13 Manfaat Fitnes Bagi Kesehatan Serta Cara Fitnes yang Baik dan Benar Agar Tubuh Menjadi Sehat

Berkahkhair.com – Sangat banyak manfaat fitness mulai dari anak-anak, pria dan wanita dewasa hingga lanjut usia. Fitnes secara umum bermanfaat bagi kesehatan fisik. Akan tetapi di era serba modern ini kebanyakan orang mengira bahwa fitness adalah olahraga yang hanya membentuk badan saja.

Nah, anggapan semacam ini adalah kurang tepat meskipun pada dasarnya tidak salah. Namun tidak hanya sebatas itu saja. Ada 13 lebih manfaat fitnes yang bisa kamu ketahui, diantaranya:

1. Manfaat Fitnes: Membakar Lemak

Salah satu cara untuk membakar kalori dalam tubuh ialah dengan cara berolahraga. Sebab dengan berolaharga lemak yang menempel dalam tubuh akan diubah menjadi energi dan tubuh akan menjadi lebih fresh dan sehat.

1. Manfaat Fitnes: Membakar Lemak

l-men.com

Sekecil apapun bahkan sesingkat apapun olahrga yang kamu lakukan akan membakar kalori dalam tubuh. Tujuan utama olahraga fitnes ialah menurunkan berat badan. Sehingga hal ini menjadi prioritas utama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan secara alami.

Contohnya, apabila Anda latihan angkat beban tiga kali dalam sepekan dan itu rutin dilakukan selama dua bulan, maka bisa menurunkan berat badan mencapi 3,5 pound. Atau setara dengan 15,8 kilogram. Dahsyat bukan?

2. Manfaat Fitnes: Kebugaran

2. Manfaat Fitnes: Kebugaran

meetdoctor.com

Manfaat kedua fitnes adalah dapat meningkatkan kebugaran fisik. Dan hal ini dapat tercapai jika dikerjakan secara teratur. Tubuh yang segar akan membuat tubuh tidak mudah lelah dan kantuk akan hilang. Sehingga aktifitas pun dalam berjalan dengan baik.

3. Manfaat Fitnes: Mengurangi Timbulnya Penyakit

Di era serba instan ini menuntut orang melakukan suatu hal dengan cepat. Misalnya saja mengkonsumsi makanan instan semisal junk food. Maka jangan heran jika penyakit banyak bermunculan. Dan itu bisa menyerang siapa saja.

Permasalahan semacam ini harus segera diatasi jika tidak tubuh akan diserang berbagai macam penyakit. Cara terbaik mengatasinya dengan berolahraga.

3. Manfaat Fitnes: Mengurangi Timbulnya Penyakit

dokita.co

Orang yang memiliki berat badan lebih dan pengkonsumsi junk food sudah selayaknya memprogramkan latihan fitnes setiap hari. Hal ini dimaksudkan agar terhindar dari penyakit diabetes dan jantung.

Dengan menjalani olahraga secara teratur maka kerja jantung akan lebih optimal dan sirkulasi darah akan lancar. Dan ini juga akan berefek pada konsentrasi gula darah dalam tubuh. Hingga akhirnya dapat terhindar dari resiko diabetes. Sehat itu mudah kok!

Baca: Jual Black Garlic (Bawang Hitam) dan Rasakan 15 Manfaatnya

4. Manfaat Fitnes: Membentuk Kekuatan Fisik

Perlu dipahami bahwa menjalankan program fitnes tidaklah semata membentuk badan kekar atau seksi. Akan tetapi ada perubahan besar yang dialami tubuh yaitu terbentuknya fisik yang kuat.

4. Manfaat Fitnes: Membentuk Kekuatan Fisik

berkahkhair.com

Contoh saja, jika Anda sit up dan push up secara teratur maka akan membentuk otot perut dan lengan bertambah besar dan kuat sesusai dengan porsi latihan yang dijalani. Namun jika Anda tidak menginginkan otot tubuh kelihatan kekar maka cukup programkan latihan yang simple dan berefek baik.

