31 Jenis Makanan Penggemuk Badan yang Sehat dan Aman untuk Dikonsumsi

Makanan Penggemuk Badan – Banyak orang menginginkan tubuh yang ideal dan proporsional. Sebagian dari mereka beranggapan bahwa memiliki tubuh yang ideal adalah suatu hal yang dapat menambah kepercayaan diri. Sangat berbeda dengan tubuh kerempeng atau kurus, memakai pakaian dengan bentuk apapun kurang kelihatan bagus.

Dalam masalah ini wanita dan pria memiliki pandangan yang sedikit berbeda. Ada sebagian wanita ingin memiliki bentuk tubuh yang sintal dan berisi. Yakni tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus.

Dan begitu juga dengan lelaki ingin bentuk tubuh yang berisi. Mereka ingin dirinya terlihat macho dan berotot dihadapan wanita. Sehingga menambah kepercayaan mereka. Namun tidak semua dianugerahi bentuk tubuh yang ideal. Oleh karena banyak diantara mereka baik itu laki-laki maupun wanita ingin menggemukkan badan.

Proses penggemukan badan tidak ada yang instan. Semua butuh proses, waktu, kesabaran dan kerja keras. Apabila seseorang tersebut melakukan cara instan dalam menggemukkan badan ditakutkan ada efek samping yang bisa saja membahayakan tubuh.

Oleh sebab itu pilihlah cara menggemukkan badan secara alami. Dalam artian tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Ada 2 cara bisa menggemukkan badan secara alami. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan dan berolahraga.

Menggemukkan Badan Dengan Menggunakan Makanan

Ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda gunakan untuk menggemukkan badan. Sayangnya, hanya sedikit orang tahu jenis makanan apa saja yang bisa digunakan dalam penggemukan badan.

Di bawah ini kami akan mengulas dan menjelaskan kepada Anda jenis makanan yang bisa digunakan untuk menggemukkan badan. Diantaranya yaitu:

Makanan Penggemuk Badan

1. Makanan Penggemuk Badan: Susu Full Cream

Susu Full Cream

berkahkhair.com

Susul full cream merupakan susu yang memiliki kadar lemak yang tinggi. Maka dari itu bagi siapun yang meminumnya sangat terasa gurih jauh berbeda dengan susu rendah lemak. Rasa gurih pada susu tersebut ialah berasal dari cream. Sehingga jangan heran susu ini bisa membuat tubuh seseorang menjadi gemuk.

Segera Miliki: 

2. Makanan Penggemuk Badan: Susu Sapi

Susu Sapi

samishare.com

Makanan lainnya yang mampu mmebuat tubuh menjadi gemuk ialah dengan mengkonsumsi susu sapi. Karena susu sapi mengandung lemak hewani dan kadar kalori yang tinggi. Dianjurkan minum susu sapi setiap hari untuk menggemukkan badan secara alami.

Dalam segelas susu sapi sedikitnya mengadnung 54 kalori. Dengan rutin meminumnya maka dalam seminggu jumlah kalori yang Anda bisa peroleh adalah 378 kalori.

Susu sapi yang kami sarankan disini adalah susu sapi murni yang telah disterilkan dengan benar. Selain itu susu sapi murni juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi dan pertumbuhan otot.

3. Makanan Penggemuk Badan: Kopi dengan Creamer

Kopi dengan Creamer

anekatop10.com

Di era sekarang telah banyak jenis kopi yang membanjiri Indonesia. Mulai kopi jenis robusta sampai arabica. Begitu juga dengan pecinta kopi semakin meningkat pesat. Mulai dari kalangan muda usia belasan hingga orang tua.

Studi ilmiah menunjukkan bahwa kopi memiliki khasiat yakni untuk menggemukkan badan. Akan tetapi perlu ditambi creamer agar hasilnya lebih memuaskan. Creamer pada campuran kopi tersebut berfungsi sebagai penambah cita rasa pada kopi yang Anda minum.

Khusus untuk orang gemuk disarankan untuk tidak menambahi creamer pada kopi tersebut karena creamer tinggi kadar lemaknya. Satu gelas kopi ditambah creamer adalah 326 kalori.

Ada istilah yang mahsyur yaitu kopi ibarat dua sisi mata uang. Artinya kopi memiliki manfaat bagi kesehatan namun juga memiliki efek berbahaya bagi anggota tubuh.

Nah, jika Anda ingin menggemukkan badan maka harus bisa mengontrolnya. Begitu juga dengan wanita tidak disarankan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah banyak terlebih saat  haid.

4. Makanan Penggemuk Badan: Selai Kacang

Selai Kacang

postimg.org

Makanan penggemuk ke enam ialah selai dengan rasa kacang. Selai ini memiliki banyak kalori sehingga sangat tepat dikonsumsi bagi setiap orang yang ingin menggemukkan badannya.

Kacang mengandung lemak yang tinggi. Ditambah lagi dengan selainya yang menggunakan gula yang banyak. Dalam 100 gram selai kacang mengandung 1.228 kalori. Luar biasa bukan?

5. Makanan Penggemuk Badan: Kuning Telur

Kuning Telur

berkahkhair.com

Mungkin hanya sedikit yang tahu tentang manfaat kuning telur. Di satu sisi kuning telur ternyata bisa digunakan untuk menggemukkan badan secara alami. Setiap 100 gram kuning telur mengandung kadar kolesterol yang tinggi sebanyak 322 kalori.

Sehabis anda mendapatkan apa yang anda inginkan, cek lah kadar kolesterol di dalam tubuh anda apakah kadar LDL anda normal atau jauh di ambang batas. Jika tinggi anda harus memakan makanan penurun kolesterol tinggi agar kadar LDL di dalam tubuh anda menjadi normal kembali.

6. Makanan Penggemuk Badan: Kue

Kue

berkahkhair.com

Bagi Anda penggemar kue tentu hal ini sangat membantu. Karena kue basah dan kue kering adalah makanan yang bisa menggemukkan badan. Dalam kue mengandung banyak gula, kalori dan juga tinggi karbohidrat.

Akan tetapi, kami perlu menyarankan ke Anda bahwa jangan berlebihan makan kue sebab rentan kolesterol. Jadi bijaklah makan kue agar kadar nutrisi tubuh Anda tetap terjaga. Dalam 100 gram kue kering yang Anda makan. Terdapat 356 kalori yang masuk ke dalam tubuh.

7. Makanan Penggemuk Badan: Telur Puyuh

Telur Puyuh

berkahkhair.com

Apakah Anda penggemar telur puyuh? Telur puyuh adalah jenis telur yang memiliki rasa gurih dan lezat meksipun bentuknya kecil. Dibalik kelezatan tersebut telur puyuh memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi.

Kandungan kalori dan lemak tersebut bermanfaat untuk meningkatkan berat badan. Setiap 100 gram terlur puyuh mengandung kalori sebanyak 158 kalori. Khusus untuk penderita kolesterol tidak disarankan untuk mengkonsumsi jenis telur satu ini dalam jumlah banyak.

8. Makanan Penggemuk Badan: Kulit Ayam

Kulit Ayam

berkahkhair.com

Makanan selanjutnya yang dapat menggemukkan badan ialah kulit ayam. Siapa sangka ternyata kulit ayam  mengandung kalori yang tinggi. Dalam kulit ayam bisa membuat orang gemuk dengan cara yang cepat namun alami, Setiap 100 gram kulit ayam terdapat kalori sekitar 156 kalori.

9. Makanan Penggemuk Badan: Daging Merah

Daging Merah

ahloo.com

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa daging merah memiliki cita rasa yang enak dan khas serta gurih. Rasa gurih nan lezat tersebut berasal dari kandungan lemak hewani dari daging.

Oleh sebab itu cara alami untuk menggemukkan badan ialah dengan mengkonsumsi daging merah secara teratur. Ya, Anda bisa mengkonsumsi daging merah 100 gram per hari di setiap menu makan siang.

Setiap 100 gram daging merah terdapat kalori sebanyak 220. Olahan daging merah itu sangat banyak yakni bisa diolah menjadi steak, daging iga, sop buntut, sosis dan lain sebagainya.

