Penjelasan Lengkap Tentang 3 Jenis dan 16 Manfaat Pisang Ambon

Pisang Ambon – Pisang merupakan buah yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Buah ini digemari disebabkan karena harganya yang terjangkau dan banyaknya kandungan gizi.

Buah pisang selain sebagai makanan yang disukai namun juga buah yang  tergolong banyak ditanam di Indoneisa. Karena dalam membudidayakan pisang tidak sulit dan bisa dikatakan cukup mudah.

Hal yang membuat pisang banyak digemari adalah karena buah yang berwarna kuning ini dapat dikonsumsi oleh berbagai usia. Mulai dari balita sampai para orang tua.

Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut mejadikan buah ini sangat enak jika dijadikan makanan pencuci mulut.

Tahukah anda bahwa pisang sendiri memiliki banyak jenis-jenisnya? Menurut penelitian ada sebanyak 20 jenis pisang yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia.

3 diantaranya masih dalam satu spesies, tahukah kamu pisang apakah itu? Ya, dia adalah pisang ambon.

Pisang ambon terdiri dari 3 jenis yaitu pisang ambon lumut, pisang ambon putih dan pisang ambon kuning. Ketiga jenis pisang ini memiliki kesamaan dan juga perbedaan yang khas.

Baca juga:
Rasakan 15 Manfaat Saat Mengkonsumsi Bawang Hitam (Black Garlic)

#1. Pisang Ambon Lumut

Pisang Ambon Lumut

adjapisang.com

Pisang ambon lumut secara fisik bentuknya lurus dengan panjang 15-17 cm dan berdiameter 42 mm. Pada buah ini memiliki kulit yang tebal.

Namun ada satu hal yang unik dari buah ini yaitu warnanya yang hijau meskipun sudah matang. Warna hijau pisang ini seperti tumbuhan lumut.

Namun apabila sudah sangat matang kulit pada buah ini akan berubah menjadi warna kekuningan dengan bercak coklat sekitar buah.

Dijual Madu Penggemuk Badan Al Mabruroh, Solusi Tepat Menaikkan Berat Badan Secara Alami

Keunggulan pisang ambon lumut adalah memiliki aroma yang harum dengan tanpa biji. Dan jika kamu konsumsi maka akan didapati daging buah yang berwarna putih dengan ukuran yang kecil.

Selain dari pada itu buah jenis ini memiliki rasa yang manis dan sangat cocok dijadikan makanan olahan untuk membuat kue atau sebagai hidangan pencuci mulut.

Baca:
20 Jenis Pisang yang Dikonsumsi dan Dijual di Indonesia

#2 Pisang Ambon Putih

Pisang Ambon Putih

media.viva.co.id

Pisang ambon putih jika di Thailand disebut dengan kluai hom dok maid namun beda halnya kalau di Malaysia, mereka menyebutnya pisang embun.

Hal yang berbeda dari pisang ini adalah warnanya yang kuning sedikit putih dengan tekstur buah yang lebih besar.

Pisang ambon putih pada umumnya diberikan pada anak bayi sebagai makanan di awal karena kandungan gizi yang dimilikinya sangat cocok sebagai nutrisi bagi anak bayi. Mengenai rasa, pisang ini berasa sedikit asam dengan aroma yang harum.

#3. Pisang Ambon Kuning

Pisang Ambon Kuning

ardiwahyu144.files.wordpress.com

Dari kedua jenis pisang ambon diatas, pisang ambon kuning merupakan pisang yang memiliki ukuran yang jauh lebih besar.

Pisang ini berbentuk sedikit melengkung keatas, dengan kulit yang terbilang tipis dan daging buah yang berwarna kiuning putih sedikit kemerahan apabila sudah matang.

Dalam satu tandan pisang ambon putih bisa menghasilkan sebanyak 129 buah. Dan ini terbilang cukup banyak dibandingkan dari kedua pisang ambon yang diatas.

Baca:
13 Khasiat Buah Pisang yang Tidak Diketahui Banyak Orang
14 Manfaat Mengkonsumsi Pisang Raja

Kandungan Gizi Pisang Ambon

Seperti yang sudah kita katakan pisang ambon memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Dan ini sudah dibuktikan secara klinis, apa sajakah manfaat pisang ini? Yuk, kita simak penjelasan berikut:

#1. Manfaat Pisang Ambon: Sebagai Sumber Energi Bagi Tubuh

Sumber Energi Bagi Tubuh 1

reps-id.com

Kenapa kita katakan sebagai sumber energi? Ini dikarenakan setiap 100 gram pisang ambon terdapat kandungan nutrisi sebesar 99 kilo kalori.

Dengan kandungan kalori yang dimilikinya dapat membantu menyumbangkan tambahan energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalamn proses metabolisme.

Meskipun angkanya cukup kecil, kalori  pada pisang ambon cukup sebagai makanan alternatif yang dapat membuat perut kita terus kenyang saat lapar datang.

#2.Manfaat Pisang Ambon: Mengatasi Resiko Penyakit Gula (Diabetes)

Mengatasi Resiko Penyakit Gula 1

womenandsports.sg

Rasa manis pada pisang ambon ternyata tidak berpengaruh pada orang yang menderita kencing manis. Hal ini dikarenakan kandungan glukosa pada pisang tersebut dapat langsung diserap oleh tubuh dan dijadikan sebagai energi.

#3 .Manfaat Pisang Ambon: Dapat Menurunkan Kelebihan Berat Badan

Menurunkan Kelebihan Berat Badan 1

malesnulis.com

Apabila kamu sedang menjalankan program diet atau ingin menurunkan berat badan. Dan ingin terlihat lebih ramping. Maka konsumsilah pisang ambon.

Pisang ambon mengandung suatu jenis senyawa karbohidrat kompleks. Sehingga ini berfungsi dalam peningkatan kadar gula secara drastic.

Selain itu pisang ambon juga dikenal sebagai buah yang rendah lemak dan mengandung banyak serat. Dan kedua hal ini sangat berperan dalam menurunkan berat badan sehingga dapat mempercepat proses metabolisme.

Adapun cara penyajiannya adalah langsung dimakan tanpa terlbih dahulu diolah.

#4.Manfaat Pisang Ambon: Mengurangi Resiko Darah Tinggi (Hipertensi)

Mengurangi Resiko Darah Tinggi (Hipertensi) 1

kompas.com

Pisang ambon mengandung senyawa kalium. Ini berfungsi untuk mengatur fungsi jantung, tekanan darah, saraf dan kerja otot.

Selain fungsi diatas kalium juga berperan dalam menjaga dan mengatur keseimbangan cairan yang ada dalam tubuh seperti kadar elektrolit. Sehingga dengan begitu tekanan darah dalam tubuh tetap normal.

#5. Manfaat Pisang Ambon: Melancarkan Sistem Percenaan karena Diare

Melancarkan Sistem Percenaan karena Diare 1

jkt.life

Pisang ambon mengandung vitamin B dan B6. Ini berfungsi dalam menangkal diare. Selain itu serat yang dikandungnya dapat membantu sistem pencernaan.

Dan yang terakhir adalah adanya zat antacid yang apabila dikonsumsi maka dapat mengatasi gangguan pada lambung.

#6. Manfaat Pisang Ambon: Mengandung Asam Folat yang Baik untuk Ibu Hamil

Mengandung Asam Folat yang Baik untuk Ibu Hamil 1

berkahkhair.com

Para ahli gizi menyarankan kepada ibu hamil untuk mengkonsumsi pisang ambon. Karena pada pisang ambon terdapat asam folat dan ini baik untuk kesehatan ibu hamil.

Asam folat pada pisang ambon sangat mudah diserap oleh janin melalui Rahim. Sehingga dapat membantu dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin.

Inilah alasan para ahli gizi menyarankan bagi ibu hamil untuk selalu mengkonsumsinya. Apabila ibu hamil kekurangan asam folat maka pertumbuhan janin dalam rahim akan terganggu.

Efek yang ditimbulkan pada janin bisa berupa kelumpuhan, kerusakan jaringan pada organ otak dan peluang keguguran menjadi sangat besar.

#7. Manfaat Pisang Ambon: Mengatasi Anemia

Mengatasi Anemia 1

kompas.com

Tahukah kamu apa itu anemia? Anemia adalah suatu jenis penyakit yang bisa membuat penderintanya merasa lemas dan lesu. Dimana hal ini ditandai dengan tidak semangatnya dalam menjalani aktifitas.

Di dalam pisang ambon terkandung zat besi yang terbilang cukup tinggi dan sangat baik dalam mengatasi gangguan anemia. Zat besi yang terkandung pada pisang ambon dapat meningkatkan sel-sel darah merah dalam tubuh.

#8. Manfaat Pisang Ambon: Mengatasi Ganggun pada Usus

Mengatasi Ganggun pada Usus 1

zonabugar.com

Tentu akan merasa resah apabila sistem pencernaan kita terganggu yang ditandai dengan rasa nyeri disekitar perut.

Dalam mengaatsi rasa nyeri ini maka disarankan konsumsi pisang ambon ditambah dengan susu cair. Sebab dengan mengkonsumsi ini dapat menetralkan zat asam pada usus sehingga dapat menetralkan perut.

