7 Manfaat dan Ciri-ciri Pisang Batu (Klutuk) Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pisang Batu – Pisang batu (klutuk) adalah jenis pisang yang berukuran lebih besar dibandingkan jenis pisang lainnya. Nama latin pisang batu adalah Musa brachycarpa. Pisang batu sangat jarang dikonsumsi oleh masyarakat secara langsung dikarenakan rasanya ambar (tidak berasa).

Namun pisang batu sering dijadikan makanan olahana seperti goreng pisang dan direbus. Dengan cara pengolahan seperti ini manfaat pisang batu lebih terjaga. Ahli kesehatan menyebutkan bahwa pisang batu memiliki 4 nutrisi utama diantaranya:

Buah Pisang Batu

umpalangkaraya.ac.id

  • Protein: berfungsi untuk meregenerasi (baca: memperbarui) sel mati dan digantikan dengan sel baru.
  • Lemak: berfungsi dalam melindungi tubuh dari hempasa.
  • Kabohidrat: berfungsi sebagai penambah energi dalam beraktifitas sehari-hari.
  • Vitamin: berfungsi dalam menjaga kesehatan tubuh dan nutrisi pelengkap tubuh.

Segera Miliki: Madu Penggemuk Badan Al Mabruroh, Solusi Tepat Menaikkan Berat Badan Secara Alami

1. Manfaat Pisang Batu Untuk Mengobati Wasir

Pisang Batu Untuk Mengobati Wasir

berkahkhair.com

Wasir adalah suatu penyakit yang timbul akibat adanya benjolan disekitar lubang anus. Penyakit ini sangat menganggu bahkan menyiksa seseorang untuk buang besar. Rasa nyeri akan terus diderita seseorang apabila terus dibiarakna begitu saja.

Sebagai pengobatan alami maka bisa digunakan pisang batu. Bahan-bahan yang perlu Anda disiapkan adalah sebagai berikut:

  • Sediakan beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda atau segar.
  • Pisang batu beberapa buah.

Cara Mengolah:

  • Cuci sampai bersih kedua jenis bahan diatas. Lalu parut buah pisang batu hingga halus. Kemudian diperas dan ambil air perasannya.
  • Kemudian untuk daun jambu biji ditumbuk hingga halus. Diperas dan ambil airnya.
  • Terakhir adalah campuran dua perasan bahan diatas tadi ke dalam wadah. Lalu minum dalam beberapa hari.

Dengan mengkonsumsi ramuan ini, bisa dibilang cukup lama hingga tampak hasilnya. Sebab ini diracik secara alami. Maka untuk langkah selanjutnya Anda bisa konsumsi secara teratur. Dan semoga penyakit wasir Anda sembuh.

2. Pisang Batu Untuk Mengatasi Diare

Pisang Batu Untuk Mengatasi Diare

berkahkhair.com

Diare adalah jenis penyakit yang kerap kali dialami seseorang disebabkan karena virus dan tersebar melaui makanan dan minuman. Tanda-tanda seseorang mengalami penyakit diare adalah badan lemas dan tak bergairah. Hal ini dikarenakan banyaknya cairan yang keluar pada saat buat air besar.

Suatu hal yang paling berbahaya adalah jika penyakit ini dibiarkan terus-menerus bisa menyebabkan. Selama ini penderita diare hal yang pertama bisa dilakukan ialah mengkonsumsi larutan oralit.

Selain oralit bisa juga mengkonsumsi pisang batu. Caranya cukup mudah dan Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Sediakan pisang batu yang telah masak sebanyak tiga buah.
  • Dan sediakan juga pisang batu yang masih mentah sebanyak 3 buah.
  • Kupas dan bersihkan keenam pisang diatas. Lalu ditumbuh hingga halus. Setelah itu peras hingga tersisa airnya.
  • Dan terakhir minum perasaan air pisang batu tersebut setiap hari.

Dengan mengkonsumsi perasan air ini maka penyakit diare bisa diatasi. Dan ketika dikonsumsi rasakan manfaatnya secara perlahan-lahan. Lakukan segera pengobatan agar cairan Anda tidak banyak yang terbuang.

3. Pisang Batu Untuk Tukak Lambung

Pisang Batu Untuk Tukak Lambung

berkahkhair.com

Apakah Anda pernah mengalami penyakit tukak lambung. Tukak lambung adalah nama lain dari penyakit maag. Tukak  lambung adlaah pernyakit yang disebabkan karena perut kondisi kosong dalam jangka waktu yang cukup panjang. Sehingga  asam lambung yangs eharusnya berfungsi dalam memproses makanan tidak dapat bekerja maksimal.

Jadi saat lambung kosong maka akan menyebabkan lambung terluka. Inilah yang menyebabkan rasa perih pada lambung. Dan jika ini terus dibiarkan bisa menyebabkan kanker lambung.

Akab tetapi jika tukak lambung masih menunjukkan gejala awal. Maka bisa diatasi dengan mengatur pola makan. Dan pastikan mengatur pola makan dengan baik dan teratur. Cara lainnya bisa juga dengan mengkonsumsi pisang batu.

