Perawatan Payudara dan Makanan untuk Ibu Menyusui

Perawatan Payudara – Menyusui adalah suatu proses yang terjadi secara alami oleh ibu yang telah memiliki bayi. Oleh karena, sangat jarang kita temukan ada seorang ibu yang tidak mampu menyusui buah hatinya.

Namun demikian, menyusui juga harus dipelajari para ibu, terutama bagi ibu yang baru pertama kali mempunyai bayi agar tahu teknik atau cara memberikan ASI kepada bayi yang benar.

Ada beberapa proses yang turut andil dalam pemberian ASI kepada bayi, pertama dimulai dari persiapan fisik yang meliputi mental sampai ke persiapan psikologi yaitu batin.

 

 


Ingin Payudara Sista lebih kencang dan padat? Pakai Cream Dr. SUSAN Extra Breast Cream aja!

Dr. SUSAN Extra Breast Cream Original Thailand

Dr. SUSAN Extra Breast Cream Original Thailand

Dr. SUSAN Extra Breast Cream From Singapore diformulasikan untuk mendapatkan hasil payudara yang lebih kencang, berisi, sehat dan besar!!

Diracik dan diramu menggunakan herbal alami spesial dengan ekstrak Nano Q20 CO-enzyme yang memiliki lebih banyak keunggulan dan hasil yang lebih efektif dan terbukti dibanding produk lainnya.

Apa Keunggulan Dr. Susan Extra Breast Cream?

  • Hasil bisa terlihat insyaAllah dalam 1 minggu
  • Payudara akan tampak lebih kencang dan padat, apabila dipakai secara rutin ukuran cup bra bisa menjadi setingkat lebih besar
  • Sangat efektif, sekali pakai langsung terasa hangat.
  • Kulit payudara jadi lebih lembut dan kenyal

Bagaimana Cara Pakai Dr. Susan Extra Breast Cream?

  • Ambil sedikit cream, pijat perlahan pada payudara selama kurang lebih 2-3 menit ke arah atas sampai cream meresap seluruhnya (Ingat! Jangan sampai terkena bagian puting).
  • Dipakai 2 kalo sehari setelah selesai mandi, dan hasilnya akan tampak hanya dalam 1 minggu.
  • Selama perawatan dengan Dr. Susan Extra Breast Cream sangat dianjurkan untuk memakai bra yang berkawat.
  • Lebih baik jangan digunakan selama masa menstruasi.

Spesifikasi Produk Dr. Susan Extra Breast Cream

Dr. SUSAN Extra Breast Cream Asli

Kondisi Barang Baru
Netto (Isi) 70 gram
Bruto 100 gram
Harga Rp. 70.000

 

Harga Spesial : Rp. 70.000

*Harga belum termasuk ongkos kirim

 

Produk asli dari dr.susan beauty center. 895A beach road singapore 19951. Dijamin asli 100%

Cara Memesan Dr. Susan Extra Breast Cream

Kirim SMS/WA ke No 0853 6298 9409 (No. Resmi) ataun PIN BB  7ED7FDF6 dengan Format

(#Nama Penerima#No. Hp Penerima#Kode Pos#Provinsi#Kotamadya/Kabupaten#Kecamatan#Alamat Lengkap#Jumlah Pemesanan

Jasa Pengiriman yang kami gunakan adalah JNE

Dengan Model Paket Pengiriman :

JNE Reguler adalah paket reguler yang ditawarkan JNE. Kecepatan pengiriman tergantung dari lokasi pengiriman dan lokasi tujuan. Umumnya memakan waktu 3-4 hari

JNE OKE adalah paket ekonomis yang ditawarkan JNE. Umumnya pengiriman melalui paket ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Dukungan kota masih terbatas. Umumnya makan waktu 4-5 hari.

JNE YES adalah paket eksklusif/prioritas yang ditawarkan JNE.  Hanya diperlukan kecepatan barang diterima dan dipengaruhi kecepatan penjual melakukan pengiriman barang. Umumnya makan waktu 2-3 hari.

Contoh Pemesann Produk Dr. Susan Extra Breast Cream

#Ummu Hana#085334273839#2147# Provinsi Jawa Timur# Kota Surabaya#Kecamatan Sukakarsa#Jl. Luka No.3, RT/RW 03/02, Simpang Kantor Camat Sukakarsa#5 botol Dr. Susan Extra Breast Cream

kirim SMS/WA ke No. 0853 6298 9409 (No. Resmi) ataun PIN BB  7ED7FDF6

Setelah format pemesan kami terima maka pesanan akan kami balas dengan cepat dan  segera kami kirimkan dengan rapi dan aman. Terimakasih.

 

 


Rangkaian ini kami hadirkan agar kiranya dalam pemberian ASI kepada bayi dapat berjalan efektif dan optimal.