Namun perlu diingat disini ialah Anda tisarankan untuk tidak makan daging merah lebih dari 100 gram per hari. Sebab dengan makan daging terlalu banyak bisa menyebabkan darah tinggi. Dan itu tidak baik bagi kesehatan.

Baca: 

10. Makanan Penggemuk Badan: Alpukat

Alpukat

berkahkhair.com

Alpukat adalah jenis buah yang kaya manfaat terutama bagi kesehatan dan kecantikan. Manfaat alpukat bukan hanya pada daging buahnya saja melainkan bijinya juga berkhasiat bagi kesehatan.

Untuk kecantikan alpukat dapat digunakan sebagai pengahalus kulit dan pelembab kulit. Bagi janin alpukat berkhasiat dalam meningkatkan kecerdasan otak janin.

Nah, khusus bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan maka bisa dikonsumis setiap hari. Karena kamdungan lemak nabati dan kalori bisa menyehatkan tubuh tanpa terkena kolesterol. Di dalam alpukat ada kalori sebanyak 85 di dalam 100 gram alpukat.

11. Makanan Penggemuk Badan: Keju

Keju

makanenakweb.wordpress.com

Keju adalah olahan susu yang telah mengalami fermentasi dan bermanfaat bagi kesehatan dan berkhasiat dalam meningkatkan berat badan. Jumlah kalori yang terdapat dalam keju itu diakibatkan kadar garam.

Dalam 100 gram keju maka terdapat kalori sebesar 403. Khusus yang penderita darah tinggi sebaiknya tidak mengkonsumsi keju dalam jumlah banyak. Karena keju adalah makanan pantangan bagi penderita darah tinggi.

12. Makanan Penggemuk Badan: Kentang

Kentang

thetanjungpuratimes.com

Kentang adalah makanan yang kaya karbohidrat. Dengan mengkonsumsi kentang secara rutin maka bisa menambah berat badan Anda. Anda bisa mengolah kentang menjadi sayuran, perkedel, sop, direbus atau makana olahan lainnya.

Pengolahan kentang menjadi makanan yang tepayt ialah cukup membersihkannya dari kotoran (tanah) yang menempel saja. Tanpa membuat kulit luarnya. Hal ini dilakukan agar Anda memperoleh nutrisi yang maksimal.

13. Makanan Penggemuk Badan: Nasi

Nasi

novalrohman.net

Nasi adalah makanan pokok Indonesia. Dengan mengkonsumsi nasi maka Anda bisa menggemukkan badan secar cepat dan alami. Nah, jika Anda ingin gemuk maka konsumsilah nasi dalam jumlah yang cukup banyak tapi tetapi proporsional.

Akan tetapi bagi Anda yang punya diabetes maka disarankan tidak mengkonsumsi banyak nasi putih. Karena itu merupakan pantangan bagi penderita diabetes. Nasi putih adalah makan yang mengandung gula yang tinggi. Khusus penderita diabetes cukup konsumsi nasi merah saja.

14. Makanan Penggemuk Badan: Roti Tawar

Roti Tawar

resepmasakanbaru.com

Ada sebagian orang menganggap bahwa roti tawar adalah makanan untuk diet. Padahal yang tepat ialah roti tawar mengandung gula dan karbohidrat yang cocok untuk menggemukkan badan

Gula yang terkandung dalam roti tawar diperoleh dari tepung roti yang menjadi bahan dasar roti tawar dan ditambahkan juga gula sebagai pengikat rasa manis agar terasa gurih. Dengan hadirnya gula disini maka kadar glukosa menjadi meningkat.

15. Makanan Penggemuk Badan: Kacang Mete

Kacang Mete

kacangmete.com

Taukah Anda kacang mete atau mede? Atau mungkin Anda pernah nyicipinya? Gurih bukan? Kacang mete adalah kacang yang memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Dibalik kelezatannya kacang mete ternyata mengandung lemak dan kalori yang tinggi.

Menurut ahli gizi dan kesehatan, dalam segenggam kacang mete mengandung lemak sebesar 56 gram. Dan kalorinya sebesar 47,5 gram. Na, kalori dan lemak nabati tersebut sangat tepat untuk Anda sedang melakukan program menaikkan berat badan.

16. Makanan Penggemuk Badan: Kacang Almond

Kacang Almond

wizamisasi.com

Kacang almond ialah kacang yang selalu dijumpai di kue atau bolu. Walaupun harganya mahal. Kacang almod punya banyak manfaat bagi kesehatan terlebih lagi keantikan.

Khusus untuk kecantikan kacang almond mengandung vitamin E yang tinggi. Vitamin E inilah yang kemudian berguna untuk menghaluskan kulit dan melembabkan kjulit serta menjaga kesehatan kulit.

Selain menyehatkan kulit, kacang almond juga dpat menyehatkan jantung. Dan dengan mengkonsumi 100 gram perhari maka Anda dapat kalori sebesar 169. Dan jumlah kalori ini sangat tepat untuk mensuksesakan program diet Anda.

17. Makanan Penggemuk Badan: Kacang Tanah

Kacang Tanah

berkahkhair.com

Menurut ahli gizi, mengkonsumsi kacang tanah bersamaa dengan kulit mengandung jumlah kalori yang lebih banyak. Dan jumlah kalori ini tidak sebanting dengan kacang almond yang jauh lebih kecil.

Khusus di Indonesia, kacang tanah bisa diolah sebagai makana ringan, kue, peyek dan beberapa olahan lainnya. Bagi mereka mengkomsusi kacang tanah sangat enak dan gurih. Namun diingat, Anda cukup mengkonsumsinya 100 gram per hari dan jangan lebih.

18. Makanan Penggemuk Badan: Cokelat

 Cokelat

agnezyota.fwordpress.com

Apakah Anda penggemar coklat? Apabila iya maka Anda telah memilih makanan yang tepat untuk menngemukkan badan.

Cokelat merupakan makanan yang paling digemari oleh kebanyakan manusia, terlebih lagi perempuan. Rasa yang manis dan nikmat membuat orang menjadikan cokelat sebagai makan favorit.

Cokelat mempunyai banyak manfaat. Baik itu dalam bidang kecantikan dan kesehatan. Dalam bidang kecantikan, coklat bisa digunakan untuk meregenerasi sel yang telah mati. Sedangkan dalam bidang psikologis, cokleat mapu mengatasi stress.

Nah, jadi apabila Anda ingin menggemukkan badan maka bisa mengkonsumsi cokelat dengan kadar 100 gram per hari. Karena dalam sebatang cokelat isi 100 gram terkandung kalori sebesar 98. Dan juga kadar lemak dan kolesterol yang dimilikinya sanagt pas untuk menggemukkan badan.

19. Makanan Penggemuk Badan: Cheese Cream

Cheese Cream

rachelcooks.com

Produk olahan keju memang terbukti untuk menggemukkan badan. Biasanya keju ini dijadikan sebagai topping cheese cream. Dengan rasanya sedikit asin. Dalam satu ons cheese cream terdiri kalori sebesar 295. Dan kadar guloa yang dimilikinya bisa menggemukkan badan Anda secara alami.

Silahkan dicoba.

20. Makanan Penggemuk Badan: Whipped Cream

Whipped Cream

lowcarbslowcarb.com

Makan penggemuk badan selanjutnya ialah whipped cream. Whipped cream adalah jenis camilan yang biasanya dijadikan sebagai toping untuk kue atau bolu. Whipped cream kaya kandungan gula dan kalori.

Sehingga bagi siapa yang ikut mengkonsumsinya maka bisa menggemukkan badan secara alami. Setiap satu ons whipped cream mengandung kalori sebanyak 345. Dengan angka kalori sebesar itu maka program menggemukkan badan bisa tercapat dalam waktu cepat.

21. Makanan Penggemuk Badan: Banyak Minum Air Putih

Banyak Minum Air Putih

mastersalam.com

Riset ilmiah membuktikan bahwa air putih ternyata mempunyai khasiat untuk menggemukkan badan. Apabila Anda gemar menekonsumsi air putih maka air putih tersebut akan mengendap di dalam tubuh.

Akan tetapi jika orang tersebut rajin berolaharaga maka air putih yang dikonsumsi akan diubah menjadi keringat atau urin atau bisa juga sejenisnya.

Orang gemuk bisa disebabkan oleh dua hal. Pertama ialah ada kandungan lemak di dalam tubuhnya dan air dalam jumlah banyak. Dalam mengkonsumsi air putih haruslah bijak. Karena di satu sisi ia bermanfaat bagi kesehatan dan di sisi lain bisa berbahaya bagi anggota tubuh.

22. Makanan Penggemuk Badan: Mentega

 Mentega

assets.kidnesia.com

Makanan penggemuk badan selanjutnya adalah mentega. Mentega biasa digunakan ibu-ibu untuk menggoreng berbagai jenis makanan. Selain menambah cita rasa, mentega ternyata bermanfaat dalam mengolah berbagai macam makanan, salah satunya ialah kue.

Mentega merupaka jenis makanan yang memiliki kalori tinggi. Dan bisa dikatakan jumlah kaolri dalam mentega tinggi sekali. Sehingga sangat tepat untuk menggemukkan badan. Misalnya saja roti yang telah ditaburi mentega maka akan menambah kelezatan pada roti.

Berikut jumlah kalori yang terdapat pada mentega. 1 jumput mentega ( 36 kalori ), 1 sendok makan ( 102 kalori ), 1 ons ( 203 kalori ), 100 gram mentega ( 717 kalori ), 1 batang mentega ( 810 kalori ) dan 1 mangkok mentega ( 1628 kalori )

23. Makanan Penggemuk Badan: Pisang

Pisang

berkahkhair.com

Pisang adalah jenis buah yang mempunyai banyak manfaat. Dalam bidang kesehatan pisang bisa mencegah kanker dan serangan jantung. Dengan cita rasanya yang manis membuat orang sangat menyukainya.

Dibalik cita rasa yang manis ternyata dalam 1 ons pisang memiliki 100 kalori. Ini sangat efektif menggemukkan badan. Pisang bisa juga dijadikan sebagai pengganti nasi apabila Anda tidak ingin mengkonsumsi nasi di pagi hari.

Apabila Anda menggunakan pisang untuk menggemukkan badan maka sebaiknya konsumsi sewajarnya saja. Misalnya setelah makan atau sebelum makan. Dan jika bosan mengkonsumsinya secara langsung bisa diolah menjadi olah kue atau goreng pisang.

Jenis buah yang memiliki jumlah kalori yang tinggi selain pisang ialah sangat banyak. Mungkin selama ini kita hanya tahu buah alpukat. Namun sebenarnya tidak hanya alpukat akan tetapi ada buah-buahan lain yang cukup efektif untuk menggemukkan badan.

Diantaranya yaitu Pepaya ( 46 kalori dalam 100 gram buah ), Mangga ( 72 kalori dalam 100 gram buah ), Kurma ( 1 butir kurma memiliki 23 kalori )

24. Makanan Penggemuk Badan: Es Krim

Es Krim

oligolis.fwordpress.com

Tentu Anda sudah kenal dengan makanan satu ini. Rasanya yang manis dan lembut membuat Anda ketagihan makannya. Es krim dengan tekturnya yang lembut bisa menggemukkan badan dikarenakan jumlah kalori yang dimilikinya sangat besar.

Berikut ini adalah jumlah kalori pada es krim yang harus kita ketahui. 1 ons es krim ( 57 kalori ), 1 sendok teh ( 88 kalori ), 1 sendok makan ( 133 kalori ), 100 gram es krim ( 201 kalori ) dan 1 mangkok es krim ( 267 kalori )

25. Makanan Penggemuk Badan: Makanan Cepat Saji

Makanan Cepat Saji

ichef.bbci.co.uk

Makanan cepat saji bisa dikatakan cara menggemukkan badan secara instan dan cepat. Akan tetapi perlu kami tekankan bahwa mengkonsumi makanan cepat saji secara rutin bisa berdampak pada kesehatan. Misalnya saja kolesterol, diabetesa dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, bijaklah Anda mengkonsumsi makanan tersebut. Yaitu dalam seminggu hanya mengkonsumsi sekali untuk satu porsi. Dan ini bisa Anda peroleh di restoran.