Jadi pisang batu direbus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Atau bisa iluti langkah-langkah berikut ini:

  • Sediakan air ke dalam panci. Lau masukkan beberap buah pisang batu.
  • Selanjutnya rebus pisang batu diatas nyala kompor. Tunggu hingga lunak. Untuk memastikannya bisa menggunakan tusuk lidi. Apabila lidi tertancap pada buah pisang. Itu berarti pisang telah matang.
  • Terakhir diamkan sejenak hingga pisang baru rebus telah dingin. Khusus untuk penderita tukak lambung maka bisa konsumsi pisang batu sebanyak 2 kali dalam sehari. Lakukan hal ini rutin setiap hari setelah dan atau sebelum sarapan.

4. Pisang Batu Untuk Sistem Pencernaan

Pisang Batu Untuk Sistem Pencernaan

berkahkhair.com

Sistem percernaan yang dimiliki manusia berfungsi untuk menyerap nutrisi yang diperlukan oleh tubuh serta mengeluarkan sisa makan yang tidak lagi digunakan oleh tubuh. Tanda atau ciri-ciri sistem pencernaan seseorang dikatakan baik adalah melakukan buang air besar setiap hari.

Untuk mendapatkan sistem pencernaan yang baik maka diperlukan serat. Dan serat ini berfungsi untuk melancarkan sistem percernaan manusia. Jadi,salah satu yang mengadung serat yang baik adalah buah pisang batu.

Di dalam pisang batu mengandung serat. Untuk dapat memperoleh serat tersebut ialah Anda perlu merebus pisang batu. Dan mengkonsumsinya di pagi hari sebagai pengganti sarapan nasi.

5. Pisang Batu Untuk Mengobati Demam

Pisang Batu Untuk Mengobati Demam

berkahkhair.com

Awal mula penyakit demam adalah ditandai dengan gejala flu kemudian disertai batuk. Panas tubuh yang tinggi akibat demam menyebabkan sakit kepala dan letih pada badan. Nah, untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengkonsumsi pisang batu. Dan cara mengkonsumsinya yaitu dengan merebusnya.

6. Pisang Batu Untuk Menghilangkan Jerawat

Pisang Batu Untuk Menghilangkan Jerawat

berkahkhair.com

Tampil cantik dan anggun adalah keinginan bagi setiap wanita. Sebab wanita mana yang tidak ingin dipuji dan dikatakan cantik. Dan demi mendapatkan pujian ini sebagian wanita melakukan berbagai cara untuk tampil lebih percaya diri.

Sebagian wanita akan membeli produk-produk endorse yang banyak dijual di toko ofline maupun online. . Dan harga yang merek tawarkan juga kompetitif dengan disertai dengan khasiatnya.

Namun pernahkah wanita berpikir untuk cantik hanya diperlukan perawatan yang tepat dan tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Dan perlu juga diketahui perawatan yang tepat tidak didapat dengan cara instan.

Dan sebenarnya yang dikatakan cantik itu bukan hanya putih namun memiliki kulit yang sehat. Jika kulit Anda sehat siapapun yang memandang pasti akan mengatakan bahwa Anda cantik.

Kulit sehat tidak selalu putih ada juga kulit yang sehat namun tidak putih yang paling penting dari kulit itu adalah terhindar dari jerawat, komedo, pori – pori besar, flek hitam dan warnanya yang merata. Kulit harus telihat bersih dan bersinar.

Salah satu kegunaan pisang batu disini ialah mampu mengatasi jerawat. Jerawat adalah masalah yang biasa terjadi pada orang remaja atau dewasa. Jerawat timbul akibat produksi kelenjar minyak berlebih sehingga menimbulkan bintik merah dan terasa sakit jika disentuh.

Untuk mengatasi hal ini maka bisa gunakan cara alami. Yakni dengan menyediakan 2 buah pisang batu. Lalu dikupas kulit dan dibersihkan. Setalah itu pisang ditumbuk hingga halus.

Dan terakhir oleskan parutan pisang ke bagian wajah dengan menggunakan tanggan secara halus. Diamkan kurang lebih 30 menit baru setelah itu dibilas dengan air. Anda dapat lakukan hal ini setiap hari pada pagi hari.

7. Pisang Batu Untuk Menghitamkan Rambut

Pisang Batu Untuk Menghitamkan Rambut

berkahkhair.com

Selama ini kita mengira bahwa bahan herbal yang mampu menghitamkan rambut adalah kemiri. Namun, setelah melakukan penelitian, bahan alami lainnya yang bisa mencerahkan dan menghitamkan rambut ialah pisang batu.

Caranya cukup mudah dan bahkan dibilag sangat mudah. Yaitu dengan memeras parutan pisang batu hingga menyisakan air. Air tersebut oleskan ke bagian rambut secara merata. Dan tunggu hingga 30 menit. Apabila hal ini Anda lakukan secara rutin maka rambut hitam dan panjang lagi berkilau akan Anda peroleh.

Demikianlah manfaat pisang batu yang bisa kita peroleh. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai bahan referensi Anda. Selamat menjalankan hidup sehat.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply