Ternyata Bersin Juga Bermanfaat lho!

Manfaat Bersin – Setiap orang pasti pernah mengalami bersin. Tahukah anda banyak manfaat yang didapat dari bersin ini? Nah, dipostingan kali ini kami akan membahas manfaat bersin dari segi medis dan segi islam.

Tapi, sebelum membicarakan manfaat bersin ada baiknya anda mengetahu apa itu bersin? Bersin adalah suatu reaksi karena ada gangguan asing yang masuk melalui hidung dimana pada saat bersin lidah akan naik sehingga menutup sebagian rute ke mulut  agar udara kotor yang berasal dari paru-paru bisa dikeluarkan melalui hidung. Sebagian udara juga bisa dikeluarkan melalui mulut.

Ada beberapa komentar aneh jika seseorang sedang bersin. Contohnya saja jika di India, orang yang bersin itu tandanya sedang dikangenin oleh seseorang.

Sedangkan jika di Timur Tengah orang yang bersin dipercaya sedang menyatakan pernyataan yang benar sebab pernyataan dia diyakini langsung oleh Tuhan.

Berbedan halnya jika di Jepang, orang yang bersin itu tandanya sedang dibicarakan kejelekan-kejelakan di belakang orang tersebut. Aneh bukan ? Tapi kita tidak lah membahas hal-hal yang tak masuk akal ini.

Tahukah anda bahwa bersin itu banyak dikaitkan sama penyakit influenza atau pilek atau juga berkaitan dengan pernapasan. Namun, tahukah anda, bahwa bersin itu memiliki banyak manfaat dari sisi kedokteran (medis) dan juga dari sudut pandang agama islam.

Menarik bukan? Inilah islam agama yang mejelaskan adab sampai-sampai dalam hal sekecil ini dibahas juga. Benarlah apa yang difirmankan Allah subhanahu wa’atala yang berbunyi, “Nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan?

Baik, kita akan membahas terlebih dahulu manfaat bersin dari sisi agama islam. Yuk, kita simak.

Dalam hadist Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yang berbunyi:

“Apabila kalian bersin kemudian memuji Allah subhanahu wa’atala (ucapkan Alhamdulillah) maka bertasymitlah (ucapkan yarhamukallah), tapi apabila dia tidak memuji Allah subhanahu wa’atala maka jangalah bertasymit untuknya”. (HR. Muslim)”.

Dalam hadist lain dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, ia berkata:

“Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersin, maka beliau menutup wajahnya dengan tangan  sambil merendahkan suaranya”.(HR. Abu Dawud)

Tahukah anda apa dibalik hikmah mengucapkan Alhamdulillah pada saat bersin? Disinilah sisi medis berperan.

Manfaat Bersin 1

dedaunan.com

Secara medis bersin merupakan keluarnya udara dengan keras yang disertai hentakan dari lubang hidung dan mulut. Sehingga orang yang mengalami bersin sejumlah partikel seperti debu, kutu atau mikroba akan keluar melaui hidung atau mulut dimana mikroba ini masuk melalui organ pernapasan.

Pada saat bersin maka fungsi syaraf yang saling berkaitan antara hidung dan mulut menyebabkan seketika itu juga mata akan terpejam.

Sadarkah kita? Nah, hal ini akan melindungi saluran kapiler dan air mata agar tidak terkontaminasi oleh partikel bakteri yang sangat kecil dari membaran hidung dan organ mulut.

Begitu juga halnya jantung akan berhenti berdenyut namun setelah bersin jantung akan kembali normal. Pernakah kita berpikir sejauh ini?

Ini merupakan suatu kenikmatan yang patut disyukuri? Karena yang keluar tersebut adalah kotoran. Dan kotoran merupakan bibit penyakit yang mesti dikeluarkan.

Maka dari itu setiap muslim diharuskan saat bersin mengucapkan Alhamdulillah sebagai rasa syukur kepada Allah subhanahu wa’atala

Menurut ulama Imam Hajar Asqalani dalam kitab Fathul Bari, beliau rahimahullah menjelaskan bersin terjadi karena badan yang kering dan pori-pori kulit terbuka yang menyebabkan rasa kenyang tidak tercapai.

Nah, tentu anda sudah tahu. Bersin yang keluar dari hidung atau mulut merupakan bibit penyakit. Dan bibit penyakit ini bisa menular sangat cepat yaitu sekitar 250 km/jam dan sedikitnya 40 ribu butir air mata yang terlepas.

Sehingga  saat bersin kita diharuskan menutup wajah dalam hal ini mulut dan hidung. Inilah jawaban sisi medisnya. Sungguh besar kenikmatan Allah subhanahu wa’atala  dan teladan yang baik dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Sekarang anda sudah tahu kan? Yuk, banyak-banyak mengucapkan rasa syukur kita kepada Yang Maha Kuasa.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

26 Comments

  1. edy Sel, 22 Maret 2016
  2. Lidha Maul Kam, 24 Maret 2016
    • Khair Kam, 24 Maret 2016
  3. Diah indri Jum, 25 Maret 2016
  4. Yasinta Astuti Jum, 25 Maret 2016
    • Khair Jum, 25 Maret 2016
  5. andyhardiyanti Sab, 26 Maret 2016
    • Khair Sab, 26 Maret 2016
  6. Mugniar Sen, 28 Maret 2016
  7. cumilebay.com Sen, 28 Maret 2016
  8. rani yulianty Sel, 29 Maret 2016
    • Khair Sel, 29 Maret 2016
  9. Ida Tahmidah Kam, 31 Maret 2016
  10. Nathalia DP Sel, 5 April 2016
    • Khair Rab, 6 April 2016
  11. Rahayu Rab, 6 April 2016
  12. punyapista Rab, 6 April 2016
  13. Diah Kusumastuti Rab, 6 April 2016
    • Khair Rab, 6 April 2016
  14. Raisa Kam, 7 April 2016
  15. made gelgel Ming, 10 April 2016
  16. Euisry Noor Sel, 12 April 2016
  17. Wida Zee Rab, 13 April 2016
  18. cumilebay.com Rab, 13 April 2016
  19. nengwind Rab, 18 Mei 2016
  20. Wina Sen, 20 Juni 2016

Leave a Reply