Berikut ini adalah daftar makanan cepat saji yang bisa digunakan untuk menggemukkan badan anda : Burger ayam ( 381 kalori ), Pizza keju ( 237 kalori ), Pizza daging ( 265 kalori ), Pizza mix keju dan sayuran ( 242 kalori ), Burger keju ( 600 kalori ), Kentang goreng ( 156 kalori ), Kalori keripik kentang ( 153 kalori ), Donat ( 133 kalori ) dan Chicken nugget ( 48 kalori )

26. Makanan Penggemuk Badan: Mayonaise

Mayonaise

oatmeal.perutgendut.com

Tentu Anda tidak asing lagi dengan makanan ini. Ya, ini adalah mayonise yang banyak dijumpai di pasar. Bahan baku pembuatan mayonise adalah kuning telur. Kuning telur mengandung jumlah kalori yang tinggi. Mayonise ini bisa Anda tambahkan sebagai topping saat membuat olahan kue.

Berikut ini adalah daftar kalori dalam mayonaise yang harus anda ketahui. 1 sdm ( 57 kalori ), 1 ons mayonaise ( 111 kalori ),  100 gram ( 390 kalori ) dan 1 mangkok ( 916 kalori )

27. Makanan Penggemuk Badan: Rendang

Rendang

ammahsukma.com

Olah daging sapi yang memiliki cita rasa yang tinggi dan lezat adalah rendang. Rendang ada makanan olahan yang berasa dari ranah minang. Proses pembuatan rendang cukup lama. Karena harus melalui beberapa proses tahapan.

Dan dengan mengkonsumsi rendang Anda bisa mewujudkan program penggemukan badan. Rendang adalah masakan yang kaya rempah-rempah. Sehingga aman untuk dikonsumsi. Dalam 100 gram rendang terdapat kalori sebesar 370,5. Dan ini merupakan angka yang cukup besar untuk menggemukkan badan.

28. Makanan Penggemuk Badan: Daging Ayam

Daging Ayam

pecintabinatang.com

Daging ayam memiliki kalori yang berbeda-beda, kalori yang ada pada daging ayam bisa anda manfaatkan untuk menggemukkan badan.

Berikut ini adalah jumlah kalori yang ada pada daging ayam yang harus anda ketahui. Kulit ayam ( 156 kalori ), Dada ayam ( 192 kalori ), Sate ayam ( 466 kalori dalam 100 gramnya ) dan Ayam panggang ( ayam panggang memiliki 482 kalori dalam 100 gramnya )

29. Makanan Penggemuk Badan: Ikan Salmon

Ikan Salmon

ammahsukma.com

Sejauh ini ikan salmon merupakan jenis makanan yang memiliki khasiat dalam bidang kesehatan. Karena ikan salmon mengandung omega 3 yang berguna dalam kecerdasan otak. Selain itu ikan salmon juga merupakan makanan yang dapat menggemukkan badan secara alami. Setiap 100 gramnya ada kalori sebanyak 146.

30. Makanan Penggemuk Badan: Jeroan

Jeroan

wartakesehatan.com

Jeroan adalah jenis makanan yang memiliki citarasa yang gurih. Dalam jerona terkandung jumlah kalori yang sangat banyak. Jenis jeroan yang sering dikonsumsi ilah jeroan sapi dan ayam.

Adapun yan sering dimakan oleh rakyat Indonesia ialah hati, ampela, usus dan hal yang sejenis. Setiap jeroan yang Anda konsumsi mengandung 1541 kalori per 100 gramnya.

Sangat tinggi bukan? Akan tetapi perlu kami ingatkan bahwa Anda harus berhati-hati saat mengkonsumsinya sebab jeroan tersebut mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

31. Makanan Penggemuk Badan: Madu

Madu

temancantik.com

Madu adalah cairan kental berwarna kuning keemasan dan memiliki rasa manis. Madu tentu sudah banyak orang yang mengetahui khasiatnya. Mengkonsumsi madu sangat tepat bagi Anda yang sedang melakukan program menggemukkan badan.

Madu yang kami sarankan disini ialah Madu Penggemuk Badan. Kenapa kami sarankan madu ini? Sebab, madu penggemuk badan diracik  dari ramuan herbal dan sudah terbukti. Kandungan yang dimilikinya sangat baik untuk menggemukkan badan secara alami tanpa berdampak pada gangguan kesehatan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply