Dampak dan Cara Terbaik Penanggulangan Hujan Asam

Hujan AsamHujan merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi di permukaan bumi. Hujan memiliki segudang manfaat diantaranya adalah sebagai penyubur tanaman. Artikel ini memuat penjelasan secara sistematis tentang hujan asam dimulai dari pengertian, proses, dampak dan pencegahan hujan asam.

A. Pengertian Hujan Asam

Pengertian dari Hujan Asam

beritadaerah.co.id

Hujan asam adalah hujan yang turun ke permukaan bumi dengan kadar keasaman (pH) yang rendah yakni dibawah 5,6. Memang secara alami hujan yang turun ke permukaan bumi bersifat asam yaitu pH sedikit dibawah 6.

Hal ini dikarenakan teurainya karbondioksida di udara bersamaan dengan tetesan air hujan sehingga membentuk asam lemah. Namun jenis asam yang menetes ke permukaan bumi ini sangat bermanfaat.

Karena dapat melarutkan mineral dalam tanah yang sangat  dibutuhkan oleh makhluk hidup yakni tumbuhan dan hewan.

Hujan asam yang turun ke permukaan bumi bisa disebabkan oleh 2 hal. Yakni hujan asam yang turun dalam bentuk hujan, salju ataupun kabut disebut deposisi basah.

Deposisi basah ini terjadi jauh dari sumber pencemar. Kemudian hujan asam yang turun dalam bentuk gas, debu dan partikel padat disebut deposisi kering. Ini umumnya terjadi di dekat pencemar.

Ilmuwan menyebutkan bahwa terjadinya hujan asam disebabkan oleh belerang atau sulfur yang dihasilkan dari berbagai macam bahan bakar fosil. Dan unsur nitrogen yang berada di udara.

Kedua unsur ini bereaksi sehingga membentuk suatu senyawa berbahaya yaitu sulfur dioksidan dan nitrogen dioksida.

Apabila awan meneteskan air ke permukaan bumi maka membentuk lagi suatu senyawa baru yaitu asam sulfat (H2SO4) dan asam nitra (H2NO4) yang sangat mudah larut bersamaan dengan air hujan.

Kadar keasaam senyawa diatas inilah yang apabila jatuh ke permukaan bumi melalui tetesa air hujan maka bisa membahayakan kehidupan makhluk di bumi. Contohnya ikan yang berada di sungai atau laut dan tanaman.

Fenomena hujan asam ini merupakan suatu hal yang sangat mengkhawatirkan bagi umat manusia. Tidak hanya manusia tetapi juga makhluk yang hidup di bumi.

Dampak dari hujan asam sangat luas diantaranya bisa merusak sarana prasarana serta infrastruktur bahkan tatanan geografis di muka bumi.

Baca juga tentang:
Fakta Ilmiah Proses Terjadinya Pelangi
Penjelasan Lengkap Pengertian, Manfaat dan Lapisan Atmosfer
Fakta Mengejutkan Mengeringnya Danau Tiberias Sebagai Tanda Kemunculan Dajjal Semakin Dekat

B. Sejarah Hujan Asam

Sejarah dari Hujan Asam

berkahkhair.com

Istilah hujan asam pertama kali dipelopori oleh seorang berkebangsaan Inggris yakni Robert Angus Smith. Dia amati pertama kali di kota Manchester, Inggris.Dimana kota ini merupakan kota yang sangat penting dalam revolusi industri.

Robert menemukan adanya hubungan antara hujan asam dengan polusi udara. Sehingga pada tahun 1852, ia mempopulerkan istilah hujan asam. Dengan pengamatan yang dilakukannya, ia menyimpulkan bahwa hujan asam sangat berbahaya.

Meskipun hujan asam pada tahun 1852 telah menimbulkan bahaya yang cukup besar. Akan tetapi belum banyak para ilmuwan antusias menelitinya. Barulah pada tahun 1970 ilmuwan mengadakan penelitian mengenai fenomena berbahaya ini.

Hal ini dilatar belakangi oleh kesadaran masyarakat terhadap hujan asam  yang terjadi di Amerika Serikat. Lalu pada tahun 1990 majalah New York Times merilis laporan tentang banyaknya kerusakan yang ditimbulkan oleh hujan asam.

C. Proses Terjadinya Hujan Asam

Proses Terbentuknya Hujan Asam

slidesharecdn.com

Proses terjadinya hujan asam yakni dimulai dari gas sulfur dioksida yang dihasilkan dari gumpalan asap pabrik dan gumpalan gas nitrogen dioksida dari banyaknya kendaraan bermotor.

Kedua gumpalan gas ini berkumpul menjadi satu dan bereaksi dengan partikel-partikel air yang ada di udara. Hasil dari reaksi ini akan menghasilkan gas beracun yang dikenal dengan asam sulfat, asam nitrat dan asam nitrit.