5. Manfaat Fitnes: Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun dari tubuh. Umunya detoksifikasi dikeluarkan oleh tubuh memalui beberapa proses alami. Semisal urine, ludah, keringat, tinja, buah air kecil, napas, kotoran di mata dan lain sebagainya.

5. Manfaat Fitnes: Detoksifikasi

detoxyourbody.co

Nah, dengan menjalani program fitnes secara otomatis akan memudahkan tubuh mengelurkan racun sehingga membantu tubuh untuk meningkatkan kualitas pernapasan. Dan kinerja ginjal akan semakin baik sekaligus jantung menjadi lebih sehat.

6. Manfaat Fitnes: Meningkatkan Kerja Metabolisme Tubuh

Manfaat lainnya dengan menjalankan program fitnes secara teratur adalah dapat meningkatkan kerja metabolisme tubuh. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir apabila mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar.

6. Manfaat Fitnes: Meningkatkan Kerja Metabolisme Tubuh

berkahkhair.com

Dalam artian kandungan nutrisi yang dikonsumsi harus baik dan bukan dari makanan instan. Aliran darah akan lancar dan pernapasan juga akan stabil.

7. Manfaat Fitnes: Menghindarkan Dari Stress

Dengan menjalankan program fitnes Anda juga akan terhindar dari tekanan atau stress. Hal ini sering dialami oleh pekerja buruh pabrik atau karyawan kantor dan guru. Karena sehari-hari mereka melakukan aktifitas yang sama.

Umumnya mereka akan memendam perasaan atau emosi atau jenuh dalam bekerja sehingga jika terus menerus dilakukan akan menjadi beban pikiran. Ini selanjutnya berpengaruh pada kesehatan fisik.

7. Manfaat Fitnes: Menghindarkan Dari Stress

masedi.net

Fitnes akan membantu Anda mengatasi hal itu semua. Cukup sediakan waktu 1 jam setiap hari setelah bangun pagi atau sebelum beraktifitas. Maka stress Anda akan hilang, pikiran menjadi jernih serta tubuh akan lebih fress.

8. Manfaat Fitnes: Meningkatkan Konsentrasi

Salah penyebab menurunnya konsentrasi seseorang adalah umur yang bertambah. Tak dipungkiri bahwa semakin bertambahnya usia maka konsentrasi akan makin menurun.

8. Manfaat Fitnes: Meningkatkan Konsentrasi

obatpelansingherbalyangaman.com

Akan tetapi hal ini bisa diatasi dengan meruntinkan fitnes setiap hari. Karena dengan menyeimbangkan latihan fisik maka tubuh akan terbebas dari resiko penuaan. Jadii tidak ada kata terlambat untuk menjadikan tubuh terlihat bugar. Agar hari tua Anda berenergik maka rutinkanlah olahraga fitnes setiap hari.

9. Manfaat Fitnes: Melawan Pikun

9. Manfaat Fitnes: Melawan Pikun

media.suara.com

Pikun adalah penyakit yang sering dialami manula. Biasa orang pikun akan bertingkah layaknya anak kecil atau tidak mengenal siapa orang-orang di sekitarnya. Untuk mengurangi atau mencegah hal ini terjadi maka buatlah program fitnes, minimal dilakukan 1-2 jam setiap hari.

Baca: Metode, Tata Cara dan Manfaat Inisiasi Menyusu Dini

10. Manfaat Fitnes: Mempercantik dan Membentuk Tubuh Ideal

10. Manfaat Fitnes: Mempercantik dan Membentuk Tubuh Ideal

muslimah.co.id

Fisik yang indah adalah idaman semua orang. Misalnya saja bagi pria, otot yang kekar dan perut yang sixpack serta badan yang tinggi adalah keinginan bagi setiap pria. Begitu juga dengan tubuh yang seksi, langsing, pinggul yang cantik adalah keinginan wanita. Hal itu dapat tercapai apabila menjalani fitnes setiap hari.

11. Manfaat Fitnes: Bersosial

11. Manfaat Fitnes: Bersosial

berkahkhair.com

Banyak teman dan komunitas adalah manfaat lain dari fitnes. Kenapa? Karena saat fitnes Anda akan dihadirkan dengan berbagai macam orang. Jadi tubuh Anda tidak kaku. Anda bisa berinteraksi dengan mereka dengan bertukar informasi, berbagi pengalaman atau berbagi cerita. Sehingga otak atau pikiran Anda lebih terbuka dan hidup seolah plong.

