Pesona Sumatera Utara

Pada kesempatan kali ini aku akan memposting mengenai pesona alam Sumatera Utara. Tentu bagi anak Medan khususnya pasti akan merasa senang dan bangga terhadap keindahan alam yang di miliki Sumatera Utara. Tidak hanya dari keindahan Danau Tobanya tapi ada juga  banyak air terjun yang perlu kita bahas satu per satu. Ya, tentunya disisipi dengan pengalaman pribadi, haha. Yuk pantengin terus.

Air Terjun Sipiso-piso

enjoyholidayindonesia.com

enjoyholidayindonesia.com

Bagi rakyat Sumatera Utara tentunya sudah kenal dengan air terjun Sipiso-piso. Air terjun Sipiso-piso ini berada di perbukitan dengan ketinggian 800 mdpl. Dahsyat bukan? ya, dengan ketinggian yang dimilikinya air terjun ini memiliki tinggi 120 meter dimana airnya itu berasal dari sungai bawah tanah. MasyaAllah.

Pastinya tidak akan menyesel deh jika kamu mengunjunginya. Untuk dapat menikmati percikan airnya yang bagaikan tusukan jarum, maka kamu akan menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari kota Medan. Selama perjalanan menuju kesana, nanti kamu akan melewati tempat bakaran jagung. Nah, disini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa. Karena posisi kamu saat makan akan berasa diatas puncak. Waw bukan? Bagi yang tidak suka dengan ketinggian disarankan jangan dekat-dekat  dengan lembah deh.

Setelah itu kamu akan melewati pemandian alam Sidebuk-debuk. lokasinya ini berada di Brastagi. Nah disini bagi kamu yang kecapean dalam perjalanan panjang bisa dicoba mandi disini nih. Hangatnya air konon dapat menghilangkan penyalit kulit. Kalau aku sih baru sekali nyobaknya. hehe. InsyaAllah tidak nyesel deh kalau kamu nyobain yang satu ini.

Aviary Photo_130999057266628906

Sebelum sampai ke tempat yang kita tuju yaitu air terjun Sipiso-piso. Selama diperjalan kamu akan melewati pohon jeruk. Kamu boleh membelinya maupun memetiknya. Harganya terjangkau kok. Dan rasanya juga manis. Setelah melewati yang ini baru deh kita akan dapati lokasi air terjun Sipiso-piso. Saat memasuki kawasan ini, kamu akan disuguhi dengan sejuknya udara dan eloknya pemandangan yang begitu memukau. Disisi kanan ataupun kiri kamu akan melihat keindahan alam Danau Toba. Birunya air yang dikelilingi dengan bukit-bukit yang tinggi sungguh menambah kekagumanku terhadap indahnya Sumatera Utara.

Aviary Photo_130999064535894756

Saat anda memasuki kawasan air terjun Sipiso-piso maka akan dikenakan tarif sekitar 10 ribu. Dari atas kamu akan melihat air terjun Sipiso-piso tersebut yang konon katanya Sipiso-piso artinya pisau. Ya, emang benar sih, percikan air bagaikan tusukan jarum itu seperti disayat pisau. Untuk dapat menyentuhnya kamu mesti berjuang tuh, karena kamu harus berjalan kaki menuruni anak tangga sekitar 1000 lebih. Pastinya lelah tetatpi lelahnya kamu akan terbayar deh dengan sejuk dan dinginnya air. Selayaknya kita bersyukur melihat ciptaan Allah subhanahu wata’ala  dengan pesona alam yang satu ini.

 Air Terjun Telaga Dua Warna

Aviary Photo_130999079899409297

Air terjun ini terletak di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara. Perjalanan dari Medan sekitar 1,5 jam ditempuh dengan kendaraan bermotor. Air terjun ini berada dilokasi Bumi Permekan Pramuka Sibolangit,  untuk dapat menajangkaunya kita mesti berjalan kaki sekitar 2 jam dengan melewati pepohonan yang tinggi, jalan yang terjal dan juga licin. Disarankan untuk menggunakan sepatu. Aku sempat beberapa kali tergelincir. Jangan lupa juga untuk membawa air minum selama dalam perjalanan.