A. Persiapan Ibu Menyusui

Persiapan Ibu Menyusui Bayi

solusisehatku.com

Saat ibu memutuskan untuk memberikan ASI kepada buah hati, maka harus dipersiapkan segera mungkin. Arti dari segera mungkin maksudnya adalah sebelum buah hati berada di dekapan ibu.

Ada beberapa rangkaian dalam proses menyusui yang harus dipersiapkan dengan baik oleh para ibu. Diantaranya pemberian makanan yang bergizi, perawatan payudara dan persiapan mental dan psikologis menyusui.

Baca juga:
Cara dan Manfaat Inisiasi Menyusu Dini
Tips Memperbanyak dan Mempelancar ASI Secara Alami

B. Makanan Untuk Ibu Menyusui

Nutrisi Ibu Menyusui

sehatgratis.com

Selama proses sebelum dan setelah menyusui, seorang ibu sangat membutuhkan 4 zat makanan yang utama yakni kalori, mineral, protein dan vitamin.

Hal ini kami sebutkan karena mengingat ibu yang menyusui rata-rata dapat memproduksi ASI sebanyak 800 ml ASI per hari. Dengan kandungan kurang lebih 600 kalori.

Sehingga dengan begitu ibu yang menyusui memperoleh tambahan makanan sebanyak kurang lebih 750 kalori/hari. Namun angka ini masih belum cukup, sebab kelenjar susu juga membutuhkan tambahan energi lagi sebanyak 75 kalori.

Jadi dapat kita simpulkan tambahan energy bagi ibu yang menyusui sebanyak 800 kalori per hari. Angka ini telah disepakati oleh Direktoral Gizi Departemen Kesehatan.

Kalau untuk kebutuhan protein, ASI sendiri sudah mengandung 12% protein. Tetapi angka ini belum cukup, jadi ibu harus menambahkan lagi sebanyak 25 gram protein per hari.

Selain protein ASI juga mengandung zat kapur atau kalsium yang diambil dari tubuh ibu sehingga untuk menutupnya ibu memerlukan lagi zat kapur sebanyak 0,5 g per harinya. Zat kapur ini dapat ibu peroleh dengan mengkonsumsi susu, aneka sayuran dan ikan teri.

Selain itu ASI juga membutuhkan vitamin yang diambil berdasarkan asupan nutrisi ibu, maka bagi ibu yang menyusui membutuhkan lagi vitamin sebanyak 25000 IU untuk vitamin A, 0,4 mg Thiamin atau vitamin B1 dan 30 mg untuk vitamin C.

Dari keempat zat makanan tadi ditambah lagi dengan mium yang cukup, karena kebutuhan tubuh terhadapat zat akan terus meningkat. Jada bisa sarakan sebelum menyusui sebaiknya ibu minum segelas air putih, susu atau sari buah.

Dalam proses menyusui sang buah hati pastikan ibu tidak mengkonsumsi minuman keras dan rokok. Kedua hal ini membahayakan bayi dan juga dapat mengurangi produksi ASI.

Selain itu, penggunaan pil KB selama menyusui juga dihindari sebab kita tidak tahu dampak jangka panjang hormone dalam pil.

Kemudian ada 1 zat makanan lagi untuk ibu menyusui agar memperoleh ASI yang optimal yaitu banyak mengkonsumsi beras-berasan, gandum-ganduman, kacang-kacangan dan juga aneka sayur-sayuran. Di dalam makanan ini mengandung mangan alami yang baik untuk kesehatan ibu.

Dibawah ini kami berikan zat gizi yang disarankan untuk memperlancar dalam proses menyusui diantaranya adalah:

Macronutrients: disarakan untuk mengkonsumsi protein, asam lemak esensial dan karbohidrat selama proses menyusui.

Kalsium: sumber kalsium dapat para ibu temui pada susu kedelai, semua jenis sayuran dan ikan laut.

Zinc: zat ini dapat ibu peroleh di makanan pangan hewani. Vitamin B (asam folat, B6, B12): dapat dijumpai pada makanan daging, telur, susu, kacang polong. Dan Vitamin D: dapat diperoleh dengan berjemur dibawah sinar matahari pada pagi hari.

Silahkan baca juga:
Manfaat ASI bagi Bayi dan Manfaat Menyusui bagi Ibu
Cara Tepat Menyimpan ASI Secara Optimal dan Aman

C. Perawatan Payudara

Perawatan Payudara Ibu Menyusui

1health.id

Kepada para ibu yang telah berkeluarga dan memiliki bayi dan hendak berencana memberikan nutrisi ASI kepada sanga buah hatinya hendaknya selalu menjaga dan merawat payudara.

Berikut ini kami jelaskan 6 hal dalam merawat payudara agar dapat memproduksi ASI secara optimal.