12. Manfaat Fitnes: Menikmati Hidup

12. Manfaat Fitnes: Menikmati Hidup

solusisupersukses.com

Sisi lain manfaat fitnes adalah dapat dijadikan hobi yang menyenangkan. Tidak sedikit orang meruntinkan fitnes sebab bagi mereka fitnes merupakan aktifits yang menarik. Dengan berfitnes maka Anda dapat berkenalan dengan teman, berkumpulm berbagi tips. Dan hal ini semua dapat menyenagkan hidup Anda. Seolah-olah hidup terasa bermanfaat.

13. Manfaat Fitnes: Melatih Pernafasan

Setiap manusia membutuhkan udara untuk mengatur sirkulasi darah dalam tubuh. Ketika organ pernapasan rusak atau sakit tentu akan berdampak pada kesehatan tubuh. Untuk mencegah hal ini terjadi maka fitnes adalah solusi terbaik.

13. Manfaat Fitnes: Melatih Pernafasan

coklatkita.com

Pernapasan yang baik akan menjadikan tubuh Anda lebih fresh dan pikiran lebih jernih. Aktifitas kerja yang dilakukan akan lebih semangat.

Nah, inilah 13 manfaat fitnes yang baik bagi kesehatan. Dengan menerapkan program fitnes secara rutin maka Anda telah mengambil langkah yang tepat menuju pola hidup sehat. Zaman yang terus berkembang dan makan super instan bertebaran maka mau tidak mau kita harus melatih tubuh dan menghindarkan tubuh dari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Bagaimana Cara Fitnes yang Baik dan Benar?

 Cara Fitnes yang Baik & Benar

ammahsukma.com

Apabila Anda benar-benar ingin menekuni fitnes agar hidup lebih sehat maka ada baiknya Anda mengikut tips dari berikut ini:

Sebelum Fitnes

  • Tentukan terlbih dahulu tujuan Anda menjalani fitness. (Apakah ingin membentuk otot lengan, perut, mempercantik tubuh atau hal lainnya)
  • Kemudian pilihlah tempat fitnes yang sehat dan profesional. Pastikan tempat fitnes Anda tidak bercampur antara laki-laki dan perempuan.
  • Lalu pilihlah instruktur fitnes yang profesional dan tepat.
  • Terakhir konsumsilah suplemen atau vitamin untuk kepenuhan gizi.

Saat Fitnes

  • Hal terpenting adalah jika Anda memiliki instruktur maka ikuti apa yang diarahkan olehnya.
  • Lakukan pemanasan dengan meregangkan tubuh selama 5-10 menit.
  • Saat Anda ingin bermain dengan alat berat. Maka pastikan bahwa Anda didampingi oleh teman atau instruktur.
  • Jangan terlalu berlebihan atau lebih baik dilakukan bertahap namun rutin agar terbentuk sesuai dengan yang inginkan.
  • Sesuaikan tujuan dengan jenis alat yang Anda gunakan. Misal Anda ingin membentuk otot lengan maka cukup bermain angkat beban.
  • Tanyakan instruktur jika Anda mengalami kebingungan saat fitnes.

Setelah Fitnes

  • Hindari makanan yang tidak sehat dan berlebih. Yakni dengan mengatur pola makan.
  • Hindari makan yang mengandung manisan setelah fitnes.
  • Bersihkan badan yakni dengan mandi agar tubuh kembali segar.
  • Selamat menikamti ya guys. Sehat itu butuh waktu dan konsisten serta kesabaran.

Artikel yang Berhubungan

  • Manfaat Fitnes Bagi Wanita
  • Manfaat Fitnes Untuk Orang Kurus
  • Manfaat Fitnes Bagi Pria
  • Manfaat Fitnes Bagi Wanita Gemuk
  • Manfaat Gym Untuk Wanita Kurus
  • Manfaat Fitnes Malam
  • Manfaat Fitnes Rutin
  • Manfaat Fitnes Bagi Pria Kurus
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply