Ulasan Lengkap Pisang Cavendish dari Pengertian Hingga Cara Membudidayakannya

A. Pengertian Pisang Cavendish

Pengertian Buah Pisang Cavendish

wikimedia.org

Pisang Cavendish – Pisang cavendish adalah jenis pisang yang paling populer di Indonesia dan di dunia umumnya. Nama lain dari pisang cavendish adalah pisang ambon putih. Pisang cavendish dapat tumbuh di iklim tropis (tropical fruits).

Meskipun jenis pisang ini dapat tumbuh di Indonesia bukan berarti pisang ini berasal dari Indonesia, akan tetapi berasal dari Amerika. Permintaan pasar mengenai pisang ini terus meningkat, sehingga harus dipenuhi dengan impor.

Selain rasanya nikmat untuk dikonsumsi pisang cavendish juga banyak dijadikan sebagai bahan baku partik untuk makanan bayi. Misalnya saja diolah menjadi puree atau tepung pisang.

Pisang cavendish sangat tepat dan cocok untuk makanan bayi. Kenapa? Karena memilik daging yang lunak sehingga nyaman untuk dikonsumsi balita.

B. Klasifikasi Ilmiah Pisang Cavendish

Klasifikasi Ilmiah Buah Pisang Cavendish

belibibit.com

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom Plantae
Divisions Magnoliophyta
Class Liliopsida
Family Musaceace
Genus Musa
Spesies Musa spp

C. Karakteristik Pisang Cavendish

Karakteristik Buah Pisang Cavendish

jurnalasia.com

Ciri fisik dari pohon pisang cavendish adalah memiliki tinggi batang 2,5 – 3 m. Dengan warna batang hijau kehitaman. Dan warna pada daun adalah hijau tua. Setiap tandan memiliki panjang sekitar 60 – 100 cm dengan berat mulai dari 15 – 30 kg.

Setiap tandan pisang cavendish terdiri dari 8 – 13 sisir dan setiap sisir terdiri dari 12 – 22 buah pisang. Pisang cavendish memiliki rasa yang manis dan lembut namun sedikit asam. Kulit pisang cavendish berwarna hijau kekuningan dan sedikit tebal. Apabila telah matang maka akan berwarna kuning mulus.

D. Kondisi Pertumbuhan Pisang Cavendish

Kondisi Pertumbuhan Buah Pisang Cavendish

thetanjungpuratimes.com

Foktor terpenting dalam pertumbuhan pisang cavendish adalah terletak pada suhu. Suhu optimal untuk pertumbuhan pisang adalah sekiat 27oC dan suhu maksimalnya 38oC.

Pisang cavendish dapat tumbuh di daerah dengan iklim tropis dan subtropis, misalnya negara Asia Tenggara dan beberapa negara Asia Utara. Namun pisang cavendish tidak akan bisa tumbuh di daerah pada ketinggian diatas 1600 mdpl.

Pisang cavendish akan tumbuh secara optimal jika ditanam di daerah dengan tingkat sinar mataahri cukup stabil. Apabila sinar matahari yang mengenai pisang cavendish terlalu berlebihan maka akan merusak batang pohon dan menyebabkan pohon mati.

Pohon pisang ini sangat sensitif terhadap angin kencang. Karena bisa menyebabkan daun rusak  serta robek dan pada akhirnya dapat merobohkan pohon. Curah hujan yang dibutuhkan tanaman cavendish adalah 200 – 220 mm dengan kelembapan tanah tidak kurang dari 60% – 70%.

Tanah yang paling baik untuk menaman pohon cavendish adalah tanah liat dan gembur serta memiliki aerasi yang baik dengan tingkat konsentrasi pH antara 4,5 – 7,5.

Silahkan dibaca juga:
8 Manfaat Lebih Mengkonsumsi Pisang Merah Dilengkapi Gambar

E. Penyakit Pisang Cavendish

Penyakit Buah Pisang Cavendish

berkahkhair.com

Penyakit yang sering menyerang pohon pisang cavendish adalah layu panama atau yang biasan dikenal dengan nama layu fusarium. Layu panama atau layu fusarium adalah jenis penyakit yang akan membuat daun pisang menjadi layu hingga akhirnya mudah putus.