Ketiga jenis asam ini akan berkondensasi membentuk gumpalan awan yang apabila terkena angin maka akan mengeluarkan hujan asam. Secara eksplisit proses mengenai turunnya hujan asam dapat terjadi sebagai berikut:

Pertama: Awal mulainya hujan asam terjadi sejak revolusi industri yang berpusat di Inggris.

Kedua: Adapun penggunaan cerobong asap yang cukup tinggi di setiap pabrik bertujuan untuk mengurangi terjadinya polusi udara. Akan tetapi juga berkontribusi dalam penyebaran hujan asam.

Ketiga: Di daerah pegunungan merupakan tempat yang paling sering terjadi hujan asam. Karena hujan asam hanya akan turun dari lokasi yang jauh dari sumbernya. Ditambah lagi di daerah pegunungan selalu mengalami curah hujan yang tinggi.

Keempat: Dengan banyaknya ikan yang mati di danau menandakan bahwa pengaruh hujan asam sangat tinggi. Tidak hanya itu lapisan daun pada lilin jug amudah rusak.

Kelima: Banyaknya tanaman padi yang mengering, muculnya serangan jamur hingga serangga membuktikan tanaman yang terkena hujan asam sangat rentan terhadap dingin.

Keenam: Pertumbuhan dan perkembangan akar menjadi lambat, timbulnya sakit perut, diare dan penyakit mudah lupa (Alzheimer) merupakan tanda makhluk hidup tersebut terkena hujana sam.

Proses terbentuknya hujan asam secara proses kimiawi:

S(s) + O2 (g) →SO2(g)

2SO2(g) + O2(g) →2SO3(g)

SO3(g) + H 2O(l) → H 2SO4(aq)

D. Penyebab Hujan Asam

Sebab Turun Hujan Asam

sinaranugrahputih.com

Dari proses terjadunya hujan asam diatas maka dapat disimpulkan bahwa hujan asam disebabkan oleh dua hal yakni karena ulah tangan manusia dan aktivitas alam.

Hujan asam karena ulah tangan manusia dapat dirinci sebagai berikut:

  • Penggunaan bahan fosil semisal batu bara dan minyak bumi yang sangat berlebihan.
  • Gumpalan asap dari berbagai insdustri dan pakbrik.
  • Kumpulan asap yang dihasilkan dari berbagai jenis kendaraan bermotor.
  • Dan asap yang dihasilkan dari jenis pembangkit listrik yang menggunakan batu bara.

Hujan asam yang disebabkan karena aktivitas alam dapat dirinci sebagai berikut:

  • Meletusnya gunung berapi yang mengeluarkan debu vulkanik dan sejenisnya.
  • Serta proses biologis yang ditimbulkan dari tanah, lau maupun danau.

Sudah dijelaskan diatas bahwa ada dua senyawa penyebab hujan asam yaitu sulfur dioksida dan nitrogen dioksida. Penjelasan dari kedua senyawa ini bisa dijabarkan sebagai berikut:

1. Sulfur dioksida

Sulfur dioksida adalah gas yang tidak berwarna yang dihasilkan dari pembakaran sulfur. Pembakaran ini bisa meliputi:

  • Proses industri yang biasanya menghasilkan minyak mentah, pabrik kelapa sawit, industri logam (baja, besi, aluminium)
  • Bencana alam seperti gunung meletus akan menghasilkan sulfur dioksida apabila berekasi dengan atmosfer.
  • Namun secara garis besar penyebab paling utama munculnya gas sulfur dioksida adalah dari pembakaran industri dan kedua kendaraan.

2. Nitrrogen dioksida

Komponen terpenting dalam pembentukan hujan asam adalah nitrogen dioksida. Jadi gabungan nitrogen dengan oksigen akan menghasilkan gas yang disebut nitrogen dioksida.

Nitrogen dioksida inilah yang sangat berbahaya bagi lingkungan, yang dihasilkan dari:

  • Proses pembakaran dengan suhu yang sangat tinggi, misalnta industri pupuk kimia, obat-obat dan lain-lain.
  • Sebesar 5% nitrogen dioksida dihasilkan dari petir, letusan gunung berapi, kebakaran hutan dan bakteri tanah. Akan tetapi sebesar 32% sumbasih terbesar dari industri dan sisanya dari kendaraan.

E. Dampak Hujan Asam

Dampak dari Hujan Asam

lelingkungan.fwordpress.com

Sebagaimana telah dijelaskan diawal bahwa fenomena alam seperti hujan asam ini merupakan suatu hal yang sangat mengkhawatirkan bagi kelangsungan hidup di muka bumi.