  1. Gunakan bra yang nyaman dipakai dan bisa menyangga payudara dengan baik. Apabila kehamilan ibu sudah mulai membesar maka ganti model bra dengan ukuran yang lebih besar.
  2. Pastikan payudara selalu dalam keadaan bersih dari kuman dan kotoran.
  3. Secara perlahan-lahan usapkan kotoran yang menempel dan menyumbat di mulut saluran ASI. Ibu dapat membersihkannya dengan menggunakan handuk bersih.
  4. Jika diperlukan, oleskan dengan krim lanolin pada bagian putting susu untuk menjaga agar tetap lembut dan mencegah lecet sewaktu menyusui sang buah hati.
  5. Apabila puting susu ibu pendek, datar atau tenggelam maka jangan khawatir. Ibu dapat menarik masing-masing putting keluar dan memilirnya diantara ibu jari dan jari telunjuk selama beberapa menit. Cara ini ibu lakukan setiap hari.
  6. Apabila usia kehamilan lebih dari 7 bulan, maka pijatlah areola beberapa kali setiap harinya. Ini dilakuakan bertujuan untuk membuka saluran susu. Perlu diperhatikan untuk menjaga kebersihan puting susu. Hal ini dilakukan agar tetesan susu tersbut tidak mengerig dan menyumbang aliran susu.

Baca juga:
Manfaat dan Sangat Pentingnya ASI Eksklusif bagi Bayi

D. Pijat Payudara

Pijat Payudara Ibu Menyusui

kinelyon6.com

Apabila seorang ibu dapat merawat payudaranya dengan baik dan benar maka akan memudahkan si kecil untuk menyusu.

Adapun perawatan maupun pemeliharaan ini dapat merangsang produksi ASI dan juga dapat mengurangi resiko luka ataupun lecet saat menyusui.

Pijat payudara dapat dilakukan oleh ibu saat hari kedua kehamilan yaitu 2 kali sehari. Namun, sebelum memijatnya, maka cucilah tangan dan bersihkan area payudara dengan handuk yang bersih.

Lalu tuangkan sedikit minyak (lebih baik gunakan minyak kelapa murni), ke kedua belah telapak tangan secukupnya. Kemudian diurut dengan jari dengan cara:

  1. Sokong atau sangga payudara kiri dengan tangan kiri. Kemudian lakukan gerakan kecil dengan dua atau tiga jari tangan kanan. Dapat dimulai dari pangkal payudara dan berakhir dengan gerakan spiral pada puting susu.
  2. Lalu berikan gerakan memutar sambil beri tekanan dari pangkal payudara dan berakhir pada puting susu di seluruh bagian payudara. Kemudain lakukan langkah ini untuk payudara sebelah kanan.
  3. Setelah itu letakkan telapak tangan diantara dua payudara. Urutlah mulai dari bagian tengah menuju ke atas sambil mengangkat kedua payudara dan lepaskan keduanya secara perlahan-lahan.
  4. Lakukan langkah ketiga kurang lebih sebanyak 30 kali. Lakukan dengan variasi lainnya dengan payudara sebelah kiri dengan kedua tangan, dengan posisi ibu jari diatas dan empat jari lainnya berada dibawah.
  5. Peraslah dengna lembut payudara sambil meluncurkan kedua tangan ke depan arah putih susu. Dan lakukan cara ini untuk payudara sebelah kanan.
  6. Kemudian cobalah dengan posisi tangan secara paralel. Dan sangga payudara dengan satu tangan dan tangan lainnya mengurut payudara dengan mengitari di sekeliling mulai dari pangkal payudara sampai dengan arah putting susu.
  7. Lakukan langkah ke 6 sebanyak 30 kali. Kemudian letakkan satu tangan di atas dan tangan lainnya dibawah payudara. Setelah itu luncurkan kedua tangan secara bersamaan menuju putting dengan cara memutar.
  8. Ulangi langkah ke 7 hingga seluruh bagian bagian payudara terkena urutan atau pijatan.

Keempat gerakan yang kami sebutkan diatas bertujuan untuk melancarkan pengeluaran ASI yang cukup efektif dalam meningkatkan volume ASI. Selain itu pemijatan ini juga mencegah terjadinya pembengkakan payudara akibat dari bendungan air susu.

4.1. Cara Merawat Payudara Agar Sehat dan Indah

Ada  tips yang bisa para ibu lakukan untuk mewarat payudara agar sehat dan kelihatan indah. Yang mana tujuan ini berfungsi untuk menunjang dalam produktifitas ASI para ibu.

Berikut tips-tipsnya:

Pertama: Sering Berolahraga

Olahraga yang teratur adalah hal pertama yang harus dilakukan ibu agar payudaranya tampil sehat dan kencang. Olahraga yang bisa para ibu lakukan diantaranya adalah sit up dan push, angkat beban, renang dan yoga.

Sit Up dan Push Up: Olahraga ini bertujuan untuk mengencangkan payudara para ibu agar tampak berkesan dan indah. Selain itu dengan melakukan sit up dan push up dapat memungkinkan para ibu memiliki otot lengan yang sehat.

