20 Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Sebelum kami membahas lebih jauh tentang manfaat pisang untuk ibu hamil. Alangkah lebih baiknya kami jelaskasn terlebih dahulu jenis pisang yang baik untuk ibu hamil, cara pengolahan pisang yang sehat dan mitos seputar buah pisang terkhusus bagi ibu hamil.

Contents

A. Jenis Pisang yang Baik untuk Ibu Hamil

Jenis Buah Pisang yang Baik untuk Ibu Hamil

pixabay.com

Ada banyak jenis pisang yang tumbuh dan dibudidayakan serta dijual di Indonesia. Semua jenis pisang ini pada dasarnya bermanfaat bagi kesehatan. Serta semua jenis pisang ini juga dapat dikonsumsi oleh semua kalangan. Mulai dari bayi hingga para orang tua.

Akan tetapi dari seluruh jenis pisang yang ada. Terdapat satu jenis pisang yang kami sarankan untuk ibu hamil. Jenis pisang tersebut adalah pisang ambon.

Mungkin sebagian para ibu telah mendengar mitos yang berkembang di tengah masyarakat bahwa seorang wanita yang mengandung dilarang mengkonsumsi pisang ambon.

Lantaran pisang ambon ini dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin di dalam rahim  sang ibu bahkan bisa mengakibatkan keguguran. Pernyataan seperti ini merupakan suatu hal yang keliru bahkan tidak benar.

Karena para ahli gizi dan medis telah melakukan riset seputar manfaat yang terkandung di dalam pisang Ambon. Dan mereka sepakat bahwa pisang ambon memiliki manfaat yang luar biasa bagi tumbuh kembang janin serta melindungi janin yang berada di dalam rahim.

Pisang ambon memiliki segudang manfaat diantaranya adalah sumber asam folat yang sangat diperlukan oleh ibu hamil. Dari 20 jenis pisang  yang ada di Indonesia, hanya pisang ambon lah memiliki asam folat yang tinggi dan nutrsi terbaik bagi perkembangan janin.

Oleh karenanya bagi yang sedang menjalankan program kehamilan, pisang ambon adalah buah yang tepat dalam membantu dan melindungi kesuburan reproduksi.

Hal senada juga diperkuat oleh pakar kedokteran UI, dia menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi pisang ambon sebanyak 2 buah setiap harinya maka sang ibu hamil telah mencegah bayi lahir dalam keadaan prematur atau cacat.

Kemudian jenis pisang yang baik untuk ibu hamil ini juga mengandung vitamin B6. Vitamin B6 ini bagi ibu hamil berfungsi mengatasi masalah yang membuat ibu merasa lemas atau lesu di pagi hari ketika mengalami morning sickness.

Umumnya para ibu hamil akan merasa lemas, mual, pusing dan bahkan muntah di pagi hari. Oleh karenanya untuk mengatasi hal tersebut dapat mengkonsumsi pisang ambon di pagi dan sore ahri.

Jenis pisang untuk ibu hamil ini juga ternyata mengandung serat dan kalium yang tinggi dan hal ini sangat diperlukan oleh ibu hamil. Ketika trimester pertama, ibu akan mengalami diare atau sakit disekitar perut.

Dan itu merupakan hal yang biasa, untuk dapat mengatasinya maka cukup dengan mengkonsumsi pisang ambon.

Pisang ambon juga dapat membantu meningkatkan dan menumbuh kembangkan fungsi dan saraf pada bayi dalam janin serta juga membentuk organ ototnya.

Lalu manfaat lainnya yang dapat dirasakan oleh ibu hamil adalah terpenuhinya kebutuhan zat besi. Dimana zat besi ini dapat mengatasi masalah kekurangan darah dan mengurangi pusing di kepala akibat stress atau tekanan darah.

Dengan mengkonsumsi pisang ambon akan mampu meningkatkan sel darah merah atau eritrosit sehingga ibu hamil akan terhindara dari anemia. Dengan begitu hari-harinya akan fresh dan aktifitas pun dapat dikerjakan.

B. Cara Pengolahan Pisang Yang Sehat

Cara Pengolahan Buah Pisang Yang Sehat

pixabay.com

Pisang yang telah matang sudah boleh disantap atau dimakan langsung. Namun jika Anda ingin mengolahnya menjadi berbagai aneka jenis makanan pencuci mulut, maka Anda bisa melihat resepnya di referensi lain.

Para ahli gizi menyarankan bahwa jika Anda ingi ngemil, maka lebih baik makan pisang karena mengandung banyak manfaat.

Namun ingat, mengkonsumsi pisang dengan cara digoreng atau dijadikan molen akan mengubah atau mengurangi kandungan nutrisi yang dimilikinya bahkan kandungan gizi yang dimilikinya akan hilang.

Tentu hal semacam ini tidak kita inginkan. Efek dari berlebihan mengkonsumsi pisang secara berlebih akan mudah terkena resiko kolesterol tinggi, obesitas, diabetes dan berbagai penyakit lainnya seperti jantung ataupun darah tinggi.

Lalu bagaimana mengolah pisang agar nutrsi yang dimilikinya tidak hilang dan bisa tetap bertahan? Berikut kami uraikan:

1) Bisa dijadikan jus buah atau smoothie. Agar lebih nikmat saat disantap maka Anda bisa menambahkan susu rendah lemak, madu ataupun buah-buah lainnya.

2) Bisa Anda campurkan irisan pisang yang telah matang dengan oatmeal. Dan agar lebih bernilai gizi, bisa juga ditambahkan aneka buah-buahan segar atau kacang almond.

3) Pisang yang telah matang juga bisa dihaluskan dan dicampurkan ke adonan kue bolu. Selain itu agar lebih menambah cita rasa, Anda bisa aja menambahkan madu atau jenis buah lainnya ke dalam adonan bolu pisang Anda.

4) Dengan menghaluskan pisang maka Anda dapat memanfaatkannya menjadi selai. Dengan ditamburi kacang maka itu merukan nutrisi yang enak dan lezat.

C. Alergi Buah Pisang Bagi Ibu Hamil

Manfaat Buah Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

pixabay.com

Memang bagi sebagian orang akan alergi mengkonsumsi pisang. Dan hal ini juga berlaku untuk ibu hamil. Bagi sebagian ibu hamil jika ingin mengetahu bahwa ia tidak bisa mengkonsumsi pisang maka lebih baik kami sarankan untuk berkonsultasi kepada dokter.

Namun untuk lebih berhati-hati, bisa juga Anda atau anaka Anda atau para ibu hamil mengkonsumsi pisang organik. Yakni ditanam dengan metode yang sama sekali tidak mengandung pestisida.

Memang untuk mendapatkan atau memperoleh buah pisang organik kita harus merogoh kantong lebih dalam daripada yang anorganik.

Kita telah mengetahui banyak sekali manfaat yang dimiliki pisang. Akan tetapi tidak salah juga bagi kita untuk lebih mewaspadai gejala chitinase. Apa itu chitinase?

Chitinase adalah pembawa alergi utama yang biasa disebut latex-fruit syndrome. Chitinase ini bisa menyebabkan sensitivitas atau intoleransi terhadap makanan yang sejenis.

Pisang dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara. Bisa langsung dimakan buahnya, dipanggang maupun dijadikan bolu. Atau bisa juga dijadikan topping bahkan keripik.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para pakar gizi, apabila dalam pengolahan pisang dicampur dengan susu rendak lemah maka akan menekan sekresi asam lambung secara signifikan dan juga bisa membantu melindungi ulcer yang terdapat pada lambung.

Selain itu penelitian juga menunjukkan dengan memberikan buah pisang segar kepada hewan akan melindungi perutnya dari luka. Serta dapat menggantikan sel-sel yang rusak yang membentuk lapisan perut.