Layu panama atau layu fusarium adalah jenis penyakit dari jamur Fusarium oxyporum yang bersang di dalam tanah sebagai klamidospora sehingga sangat sulit dan sukar untuk dikendalikan maupun dimusnahkan.

Selain layu panama, jenis penyakit lain yang sering menyerang pohon pisang cavendish adalah Myscophaerella Leaf Disease Complex (MLDC).

Apabila pohon pisang cavendish telah diserang sama virus ini maka akan menyebabkan perkembangan tanah menjadi buruk, daun akan layu dengan cepat sehingga lama kelamaan daun akan semakin berkurang.

Kemudian setiap tandan akan menghasilkan kualitas buah yang buruk serta kondisi buah terlihat prematur. Jenis virus lain yang kerap menyerang pohon pisang cavendish adalah M. mucicola dan M. fijiensis.

F. Manfaat Pisang Cavendish

Manfaat Buah Pisang Cavendish

alicdn.com

Di atas telah kami sebutkan bahwa pisang cavendish adalah salah satu komoditas pisang yang telah populer di dunia. Prinsip untuk mengembangbiakkan pisang ini adalah dengan cara kultur jaringan.

Dari segi fisik pisang cavendish memiliki rasa buah yang manis, lembut dan sedikit asam serta memiliki daging buah yang berwarna putih kekuningan. Kulit buah pisang cavendish sedikit tebal namun berwana kuning halus. Sehingga banyak orang tertarik melihat bentuk fisik pisang ini karena telihat cantik dan bersih.

Namun tahukah Anda, apa saja manfaat dari pisang cavendish?

6.1. Pisang Cavendish Sebagai Sumber Energi

Manfaat Pisang Cavendish Sebagai Sumber Energi

pixabay.com

Sebagaiman manfaat pisang pada umumnya yakni sebagai sumber energi. Di dalam 100 gram buah pisang cavendish mengandung 136 kal yang berupa karbohidrat. Jenis glukosa yang dikandung pisang cavendish jauh lebih baik dari pada glukosa yang terdapat pada gula ataupun sirup manis.

Begitu juga halnya daya serap buah pisang cavendish jauh lebih cepat diterima oleh tubuh jika dibandingkan dengan roti dan nasi. Karena energi yang dihasilkan pisang adalag energi yang instan dan langsung dibutuhkan oleh tubuh.

6.2. Pisang Cavendish Berfungsi Melancarkan Peredarahan Darah

Pisang Cavendish Melancarkan Peredarahan Darah

herbalroyal.files.wordpress.com

Pakar gizi menyatakan bahwa satu buah pisang cavendish mengandung kalium dan potasium yang sangat tinggi. Kedua jenis mineral ini berguna dalam melancarkan sistem peredarahan darah dalam tubuh sehingga proses tranfusi darah menjadi lancar.

Kemudian kalium juga berfungsi dalam mengatur detak jantung menjadi stabil. Sehingga dapat mencegah terserang penyakit stroke dan tekanan darah juga akan stabil dan teratur.

6.3. Pisang Cavendish Berfungsi Menjaga  Kesehatan dan Meningkatkan Fungsi Saraf pada Otak

Manfaat Pisang Cavendish - Menjaga Kesehatan dan Meningkatkan Fungsi Saraf pada Otak

joshuareich.org

Seorang pelajar, karyawan atau guru tentu membutuhkan konsentrasi yang tinggi saat beraktifitas. Apabila konsentrasi mereka menurun tentu akan berdampak pada menurunnya produktifitas kerja mereka.

Tentu hal semacam ini tidak dikehendaki oleh seseorang. Oleh karenanya agar kesehatan dan konsentrasi seseorang dapat berjalan dengan baik maka mengkonsumsi buah pisang cavendish adalah pilihan yang sangat tepat.

Dengan mengkonsumsi buah pisang ini maka akan mengembalikan stamina saat hendak berolaharaga atau aktifitas berat lainnya dan juga dapat meningkatjan sistem kerja otot serta meningkatkan kecepatan lari seseorang apabila ia hobi maraton.