Olahraga ini bisa para ibu lakukan setiap 3 hari dalam seminggu. Bisa dilakuakn di kasur atau diatas matras.

Angkat Beban: Angkat beban yang kami sarankan disini bukanlah beban berat namun mengangkat beban yang ringan dan dilakukan secara teratur. Angkat beban akan membantu mengencangkan payudara agar tampil cantik dan berisi.

Renang: Diantara 3 olahraga diatas yang paling mudah untuk mendapatkan payudara yang kencang dan berisi adalah dengan berenang.

Selain dapat mengencangkan payudara juga membantu tulang punggung menjadi sehat, tubuh menjadi langsing dan berar badan menajdi proporsional. Dengan berenang juga akan membuat badan menjadi sehat, bugar dan juga segar.

Yoga: Olahraga yang terakhir kami serankan untuk mengencangkan payudara adalah yoga. Olahraga ini akan membuat pikiran menjadi rileks dan tubuh akan tampak bugar.

Kedua olahraga ini akan membuat dada para ibu menjadi sehat, kencang dan juga kelihatan indah.

Kedua: Menjaga Berat Badan

Berat badan para ibu bisa dijaga dengan merutinkan olaharaga sebagaimana telah kita sebutkan diatas yakni dalam seminggu minimal 3 kali. Kemudian juga harus mengatur pola makanan. Jadi atur pola makanannya ya ibu-ibu.

Ketiga: Mengkonsuisi Makanan Alami

Makanan yang sehat dan alami akan melindungi payudara para ibu tampak indah dari dalam. Makanan alami yang bisa kami rekomendasikan adalah.

Kacang Kedelai: Sesuai pemaparan ahli gizi makanan alami terbaik untuk merawat payudara adalah kacang kedelai. Kedelai memiliki zat esterogen alami yang terikat dengan reseptor payudara perempuan. Zat ini akan berfungsi mencegah tumbuhnya kanker payudara.

Sayur-sayuran: jenis sayuran yang kamis arankan disini adalah kangkung dan brokoli. Kedua jenis sayur ini sangat baik untuk melawan kanker.

Karena mengandung sulforaphane yang berfungsi mencegah perkembangbiakan sel-sel kanker termasuk kanker payudara yang biasa dialami oleh wanita.

Ikan Laut: Minyak omega yang terkandung pada ikan laut mencegah berkembangnya sel kanker payudara. Karena fungsi omega disini adalah memperkuat sistem imun dan menghalangi tumbuhnya tumor dan kanker.

Jenis ikan laut yang kami rekomendasikan adalah tuna, sarden, salmon dan makarel. Konsumsilah ikan laut ini minimal dalam seminggu 3 kali.

Kacang Panjang: Kacang panjang dipercaya dapat memperbesar payudara para ibu. Ada cara yang bisa dilakuakn yakni dengan mejadikannya sebagai makanan dan maskeran.

Jika penggunaanna untuk masker maka cukup blender kacang panjang dengan sedikit air hingga hasilnya nanti agak kental. Lalu oleskan ke bagian puting dan tunggu selama lebih kurang 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Yoghurt dan Telur: Kedua bahan ini bisa dijadikan sebagai maskeran di area puting ibu. Yaitu dengan mencampurkan kedua bahan ini dengan menambahkan sedikit minyak vitamin E.

Oleskan disekitar puting payudara dan pijat dengan pelan hingga meresap ke kulit. Diamkan saja selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Apel dan Susu: Apel merupakan buah yang kaya antioksidan. Yang mana bisa diamanfaatkan untuk mengencangkan payudara, mencerahkan kulit, mencegah timbulnya jerawat dan mengurangi kerutan di area payudara.

Cara penggunaanya adalah dengan menjadikan kedua bahan tersebut sebagai masker. Campurkan 2 buah potongan apel dengan 1 liter susu segar. Lalu didihkan hingga membentuk pasta.

Dinginkan sejenak dan oleskan ke area payudara. Tunggu beberapa saat hingga meresap ke kulit. Masker ini akan membuat payudara para ibu tampil sehat dan berseri.

Bawang Merah: Bahan alami lainnya yang dapat memperbesar ukuran payudara adalah bawang. Caranya cukup mudah yakni dengam menyediakan bawang merah sebanyak 5 sampai 20 siung.

Bawang tersebut tumbuk sampai halus lalu oleskan ke area payudara tanpa mengenai bagian puting susu.

Bisa tambahkan sedikit madu atau kunyit untuk memperbesar payudara agar lebih cepat. Lalu pijat secara lembut dan biarkan selama 10 menit dan terakhir bilas dengam air hangat.

Daun Sirih: Daun sirih juga dapat digunakan untuk memperbesar ukuran payudara secara alami. Caranya siapkan daun sirih yang masih segar. Lalu lumuri daun tersebut dengan minyak kelapa hingga merata.

Panaskan campuran herbal tersebut diatas lilin dengan api yangs angat kecil. Dan terakhir tempelkan racikan ini ke payudara hingga merata tanpa mengenai puting susu ibu.

Lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk. Lakukan cara ini minimal 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Keempat: Menggunakan Bra yang Sesuai

Arti menggunakan bra yang sesuai disini adalah tidak terlalu ketat dan juga tidak longgar. Ini bertujuan agar payudara para ibu tidak turun dan kendor.

Sehingga pemakaian bra yang sesuai akan menopang dengan sempurna payudara ibu. Tentu dalam hal ini ibu lebih paham model bra yang sesuai dengan ukuran payudara ibu sendiri.

Perlu juga dipahami bahwa penggunaan bra yang sempit akan menghambat kelenjar payudara sedangkan jika terlalu kendor, payudara akan tampak jatuh dan terasa sakit.

Jika kondisinya payudara ibu besar, maka kami sarankan untuk menggunakan bra dengan penyangga kawat. Apabial bra tidak menopang dengan baik pada payudara yang besar.

Maka cenderung akan membentuk lipatan di bagian bawah payudara. Nah, jika si ibu jarang menjaga kebersihan maka akan timbul jamur yang berdampak pada saat menyusui nantinya.

Ibu hamil cenderung berkeringat. Maka bijaklah dalam menggunakan bra terutama bra dari bahan katun atau bisa juga campuran katun. Agar nyaman dipakai dan sangat mudah menyerap keringat.

Kelima: Pijat Secara Rutin

Langkah-langkah pemijatan payduara telah kami jelaskan diatas. Lakukan hal ini dengan lembut selama lebih kurang 15 menit. Pada saat pemijatan bisa gunakan masker alami. Seperti kacang panjang, yoghurt plus telur dan susu plus apel.

Jadi pemijatan ini bisa para ibu lakukan dengan menggunakan handuk basah yang telah direndam air hangat.

Pemijatan dilakukan dengan kedua tangan dengan mengurutnya ke sekeliling payudara searah jarum jam kemudian berbalik berlawan dengan arah jarum jam.

Setelah itu lakukan lagi pengurutan dari bawah ke puting. Namun puting tidak perlu dipijat karena tidak mengandung kelenjar. Apabila telah selesai ketuklah payudara dengan ujung jari dengan pelan.

E. Pengurutan Puting

Jika diatas kami membahas tentang perawan payudara agar mendapatkan ASI yang optimal. Pembahasan kali ini kami mengenai pengurutan puting. Dan perlu diketahui bahwa puting pun sangat penting untuk dirawat.

Apabila saat kehamilan puting ibu berbentuk datar atau tenggelam, maka ibu dapat mengurutnya agar nantinya siap untuk menyusui.

Pengurutan puting dapat dilakukan dengan mendorong puting kearah luar secara perlahan-lahan dengan menggunakan kedua ibu jari tangan.

Kemudian tarik bagian dasar puting kearah samping kiri dan kanan serta atas dan bawah. Pengurutan dapat dilakukan dengan menggunakan minyak kelapa murni.

Apabila puting ibu tidak ada masalah, maka tetap perlu ada yang harus disiapkan. Yaitu dengan menyeka putting susu dengan handuk setiap kali selesai mandi.

Namun, ibu tidak perlu mencucinyan dengan sabun atau menggosoknya dengan keras sebab kelenjar pada putting juga akan mengeluarkan cairan yang akan menjaga kebersihan payudara.

Dan perlakuan kasar terhadap puting akan menyebabkan lecet dan bahkan luka. Untuk mengurut putting dapat dilakukan dengan meletakkan ibu jari serta telunjuk pada dasar putting susu.

Lalu secara lembut putar kearah kiri serta kanan. Tetapi jangan lupa menggunakan minyak kelapa murni untuk mengurutnya.

F. Persiapan Mental dan Psikologi Ibu Menyusui

Persiapan Mental dan Jiwa Ibu Menyusui

family.fimela.com

Faktor mental maupun kejiwaan sangat penting untuk ibu menyusui. Karena kedua hal tersebut dapat mempengaruhi banyak atau sedikitnya produksi ASI yang keluar.

Hal ini karena otak atau pikiran yang mengendalikan dan mengatur ptoduksi ASI. Sehingga apabila ASI-nya ingin banyak, maka pastikan juga otak atau pikiran dalam keadaan rileks.

Dibawah ini kami beriskan saran yang tepat untuk mempersiapkan mental maupun psikis ibu menyusui.

Pertama: Pilih dokter yang mendukung ibu untuk menyusui. Hal ini bertujuan agar ia dapat menyiapkan segera mungkin sehingga dapat membantu menciptakan kondisi yang kondusif.

Kedua: Minta kepada dokter agar dalam persalinan nanti tidak menggunakan obat-obatan yang berlebihan agar tidak mempengaruhi produksi ASI ibu.

