Segudang Manfaat ASI bagi Bayi dan Menyusui bagi Ibu

Manfaat ASI – Para ibu tentu sangat paham bahwa menyusui sangatlah penting dan langkah terbaik bagi keberlangsungan hidup bayi. Sebagaimana kita ketahui bersama menyusui merupakan proses yang sangat alami.

Namun tidak sedikit juga yang belum mengetahui dan dimengerti oleh seorang ibu tentang manfaat asi bagi bayi yang dimilikinya.

Berdasarkan latar belakang tersebutlah mendorong kita untuk memberikan penjelasan kepada para ibu bahwasanya ada segudang manfaat yang berkaitan dengan menyusui.

Baik itu manfaat menyusui bagi bayi maupun manfaat menyusui bagi ibu. Dan juga berbagai hal yang bisa menjadi kendala saat menyusui.


 

Ingin Payudara Sista lebih kencang dan padat? Pakai Cream Dr. SUSAN Extra Breast Cream aja!

Dr. SUSAN Extra Breast Cream Original Thailand

Dr. SUSAN Extra Breast Cream Original Thailand

Dr. SUSAN Extra Breast Cream From Singapore diformulasikan untuk mendapatkan hasil payudara yang lebih kencang, berisi, sehat dan besar!!

Diracik dan diramu menggunakan herbal alami spesial dengan ekstrak Nano Q20 CO-enzyme yang memiliki lebih banyak keunggulan dan hasil yang lebih efektif dan terbukti dibanding produk lainnya.

Apa Keunggulan Dr. Susan Extra Breast Cream?

  • Hasil bisa terlihat insyaAllah dalam 1 minggu
  • Payudara akan tampak lebih kencang dan padat, apabila dipakai secara rutin ukuran cup bra bisa menjadi setingkat lebih besar
  • Sangat efektif, sekali pakai langsung terasa hangat.
  • Kulit payudara jadi lebih lembut dan kenyal

Bagaimana Cara Pakai Dr. Susan Extra Breast Cream?

  • Ambil sedikit cream, pijat perlahan pada payudara selama kurang lebih 2-3 menit ke arah atas sampai cream meresap seluruhnya (Ingat! Jangan sampai terkena bagian puting).
  • Dipakai 2 kalo sehari setelah selesai mandi, dan hasilnya akan tampak hanya dalam 1 minggu.
  • Selama perawatan dengan Dr. Susan Extra Breast Cream sangat dianjurkan untuk memakai bra yang berkawat.
  • Lebih baik jangan digunakan selama masa menstruasi.

Spesifikasi Produk Dr. Susan Extra Breast Cream

Dr. SUSAN Extra Breast Cream Asli

Kondisi Barang Baru
Netto (Isi) 70 gram
Bruto 100 gram
Harga Rp. 70.000

 

Harga Spesial : Rp. 70.000

*Harga belum termasuk ongkos kirim

 

Produk asli dari dr.susan beauty center. 895A beach road singapore 19951. Dijamin asli 100%

Cara Memesan Dr. Susan Extra Breast Cream

Kirim SMS/WA ke No 0853 6298 9409 (No. Resmi) ataun PIN BB  7ED7FDF6 dengan Format

(#Nama Penerima#No. Hp Penerima#Kode Pos#Provinsi#Kotamadya/Kabupaten#Kecamatan#Alamat Lengkap#Jumlah Pemesanan

Jasa Pengiriman yang kami gunakan adalah JNE

Dengan Model Paket Pengiriman :

JNE Reguler adalah paket reguler yang ditawarkan JNE. Kecepatan pengiriman tergantung dari lokasi pengiriman dan lokasi tujuan. Umumnya memakan waktu 3-4 hari

JNE OKE adalah paket ekonomis yang ditawarkan JNE. Umumnya pengiriman melalui paket ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Dukungan kota masih terbatas. Umumnya makan waktu 4-5 hari.

JNE YES adalah paket eksklusif/prioritas yang ditawarkan JNE.  Hanya diperlukan kecepatan barang diterima dan dipengaruhi kecepatan penjual melakukan pengiriman barang. Umumnya makan waktu 2-3 hari.