Kemudian bagi wanita, dengan mengkonsumsi pisang ini juga akan membantu mengurangi sakit pada saat menstruasi dan mengatasi anemia. Sebab di dalam pisang ini juga mengandung zat besi yang tinggi.

6.4. Pisang Cavendish Berfungsi Mengatasi Kerusakan Pada Usus

Manfaat Pisang Cavendish - Mengatasi Kerusakan Pada Usus

huffpost.com

Usus merupakan organ terpenting untuk menyerap nutrisi ke dalam tubuh. Apabila usus telah rusak maka secara otomatis badan menjadi tidak sehat dan aktifitas akan menurun.

Contoh kasus lain yaitu sering terjadinya sembelit dan susahnya buang air besar adalah salah satu penyakit yang menyerang usus kita. Untuk dapat mengatasi hal ini maka mengkonsumsi pisang cavendish adalah salusi tepat.

Segala gangguan yang menyerang usus ataupun lambung dapat dihindari Serta resiko terserang penyakit liver juga dapat diatasi.

Bukankah mencegah terjadinya penyakit itu lebih baik dari pada mengobati?

G. Cara Budidaya Pisang Cavendish

Cara Budidaya Buah Pisang Cavendish

panoramio.com

Setelah mengetahui manfaat dari pisang cavendish tentu sebagian dari kita tertarik untuk membudidayakannya. Karena pada dasarnya mengembangbiakkan pohon pisang cavendish tidak sulit bahkan terbilang gampang.

Lantas bagaimana cara membudidayakan pisang cavendish agar menghasilkan buah yang berkulitas dan bernilai jual? Ada 7 pokok pembahasan dalam membudidayakan pisang cavendish. Ketujuh pokok tersebut adalah:

7.1. Syarat Tumbuh Pisang Cavendish

Budidaya Pisang Cavendish: Syarat Tumbuh Pohon

logees.com

Syarat tumbuh pisang cavendish adalah syarat yang harus dipenuhi agar pertumbuhan pisang menjadi optimal dan menghasilkan buah yang berkualitas dan bernilai jual. Ada 7 syaratnya diantaranya adalah:

a) Pisang cavendish dapat tumbuh pada daerah beriklim tropis dan subtropis.
b) Pisang cavendish dapat tumbuh optimal pada ketinggian diatas 1600 mdpl.
c) Pisang cavendish dapat menerima curah hujan berkisar 200 – 250 mm dengan 2 bulan masa kering.
d) Pisang cavendish dapat tumbuh optimal pada suhu 27oC – 33o
e) Tingkat kelembapan permukaan tanah adalah 60% – 70%.
f) Konsentrasi atau kadar keasaam tanah (pH) adalah 4,5 – 7,5.
g) Pisang cavendish dapat tumbuh secara optimal dengan tanah gembur dan tanah liat berpasir.

7.2. Menyiapkan Bibit Pisang Cavendish

Budidaya Pisang Cavendish - Penyediaan Bibit

urbanjungle.uk.com

Bibit pisang cavendish dapat diperoleh dengan cara vegertatif yakni mengambil anakannya (tunas baru) dari sang induk . Syarat bibit cavendish yang baik adalah:

a) Tunas diambil dari induk yang memiliki kualitas buah yang baik dan sehat.
b) Tunas yang baik yaitu memiliki tinggi sekitar 1 m – 1,5 m dengan lebar daun 15 cm – 20 cm.
c) Sebelum diletakkan di media pot atau sejenisnya maka berikan perlakuan sanitasi bibit yakni dengan dosis 0,5 – 1% selama lebih kurang 10 -15 menit. Lalu tunggu hingga kering sampai tidak ada lagi yang getah pada bagian bawah tunas.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar menghindari penyuburan hama dan penyakit pada calon bibit pisang cavendish.

7.3. Pengolahan Tanah Pisang Cavendish

Budidaya Pisang Cavendish - Pengolahan Tanah

cicagri.com

Apabila persiapan bibit telah dilakukan dengan baik maka tahap selanjutnya adalah mengolah media tanah pisang cavendish. Pengolahan tanah pisang cavendish ini bertujuan untuk menentukan dan mempertimbangkan jenis lahan tanam.

Tujuan yang kedua yaitu agar pengolahan tanah saat proses budidaya berjalan dengan baik dan optimal. Ada 3  jenis pengolahan tanah yang baik diantaranya meliputi:

a) Jenis lahan tanam. Pohon pisang cavendish dapat ditanam di lahan kering dan lahan persawahan. Nah, waktu terbaik nanam pohon pisang cavendish di tanah kering adalah pada saat akhir musim kemarau dan di lahan persawahan pada awal musim kemarau.

b) Jenis pengolahan tanah. Pengolahan tanah yang baik pohon pisang cavendish adalah dengan menggunakan alat tradisional atau manual diantaranya cangkul. Dan boleh juga menggunakan mesin bajak asalkan dilakukan dengan rapi dan benar.

Untuk tanah dengan tingkat keasaman yang tinggi yakni diatas 5,0 maka semaikan kapur dengan dosis 300 kg/ha secara merata. Hal ini dapat dilakukan ketika proses penggemburan.

c) Pembuatan teras dan saluran irigasi. Teras atau pemetaan dilakukan agar tanaman pisang cavendish terlihat lebih rapi dan enak dipandang. Selain itu juga penyinaran matahari yang mengenai pohon dapat merata. Kemudian berikan saluran pembuangan air di setiap sisi lahan.

Lalu pembuatan teras ini juga bertujuan agar menyamakan permukaan tanah yang miring dan lebar. Dan saluran air ini dibuat agar menghindari genangan air yang berlebihan pada areal tanaman pisang cavendish.

7.4. Persiapan Penanaman Pohon Pisang Cavendish

Budidaya Pisang Cavendish - Persiapan Penanaman Pohon

berkahkhair.com

Persiapan penanaman pohon pisang cavendish bertujuan memastikan dan menentukan waktu terbaik untuk dilakukan penanaman agar dapat disesuaikan dengan permintaan pasar dengan waktu panen.

Persiapan penamaman pisang cavendish meliputi dua hal yaitu

a) Waktyu tanam. Waktu penanaman yang baik adalah dilakukan pada saat musim hujan yaitu antara bulan September dan Oktober. Kedua jenis bulan ini umumnya akan turun hujan dengan tingkat curah hujan 200 – 220 mm.

b) Pembuatan lubang tanam. Lubang tanam yang baik pohon pisang cavendish adalah berukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm dengan jarak pertanaman yaitu 3 m x 3 m. Pengerjaan lubang tanam ini harus dilakukan secara manual yakni menggunakan cangkul.

Dan perlu diingat sebelum melubangi media tanam, lihat dulu kondisi cuaca yaitu curah hujan yang tingggi. Apabila curah hujan di daerah tersebut tinggi maka diundur terlebih dahulu melubangi media tanam.

7.5. Pemelliharan Pohon Pisang Cavendish

Budidaya Pisang Cavendish - Peme;iharaan Pohon Pisang

photobucket.com

Pohon pisang cavendish memerlukan sentuhan pemeliharaan yang optimal. Optimal dari segi waktu, penjagaan dan perawatan. Dengan begitu akan menghasilkan kualitas buah pisang yang unggul dan baik serta terhindar dari hama dan penyakit.

Dan perlu diketahui bahwa tolak ukur keberhasilan pisang cavendish yakni dilihat dari proses pemeliharannya. Karena tahapan ini merupakan komponen utama yang tidak bisa dipisahkan.

Pemelliharan pohon pisang cavendish meliputi 5 hal diantaranya:

a) Penjarangan dan perempalan. Apa itu penjarangan dan perampalan? Penjarangan adalah mengatur dan mengontrol jumlah anakan dalam satu rumpun yang terdiri dari 3 – 4 batang. Serta meminimalisir tingkat persaingan unsur hara dalam rumpun tersebut.