Selain itu pisang juga dapat membantu mempertahankan lambung dari penyakit diaere serta menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan radar perut.

D. Mitos Seputar Mengkonsumsi Pisang Untuk Ibu Hamil

Mitos Seputar Mengkonsumsi Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

pixabay.com

Ada mitos yang berkembang di masyarakat, bahwa dengan mengkonsumsi pisang bagi ibu hamil akan memperoleh anak bayi laki-laki. Mungkin bagi sebagian pasangan akan merasa senang jika kiranya mitos ini benar.

Akan tetapi apabila kita tinjau dari sisi ilmiah maka ungkapan tersebut tidaklah benar bahkan itu suatu hal yang mengada-ngada. Karena penelitian medis juga belum menerangkan bahwa hal tersebut benar.

Akan tetapi ada suatu hipotes penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi pisang bagi ibu hamil akan memperoleh anak laki-laki. Hal ini menurut mereka ada korelasi antara natrium, kalium dan serat yang terkandung dalam pisang tentang proses pertumbuhan anak-anak laki.

Namun sekali lagi hipotesa ini belum dikatakan benar sepenuhnya. Karena penjelasan dan fakta ilmiah belum terbukti benar. Dan para pakar medis juga belum banyak melakukan penelitian mengenai hal tersebut.

Terlepas dari itu semua, kita hanya boleh menerima kenyataan bahwa pisang itu sendiri punya banyak manfaat terutama bagi seorang ibu yang sedang hamil.

E. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

pixabay.com

Diatas kami telah menjelaskan panjang lebar tentang jenis pisang yang baik buat ibu hamil, mitos seputar pisang, bahaya mengkonsumsi pisang apabila ada alergi dan cara mengolah pisang agar mendapatkan nutrisi yang optimal.

Kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang manfaat pisang untuk ibu hamil. Berdasarkan pernyataan yang dirilis oleh National Institutes of Health yakni Badan Kesehatan Nasional.

Menyebutkan bahwa pisang adalah salah satu jenis buah yang sangat baik untuk ibu hamil dan cemilan paling sehat di kala istirahat maupun beraktifitas.

Dengan mengkonsumsi pisang 3 – 4 buah setiap harinya maka kebutuhan nutrisi ibu dan janin akan terpenuhi. Contoh pada pisang berukuran sedang, memiliki kandungan kalori sebanyak 105 kal yang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.

Kalori pada pisang tidak akan menyebabkan kegemukan malah menambah nutrisi baik bagi tubuh. Berikut manfaat pisang untuk ibu hamil:

5.1. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Mengadung Asam Folat

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Mengadung Asam Folat

pixabay.com

Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Mungkin sebagian ibu tidak begitu mengetahui apa fungsi dari asam folat ini. Asam folat berperan penting dalam perkembangan sistem saraf pada otak.

Selain itu juga berperan dalam pembentukan sumsum tulang belakang. Apabila seorang ibu hamil kekurangan asam folat maka bisa mengakibatkan bayi yang lahir adalah prematur atau bahkan cacat.

Tentu kita sebagai orangtua tidak menghendaki demikian, oleh karena akan lebih mencegah daripada mengobati. Dokter ahli gizi menyarankan agar ibu hamil setidaknya mengkonsumi pisang, agar kebutuhan asam folatnya terpenuhi. Dan resiko bayi yang lahir cacat akan kecil.

Ibu hamil tidak perlu mengkonsumsi pisang setiap hari, cukup 3-4 kali dalam seminggu maka insyaAllah kebutuhan asam folat sudah terpenuhi.

Baca juga:
Cara Budidaya Pisang Cavendish Dengan Maksimal dan Berkualitas

5.2. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Mengatasi Anemia

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Mengatasi Anemia

empowher.com

Anemia bagi para ibu hamil sudah sering dijumpai. Ditambah lagi jika mau menjelang melahirkan, darah yang keluar juga cukup banyak. Untuk mengatasi hal ini maka seorang ibu selama proses mengandung sebaiknya rajin mengkonsumsi pisang.