Contoh Pemesann Produk Dr. Susan Extra Breast Cream

#Ummu Hana#085334273839#2147# Provinsi Jawa Timur# Kota Surabaya#Kecamatan Sukakarsa#Jl. Luka No.3, RT/RW 03/02, Simpang Kantor Camat Sukakarsa#5 botol Dr. Susan Extra Breast Cream

kirim SMS/WA ke No. 0853 6298 9409 (No. Resmi) ataun PIN BB  7ED7FDF6

Setelah format pemesan kami terima maka pesanan akan kami balas dengan cepat dan  segera kami kirimkan dengan rapi dan aman. Terimakasih.

 


Baca juga:
Tips Jitu Memperbanyak dan Memperlancar ASI Secara Alami
Duhai Ibu Maukah Engkau dan Calon Buah Hatimu Lahir dalam Keadaan Sehat dan Selamat

A. Manfaat ASI Bagi Bayi

Manfaat Asi Buat Bayi

gambargambar.co

Setidaknya ada 6 manfaat paling penting memberikan ASI kepada bayi, diataranya adalah

1.1. Manfaat ASI: Mendapatkan Nutrisi Terbaik

Sebagaimana sudah kita diketahu bersama bahwa ASI merupakan formula yang sangat penting dan baik bagi kesehatan bayi. Apabila kita bandingkan dengan produk susu kemasan, maka ASI jauh lebih baik untuk bayi.

Pada setiap tetesan ASI yang masuk kedalam tubuh bayi maka mengandung 13 zat seperti DHA, AA, Omega 6, taurin, laktosa, protein, laktobasilus, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin dan lisozim.

Dan zat ini semua sangat pas diperlukan untuk perkembangan bayi. Jadi pantaslah kita sebut bahwa ASI merupakan formula unggul untuk bayi. Namun tidak sebatas itu saja keunggulan ASI. Adapun dapat kami bagi menjadi 2 periode diantaranya adalah:

a. Manfaat ASI untuk Usia 0 – 6 Bulan

  1. ASI merupakan makanan dengan kualitas terbaik karena mudah dicerna, diserap, higienis, fresh dan juga aman dari bahan pengawet.
  2. ASI dapat menyempurnakan pertumbuhan dan perkembangan bayi sehingga aman dari serangan penyakit dan menjadikannya pintar.
  3. ASI dapat menjadi tameng untuk segala penyakit terutama yaitu penyakit infeksi.
  4. ASI juga dapat memperindah kulit, rahang dan gigi bayi.
  5. Apabila para ibu rutin dalam memberikan ASI kepada bayinya maka si bayi akan jarang terkena penyakit seperti diare, alergi maupun sembelit.
  6. ASI juga dapat mencegah terjadinya kematian bayi dini yang umumnya diakibatkan oleh penyakit diare. Apabila selama 6 kali lebih tidak diberikan ASI  maka resiko terkena diare ataupun infeksi saluran pernapasan menjadi lebih besar.

b. Manfaat ASI untuk Usia 7 – 12 Bulan

  1. Pada usia lebih dari 7 bulan, pemberian ASI sangat perperan dalam melindungi bayi dari serangan berbagai penyakit, semisal diare. ASI sendiri punya kandungan kolustrum yang fungsinya pelindung dari bakteri dan virus.
  2. ASI dapat  memenuhi kebutuhan air pada bayi karena ASI mengandung 88% air. Sehingga dengan angka segini bayi tidak perlu memerlukan cairan tumbuhan.
  3. ASI dapat mengoptimalkan kondisi fisik dan mental bayi.
  4. ASI dapat mencegah kemungkinan terjadinya obesitas (kegemukan).
  5. Dan ASI memiliki tekanan darah tanggi yang jauh lebih rendah  sehingga akan menghindarkan bayi dari serangan jantung.

1.2. Manfaat ASI: Sistem Imunitas Akan Jauh Lebih Baik

Mengapa kami mengatakan ini demikian? Ini disebabkan karena ASI mengandung zat kolostrum yang berfungsi dalam menjaga kekebalan tubuh terutama Immunoglobulin (Ig.A).  Zat ini yang nantinya akan melindungi bayi dari penyakit diare.