Sedangkan perampalan adalah mengatur dan mengontrol dengan baik sanitasi kebersihan kebun yakni dengan cara memangkas rumput liar serta memotong daun tang telah mati atau layu.

b) Irigasi dan penyiraman. Irigasi berfunsi menjaga agar ketersediaan air di dalam areal penanaman. Karena pisang cavendish akan mampu memproduksi buah secara optimal jika saluran perairannya telah diperbaiki.

Penyiraman dapat dilakukan dengan cara mengisi setiap saluran yang telah disediakan yakni berupa barisan pada tanaman pisang cavendish. Adapun penyiraman ini dapat dilakukan dengan menggunakan pompa air agar lebih efisien.

c) Penyiangan dan pembumbunan. Penyiangan adalah proses menghilangkan rumput liar sejenis gulma di areal tumbuh pohon pisang cavendish. Karena gulma yang hidup di area tumbuh pisang akan bersaing mendapatkan unsur hara tanah. Sehingga akan menggangu produktifitas pisang.

Penyiangan ini dapat dilakukan dengan cara manual yakni menggunakan cangkul dan koret. Atau boleh juga menggukan mesin potong rumput dan pestisida yaitu dengan menyemprotkan ke bagian gulma.

Akan tetapi proses penyiangan dilakukan hanya jika gulma tersebut telah sangat mengganggu atau telah melebihi batas ambang ekonomi sehingga menimbulkan ancama kerugian. Apabila  telah mencapai hal semacam ini maka boleh dilakukan penyiangan.

Pembubunan adalah suatu kegiatan untuk menggemburkan tanah agar menghasiklan unsur hara yang baru. Adapaun proses ini dilakukan pada saat penyiangan.

d) Pemupukan dan pemberian mulsa. Pemupukan ini bertujuan menjaga agar ketersediaan unsur hara bagi tanaman pisang cavendish tetap tersedia. Di dalam tanah mengandung unsur hara makro dan mikro. Unsur hara makro (organik) meliputi kompos dan unsur hara mikro (anorganik) meliputi urea, sp-36 dan za.

Pemberian pupuk pada tanaman pisang cavendish yakni dilakukan 2 kali selama masa tanam. Yakni dengan kadar pupu urea 207 kg, sp-36 150 kg, kcl 200 kg dan ini diberikan setiap 6 bulan sekali.

Pupuk diberikan dengan cara menyemaikannya di sekitar area pohon. Sedangkan pemberian mulsa bertujuan untuk mengurangi penguapan air yang berlebihan serta menekan pertumbuhan gulma. Ini dapat dilakukan dengan cara mengambil daun yang telah kering dari pisang tersebut.

e) Perawatan dan pemeliharan buah. Perawatan dan pemeliharaan buah dilakukan dengan cara membungkus tandan pisang dengan kantong plastik. Apabila sisir pada tandan pisang telah mengembang secara sempurna maka bungkuslah tanda pisang tersebut dengan plastik bening berbahan polietilen.

Ukuran kantong plastik yang dapat digunakan adalah 15 – 45 cm dengan ketebalan 0,5 – 1 mm. Dengan memberikan lubang berdiameter sekitar 1,25 mm. Ini dilakukan dengan tujuan menghindari terjadinya kerusakan akibat serangan tupai dan kalong.

7.6. Mengendalikan Hama dan Penyakit Pada Pohon Pisang Cavendish

Budidaya Pisang Cavendish - Pengendalian Hama dan Penyakit

thestar.com

Apa tujuan dari pengendalian hama dan penyakit pada pohon pisang cavendish ini? Ini bertujuan untuk mengurangi serta mencegah hilangnya populasi pisang. Yang disebabkan oleh hama dan penyakit pengganggu.

Pengendalian ini dilakukan dengan dua cara yakni secara manual dan mekanis. Secara manual dapat ditempuh dengan mengganti tanaman yang telah mati dengan tanaman pisang cavendish yang baru. Dan secara mekanis dapat dilakukan dengan cara menggunaka insektisida serta fungisida.