Karena pisang sendiri mengandung banyak zat besi dan sangat cukup memenuhi kebutuhan ibu hamil. Apabila dipersentasikan, kandungan zat besi pisang adalah 3% untuk setiap 225 gram pisang.

Zat besi ini akan berfungsi menghasilkan hemoglobin agar anemia pada ibu dapat diatasi.

Apabila ibu membiarkan hal ini terjadi pada tubuhnya maka ia akan merasa lemas bahkan sering pusing di kepala. Tentu hal ini akan berdampak pada kesehatan sang ibu dan juga janin.

5.3. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Mengandung Vitamin B6

Vitamin B6 adalah jenis vitamin yang mudah larut dalam air. Fungsi dari vitamin B6 ini adalah mampu meningkatkan pengembangan sel saraf pada otak janin. Bahkan dalam penggunaan yang tepat vitamin B6 mampu mengatasi atau mengurangi morning sickness.

Adapun jumlah vitamin B6 yang mesti terpenuhi oleh ibu hamil per harinya adalah 1,9 mg. Nah, dalam satu pisang mengandung 4 mg vitamin B6.

5.4. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Meningkatkan Pertumbuhan Hemoglobin

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Meningkatkan Pertumbuhan Hemoglobin

deviantart.net

Hemoglobin atau sel darah merah sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Buah yang memiliki peran dalam neurotransmitter atau meningkatkan pertumbuhan hemoglobin adalah pisang. Inilah fungsi lain dari vitamin B6.

Jadi perkembangan maupun pertumbuhan sel darah merah dalam tubuh akan menjadi lancar dan produktif. Dan ini merupakan suatu hal yang dapat mencegah terjadinya anemia.

Dan ibu pasti mengetahui bahwa anemia merupakan penyakit umum dialami oleh ibu hamil. Apabila hal ini tidak dilakukan pencegahan maka bisa mengakibatkan komplikasi yang berdampak pada kesehatan, pekembangan dan pertumbuhan janin di dalam rahim.

Oleh karenanya dengan mengkonsumsi pisang maka menjadi solusi untuk mencegah anemia atau kekurangan darah dan juga akan menyehatkan kandungan Anda.

Silahkan dibaca:
Manfaat Pisang Barangan, Buah Khas Sumatera

5.5. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Mampu Mengatasi Sembelit

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Mampu Mengatasi Sembelit

merahputih.com

Sembelit merupakan gangguan kemahilan yang kerap kali dialami oleh ibu hamil. Untuk mengatasi hal ini maka ibu disarankan untuk mengkonsumsi pisang. Selain mencegah terjadinya perut kembung juga dapat melancarkan buang air besar.

Ibu hamil tidak perlu mengkonsumsi jenis suplemen apopun dan ibu hamil juga tidak perlu menambahkan asupan dalam diet. Cukuo dengan makan pisang maka hal itu bisa diatasi.

Karena pisang sendiri mengandung serat yang dapat menyebabkan gerakan usus halus membentuk tinja. Dan setiap pisang mengandung 6 gr serat.

5.6. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Mampu Melancarkan Pencernaan

Banyak ibu hamil mengeluh di bagian perutnya. Hal ini dikarenakan adanya gangguan pencernaan selama kehamilan. Apabila ini tidak tindak lanjuti maka janin yang sedang tumbuh akan mengalami tekanan pada perut.

Di dalam buah pisang mengandung antacid yang berfungsi menekan sekresi asam di dalam perut. Dan juga mengandung pectin yang berfungsi menormalkan mortilitas usus.