#9. Manfaat Pisang Ambon: Mengatasi Gangguan pada Hati atau Liver

Mengatasi Gangguan pada Hati atau Liver 1

bioportal.ro

Apabila fungsi hati kamu serasa tidak normal yang ditandai dengan mata menguning, nafsu makan berkurang dan menurunnya stamina maka disarankan untuk mengkonsumsi 2 buah pisang ambon ditambah dengan 2 sendok makan madu. Apabila rutin meminumnya maka nafsu makan kamu akan bertambah.

#10. Manfaat Pisang Ambon: Mencegah Resiko Terjadinya Serangan Jantung

Mencegah Resiko Terjadinya Serangan Jantung 1

naturalhealth365.com

Salah satu penyebab terjadinya serangan jantung adalah dikarenakan kurangnya pasokan oksigen yang mengalir ke dalam tubuh sehingga berakibat menyempitnya pembuluh darah.

Menyempitnya pembuluh darah disebabkan karena menumpuknya lemak. Untuk mengatasi ini maka disarankan untuk mengkonsumsi pisang. Karena pisang memiliki kandumnga kalium.

Dimana peran kalium disini adalah sebagai tonik (pemicu) yang dapat menurunkan kolesterol.

#11. Manfaat Pisang Ambon: Mampu Meningkatkan Imun pada Tubuh

Mampu Meningkatkan Imun pada Tubuh 1

amazonaws.com

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pisang sendiri mengandung vitamin C. Vitamin C sendiri berfungsi sebagai zat yang dapat meningkatkan kekebalan pada tubuh sehingga dapat terhidar dari serangan virus maupun bakteri yang berbahaya.

Begitu juga halnya pisang ambon dapat mengahambat perkembangan virus HIV bagi penderita AIDS. Dan ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti Amerika Serikat.

#12. Manfaat Pisang Ambon: Mengatasi Rasa Nyeri

Mengatasi Rasa Nyeri 1

reps-id.com

Rasa nyeri itu bisa disebabkan karena adanya luka yang timbul dari dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi pisang maka rasa nyeri pada tubuh  atau otot dapat diatasi secara perlahan-lahan.

Selain Anda mengkonsumsi pisang ambon. Anda bisa juga coba menggunakan obat kinesio tape yang mampu meringankan nyero otot di sekitaran paha maupun betis. Obat ini bisa dibeli di toko yang menjual kinesio tape, seperti apotek.

#13. Manfaat Pisang Ambon: Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata 1

linikini.id

Mata merupakan organ yang sangat vital bagi manusia. Apabila saja mata kita terganggu maka aktifitas bisa jadi turun. Dan perlu diketahu pisang ambon mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

#14. Manfaat Pisang Ambon: Membantu Menjaga Daya Ingat pada Otak

Menjaga Daya Ingat pada Otak 1

ktktna.edu.vn

Dalam membantu daya ingat paa otak maka dibutuhkan vitamin B. Dan vitamin ini terdapat pada pisang ambon.

Daya ingat tentu berkaitan dengan saraf oleh karena itu mengkonsumsi pisang ambon mampu mendorong seseorang dapat berkonsentrasi lebih lama.

#15. Manfaat Pisang Ambon: Menambah Mood dan Menjadikan Badan Penuh Semangat

Menjadikan Badan Penuh Semangat 01

dailymoslem.com

Kandungan yang menambah mood dan menjaga badan tetap semangat adalah kandungan sorotin dan kalium.

Kedua kandungan ini terdapat pada pisang ambon. Dengan mengkonsumsinya maka badan pun akan bisa lebih rileks dan pikiran menjadi sedikit lebih tenang. Begitu juga perasaan pun akan semakin bahagia disaat stress melanda.

#16. Manfaat Pisang Ambon: Masker untuk Perawatan Wajah

Masker untuk Perawatan Wajah 1

cantiknsehat.com

Apabila kamu hendak menginginkan kulit yang cantik, mulus dan bersih maka gunakanlah pisang ambon dalam perawatan kecantikanmu.

Pengunnaanya cukup dengan menghaluskan pisang ditanbah dengan madu dan sedikit minyak zaitun. Kemduian oleskan ramuan tersebut ke seluruh bagian kulit.

Dalam mengkonsumsi pisang ambon maka cukuplah dengan memakannya sebanyak 1-2 kali per hari. Kamu bisa mengkonsumsi dengan langsung atapun melalui olahan. Agar rasa dan khasiat pisang ambon tetap terjaga maka masukkan pisang tersebut ke dalam lemari es.

Demikian penjelasan tentang manfaat pisang ambon. Terimakasih.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One Response

  1. Ery udya Jum, 20 Mei 2016

Leave a Reply