Adapun sekretori Ig.A tidak diserap tetapi zat  ini akan melumpuhkan bakteri patogen E. coli dan juga berbagai virus pada saluran pencernaan.

Selain kolostrum, ASI juga mengandung zat laktoferin yaitu semacam protein  yang berguna dalam mengikat zat besi di saluran pencernaan. Perlu para ibu ketahui juga selama 2 minggu pertama pemberian ASI kepada bayi, ASI masih mengandung sel darah putih yang lebih dari 4000 per mill.

Terdiri dari Brochus-Asociated Lympocyte Tissue (BALT) yakni anti bodi pernapasan, Gut Asociated Lympocyte Tissue (GALT) yakni anti bodi saluran pernapasan da Mammary Asociated Lympocyte Tissue (MALT) yakni anti bodi jaringan payudara ibu.

Dan yang terkahir adalah lifidus. Bakteri ini sangat berguna dalam menjaga keasamaan flora usus bayi dan berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang merugikan.

Apabila bayi minun ASI sebagaimana kandungan zat yang sudah kami jelaskan diatas maka bayi akan tumbuh menjadi lebih baik.

Silahkan dibaca juga:
Manfaat dan Pentingnya ASI Eksklusif bagi Bayi
Cara Menyimpan ASI yang Tepat dan Benar

1.3. Manfaat ASI: Meningkatkan Pertumbuhan Otak

Dalam setetes ASI yang dikonsumsi oleh bayi mengandung zat Taurin, DHA dan AA. Ketiga zat ini berfungsi dalam mendukung pertumbuhan otak bayi. Taurin adalah sejenis asam amino yang sangat berperan dalam proses maturasi sel otak atau yang biasanya dikenal dengan istilah neuro-transmitter.

Adapun Decosahexonic Acid (DHA) dan Arachidonic Acid (AA) merupakan asam lemak tak jenuh yang berperan dalam pembentukan sel-sel otak. Apabila kita gabungkan antara keduanya yaitu  DHA dan AA akan sangat mencukupi dalam pertumbuhan dan kecerdasan otak bayi.

1.4. Manfaat ASI: Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga kesehatan menunjukkan bahwa seorang bayi yang diberi ASI memiliki nilai IQ 4,3 poin lebih tinggi pada usia 18 bulan, 4-6 poin lebih tinggi pada usia 3 tahun dan 8,3 poin lebih tinggi pada usia 8,5 tahun dibandingkan bayi yang tidak diberi ASI.

1.5. Manfaat ASI: Memiliki Nilai Emosi dan Spritual yang Tinggi

Perlu diketahui oleh para ibu bahwa bayi yang menyusui kelak akan memiliki tingkat emosi dan spritual yang tinggi. Artinya nilai-nilai ini yang nantinya akan menjadi dasar bagi pertumbuhan manusia menuju sumber daya manusia yang baik dan lebih mudah untuk menyayangi orang lain.

Bisa juga kamu baca:
Metode, Cara dan Manfaat Inisiasi Menyusu Dini
Cara Perawatan Payudara agar Memperoleh ASI yang Optimal

1.6. Manfaat ASI: Memberikan Kekebalan yang Optimal

ASI memiliki kandungan gizi yang bisa membuat bayi berkembang secara optimal. Salah satunya adalah dalam pembentukan sistem imun.

Sistem imun merupakan hal yang sangat krusial bagi bayi, karena semakin baik sistem imun maka akan membuat anak jarang terkena penyakit.

Oleh karenanya bagi bayi yang mendapatkan asupan nutrisi yang cukup akan membuat tubuhnya jauh lebih baik daripada anak yang tidak diberi ASI.

1.7. Manfaat ASI: ASI Selalu dalam Kondisi Segar dan Tidak Basi 

Berbeda dengan susu formula, ASI tidak akan basi karena langsung dari payudara ibu dan tanpa campur tangan bahan kimia.

Yang terpenting adalah asupan nutrisi ibu menyusui harus tepat dan bergizi, sehingga ASI yang dihasilkan pun berkualitas dan baik.

1.8. Manfaat ASI: Lebih Higienis 

ASI memiliki kandungan yang lebih hiegenis dibandingkan dengan susu formula. Ini dikarenakan ASI langsung diberikan melalui puting susu ibu yang tersimpan di payudara sehingga menjaga ASI steril, aman dan higienis.