Ketiga: Pilih rumah sakit yang mendukung dan mengizinkan untuk menyusui bayi ibu atau istilahnya rooming-in. Begitu juga mengizinkan untuk menyusui bayi sesuai permintaan buah hati (on-demand) dan tidak memberikan susu formula pada bayi.

Keempat: Pastikan suster tahu bahwa ibu telah diizinkan untuk menyusui buah hati. Dan pastikan juga si buah hati ibu tidak diberikan susu formula oleh suster.

Kelima: Aktiflah untuk menghadiri seminar tentang persalinan. Biasanya seminar ini membahas teknik pernapasan yang berguna untuk mengurangi rasa sakit yang berlebihan.

Sehingga diharapkan dari seminar ini penggunaan obat rasa sakit saat melahirkan akan berkurang. Dan pastikan juga dalam seminar ini diterangkan tentang cara menyusui yang benar.

Keenam: Galilah informasi mengenai teknik menyusui sebanyak mungkin.

G. Cara Posisi Menyusui yang Benar

Secara alami ibu sudah dapat menguasai keterampilan menyusui, namun tetap saja bagi seorang ibu harus juga mengetahui cara atau posisi menyusui yang baik dan benar.

Karena tidak jarang kami melihat kesalahan dalam menyusui disebabkan karena posisi dalam meletakkan bayi yang tidak benar. Sehingga mengakibatkan putting ibu menjadi lecet dan akhirnya ibu enggan menyusui bayinya lagi.

Efeknya dari itu semua akan menyebabkan produksi ASI akan berkurang. Dari latar belakang kami akan menjelaskan kepada para ibu agar dalam pemberian ASI kepada bayi berjalan lancar. Berikut kami jelaskan teknik menyusui yang benar:

Pertama: Cuci tangan dengan air bersih yang mengalir.

Kedua: Perahlah sedikit ASI kemudian oleskan ke putting dan areola sekitarnya. Karena ASI disini dapat berperan sebagai desinfektan dan menjaga kelembapan puting susu.

Ketiga: Cari posisi senyaman mungkin saat menyusu. Dan ibu harus dalam keadaan rileks atau santai. Begitu juga dengan bayi harus dalam nyaman. Apabila menggunakan kursi, carilah yang lebih tinggi.

Apabila berbaring pastikan ketinggian posisi bayi. Usahan bayi yang mendekat ke ibu. Ini semua bertujuan agar keduanya merasa nyaman dan tidak mudah capek. Bila lelah menyerang bisa gunakan bantal untuk menyangga tubuh bayi.

Keempat: Pegang payudara dengan salah satu tangan yang tidak menggendong bayi. Posisi jempol berda diats payudara dan empat jari lainnya berada dibawah.

Dagu bayi pastikan menekan payudara sementara dan dahinya agak kebelakang. Ini bertujuan supaya tidak terhalang jalan pernapasannya.

Kelima: Dekatkan pipi payi menyentuh puting payudara. Secara refleks nanti mulut bayi akan langsung mengarah dan mengisap putting. Apabila bayi masih kelihatan menghisap putting, maka jangan putus asa karena bayi juga masih belajar.

Keenam: Posisikan bayi dengan benar yaitu dengan:

  • Bayi dipegang dengan satu lengan. Kemudian kepala bayi berada di lengan siku ibu dan bokong bayi ditahan dengan lengan lainnya.
  • Perut bayi pastikan menempel ke tubuh ibu. Intinya jangan ada jarak antara ibu dengan bayi.
  • Dan mulut bayi berada di depan puting ibu.
  • Posisi tangan atau lengan yang ada dibawah dapat merangkul tubuh ibu namun jangan barada di kedua tubuh ibu dan bayi.
  • Dan terakhir posisi lengan dan telinga berada dalam posisi garis lurus.

Ketujuh: Beri rangsangan pertama dengan mengoleskan sedikit ASI ke mulut bayi dan putting ibu. Kemudian letakkan dengan cepat kepala bayi ke payudara dan putting serta areola dimasukann ke dalam mulut bayi.

  • Usahakan seluruh bagian areola masuk ke dalam mulut si bayi. Namun, jika ibu memiliki areola yang besar, cukup pastikan saja bagian bawahnya masuk lebih banyak dibandingkan bagian atas.
  • Sekilas nanti akan terasa mulut bayi melekat dengan baik ke bagian areola.
  • Kemudian puting diarah ke langit-langit bayi. Tekan dan tahan sementara payudara hingga agak gepeng, apabila areola sudah masuk sepenuhnya maka jari atau tangan boleh dilepas.
  • Untuk menghintakan isapan bayi dapat dilakukan dengan memasukkan jari ibu secara perlahan-lahan ke bagian tepi mulut bayi. Namun ingat jangat menarik putting secara paksa karena dapat menyebabkan putting lecet dan terluka.
  • Ibu jangan khawatir apabila bayi tidak bisa bernapas karena secara otomatis bayi akan melepaskan mulutnya dari payudara apabila kesulitanb bernapas. Karena secara refleks bayi akan mencari posisi nyaman saat menyusui.