Pengedalian hama dan penyakit ini meliputi 2 hal pokok utama, yaitu:

a) Hama Utama Pisang Cavendish

Jenis hama yang selalu merusak pertumbuhan pohon pisang cavendish ada 3 diantaranya:

# Uret Kumbang (Cosmopolites sordidus)

Uret kumbang merupakan jenis serangga yang pada umumnya menyerang kelopak daun maupun batang pohon pisang cavendish. Gejala yang ditimbulkannya berupa lorong di dalam kelopak daun dan batang sehingga berujung pada ketidakstabilan tanaman.

Untuk dapat mengendalikan jenis serangga ini yaitu dengan cara melakukan sanitasi atau kebersihan pohon pisang di area tanam.

# Ulat Daun (Erienota thrax)

Ulat daun adalah jenis serangga yang merusak daun dengan ditandai daun yang menggulung seperti selubung serta terdapat beberapa sobekan pada bagian daun. Untuk mengendalikan hama ini yakni dengan cara menyemprotkan pestisida dengan merek dagang dusrban atau bisa juga suprecide 25 EC.

# Ulat Bunga dan Buah (Nacoleila octasema)

Seperti namanya, ulat ini merupakan jenis serangga yang menyerang bunga dan buah. Gejala yang ditimbulkan serangga ini ialah pertumbuhan buah menjadi tidak normal (abnormal). Terdapat bercak atau bintik seperti kudis pada setiap buah atau bunga. Para petani untuk mengusir dan mengendalikan ulat ini yakni dengan menggunakan insektisida dengan merk dagang suprecide 25 EC.

b) Penyakit Utama Pisang Cavendish

Jenis penyakit yang merusak pertumbuhan pohon pisang cavendish ada 3, yakni meliputi:

# Penyakit Layu

Penyakit layu yang menyerang pohon pisang cavendish disebabkan karena  bateri Bacillus. Bakteri ini menyerang bagian akar pohon pisang sehingga menyebabkan tanaman pisang cavendish menjadi layu dan bahkan jika dibiarkan akan mati secara permanen.

Untuk mengendalikan penyakit tanaman ini bisa dengan membongkar pohon pisang lalu dibakar hingga tersisa debu. Lubang tempat menanam pohon pisang dibiarkan saja hingga 1 – 2 tahun lamanya. Bisa juga dengan menyemprotkan fungisida dengan merk Ditahen 45 WP.

# Penyakit Pucuk Daun

Penyakit pucuk daun adalah jenis penyakit yang dibawa oleh kutu daun pentalonia nigronervosa. Kutu daun ini akan menyebabkan pucuk daun pisang berbentuk tegak lurus secara kelompok.

Cara efektif mengatasi kutu daun ini ialah dengan membakar pohon pisang atau bisa juga disemprotkan dengan fungisida merk ditahne 45 WP.

# Penyakit Darah

Penyakit darah pada pohon pisang cavendish disebabkan oleh bakteri Xanthomonas celebensis. Bakteri ini menyerang bagian dalam tanaman sehingga menyebabkan bercak merah seperti darah.

7.7. Panen Buah Pisang Cavendish

Budidaya Pisang Cavendish - Panen Pisang

berkahkhair.com

Untuk dapat memetik hasil buah cavendish maka ada dua hal yang harus diperhatikan:

a) Umur panen. Usia atau umur panen buah cavendish yakni 1 tahun. Apabila umur buah terhitung sejak muncul hingga 80 – 100 hari maka buah pisang cavendish sudah bisa dipanen.

Atau indikator lainnya adalah dengan melihat daun bendera telah mengering. Kemudian tampak pada salah satu buah telah mengalami perubahan warna yakni kuning.

b) Cara panen. Buah pisang cavendish dapat dipanen bersamaan dengan tandannya. Jadi saat memotong maka ukurlah jarak tandan ke pangkal sisir paling atas berjarak kira-kira 30 cm.

Panen buah pisang cavendish dapat dilakukan 3 – 10 hari sekali dilihat dari jumlah tanaman pisang yang tersedia di area perkebunan.

Demikianlah ulasan tentang pisang cavendish dimulai dari defenisi hingga cara membudidayakannya. Tentu untuk memperoleh pisang cavendish yang berkualitas dan bernilai jual tinggi perlu keuletan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One Response

  1. sabda awal Rab, 19 Oktober 2016

Leave a Reply