Medan Mantap Kali Bah

Halo guys kali ini aku akan posting artikel mengenai seluk-beluk kota Medan. Dari bahasanya, yang kata orang aneh dan lucu. Kemudian kaya akan kulinernya. Terus, tempat-tempat wisata umum.  Oke, guys kita bahasa satu persatu dulu yah.

Bahasa Medan

New Picture (6)

Dari pengalamanku yang tinggal di Kota Medan, akan banyak ditemui dialek yang lucu, kasar tapi sejatinya lembut. Tenang aja guys, kami orang Medan tetap gunakan bahasa Indonesia kok, beneran deh! Meskipun tidak sedikit juga yang lari dari kaidah bahasa Indonesia, haha. Berikut istilah bahasa Medan yang mesti kau ketahui!

Budi : “Wak, bagilah sikit bombon kau tu. Kok kek enak kali ku liat lah”

Amat : “ah, enak kali kau, aku aja kurang”

Budi : “Celit kali kau, bagi sikit aja pun”

Nah biasanya orang Medan, sebutan untuk kamu bervariasai. Bisa gunakan kau, wak, ucok, lek. Terus, kata celit itu adalah pelit. Orang Medan ya beginalah. Suka kali mengubah kata EYD. Kemudian contoh lain lagi bisa kita lihat dari percakapan dibawah ini.

Budi : “Congok kali kau makan Mat, sampek-sampek makanan jatah aku pun kau makan. Belom makan aku bengak!”

Amat : “eh belom makannya kau Bud? Wah minta maaf kali lah aku ya, lapar kali aku tadi”

Sebenarnya masih banyak lagi bahasa Medan yang ingin aku bahas disini. Tapi untuk saat ini cukup dulu yah.

Kuliner Medan

Arsik ikan mas ini sungguh nikmat guys. Rasanya yang getir dan asam membuat selera makanku bertambah saat mencicipinya. Bumbu rempah-rempah ynag ditaburi di arsik ini diantaranya andaliman, asam glugur dan yang terutama mesti ada bawak batak. Meskipun ikan mas identik dengan banyak durinya, kamu jangan khawatir deh. Ntar saat kamu mencoba ini tekstur lembut yang dimiliki ikan ini akan membuatmu merasa ketagihan.

New Picture (7)

Kemudian ada juga mocha durian. Makanan yang satu ini menambah seleraku saat gigitan pertama. Rasanya yang lembut, gurih, aromanya yang khas yaitu bau durian. Langsung menambah keinginanku untuk mencoba menggigitnya.

Aviary Photo_131001655297214215

Kuliner yang terakhir aku sajikan yaitu mengenai makanan bersantan. Warnanya kuning ditaburi irisan potongan ayam, dengan bawang goreng ditambah dengan perkedel dan sedikir asam jeruk nipis untuk menambah gurihnya. Tau enggak guys, apa itu ? Ya, orang Medan menyebutnya Soto Medan. Kuning warnanya sangat menggoda selera.

Soto-Medan1

Taman Wisata Medan

Hampir semua taman wisata di kota Medan perna aku kunjungi. diantaranya Mesjid Raya Al Mashun sebagia ikon kota Medan, disebelah utaranya akan ditemui Istana Maimun. Tidak jauh dari Mesjid Raya Al Mashun kita akan menemukan Merdeka Walk. Nah, disini ni tempat berkumpul warga Medan. Biasanya anak-anak sampai orang dewasa setiap sore akan mengunjungi tempat ini. Banyak aktifitas yang dilakukan disana selain olahraga, ada juga yang asyik selfie, hehe. Dari rumahku ke Merdeka Walk ini tidaklah jauh sekitar 15-25 menit. Taman yang berada di Jalan Bukit Barisan ini memiliki banyak keindahan, selain dekat dengan stasiun kereta api, juga terdapat bangunan kuno yaitu Kantor Pos Sumatera Utara, kemudian hotel tertua di Kota Medan yaitu Hotel Deli dan Titi Gantung pusatnya jual beli buku baru ataupun bekas. Biasanya sih aku sewaktu sekolah sangat sering nih tempat ini, harganya sangat terjangkau loh.

New Picture (9)

Nah ada satu lagi nih wisata di kota Medan yang patut dijadikan cerita, yaitu sensasi naik “becak”. Becak di Medan memiliki keunikan sendiri. Pengemudinya berada disamping. Dengan kayuhan lembut dan harga yang wajar bisa menikmati indahnya kota Medan jika naik kendaraan ini.  Jika berkunjung ke Medan enggak nyesel deh, bahsanya unik, kulinernya nikmat dan wisata kotanya yang memukau membuat hari-hariku indah.

becak_sepeda1

 

 

 

 

 

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

3 Comments

  1. Muhammad Khairi Jum, 19 Februari 2016
    • Khair Jum, 19 Februari 2016
  2. Chad Sondrol Ming, 13 Maret 2016

Leave a Reply