5.7. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Obat Diare Alami

Pisang mengandung zat bernama pektin. Pektin ini merupakan protein yang mudah larut dalam air. Sama halnya dengan vitamin B6. Bagi ibu hamil serat membantu meringankan diare dengan cara menyerap ataupun mengabsorbsi kelebihan air yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi pisang maka hal tersebut dapat dikurangi. Dan selain itu kalium yang dimilikinya bisa mengatasi kram di usus yang terkadang menyertai diare.

5.8. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Oralit Alami untuk Ibu dan Bayi

Kehilangan cairan tubuh bagi ibu hamil itu merupakan sudah hal biasa. Tentu ini merupakan suatu kendala atau masalah yang harus ditangani dengan segera. Untuk penanganan secara konservatif, elektrolit yang hilang mengandung bahan asin.

Bahan oralit yang alami dapat mengatasi hal tersebut adalah pisang. Pisang mengandung kalium yang berfungsi memadatkan tinja jika terjadi diare.

Nah, apabila si kecil mengalami diare maka bisa memberikannya pisang di hari pertama (khusus anak 1 tahun da berat badan lebih dari 7 kg). Kemudian dipadukan dengan biskuit, bubur dan ASI.

5.9. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Suber Kalsium yang Sangat Baik

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Suber Kalsium yang Sangat Baik

linesindonesia.com

Umumnya sebagian dari kita mengetahui sumber kalsium adalah dari susu. Namun, tahukah Anda bahwa setiap 200 gram pisang yang dikonsumsi mengandung 10 mg kalsium.

Dan fungsi kalsium ini adalah untuk perkembangan tulang dan sistem rangka tubuh pada segala usia, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Dengan mengkonsumsi pisang maka secara langsung akan mentransmitter tubuh untuk memproses kerja otot paa perkembangan janin.

5.10. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Mengandung Zat Antioksidan

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Mengandung Zat Antioksidan

berkahkhair.com

Antioksidan yang dimiliki pisang sebesar 33 % di setiap buahnya. Antioksidan ini berupa vitamin C yang berfungsi melawan proses penuan dini dan serta meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil dan janin yang dalam kandungan.

5.11. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Sumber Protein Alami

Satu buah pisang mengandung protein yang berfungsi sebagai sumber kalori dan pembentukan antibodi bagi ibu dan janin. Oleh karenanya pisang merupakan camilan sehat bagi ibu.

Karena jika saja sang ibu kekurangan protein maka akab bresiko terhadap bayi di kandungnya bahka bayi yang lahir dengan kondisi bibir sumbing. Setiap buah pisang mengandung 2,5 gr proten untuk 225 gr pisang.

5.12. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Mengurangi Mual dan Muntah

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Mengurangi Mual dan Muntah

berkahkhair.com

Mual ataupun muntah sering kali dialami oleh ibu hamil. Terutama pada 3 bulan pertama saat proses kehamilan. Dengan mengkonsumsi pisang maka secara langsung akan menyegarkan pikiran dan lambung ibu  serta dapat membantu dan mengurangi morning sickness.

5.13. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Sumber Kalium

Pada masa kehamilan ibu akan mengalami pembengkakan di area tubuh, terutama bagian paha dan betis. Hal ini dikarenakan, kurangnya asupan kalium dalam tubuh. Kasus ini telah dibuktikan oleh American Pregnancy Association.

Dengan makan pisang maka penyakit ini bisa dicegah dan pembengkakan juga dapat diatasi. Namun perlu diwaspadai juga bahwa pembengkakan disebabkan karena preeklamasia.

5.14. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Menyeimbangkan Kadar Darah Dalam Tubuh

Penyakit yang tak kalah penting dialami oleh ibu adalah naik turun atau fluktuasi tekanan darah dalam tubuh. Cara untuk menstabilkan kadar darah ini adalah dengan diet.

Diet yang dimaksud disini adalah dengan mengkonsumsi pisang secara teratur. Pisang akan membantu menjaga dan memilihara tekanan darah dalam tubuh selama proses kehamilan.