Sedangkan pemberian susu formula kepada bayi memerlukan alat bantu berupa botol yang belum tentu steril dan higeinis. Dan belum lagi susunya yang mengandung bahan kimia.

1.9. Manfaat ASI: Kandungan ASI akan Berubah Sesuai Usia dan Kebutuhan Bayi

ASI memiliki sistematika kerja yang unik. Keunikannya yaitu komponen ASI akan berubah dengan sendirinya sesuai dengan kebutuhan dan usia sang bayi.

1.10. Manfaat ASI: Sebagai Pelindung yang Baik dari Berbagai Alergi Makanan

ASI secara langsung akan memproteksi bayi sehingga kebal dari bebagai bahan makanan, namun perlu diingat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu juga akan mempengaruhi kandungan gizi ASI.

B. Manfaat Menyusui Bagi Ibu

Manfaat Asi Buat Ibu

republika.co.id

Barangkali sebagian besar dari kita sudah menyadari bahwa secara garis besar bayi akan mendapat enam manfaat terpenting dari menyusu. Namun sebaliknya, pengetahuan tentang manfaat menyusui bagi ibu yang telah berkeluarga belum banyak diketahui.

Padahal, keyakinan ibu yang mantap akan manfaat menyusui bagi bayi dan dirinya sendiri akan menciptakan motivasi yang kuat. Sehingga dengan motivasi tersebut, diharapkan ibu mau menyusui  anaknya.

Berikut ini akan kami jelaskan mengenai manfaat menyusu bagi ibu:

2.1. Manfaat Menyusui: Menghentikan Perdarahan Pascapersalinan

Perlu diketahui oleh  para ibu salah satu hormon yang berperan dalam proses produksi ASI adalah hormon oksitosin.  Apa itu hormon oksitosin? Hormon oksistosin adalah hormon yang  berpengaruh dalam pengeluaran ASI melalui kelenjar susu.

Hormon ini yang nantinya membuat otot saluran ASI berkontraksi sehingga ASI dalam kelenjar susu bisa keluar menuju ke ujung saluran untuk kemudian diisap bayi dengan mudah.

Bagi ibu, selain mengerutkan otot-otot saluran untuk pengeluaran ASI, hormon ini juga mampu membuat otot-otot polos rahim pembuluh darahnya mengerut. Dengan begitu penyempitan pembuluh darah yang terbuka pada saat melahirkan bisa dipercepat.

Hal ini jelas berdampak positif, menyebabkan perdarahan di rahim bekas proses persalinan akan cepat terhenti. Efek ini akan bekerja maksimal jika setelah melahirkan ibu langsung mulia menyusui bayinya.

Keuntungan lainnya, jika perdarahan setelah melahirkan cepat terhenti, resiko kekurangan darah yang dapat menyebabkan anemia pada ibu juga akan berkurang.

2.2. Manfaat Menyusui: Menurunkan Resiko Kanker

Ibu yang menyusui bayinya secara eksklusif terbukti mengalami penurunan resiko terkena kanker. Bagaiamana mekanisme pemberian ASI ini bisa sampai mengurangi resiko kanker memang belum bisa dipahami secara pasti.

Namun dari penelitian yang dilakukan, didapat kenyataan yang jelas bahwa ibu yang memberikan ASI secara eksklusif memiliki resiko terkena kanker payudara dan kanker ovarium 25% lebih rendah dibanding yang tidak menyusui sama sekali  secara ekslusif.

2.3. Manfaat Menyusui: Alat kontrasepsi Alamiah

Keberhasilan menyusui untuk mencegah kehamilan bisa mencapai 99%. Syaratnya, ibu harus betul-betul memberikan ASI-nya secara ekslusif selama 6 bulan dan syarat yang kedua adalah selama memberikan ASI ekslusif ibu belum mengalami menstruasi (haidh).

Apabila kedua persyaratan itu terpenuhi maka secara otomatis akan berlangsung mekanisme perubahahan hormon reproduksi pada ibu yang akan mengakibatkan terhentinya proses ovulasi atau pelepasan sel telur ke arah rahim.