Oleh karena itu, hal ini akan berdampak luas bagi tatanan kehidupan manusia, hewan dam tumbuhan. Yang mana diketahui secara bersama bahwa hujan asam senditi memiliki sifat yang hampir sama seperti larutan asam.

Nah, kita tahu bahwa hujan asam merupakan jenis lauran asam kuat. Yang apabila terkena kulit secara berlebihan akan menyebabkan iritasi bahkan hingga kanker kulit.

8 Dampak yang bisa ditimbulkan diantaranya adalah:

  • Kadar nutrisi tanah yang bertujuan untuk menyuburkan tanaman akan menurun karena mengandung asam yang berlebih.
  • Akan menurunnya produktifitas ikan di laut, danau maupun sungai yang disebabkan oleh hilangnya sumber utama makanan bagi ikan yakni plankton. Sebab air dan plankton tidak akan bisa hidup di dalam air yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi.
  • Bagi tumbuhan akan terganggunya proses fotosintesis sehingga banyak pertumbuhan tanaman terhambat dan bahkan
  • Bagi hewan darat akan banyak yang terkena kanker dan bahkan mati. Sebab hewan darat sumber utama minumannya ada di danau atau sungai. Apabila hal ini tercemar akan merusak pertumbuhan hewan.
  • Apabila air sudah terkontaminasi dengan larutan asam maka akan menyebankan sejumlah penyakit seperti halnya iritasi pada kulit dan kanker.
  • Hujan asam juga berdampak pada mengikisnya benda-benda logam semisal besi. Hal inilah yang nantinya membuat besi menjadi karatan bahkan roboh.
  • Apabila tumbuhan terkena hujan asam yang terlalu tinggi akan menyebabkan tanaman menjadi layu yang pada akhirnya mati.
  • Ikan maupun hewan laut atau danau maupun sungai tidak akan bisa bertahan hidup lebih lama apabila airnya sudah terkontaminasi hujan asam.
  • Berdampak pada rusaknya berbagai insfrastruktur baik itu bangunan maupun lingkungan sekitar.

Dari dampak yang telah dijabarkan diatas pada dasarnya hujan asam tidak hanya meningkat berdasarkan jumlah penduduk dan industri akan tetapi telah berkembang lebih luas.

Misalnya saja penggunaan cerobong asap yang tinggi mampu mengurangi polusi lokal yang telah berkontribusi dalam penyebaran hujan asam.

Ini disebabkan emisi gas buang yang dikeluarkannya akan masuk ke sirkulasi regional yang memiliki jangkauan lebih luas.

Hujan asam umumnya turun di daerah pegunungan yang memiliki curah hujan yang tinggi. Begitu juga halnya di daerah sungai, danau maupun samudra.

Banyak ditemukan berkurangnya populasi ikan di danau disebabkan tingginya tungkat keasaman air yang mencapai 4,5, sehingga tidak memungkinkan bagi ikan untuk hidup.

Beda halnya kalau pH air 6 atau lebih tinggi yang bisa membantu pertumbuhan ikan . Jadi kadar asam di dalam air akan menghambat produksi enzim dari larva ikan untuk keluar dari telurnya.

Contohnya saja pencemaran unsur aluminium yang berlebihan akan menyebabkna beberapa ikan mengeluarkan lender sehingga sangat sulit untuk bernapas. Begitu juga pertumbuhan fitoplankton yang menjadi sumber makanan untuk ikan akan terhambat karena tingginya kadar pH.

Tidak hanya itu ion beracun akibat dari hujan asam akan menjadi ancaman yang serius bagi manusia. Pencemaran limbah tembaga di air akan menyebabkan diare pada anak dan limbah aluminium menyebabkan penyakit Alzheimer.

1. Dampak Hujan Asam Terhadap Lingkungan

Hujan Asam Terhadap Lingkungan

ichef.bbci.co.uk

a. Tingkat Kesuburan Tanah Semakin Menurun

Apabila di suatu wilayah mengalami hujan asam secara terus menerus akan mengakibatkan tanah di area dan sekitarnya mengalami penurunan kesuburan.

Tanah tersebut akan miskin mineral, nutrisi dan unsur hara yang dibutuhkan oleh tumbuh-tumbuhan. Selain daripada itu juga akan membunuh mikroba pengurai bahan organik yang berfungsi untuk mempercepat pembusukan sampah.

b. Mengganggu dan Merusak Pertumbuhan serta Pertumbuhan Tanaman

Hujan asam yang berlebih ternyata dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan tumbuh-tumbuhan. Hal ini dibuktikan dengan mengecilnya batang dan sedikitnya jumlah buah yang dihasilkan.

Dan kadar fotosintesis yang masuk ke dalam tumbuhan semakin sedikit sehingga bisa mengakibatkan jaringan tanaman membusuk bahkan mati.

c. Sumber Air Menjadi Tercemar

Sumber air semisal danau, samudra, laut bahkan sungai akan menjadi tercemar dan biota  laut di dalamnya akan sulit bernafas dan bahkan mati.

