15 Khasiat Kulit Pisang Untuk Kesehatan dan Kesuburan Tanaman

Khasiat Kulit Pisang – Bisa jadi hanya sedikit orang yang tahu manfaat atau khasiat dari kulit pisang. Bisa jadi mereka mengira bahwa kulit pisang tidak memiliki manfaat dan hanya menganggapnya seperti sampah, dibuang begitu saja.

Akan tetapi setelah melakukan riset mendalam kulit pisang punya manfaat yang luar biasa terutama untuk kecantikan kulit wajah. Diantara buah pisang yang terkenal manfaatnya ada 4 jenis yaitu pisang kepok, pisang raja, pisang ambon dan cavendish.

Sebagaimana yang sudah diketahui secara umum bahwa pisang merupakan buah yang mengandung banyak gizi dan nutrisi. Dimana gizi dan nutrisi ini baik digunakan untuk kecantikan dan kesehatan. Vitamin yang terkandung diantaranya B, B6, C, Magnesium, Zat Besi, Fosfor dan Kalsium.

Ditinjau dari sisi kecantikan wajah kulit pisang dapat dimanfaatkan secara maksimal. Untuk lebih jelasnya bisa kita simak dari penjelasan berikut ini:

Khasiat Kulit Pisang – Mencerahkan Kulit Wajah

Mencerahkan Kulit Wajah

berkahkhair.com

Memiliki wajah yang cantik dan berseri adalah impian semua wanita. Karena pada hakikatnya wanita selalu ingin tampil cantik dihadapan lawan jenis. Untuk mendapatkan hal tersebut tidaklah mudah. Sebab harus melakukan perawatan dahulu.

Perawatan yang ekonomis dengan hasil yang baik bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan kulit pisang. Bahkan bisa Anda peroleh secara gratis. Pemanfaat kulit pisang pada wajah tidak menimbulkan efek samping dan aman untuk digunakan.

Khasiat Kulit Pisang – Mengangkat Sel Kulit Mati

Mengangkat Sel Kulit Mati

berkahkhair.com

Tahukah Anda apa penyebab bintik atau noda hitam di kulit wajah? Bintik atau noda hitam tersebut sel kulit mati yang tidak terangkat dan masih menempel pada sel kulit lama. Tentu kehadiran noda hitam tersebut membuat kenyamanan Anda terganggu.

Kehadiran sel kulit mati menyebabkan wajah terlihat kusam, berminyak dan terlihat kotor. Untuk mengatasi ini Anda tidak perlu khawatir dan tidak perlu membeli produk perawatan wajah yang harganya selangit. Anda cukup memanfaatkan kulit pisang untuk mengatasi hal tersebut.

Caranya cukup mudah yaitu sedikan kulit pisang beberap buah. Lalu tumbuk hingga halus hinnga berbentuk seperti masker. Lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah. Diamkan beberapa menit baru setelah itu bersihkan dengan air. Lakukan hal ini setiap hari jika ingin hasil yang maksimal.

Segera Miliki: Madu Penggemuk Badan Al Mabruroh, Solusi Tepat Menaikkan Berat Badan Secara Alami

Khasiat Kulit Pisang – Mengobati Jerawat

Mengobati Jerawat

berkahkhair.com

Khasiat pisang lainnya adalah mampu mengatasi jerawat yang menempel di wajah. Tentu, jerawat adalah penyakit yang cukup meresahkan bagi sebagian orang. Sebab kehadiran jerawat ini bisa saja mengurangi rasa percaya diri saat tampil di muka umum.

Bagi Anda yang punya masalah ini maka tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli produk kecantikan dan perawatan kulit. Akan tetapi Anda bisa memanfaatkan kulit pisang.

Yaitu dengan cara menggosokkan kulit pisang ke bagian wajah yang terkena jerawat. Gosokkan dengan halus dan lembut. Upayakan jangan sampai menekannya sehingga bisa membuat iritasi pada kulit wajah.

Lakukan hal ini secara rutin maka jerawat akan hilang dengan sendirinya. Dan untuk memperoleh hasil yang maksimal maka bisa Anda oleskan kulit pisang pada malam hari sebelum tidur.

Khasiat Kulit Pisang – Mengatasi Iritasi dan Gatal-Gatal

Mengatasi Iritasi dan Gatal-Gatal

berkahkhair.com

Iritasi kulit, alergi, gatal-gatal atau masalah kulit lainnya bisa kita atasi hanya menggunakan kulit pisang. Caranya yaitu tempelkan kulit pisang bagian dalam ke kulit yang bermasalah dan diamkan selama semalam, kandung yang terdapat pada kulit pisang akan menyingkirkan rasa gatak iritasi dan lainnya.

Khasiat Kulit Pisang – Mengobati Kutil

Mengobati Kutil

meetdoctor.com

Khasiat kulit pisang yang kelima ialah mempu mengobati kutil di kulit. Yakni dengan cara menggosokkan kulit pisang pada bagian kutil secara lembut dan halus. Pastikan jangan menggosoknya dengan kasar sehingga bisa menyebabkan iritasi.

Anda bisa lakukan hali ini setiap hari. Dan bisa Anda lihat efeknya setelah 7-10 hari kemudian. Atau bisa juga Anda tempelkan kulit pisang di bagian kutil selama semalam.