H. Ragam Posisi Menyusui yang Benar

Posisi Menyusu yang Benar

ummuzuhayr.com

Dengan memilih posisi menyusui yang tepat dan benar tentu akan memudahkan bayi dalam memperoleh ASI. Namun tahukah ibu posisi yang bagaimana agar pemberian ASI ke bayi berjalan baik dan tepat?

Berikut ini akan kami sajikan tips posisi pemberian ASI yang tepat.

  1. Sokong atau pegang payudara seperti membentuk huruf C. Jauh jari jemari dari areola pada saat bayi sedang menyusui agar si buah hati memperoleh ASI dengan cukup.
  2. Letakkan putting susu menyentuh bagian bawah bibir bayi sampai ia menoleh ke ibu. Setelah itu tunggu sesaat sampai bayi membuka mulutnya. Kemudian tarik dengan lembut untuk mendekatkan ke puting.
  3. Jangan tundukkan/condongkan badan ibu ke arah buah hati tetapi biarkan saja si bayi yang mendekat pada puting. Lalu, pastikan mulut si buah hati menyentuh seluruh bagian areola. Jika diperlukan tahan payudara dengan telapak tangan.
  4. Jika payudara menutup hidung bayi jangan tekan payudara untuk menjauhkan hidung bayi. Karena hal ini akan menarik buah hati dari posisi menyusui.
  5. Terkahir dari kami, jangan putus asa apabila dihadapkan dalam kondisi si bayi sering melepaskan mulutnya dari puting ibu. Karena bisa jadi si bayi sudah kenyang dan ia ingin membutuhkan kenyamaan dari ibu.

Untuk mendapatkan rasa nyaman dalam menyusui maka ibu juga perlu memperhatikan posisi saat menggendong. Dibawah ini kami akan sajikan 4 posisi menggendong yang baik dan tepat. Ini kami berikan dengan upaya memberikan rasa nyaman antara ibu dan bayi.

Gendong Transisi: umumnya dikenal dengan gendong topang menyilang. Posisi ini sanagt ideal dalam menyusui setelah persalinan. Keunggulan posisi ini adalah memungkinkan ibu memiliki kendali yang besar terhadap buah hatinya.

Posisinya adalah salah satu tangan memberikan susu pada payudara kanan. Dan tangan lainnya dapat menopang atau menahan buah hati. Letakkan jari jemari ibu di bawah payudara dan ibu jari diatas payudara.

Gendong Futbol: atau dikenal dengan gendong menjepit bola. Keunggulan posisi ini memberikan lebih banyak ruang bernafas kepada bayi. Oleh karena itu, posisi ini juga sangat berguna untuk bayi yang lahir prematur.

Caranya adalah menopang buah hati dengan tangan kanan saat memberikan ASI dengan payudara sebelah kanan. Gunakan telapak tangan untuk menopang kepala bayi sedangkan kaki dan tubuh bayi berada di bawah lengan.

Untuk menggendong dengan posisi ini sebaiknya gunakan kursi berlengan. Dan pastikan posisi kepala bayi lebih tinggi dari pinggul ibu sehingga dapat menelan lebih mudah.

Gendong Biasa: Posisi ini sangat tepat apabila bayi sudah agak lebih besar dan juga saat berada di keramaian. Caranya yaitu lekatkan perut bayi dengan perut ibu. Pegang kepala buah hati pada lekukan tangan dan punggungnya dengan lengan tangan.

Kemudian tempatkan lengan bayi diatas payudara dan tangan lainnya dibawah seolah-olah sedang megang botol.  Pastikan telinga, bahu dan pinggul berada pada satu garis lurus.

Gendong Posisi Miring: Posisi ini sangat tepat dilakukan saat menyusui dimalam hari atau pasca operasi caesar.

Caranya ibu ambil posisi miring sambil memegang buah hati yang juga dalam posisi miring. Hadapkan perut bayi ke perut ibu. Dan beri sandar sedikit buah hati agar bisa mencapai payudara.

Jika diperlukan ambil bantal untuk mengganjal punggung. Cukup pastikan tubuh bayi berada dalam posisi lurus.

I. Cara Menyendawakan Bayi

Cara Tepat Menyendawakan BAyi

ainniah.com

Apabila kita lihat bayi sangat cepat menghisap susu, menangis berlebihan  atau mengisap udara saat susu tidak memenuhi ruang dot maka dapat menyebabkan penumpukan payudara yang berlebihan di dalam rongga perut.

Nah, udara yang terkumpul ini yang kemudian akan menyebabkan bayi merasa seolah sudah kenyang meskipun dia belum selesai menyusui. Jika hal seperti ini terjadi maka ibu harus segra menyendawakn bayi setelah menyusu.

Membantu bayi untuk sering bersendawa sangat efektif mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakannya setelah minum karena udara yang masuk ke dalam rongga perut terlalu banyak.