Ada sedikitnya tiga sampai empat pos untuk kita istrirahat sejenak, ya skitar 7-10 menit tergantung permintaan. Jangan khawatir untuk air terjun kita nantinya akan didampingi oleh guide sebagai penunjuk jalan. Seperti halnya mendaki gunung juga, maka sebelum masuk kawasan hutan kita mesti berdoa agar diberi keselamatan.

Aku sedikitnya sudah 5 sampai 6 kali masuk ke air terjun dua warna. Pengalaman yang berkesan ada pada saat itu guide kami, sebut saja namanya Pak Kancil. Yaa, pak Kancil sebutannya. Terdengar aneh bukan? Beliau bisa jadi dijuli Kancil karena badannya yang kecil dan lincah ibarat kacil gitu lah, haha. Ok balik lagi keatas. Teman-teman yang hendak kesana sangat dianjurkan untuk olahraga ringan dulu, sebab dari pengalaman aku. Sehabis dari sana, semua anggota badan serasa sakit semua, haha.

Air terjun Dua Warna memiliki keunikan tersendiri dari air terjun lainnya di Sumut. Kenapa unik? Itu Karena air terjun tersebut memiliki 5 air terjun. 1 air terjun yang tingginya sekitar 75 meter dan 4 lainnya setinggi 5-6 meter. Ya, disebut dua warna karena air ini memiliki 2 gradasi warna. Pertama warna biru yang berasal dari campuran fosfor dan belerang. Bagi pengunjung disarankan untuk tidak meminumnya tapi jangan khawatir tetap boleh untuk menikmati airnya kok yang sangat dingin. Kedua warna bening yang berada disisi lainnya. Air ini rasanya hangat, sangat berbeda dari air yang pertama, nah dari pengalaman aku. Aku meminumnya air yang satu ini, dan Alhamdulillah aku sehat-sehat saja.

Tentu, karena airnya yang sangat dingin ditambah dengan percikan air serta sejuknya cuaca membuat kita merasa lapar, bukan? Tenang saja disana ada yang menjual pop mie dan teh hangat. Nah lengkap deh sudah wisata kita. Sambil menikmati enaknya pop mie. Masalah harga pastinya lebih mahal dari biasanya, haha. InsyaAllah kamu tidak menyesel deh jik berkunjung ke air terjun telaga Dua Warna ini. Recomended banget.

Air Terjun Tongkat, Pelaruga

 

Aviary Photo_130999701453668434

Nah, untuk air terjun yang satu ini harus siap uji fisik. Kenapa? Ya karena untuk sampai kesana jalannya lika-liku dan juga sangat terjal hampir 20 derajat loh. Disarankan untuk menggunakan sendal atau sepatu yang tapak yang kasar,, Dan juga selalu siap sedia membawa air minum. Saat berkunjung ke air terjun perjalanan sekitar 2 jam dengan berhenti di 4 pos, gunanya untuk istirahat sejenak. Selama diperjalanan nanti akan didapati jalan yang sangat terjal. Nah, untuk menuruninya kita harus melewati anak tangga yang terbuat dari bambu dengan demiater sekitar 15-16 cm. Dengan ketinggian kira-kira 25-30 m. Nah, saat menuruni tangga ini harus berhati-hati, jangan sampai terpeleset. Bisa dikatakan yang membuat capek menuju lokasi air terjun disebabkan karena perjalanan yang bukit-bukit dan lika-liku. Sehingga membuat kaki kita terasa cepat lelah. Tetapi tenang saja guys, perjalanan yang letih akan membuahkan hasil kok. Selama diperjalan nanti teman-teman bisa menikmati merdunya sura burung yang berkicau dan sejuknya cuaca di dalam hutan.

Dinginnya air tak terasa membuat perut menjadi lapar. Untung saja bekal yang dibawa sangat membantu mengganjal perut. Setelah lebih kurang 1 jam disana, maka aku dan teman lainnya pulang dengan mengunjungi satu lagi taman air yang sangat luar biasa jernihnya. Birunya air menambah keinginanku untuk segera berenang di dalamnya. Penduduk setempat menyebutnya Kolam Abadi.

Aviary Photo_131000560699686402

 Pesona Alam Sumatera Utara sungguh tiada habisnya untuk dibahas guys. Cukup sekian dulu. Terimakasi.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 Comments

  1. fanny fristhika nila Ming, 27 Maret 2016
    • Khair Ming, 27 Maret 2016

Leave a Reply