2. Dampak Hujan Asam Terhadap Kesehatan

Hujan Asam Terhadap Kesehatan

survival-mastery.com

Pada dasarnya efek dari hujan asam terhadap kesehatan tidak ada. Karena senyawa asam tersebut akan hilang apabila diguyur hujan.

Namun beda halnya partikel yang dihasilkan hujan asam yakni sulfur dioksida dan nitrogen dioksida yang sangat berdampak negatif terhadap kesehatan.

Sebagimana senyawa tersebut dihasilkan oleh asap pabrik, kendaraan dan letusan gunung berapi. Dari ketigas sumber ini maka akan berdampak bagi kesehatan.

Diantaranya iritasi tenggorokan, batuk, asma, meningkatkan resiko serangan jantung, kanker bahkan bisa meninggal.

F. Penanggulangan Hujan Asam

Pencegahan Hujan Asam

kyoto-3rbiz.org

Ada setidaknya 5 upaya untuk menaggulangi terjadinya hujan asam diantaranya adalah:

  • Gunakanlah bahan bakar yang memiliki kandungan belerang yang rendah. Karena perlu diketahui penggunaan belerang untuk setiap bahan bakar kadarnya berbeda-beda. Oleh karena itu untuk mencegah penggunaan bahan bakar belerang berlebihan maka bisa digunakan bahan bakar lain seperti etanol, hydrogen dan methanol.
  • Apabila terjadi pembakaran maka dapat dicegah dengan mengurangi emisi gas SO2 dan Nox dengan menggunakan salah satu teknologi yang biasa dinamakan lime injection in multiple burners.
  • Dapat mengendalikan pencemaran apabila terjadi pembakaran. Yakni bisa menggunakan bahan alami yang berasal dari pembakaran itu sendiri. Bisa menggunakan teknologi fle gas desulfurization (FGD) atau zat pengikat ammonia dan limbah yang bermanfaat untuk pupuk.
  • Bisa menerapkan 3R yaitu Reuse, Recycle dan Reduce. Hal ini merupakan cukup efektif untuk mengurangi sampah dan limbah.
  • Kurangi penggunaan sulfur sebelum membakar. Yaitu dengan menggunakan teknologi tertentu.
  • Kurangi penggunaan sulfur sebelum membakar. Yaitu dengan menggunakan teknologi tertentu.
  • Pakailah bahan bakar dengan bijak yakni jangan terlalu berlebihan. Intinya jangan terlalu banyak menggunakan bahan bakar fosil.
  • Gunakan kendaraan umum untuk bepergian.
  • Jangan menebang pohon secara berlebihan ataupun sembarangan dan tanamlah dengan sistem reboisasi.
  • Dan pastikan gunakan peralatan yang ramah lingkungan.

Tips terbaik untuk menghindari dampak hujan asam ada dua yakni:

  • Tidak hujan-hujanan yakni sesegera mungkin menggunakan mantel di saat turun hujan. Karena hal ini jika dibiarkan akan menimbulkan pusing di kepala hingga masuk angin. Apabila badan sudah terlanjur terkena air hujan segeralah mandi dan keramas hingga bersih.
  • Gunakan masker saat mengendarai sepeda motor. Polusi udara yang dihasilkan dari berbagai jenis kendaraan akan menyebabkan kerusakan pada organ pernapasan yaitu terganggunya organ paru-paru.

G. Pertanyaan Seputar Hujan Asam

1. Apa penyebab dan bagaimana dampak hujan asam bagi manusia?

Jawab: Penyebab hujan asam adalah pencemaran lingkungan baik itu dari limbah industri maupun kendaraan dan letusan gunung berapi. Dampak hujan asam yakni bisa merusak tumbuhan, mematikan hewan dan bisa menyebabkan berbagai penyakit kulit.

2. Jelaskan fenomena hujan asam!

Hujan asam bermula dari bercampurnya polutan sulfur dioksida dengan nitrogen oksida dengan butiran air di atmosfer tepatnya di lapisan troposfer saat fenomena cuaca terjadi.

Fenomena ini dikenal sebagai siklus hidrologi. Jadi semua unsur ini merupakan hasil sampingan dari proses pembakaran bensin kendaraan, pabrik maupun industri.

Senyawa gas tersebut akan berkumpul di udara dan berjalan sejauh ribuan kilometer di atmosfer. Jadi saat senyawa tersebut bercampur dengan uap air maka akan membentuk senyawa baru yaitu asam asam sulphuric dan nitrit.

Jadi saat hujan tinggi maka kabut akan membawa partikel dan terjadilah hujan asam.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply