Serangga Jenis Kumbang

Kumbang (Coleopetra)

Kumbang adalah jenis serangga yang masuk ke dalam ordo Coleoptera. Asal kata coleoptera berasal dari bahasa Yunani yakni coeleos artinya seludung dan pteron artinya sayap. Sehingga dapat disimpulkan serangga yang memiliki seludung pada sayapnya.

Kumbang merupakan spesies serangga yang memiliki jenis terbanyak, ada sekitar 350.000 spesies. Dan bahkan spesies kumbang terus berkembang tahun ke tahun. Apabila ditotalkan dapat diperkirakan spesies yang diuraikan dan tidak diuraikan bisa mencapai 5 dan 8 juta.

Kumbang mempunyai sayap yang cukup keras dan tebal yang berfungsi sebagai penutup sayap belakang dan pelindung bagi tubuhnya. Adapun sayap depan disebut dengan elitron.

Saat terbang hanya sayap belakang saja yang berfungsi. Sedangkan sayap depan tidak berfungsi. Mulut kumbang memiliki tipe penggigit dan pengunyah yang handal. Begitu juga halnya kepala kumbang dapat digerakkan ke depan dan ke belakang secara bebas sehingga bisa berubah menjadi moncong.

Kumbang meiliki mata yang majemuk dan tanpa mata tunggal. Pada bagian perut terdapat 10 ruas dan pada bagian sternum hanya sebagian ruas saja yang terlihat.

Apabila diperhatikan secara seksama, protoraks dan mandibula yang terdapat pada kumbang jantan dapat membesar yang digunakan untuk berkelahi dengan sesama kumbang atau sebagai proteksi diri dari serangga lainnya.

Kumbang dapat hidup di semua habitat, kecuali di wilayah kutub dan laut. Mereka dapat dan mampu bertahan hidup dengan menyesuaikan diri dengan ekositem tempat tinggal.

Mereka dapat mengkonsumsi dari jenis tumbuhan dan jamur. Dan juga ada beberapa dari jenis mereka yang bermanfaat untuk pertanian, misalnya saja kumbang kentang, kumbang kapas.

Baca juga:
6 Jenis Serangga yang Menguntungkan Manusia

Leave a Reply