Jadi sangat lazim bagi bayi untuk gumoh yaitu mengeluarkan sedikit susu yang telah dicerna oleh bayi dalam jumlah kecil dari yang diminumnya. Jadi penyebab bayi gumoh salah salah satunya adalah saat bayi lapar menelan udara terlalu banyak.

Lantas bagaimana cara menyendakan bayi agar buah hati memperoleh kenyamanan saat menyusui? Berikut ini penjelasannya:

  • Pertama: gendong buah hati dengan posisi tegak dan kepala menopang pada bahu ibu. Beri tepukan lembut pada punggung bayi hingga ia bersendawa.
  • Kedua: Tempatkan bayi dalam posisi duduk diatas pangkuan paha ibu. Berikan tepukan lembut di sekita punggung dan tunggu sampai ia bersendawa.
  • Ketiga: Cukup tengkurapkan bayi diatas pangkuan ibu. Secara perlahan-lahan lagi kasih tepukan di sekitar punggung dengan lembut dan tunggu hingga ia bersendawa.

J. Penyebab Bayi Sering Gumoh

Penyebab Bayi Gumoh

solusisehatku.com

Saat bayi minum ASI atau susu formula maka secara otomatis udara sedikit atau banyak ikut masuk sehingga dengan begitu udara akan terjebak di dalam cairan.

Dan pada saat di lambung udara akan mencari posisi tertinggi karena memilih massa atau berat jenis yang lebih ringan yang kemudian dikelaurkan melalui sendawa.

Jadi gumoh dapat terjadi karena menelan tertlalu banyak udara disaat cairan susu yang masuk ke dalam lambung sedikit. Bisa juga gumoh terjadi karena sistem  pencernaan bayi belum sempurna.

Artinya perkembangan organ lambung pada bayi masih kecil dan juga masih lemahnya otot di bagian bawah kerongkongan bayi. Yang merupakan pintu tempat keluar masuknya nutrisi yang diterima oleh tubuh.

Cara mencegah gumoh yang berlebihan pada bayi adalah sebagai berikut:

  • Hindari pemberian ASI dengan posisi datar akan tetapi upayakan posisi kepala lebih tinggi dari perut kira-kira 30 derajat.
  • Selesai menyusu posisikan bayi dengan posisi tegak sekitar 30 menit hingga dia bersendawa.
  • Hindari aktifitas yang tidak perlu pada bayi misalnya mengajak dia bermain-main.
  • Berikan ASI secara proporsional. Artinya cukup berikan ASI ketika kita mengetahui tanda-tanda bayi lapar.

K. Tanda-tanda Bayi Dalam Kondisi Lapar

Tanda Bayi Lapar

bobobibi.com

Para ibu setidaknya harus mengetahui tanda bayi sedang lapar. Tanda bayi lapar nantinya akan menunjukkan perilaku khusus. Perilaku ini harus ibu ketahui dan langsung memberikan ASI kepada bayi. Berikut ini tanda-tandanya:

  • Bola mata bergerak cukup aktif, baik saat matanya tertutup ataupun terbuka.
  • Mulutnya sering terbuka dan lidahnya menjulur saat diarah ke payudara/
  • Merengek dengan halus.
  • Sering mengunyah atau mengisap jempol.
  • Apabila bayi menangis keras dan tubuhnya melengkung, ini tandanya bayi sudah sangat lapar dan merasa terlambat dalam pemberian ASI. Jika kondisi ini terjadi maka ibu perlu menenangkannya dulu dengan membawa dia jalan-jalan.
  • Apabila bayi ibu sangat pendiam dan hanya menunggu untuk diberi ASI, ini tandanya bayi ibu terindikasi kekurangan gizi.

Dari tanda-tanda diatas ada juga kita dapati beberapa bayi bangun lebih cepat apabila lapar dan menjadi sangat rewel jika tidak sesegera mungkin diberi ASi. Maka dari itu kami menghimbau para ibu untuk mengetahui semua pola saat bayi lapar.

L. Tanda Bayi Cukup ASI atau Kenyang

Tanda Bayi Kenyang

pondokibu.com

Apabila bayi sudah kenyang maka ia akan memberikan tanda-tanda tertentu. Berikut tandanya:

  • Dengan sendirinya bayi akan melepaskan puting dari payudara ibu.
  • Bayi sering buang air besar dan kecil.
  • Beberapa kita dapati mengisap dengan lembut puting lalu kemudian tertidur.
  • Bayi sering pipis dalam sehari sekurang-kurangnya 6 kali sehari.
  • Dan buang air besar 2-5 kali sehari.
  • Air kencing berwarna jernih buka berwarna kuning atau orange.
  • Berat badan meningkat secara signifikan.
  • Dan bayi akan tertidur sangat pulas

Referensi: Keajaiban Menyusui, Nadine Suryoprajogo, Cetakan I  April 2009

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply