwan dan Jepang.

Namun sayang kebutuhan permintaan pasar tinggi tidak diingri dengan pasokan yang ada. Dan para perati juga belum bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, untuk memenuhi standar ekspor, petani harus melakukan registrasi kebun dan sertifikat yang menjadi salah satu syarat komoditas akan diekspor ke luar negeri.

Dilihat dari segi ekonomi, pada dasarnya produksi buah lokal mampu bersaing dengan negara lain. Namun hanya diperlukan penanganan yang baik dan teknologi yang memadai. Misalnya dari sisi teknik budidaya dan pemasaran yang didukung oleh pemerintah. Agar kiranya buah lokal Indonesia dapat tembus ke pasar Internasional.

Sejauh ini pisang mas kirana yang ditanam oleh petani bekerja sama dengan pihak swasta dalam hal pendistribusian. Pihak swasta dalam hal ini bertidak sebagai pengelolahan hasil perkebunan.

Potensi Pasar Budidaya Pohon Pisang Mas Kirana

berkahkhair.com

Selain itu dengan adanya kerjasama dari pihak swasta, mereka memberikan bantuan bibit unggul untuk tanaman Pisang Mas Kirana yang dapat dikembangkan sendiri oleh petani.

Faktor utama kurangnya produksi pisang mas kirana ada dua. Pertama yaitu penggunaan bibit yang tidak berkualitas sehingga menghasilkan buah yang tidak sesuai standart dan kurang terpenuhinya tekonologi.

Selama ini petani hanya mengembangkan bibit unggul tanaman pisang mas kirana sendiri dan pola tanam yang digunakan masih secara tradisional. Untuk memenuhi kebutuhan pasar yang tinggi ada beberapa aspek yang harus dipenuhi.

Diantaranya yaitu teknologi, model pembibitan yang baik dan modal (uang). Dari ketiga aspek tersebut yang sangat dibutuhkan bagi petani pertama adalah Dukungan modal bagi petani merupakan hal penting dan utama dalam usaha budidaya Pisang Mas Kirana.

Analisis kebutuhan dana awal untuk mencukupi modal usaha budidaya Pisang Mas Kirana diperkirakan sebesar Rp25.255.000,- yang terdiri dari Rp7.576.500,- modal sendiri dan Rp17.678.500,- berasal dari pinjaman perbankan atau lembaga keuangan.

Jangka waktu pinjaman diasumsikan selama 3 (tiga) tahun dengan tingkat suku bunga pinjaman 13% per tahun, sedangkan metode pembayaran angsuran pokok dan angsuran bunga efektif dibayarkan setiap bulan.

Secara ekonomis budidaya Pisang Mas Kirana sangat menguntungkan, analisis usaha memperlihatkan budidaya Pisang Mas Kirana masih dinilai layak untuk dikembangkan dengan NPV Rp18.702.822,- dan IRR 49,65%.

Berdasarkan asumsi dan kriteria, maka usaha ini akan mampu mengembalikan seluruh modal usaha pada 1,7 bulan dengan B/C Ratio sebesar 1,74 kali.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One Response

  1. ar syamsuddin Kam, 6 April 2017

Leave a Reply