Jika tidak ada sel telur yang dilepaskan, tentunya proses pembuahan oleh  sprema dari pasangan tak akan bisa terjadi. Apabila Ibu sudah mengalami menstruasi setelah melahirkan, maka menyusui tak lagi efektif untuk mencegah terjadinya kemahamilan .

2.4. Manfaat Menyusui: Cepat Kembali ke Berat Badan Semula

Ibu yang menyusui secara eksklusif ternyata lebih mudah dan lebih cepat kembali ke barat badan semula seperti sebelum hamil. Ini karena timbangan lemak yang ada pada tubuh akibat kehamilan digunakan sebagai sumber tenaga dalam proses produksi ASI.

Dengan menyusui tubuh akan menghasilkan ASI lebih banyak lagi sehingga dengan demikian timbunan lemak yang berfungsi sebagai cadangan tenaga  akan terpakai.

Sederhananya begini, jika timbunan lemak menyusut, berat badan ibu akan cepat kembali ke keadaan seperti sebelum hamil.

2.5. Manfaat Menyusui: Mengembalikan Kemesraan Hubungan Antar Pasangan

Dengan menyusui, rahim akan lebih cepat kembali ke posisi semula. Tentu saja, hal ini menandakan pemulihan fisik.

Karena fisik ibu/istri sudah pulih, secara otomatis hubungan seksual antara suami dan istri bisa bergairah kembali. Dengan begitu hubungan antara suami istri dapat kembali mesra.

C. Kandungan ASI

Menurut IDAI atau Ikatan Dokter Anak Indonesia, secara umum kandungan ASI terbagi menjadi 2 macam. Yaitu nutrisi mikro (nutrien) dan nutrisi makro.

Nutrisi makro terdiri dari vitamin dan mineral dan nutrsi makro terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak.

Seorang ayah dan ibu dikatakan hebat jika mereka memiliki komitmen yang kuat untuk mempertahankan pemberian ASI kepada bayi sejak usia pertama lahir  hingga 2 tahun.

Untuk menambah komitmen antara ibu dan ayah bahwa ASI sangat penting bagi bayi maka perlu diketahui manfaat apa saja yang terkandung di dalam ASI.

3.1. Kandungan ASI: Kolostrum

Kolostrum adalah air susu kental yang pertama kali dihasilkan setelah proses melahirkan. Kolostrum memiliki warna putih kekuningan. Cairan yang menyerupai emas ini diproduksi ibu sejak pertama kelahiran sampai 2 minggu.

Para ahli gizi menyarankan agar sebisa mungkin bayi yang baru lahir mendapatkan kolostrum. Karena gizi yang terkandung di dalamnya sangatlah besar.

Bagi bayi, kolostrum ini memiliki 4 manfaat diantaranya:

a. Meningkatkan antibodi bayi sehingga tahan terhadap serangan berbagai penyakit yang bisa saja muncul saat dan perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Bahkan penelitian menyebutkan, pemberian kolostrum pada bayi saat baru lahir dapat mencegah bayi dari sindrom kematian mendadak.

Data menyebutkan dari 87 bayi yang lahir dalam sehari, ada 3 bayi yang mati mendadak. Hal ini dikarenakan penundaan inisiasi menyusu dini (IMD).

b. Mengajarkan Bayi untuk mahir menyusu dan mengajarkan ibu agar tidak phobia menyusui. Bayi yang baru lahir tentu tidak serta merta bisa langsung menemukan puting susu ibunya.

Begitu juga dengan seorang ibu yang baru pertama kali menyusui. Tentu ada perasaan geli bahkan takut untuk menyusui bayinya sendiri.

Disilah kenapa bahwa insiaisi menyusu dini sangat penting. Disamping sebagai batu loncatan awal asupan nutrisi tetapi juga untuk sarana pembelajaran bagi bayi dan ibu.

Sebagaiman diketahui bersama menyusui adalah keterampilan yang wajib dipelajari  dan dilatih bagi sang ibu. Dengan bantuan serta dorongan yang penuh dari ayah atau suami untuk mensuksekannya.

c. Mampu mempengaruhi pertumbuhan otak. Bagi bayi yang baru lahir dikenal istilah golden age yakni periode 1000 hari pertama sejak kehamilan sampai bayi lahir.