Selain itu rasa nyeri, kram pada otot juga akan teratasi dengan baik dan sempurna. Protein menjaga kstabilan tekanan darah ini ialah kalium. Seorang ibu minimal mengkonsumsi 4,7 gr kalium perhatinya.

Ini bertujuan agar bisa mengurangi efek samping yang mungkin bisa terjadi selama proses kehamilan termasuk kram yang sudah akut.

5.15. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Sumber Energi Terbaik

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Sumber Energi Terbaik

berkahkhair.com

Makanan yang dapat memberikan pasokan energi yang cepat adalah pisang. Terutama untuk pisang yang telah dicampur dengan susu. Ada 3 jenis gula alami dalam satu buah pisang.

Diantaranya adalah glukosa, fruktosa dan sukrosa. Nah, dalam satu buah pisang mengandung 28 gram gula untuk setiap 225 gram. Dengan mengkonsumsi pisang maka akan memudahkan makanan untuk dicerna dengan cepat sehingga bisa langsung diolah menjadi energi.

5.16. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Sumber Karbohidrat

Jika para ibu tidak begitu menyukai makan dengan nasi maka dapat diganti dengan mengkosumsi pisang. Setiap pisang dengan berat 225 gr mengandung 51 gr karbohidrat. Karna kandungan kalorinya besar, maka pantaslah dijadikan buah yang cepat kenyang.

5.17. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Mencegah Terjadi Kolesterol dan Menjaga Gula Darah

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Mencegah Terjadi Kolesterol dan Menjaga Gula Darah

moextreme.com

Kolesterol bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Bagi orang dewasa kolesterol dapat diatasi dengan mengkonsumsi pisang dengan teratur sedangkan bagi anak-anak bisa mengkonsumsinya bersamaan dengan biskuit, susu atau hal lain yang sejenis.

5.18. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Memperlancar Produksi ASI

Tentu orangtua sangat menginginkan jumlah ASI yang dikeluarkan juga sama dengan jumlah ASI yang masuk. Artinya produksi ASI tiap saat selalu ada. Khusus bagi ibu hamil tentu pada saat menyusui mengeluarkan banyak tenaga maupun pikiran.

Untuk mengatasi ini ahli gizi menyarankan produsi ASI bisa berjalan optimal dengan mengkonsumsi pisang. Dan pisag adalah salusi terbaik.

5.19. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Menambah Nafsu Makan

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Menambah Nafsu Makan

assets.tabloid-nakita.com

Satu buah pisang mengandung protein, serat, vitamin dan mineral. Keempat kandungan ini akan membantu ibu tampil sehat dan janin dalam kandungan tumbuh dan kembang dengan baik.

Untuk menambah nafsu makan ibu maka silahkan mengkonsumsi pisang. Dengan ini maka diharapakn nafsu makan bisa bertambah dan energi juga meningkat serta kondisi tubuh akan stabil.

5.20. Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil: Mampu Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Sering kita melihat para ibu apabila telah melahirkan maka nafsu makan mereka meningkat dan tidak dapat dikontrol dengan baik. Secara medis hal ini bagus namun alangkai baiknya ketika pasca melahirkan badan ibu kembali normal. Dalam artian tidak gemuk dan tidak juga kurus.

Untuk mengatasi hal ini maka sang ibu bisa makan pisang. Karena pisang mampu menghasilkan zat metabolisme yang dapat membakar lemak dalam tubuh. Serta membuang racun dan juga merangsang usus agar dapat dicerna dengan baik.

Demikianlah artikel tentang manfaat buah pisang untuk ibu hamil. Dan yakinlah para ibu ada banyak jenis pisang yang dapat dikonsumsi dengan baik dan terjangkau. Jangan menunggu datangnya penyakit tetapi berusahalah agar selalu tampil sehat.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One Response

  1. nunu amir Rab, 2 November 2016

Leave a Reply