Khasiat Kulit Pisang – Menghaluskan Kulit Wajah

Menghaluskan Kulit Wajah

berkahkhair.com

Khusus untuk para wanita, Anda saya kira tidak perlu lagi mengeluarkan duit yang banyak untuk perawatan wajah. Karena Anda cukup menggunakan kulit pisang untuk mencerahkan dan menghaluskan wajah.

Caranya sangat mudah yaitu dengan melembutkan kulit pisang hingga halus dan tampak lembut. Bahan tersebut bisa Anda oleskan ke bagain wajah secara merata. Untuk hasil yang maksimal bisa tambahkan madu asli ke bahan.

Anda bisa terapkan hal ini setiap pagi dan sebelum tidur hari secara rutin. Dalam beberapa minggu kulit wajah Anda insyaAllah tampil berseri dan halus.

Khasiat Kulit Pisang – Mengencangkan Kulit Wajah

Mengencangkan Kulit Wajah

berkahkhair.com

Kalau di atas tadi khasiat kulit pisang untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah, maka kali ini kulit pisang bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah yang tampak mengendur.

Kulit wajah yang kendur atau berkerut merupakan momok yang ditakutkan oleh sebagian wanita. Karena wanita ingin memiliki kulit yang cantik dan indah serta terlihat awet muda. Untuk memperoleh hal demikian ternyata Anda bisa memanfaatkan kulit pisang.

Kulit pisang dipercaya dapat mengencangkan dan mencegah penuaan pada kulit. Anda bisa mengolah kulit pisang tersebut dengan cara menumbuhnya hingga halus lalu kemudian oleskan ke permukaan wajah dengan lembut.

Khasiat Kulit Pisang – Menghilangkan Bekas Luka

Menghilangkan Bekas Luka

berkahkhair.com

Bercak hitam atau noda hitam bekas luka tentu sangat menggangu penampilan, baik itu pria maupun wanita. Terlebih lagi jika itu adalah perempuan. Sebab mereka lebih mengutamakan penampilan.

Untuk mengatasi hal ini Anda tidak perlu khawatir. Sebab apabila ada kulit pisang di rumah atau tetangga maka bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka tersebut. Yakni bisa dihaluskan, digosokkan ke bagian luka dan atau cukup ditempelkan saja tergantung kondisi.

Khasiat Kulit Pisang – Menyemir Sepatu Dan Benda-Benda Berbahan Kulit

Menyemir Sepatu Dan Benda-Benda Berbahan Kulit

id-live-03.slatic.net/

Untuk pakaian berbahan katun, getah kulit pisang memang bisa menyebabkan noda hitam yang sulit dibersihkan. Namun kulit pisang memiliki khasiat bagi benda-benda berbahan kulit. Gosokkan bagian dalam kulit pisang pada sepatu kulit Anda.

Kemudian bersihkan dengan lap halus. Anda akan mendapatkan sepatu kulit yang mengilap layaknya baru disemir. Bisa pula diaplikasikan pada benda-benda berbahan kulit lainnya seperti jaket, sofa, dan tas.

Khasiat Kulit Pisang – Melunakkan Ayam Panggang

Melunakkan Ayam Panggang

kuliner123.com

Mungkin manfaat yang ke-10 ini belum diketahui banyak orang. Yaitu kulit pisang bisa dimanfaat untuk melunnakkan ayam panggang. Jadi pada saat Anda memanggang ayam, bisa Anda lapisi bagian atas dan bawah ayam panggang dengan kulit pisang.

Cara ini ternyata dapat membuat tulang dan daging ayam terlepas. Sehingga akan membuat rasa ayam menjadi gurih, lembut, lembab dan lumer di lidah.

Khasiat Kulit Pisang – Menyuburkan Tanaman

Menyuburkan Tanaman

berkahkhair.com

Khusus bagi Anda yang hobi makan pisang. Maka kami sarankan jangan membuang kulitnya begitu saja ke tong sampah. Sebab kulit tersebut selain dijadikan masker wajah, Anda bisa manfaatkan kulit tersebut untuk menyuburkan tanah.

Sebab kulit pisang berdasarkan penelitian mengandung magnesium dan kalsium yang tinggi. Anda cukup meletakkan kulit pisang di atas permukaan tanah pot atau tanaman di sekitar Anda. Terlebih lagi kulit pisang tersebut diletakkan pada tanaman pohon tomat.

Khasiat Kulit Pisang – Membersihkan Perabotan Berbahan Perak

Membersihkan Perabotan Berbahan Perak

propertidata.com

Campur kulit pisang dengan air, lalu blender. Racikan ini sangat berguna untuk membersihkan perabot berbahan perak dan membuatnya mengilap.

Khasiat Kulit Pisang – Meningkatkan Kualitas Pupuk Kompos

Meningkatkan Kualitas Pupuk Kompos

berkahkhair.com

Berbagai kandungan vitamin dan mineral dalam kulit pisang akan meningkatkan kualitas pupuk kompos sehingga menyuburkan tanah dan tanaman.

Khasiat Kulit Pisang – Memutihkan Gigi

Memutihkan Gigi

berkahkhair.com

Gosokkan kulit pisang selama dua menit sebelum menggosok gigi. Kulit pisang membantu membersihkan dan memutihkan gigi Anda. Lakukan selama dua minggu berturut-turut atau lebih untuk melihat hasilnya.

Demikianlah khasiat kulit pisang untuk kecantikan wajah, kesehatan dan perabotan rumah. Anda bisa mempraktekan tips diatas karena tips diatas sudah terbukti. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One Response

  1. pokoknya Kam, 26 Januari 2017

Leave a Reply