Pada periode ini maka perkembangan otak bayi mengalami pertumbuhan yang pesat. Bisa diibaratkan seperti semburan air yang keluar dari keran. Yakni terjadi begitu cepat dan pesat.

d. Untuk peremajaan tulang dan pengganti sel yang telah rusak. Kandungan vitamin D dan C pada kolostrum berfungsi untuk penguatan tulang. Khsususnya saat usia bayi dari 1-6 bulan.

3.2. Kandungan ASI: Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber nutrisi utama dan penting yang terkandung di dalam ASI. Karbohidrat bersumber dari laktosa yang berperan dalam meningkatkan pertumbuhan badan dan jaringan otak si bayi.

Kandungan laktosa ASI dua kali lipat dibandingkan susu sapi dan formula. Sehingga sangat kecil kemungkinan bayi terkena diare.

Hal ini disebabkan daya serap ASI yang masuk ke sistem pencernaan lebih optimal apabila dibandingkan dengan susu yang lain.

Intinya karbohidrat adalah tameng yang dapat menghindari tubuh dari penyakit seperti bakteri jahat.

3.3. Kandungan ASI: Protein

Protein bagi bayi merupakan kebutuhan terbesar bagi bayi. Protein ini bermanfaat sebagai pembentuk sel-sel tubuh yang telah mati.

Kandungan protein pada ASI jauh lebih  besar dibandingkan dengan susu sapi. Selain itu daya serap kandungan protein pada ASI jauh lebih baik dibandingakn susu formula.

3.4. Kandungan ASI: Lemak

Lemak adalah zat pendukung nutris pada otak. Mungkin bertanya lemak apa saja yang terkandung di dalam ASI? Lemak tersebut adalah omega 3 dan 6.Selain itu jenis lemak lainnya yang terkandung di dalam ASI adalah DHA dan ARA.

Tapi perlu ibu sadari bahwa dalam susu formula biasanya lebih difokuskan satu ciri tertentu saja. Misalnya, susu formula khusus untuk melancarkan pencernaan. Nah, kalau ASI mencakup semua jenis nutrisi.

3.5. Kandungan ASI: Vitamin

a. Vitamin A: berfungsi untuk penglihatan bayi. Porsi vitamin A terbesar terdapat pada kolostrum. Seiring berjalannya waktu maka vitamin A akan semakin berkurang namun tanpa mengurangi nilai gizi ASI.

Selain untuk penglihatan, vitamin A pada ASI juga bermanfaat untuk kekebalan tubu, regenarasi sel dan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

b. Vitamin B: berperan mencegah terjadinya anemia. Karena vitamin B adalah zat yang mudah larut dalam air. selain anemia juga berperan dalam menunjan perkembangan dan menambah nafsu makan serta mencegah iritasi pada kulit.

c. Vitamin C: dalam hal peremajaan kulit dan perkembangan sistem saraf vitamin C punya peran yang sangat penting. Misalnya saja untuk pertuhan gigi, perkembangan tulang dan pelindung dari penyakit.

d. Vitamin E: bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Selain itu juga penambah sel darah merah bagi bayi yang disebut hemoglobin. Sehingga bayi aman terhadap penyakit animea. Selain itu bisa juga melindungi retina mata dan paru-paru.

3.6. Kandungan ASI: Mineral

Nutrisi terpenting selanjutnya dibutuhkan oleh bayi adalah kalsium. Tapi yang menjadi poin terpenting dari kalsium adalah kecepatan daya serapnya dalam tubuh.

Kadar kalsium pada ASI memang lebih sedikit dibandingkan susu formula tapi daya serapnya jauh lebih cepat dibandingkan susu formula.

Namun diantara kandungan terpenting yang telah kami sebutkan diatas tidaklah berguna apabila ibu tidak konsisten dalam pemberian ASI kepada si bayi. Karena penelitian menyebutkan bahwa pemberian ASI kepada bayi selama 6 bulan sejak lahir akan lebih terjaga dalam tumbuh kembangnya.

Referensi: Keajaiban Menyusui, Nadine Suryoprajogo

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One Response

  1. budidayapohonpisang Rab, 20 Juli 2016

Leave a Reply