50 Daftar Hewan Terkecil di Dunia Lengkap Dengan Gambarnya

Hewan Terkecil di Dunia – Ada banyak sekali fauna yang hidup di dunia ini. Baik dari hewan dengan ukuran yang terkecil sampai dengan ukuran terbesar. Kita ambil contoh hewan terkecil yaitu protozoa. Dan hewan terbesar adalah gajah.

Hewan dengan ukuran terkecil tentu akan terlihat imut, lucu, menggemaskan dan pastinya menggelikkan. Keberadaan hewan terkecil di dunia ini sangatlah langka bahka hampir punah.

Namun para ilmuwan zoologi berhasil menemukan mereka dan melindunginya dari kepunahan. Mau taukah Anda jenis jewan apa sajakah itu?

Berikut daftar hewan terkecil di dunia yang berhasil ditemukan.

1. Hewan Terkecil: Brookesia Micra

Hewan Terkecil Brookesia Micra

planet-ocean.at

Brookesia Micra adalah seekor chameleon atau bunglon paling kecil di dunia. Hewan vertebrta (bertulang belakang) ini hanya memiliki panjang kira-kira 0,3 cm.

Dan juga hewan berkaki empat ini haya bisa ditemukan di Madagascar sebagai tempat atau habitat aslinya.

Tentu dengan ukuran yang sangat kecil ini sangat sulit ditemukan atau dicari. Dan apabila ingin mencarinya lebih baik dilakukan pada tengah malam saat ia sedang tidur di cabang atau dahan pohon.

2. Hewan Terkecil: Ikan Kecil Sumatera

Hewan Terkecil Ikan Kecil Sumatera

photoshelter.com

Ikan Kecil Sumatera merupakan hewan air yang hampir tak terlihat disebabkan ukurannya yang sangat kecil. Ukuran ikan kecil sumatera ini bahkan tidak mencapi 1 cm yakni hanya sekitar 0,7 cm.

Tubuh hewan air ini sangat rapuh oleh karenanya hewan ini dijadikan sebagai salah satu jenis ikan yang terancam punah. Kepunahan ikan kecil ini disebabkan habitat tempat dia hidup yakni berupa rawa gambut mulai menipis.

Hal ini dikarenakan lahannya banyak digunakan oleh perusahaan yang bergerak dibidang agro seperti kelapa sawit, karet dan jati.

3. Hewan Terkecil: Sphaerodactylus Ariasae

Hewan Terkecil Sphaerodactylus Ariasae

berkahkhair.com

Sphaerodactylus Ariasae adalah jenis reptil terkecil selain ular yang ada dan berhasil ditemukan di salah satu belahan dunia. Jenis reptil atau tokek ini memiliki ukuran panjang 1,6 cm.

Sphaerodactylus Ariasae hanya dapat ditemukan di Republik Dominika, daerah lepas pantai Pulau Karibia. Ukurannya yang sangat kecil menjadikan hewan ini sering jadi buruan atau makanan bagi predator besar semisal, ular.

4. Hewan Terkecil: Hippocampus Denise

Hewan Terkecil Hippocampus Denise

fishesofaustralia.net.au

Hippocampus Denise adalah jenis kuda laut yang terkecil di dunia. Ukuran kuda laut ini hanya 1,6 cm. Uniknya kuda laut ini hanya bisa ditemukan dengan cara menyelam pada kedalaman lebih kurang 90 meter di bawah lau di Samudera Pasifik.

Kuda laut jenis Hippocampus Denise ini sangat langka sehingga keberadaanya sangat dilindungi. Bahkan sanking langkanya hewan laut kecil ini dihargai sangat mahal apabila berhasil menemukannya.

Untuk dapat menemukannya maka dapat dicari diantara karang-karang atau bebatuan. Sebab warna dari hewan laut kecil ini sangat mirip dengan warna bebatuan laut dan warna karang itu sendiri.

5. Hewan Terkecil: Pygmy Marmoset (Si Monyet Kecil)

Hewan Terkecil Pygmy Marmoset (Si Monyet Kecil)

ibtimes.co.uk

Pygmy Marmoset adalah salah satu jenis monyet yang paling kecil dunia. Dengan ukuran 15-16 cm mulai dari ekor hingga kepala. Monyet jenis ini bisa ditemukan di Negara Ekuador sebagai tempat habitat aslinya.

Sekilas tampak seperti boneka yang imut dan menggemaskan bagi yang belum pernah melihat hewan ini. Dengan tubuhnya yang mungil, monyet ini hidup dengan cara berkelompok di dalam hutan.

Untuk dapat bertahan hidup hewan ini akan melindungi tubuhnya dengan cara berlindung dari balik pohon saat terjadi hujan dan angin yang kencang. Makanan utama Si Monyet Kecil adalah getah dari pohon dan buah-buahan.

Masa hidup Pygmy Marmoset ialah 11-12 tahun di hutan atau alam liar. Namun jika diletakkan di kebun binatang, mereka bisa hidup sampai 20 tahun.

6. Hewan Terkecil: Kitii Hog-Nosed (Bumblebee Bat, Si Kelelawar Kecil)

Hewan Terkecil Kitii Hog-Nosed (Bumblebee Bat, Si Kelelawar Kecil)

animalpicturesociety.com

Kitii Hog-Nosed adalah jenis kelelawar yang keberadaanya hampir punah. Hewan yang hidup di malam hari ini adalah jenis kelelawar yang hanya memiliki ukuran tubuh 5-6 cm sdengan berat seperti pecahan uang logam 100.

Bumblebee Bat, Si Kelelawar Kecil banyak ditemukan di negara Thailand dan menjadi salah satu jenis kelewawar yang hampir punah. Banyak mengira hewan ini adalah sebagai miniatur hewan namun jika dilihat lebih jelas hewan ini sangat imut dan lucu.

Sebagaimana kelelawar pada umumnya, Kitii Hog-Nosed hidup di dalam goa dengan rata-rata pergoa dihuni 100 individu. Tetapi bisa juga mencapai 500 ekor tergantung dari besar dan lebar goa.

Baca juga:
20 Gambar Hewan yang Imut dan Lucu

7. Hewan Terkecil: Pygmy Jerboa (Si Tikus Imut)

Hewan Terkecil Desert Jerboa

nationalgeographic.com

Salah satu jenis hewan imut dan terkecil di dunia selanjutnya adalah Pygmy Jerboa atau Si Tikus Imut. Pygmy Jerboa adalah tikus yang sudah dikenal orang.

Hewan pengerat imut ini akan membuat orang takjub dengan keindahan dan kelembutan serta kehalusan bulu yang dimilikinya. Ditambah lagi jika kita ikut memeluknya.

Ukurannya yang kecil menjadikan hewan jenis ini mampu berlari dengan kecepatan 15 mil per jamnya bahkan bisa lebih jika sedang diburu.

Kaki bagian belakang dari tikus imut ini lebih panjang dibandingkan dengan kaki bagian depan. Oleh karena itu tikus ini menggunakan ekornya untuk menjaga keseimbangan. Seperti layaknya seekor kangguru.

8. Hewan Terkecil: Leptotyphlops Carlae (Si Ular Mungil)

Hewan Terkecil Leptotyphlops Carlae (Si Ular Mungil)

berkahkhair.com

Leptotyphlops Carlae adalah jenis ular yang paling kecil di dunia yang berhasil ditemukan. Mungkin saat pertama kali melihat, kita mengira ini merupakan jenis cacing. Tapi jika ditelaah lebih lanjut, spesies reptile ini merupakan salah satu jenis ular.

Ukuran ular ini sangat kecil hanya memiliki panjnag 10 cm saja. Dan untuk anak dari jenis ular ini hanya memiliki panjang dari setengah ular dewasa.

Leptotyphlops Carlae hanya mampu bertelur satu butir untuk sekali periode reproduksi. Sehingga banyak ilmuwan zoology menyebutkan hewan ini sangat terancam bahkan hampir punah.

9. Hewan Terkecil: Thumbelina Kuda

Hewan Terkecil Thumbelina Kuda

berkahkhair.com

Thumbelina Kuda adalah jenis kuda yang terkcil di dunia dengan tinggi 0,43 m dan beart 26 kilogram. Jenis kuda ini lahir pada tahun 2001 dengan ciri-ciri, 2 pasang kaki pendek dan memiliki rupa yang imut.

Dengan ukurannya yang unik dan aneh ini menjadikan Thumbelina memiliki fans club di berbagai penjuru dunia.

Kay dan Paul Goesling yang merupakan peternak kuda mini menuturkan, Thumbelina menderita penyakit syndrome dwarfisme sehingga membuat pertumbuhannya abnormal dibandingkan kuda jenis lain.

Bahkan saat menjadi bayi, ukuran tubuh Thumbelina tidak lebih besar dari bayi manusia yang baru lahir dan ketika dewasa ukuran tubuhnya tidak lebih dari ukuran anjing.

Dengan tubuhnya yang mungil dan imut, Thumbelina meraih popularitas di dunia maya. Bahkan banyak orang yang menyempatkan foto bersama saat berkunjung ke peterkannnya.

10. Hewan Terkecil: Boo Boo Dog

Hewan Terkecil Boo Boo Dog

berkahkhair.com

Boo Boo Dog adalah nama dari jenis anjing yang memiliki ukuran tubuh 10 cm atau 4 inci. Walaupun disebut-sebut bukan sebagai anjingg terkecil di dunia, namun di dunai maya anjing ini memberikan keunikan terendiri.

Anjing yang masuk ke dalam family Chihuahua ini memiliki hal yang unik yaitu hanya memakan ayam kalkun dan kacang polong. Selain dari itu jangan harap anjing ini mau mekanannya.

Banyak orang yang menyempatkan foto bersama dengan anjing mungil ini. Bahkan tidak sedikit orang yang ingin memilikinya. Sehingga jangan heran, apabila anjing ini dihargai sangat mahal di pasaran.

11. Hewan Terkecil: Ikan Paedocypris Progenetica

Hewan Terkecil Ikan Paedocypris Progenetica

wetwebmedia.com

Ikan Paedocypris adalah jenis ikan yang terkecil yang hanya hidup di kawasan Asia Tenggara. Ukuran jenis ikan ini hanya sepanjang 1/3 inci. Hal yang unik dari Ikan Paedocypris adalah kemampuannya yang dapat bertahan di air dengan kadar keasaman yang sangat tinggi.

Ikan Paedocypris tercatat dalam buku record dunia sebagai ikan terkecil dunia dari filum Chordata. Ikan ini biasanya hidup di rawa-rawa dan anak sungai. Namun sayangnya keberadaan ikan ini mulai punah seiring bertambahnya lahan yang digarap menjadi perumahan.

Bagi katak dan hewan sejenisnya, Ikan Paedocypris merupakan makanan yang empuk saat di mangsa. Untuk bisa bertahan hidup, ikan ini biasanya hidup secara berkoloni.

12. Hewan Terkecil: Laba-laba Patu Digua

Hewan Terkecil Laba-laba Patu Digua

satujam.com

Laba-laba Patu Digua adalah jenis laba-laba terkecil di dunia. Yakni hanya berukuran 0,037 cm – 0,059 cm. Hal yang unik dari laba-laba ini adalah cuma bisa ditemukan di negara Kolumbia.

Di negara asalnya hewan ini sangat sulit ditemukan, karena dengan ukurannya yang mungil. Hewan ini sering sebagai santapan yang empuk bagi reptile seperti cecak ataupun tokek.

Karena keberadaan yang semakin langka ini menjadikan laba-laba patu digua hanya tinggal menunggu waktu untuk mengalami kepunahan.

13. Hewan Terkecil: Royal Antelop

Hewan Terkecil Royal Antelop

insureandgo.com

Royal Antelop adalah mamalia terkecil di dunia dari keluarga Bovidae. Hewan ini pertama kali dipopulerkan oleh seorang warga negara Swedia yaitu Carl Linnaeus pada tahun 1758.

Royal Antelop memiliki tinggi tidak lebih dari 25 cm dengan berat badan mulai dari 2,5 kg – 3 kg. Ciri-ciri dari mamalia ini adalah mempunyai kaki yang panjang sekaligus ramping.

Antelop memiliki tanduk pendek namun runcing dan halus dan sedikit menekuk ke belakang, akan tapi hanya dimiliki oleh antelop jantan.

Antelop juga mempunyai bulu yang halus berwarna kemerahan sampai coklat keemasan. Hal yang unik dari hewan ini adalah bulu putih yang mengitari di bagian pusat di dekat dada.

Royal Antelop hidup di wilayah Afrika Barat dan hanya aktif atau melalukan kegiatan pada malam hari saja. Karena antelop merupakan jenis hewan yang pemalu.

Menurut data yang diperoleh The International Union for The Conservation of Nature Resource (IUCN) atau Organisasi yang bergerak dibidang Konservasi dan Sumber Daya Alam keberadaan antelop akhir-akhir ini mulai menurun atau langka.

Hal ini disebabkan banyaknya hutan atau habitat aslinya rusak atau dijadikan pemukiman manusia. Dan apabila hewan jenis ini tidak dilindungi, maka antelop bisa terancam punah.

14. Hewan Terkecil: Bee Hummingbrid (Burung Kolibri)

Hewan Terkecil Bee Hummingbrid (Burung Kolibri)

twimg.com

Bee Hummingbird adalah jenis burung terkecil di dunia yang berasal dari pedalaman negara Kuba dan memiliki panjang lebih kurang 6,5 cm dengan berat 1,6 gr.

Ciri khusus dari burung ini adalah paruh yang kecil tapi panjang, warna biru disekitar dada hingga ekor dan sedikit corak hitam di bagian punggung.

Dengan tubuh yang hampir serupa dengan lebah ini, burung Bee Hummingbrid memiliki tingkat kecepatan terbang yang tinggi dan kepakan sayap yang kuat. Persis seperti lebah.

Kehadiran Bee Hummingbird bagi bunga sangat dibutuhkan untuk membantu penyerbukan. Namun sangat disayangkan Bee Hummingbird saat ini sudah langka bahkan hampir punah. Karena keberadaannya banyak diincar manusia atau pemangsa lain.

15. Hewan Terkecil: Etruscan Shrew

Hewan Terkecil Etruscan Shrew

iacpublishinglabs.com

Etruscan Shrew adalah jenis tikus mirip seperti hamster yang terkecil dari segi ukuran tubuh. Hewan ini sangat kecil, sangkin kecilnya hampir-hampir menyerupai seperti kumbang tanduk dengan panjang 5,2 cm dan berat 1,3 gr – 2,5 gr.

Etruscan Shrew hidup di habitat yang hangat dan sedikit lembab serta dipenuhi dengan semak-semak belukar. Semak belukar ini digunakannya untuk bersembunyi dari serangan predator seperti ular.

Umumnya Etruscan Shrew dapat ditemukan di wilayah Asia, sebagian wilayah Afrika dan seluruh wilayah di Amerika.

Dengan tubuhnya yang mungil ini ternyata Etruscan Shrew memiliki nafus makan yang lumayan besar. Yakni bisa mencapai dua kali dari ukuran berat badannya sendiri.

Dan hal unik lainnya adalah setiap detik mampu jantungnya berdenyut sebanyak 25 kali atau 1500 denyut permenit. Dan makanan utama tikus ini adalah cacing tanah.

16. Hewan Terkecil: Katak Paedophryne Amauensis

Hewan Terkecil Paedophryne Amauensis

wolfcollege.com

Katak Paedophryne Amauensis adalah jenis katak dari family Microhylidae yang ditemukan di negara Papua Nugini. Hewan amphibi ini merupakan jenis katak terkecil di dunia. Katak ini ditemukan oleh seorang ahli zoologi bernama Chris Austin.

Katak jenis ini hanya berukuran 0,77 cm dan hanya hidup di wilayah dengan iklim tropis. Paedophryne Amauensis tidak hanya dikenal sebagai katak terkecil di dunia namun katak ini juga merupakan hewan vertebrata terkecil di dunia.

Di tempat aslinya katak ini sangat sulit ditemui karena ukurannya yang super mini dan apabila bersuara seperti suara jangkrik meskipun yang bersuara adalah katak dewasa. Sebagian besar Paedophryne Amauensis hidup di daerah daunan yang berguguran di hutan hujan tropis.

17. Hewan Terkecil: Vaquita

Hewan Terkecil Vaquita

goldenliontamarin.files.wordpress.com

Vaquita adalah jenis lumba-lumba yang terkecil di dunia. Lumba-lumba jenis ini masuk ke dalam spesies Cetacea. Vaquita merupakan hewan yang langka dan hanya ada di wilayah Teluk California atau Laut Cortez.

Dilihat dari segi ukuran, hewan ini memiliki panjang tidak lebih dari 1,5 meter dengan berat 55 kg. Berwarna abu-abu gelap dan sekitar matanya memiliki dark circle ibarat seperti panda.

Kemudian di bagian mulutnya terlihat lebih gelap seolah-olah Vaquita seperi menggunakan lipstick berwarna hitam. Dan hanya mengkonsumsi cumi dan ikan kecil sebagai menu utamanya.

Hewan ini bisa dikatakan keberadaannya hampir punah karena di habitat aslinya ditemukan banyak sampah yang berserakan ditambah lagi dengan kondisi airnya yang keruh.

Setiap tahunnya ada sekitar 40 hingga 50 ekor Vaquita terbunuh disebakan faktor makanan dan tertangkap jarring nelayan secara tidak sengaja.

Oleh karena itu pemerintah Meksiko menetapkan hewan laut ini sebagai hewan yang terancam punah atau critical endangered dan wajib dilindungi.

18. Hewan Terkecil: Tarsius Tarsier

Hewan Terkecil Tarsius Tarsier

tonniromadian.files.wordpress.com

Tarisus Tarsier adalah salah satu jenis primata dengan ukuran yang sangat kecil. Memiliki warna coklat kemerahan yang dikombinasikan dengan warna kulit kelabu. Kemudian pada bagian wajah terdapat sepasang mata yang besar dan teling ayang terbuka lebar ke depan.

Hewan ini tergolong unik karena memiliki ciri fisik tubuh yang istimewa dan mampu melompat sejauh 3 meter. Ditambah dengan ekor yang cukup panjang namun tidak berbulu.

Apabila dilihat secara langsung 2 dari 5 jari Tarsius Tarsier memiliki cakar yang digunakan untuk grooming. Lalu hal yang aneh dan uniknya lagi ukuran mata Tarsius Tarsier ternyata lebih besar daripada otaknya sendiri.

Tarsius Tarsier hidup pada malam hari dan tidur pada siang hari. Makanan utama hewan ini adalah serangga-serangga kecil seperti kecoa, jangkrik dan beberapa jenis reptil.

Hewan ini dapat ditemukan di wilayah Sulawesi Utara sampai Sulawesi Selatan dan juga Seluruh wilayah di negara Filiphina. Untuk dapat menemukannya maka dapat dicari pada bagian atas pohon dengan posisi menggantung.

19. Hewan Terkecil: Kura-Kura Padloper Berbintik

Hewan Terkecil Kura-kura Speckled Padloper Berbintik

berkahkhair.com

Kura-Kura Padloper Berbintik adalah jenis kura-kura yang memiliki bintik-bintik disekitar badannya. Ukuran kura-kura ini hanya 4 inci dengan berat cuma 5 ons.

Hanya terdapat 2 spesies kura-kura dengan ukuran terkecil di dunia yaitu kura-kura berbintik utara yang dikenal dengan nama North Speckled Padloper dan kura-kura bernintik selatan dikenal dengan nama Southern Speckled Padloper.

Hewan yang berjalan lambat ini merupakan hewan vertebrata yang memakan dedaunan dan beberapa jenis bunga yang berbeda. Sehingga mereka tergolong ke dalam hewan herbivora.

Keberadaan hewan ini terancam punah disebabkan karena meningkatnya aktifitas atau kegiatan jual beli hewan baik itu dagingnya, telur, paruh hingga cangkang kura-kura.

20. Hewan Terkecil: Buaya Musky Caiman

Hewan Terkecil Buaya Musky Caiman

staticflickr.com

Buaya Musky Caiman adalah salah satu spesies dari buaya yang memiliki ukuran tubuh yang kecil apabila dibandingkan dengan ketiga spesies buaya lainnya, seperti alligator, buaya dan gharial.

Ukuran tubuh Buaya Musky Caiman hanya 1,4 meter untuk caiman jantan dan 1,2 meter untuk caiman betina. Dengan bobot berat masing-masing 6-7 kg.

Ciri fisik Buaya Musky Caiman adalah memiliki rahang yang cukup ramping dan sedikit lebar di bagian ujungnya. Dan jika diperhatikan mulutnya, maka akan membentuk seperti huruf U.

Saat mulut dalam keadaan tertutup hanya satu bagian gigi atas saja yang akn tampak. Dan uniknya lagi Buaya Musky Caiman memiliki gigi yang lebih panjang dan lebih tajam dengan ujung yang runcing jika dibandingkan dengan 3 spesies buaya lainnya.

Buaya Musky Caiman jarang diburu untuk diambil kulitnya. Hal ini disebabkan struktur dan bentuk kulit yang keras dan saat disamak sangat sulit untuk dijadikan barang tertentu.

21. Hewan Terkecil: Sapi Vechur

Hewan Terkecil Sapi Vechur

naturalfarmerskerala.com

Sapi Vechur adalah jenis sapi yang memiliki postur tubuh yang pendek, berbeda pada sapi pada umunya yang bertubuh gemuk dan besar. Tinggi sapi ini hanya 0,7 meter dengan pengukuran dimulai dari kuku hingga ujung pundak.

Sapi Vechur berasal dari India dan salah satu sapi langka di dunia. Walaupun tubuhnya kecil sapi ini ternyata mampu menghasilkan susu dalam jumlah yang cukup banyak dengan hanya sedikit pakan.

Selain vechur ada 5 sapi lainnya yang memiliki ukuran tubuh yang kecil. Diantaranya adalah manikyam, blaze, ucok baba, archie dan dexter.

22. Hewan Terkecil: Kumbang Scydosella Musawasensis

Hewan Terkecil Kumbang Scydosella Musawasensis

cdn.sci-news.com

Kumbang Scydosella Musawasensis adalah jenis kumbang non parasit terkecil di dunia yang berasal dari Kolombia dan Nikaragua.

Ukuran kumbang ini sangat kecil yakni hanya 0,338 mm dengan lebar tubuh antara 0,98 mm (1 cm) – 0,104 mm (1,04 cm). Pengukuran ini dilakukan oleh Dr. Alexey Polilov dari Universitas Lomonosov  Moskow.

Dalam pengukurannya ia menggunakan perangkat lunak khusus dan mikrograf agar mendapatkan hasil yang akurat.

Kumbang Scydosella Musawasensis secara fisik memiliki bentuk tubuh yang oval (lonjong) dengan kulit berwana coklat kekuningan dan mempunyai 10 antena yang tersegmentasi.

Dan uniknya lagi kumbang ini merupakan satu-satunya kumbang bersaya yang memilik bulu di genus Scydosella.

Baca juga:
Usut Tuntas Kehidupan Kumbang Tanduk
Penjelasan Lengkap Morfologi Kumbang Dari Awal Sampai Akhir

23. Hewan Terkecil: Desert Goby (Ikan Gurun Tergalak)

Hewan Terkecil Desert Goby

photobucket.com

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Andreas Svenson dari Universitas Linnaeus, Swedia bahwa ada beberapa perilaku unik yang dimiliki oleh desert goby.

Hal yang unik adalah spesies jantan ikan golby desert akan bertindak melindungi telur-telur dari predator atau pemangsa. Sedangkan spesies yang betina akan mengipasi telur-telurnya agar mendapatkan oksigen.

Dalam hal penjagaan maka ikan goby desert akan melakukan perlawanan dengan menyerang penggangu lebih dahulu sebelum mendapatkan kesempatan untuk mencuri telur yang dijaga.

Dalam hal bertahan hidup, ikan goby desert mampu bertahan hidup dengan kondisi cuaca yang ekstrim dan dengan air yang tingkat keasinannya lebih tinggi dari air laut biasa. Serta sanggup bertahan dengan fluktuasi suhu yang beragam dan besar.

24. Hewan Terkecil: Pygmy Rabbit (Si Kelinci Kerdil)

Hewan Terkecil Pygmy Rabbit

wallpage.ru, oregonzoo.com

Pygmy Rabbit adalah kelinci terkecil di dunia yang berhasil ditemukan di wilayah Amerika Utara. Untuk ukuran yang dewasa, kelinci ini hanya memiliki berat badan 0,4 kg. Dengan panjang tubuh 24 cm – 29 cm.

Uniknya kelinci betina memiliki ukuran tubuh yang lebih panjang dibandingkan dengan jantan. Agar terhindar dari pemangsa atau predator, biasa mereka akan menggali lubangg dari satu rute ke rute lain yang saling terhubung.

Ditambah lagi dengan kemampuan berlalrinya yang sungguh cepat. Sehingga akan membuat pemangsa sulit memburunya.

Kelinci ini dapat hidup di darah dataran tinggi. Dan makanan utama dari kelinci ini adalah sayur-sayuran dan buah-buahan.

25. Hewan Terkecil: Western Pygmy Blue Butterfly

Hewan Terkecil Western Pygmy Blue Butterfly

genehanson.com

Western Pygmy Blue Butterfly adalah salah satu spesies kupu-kupu terkecil di dunia yang memiliki lebar sayap 1,3 cm. Hal ini sebagaimana yang dikutip dari ilmuwan biologi Katy Pruic di Oregon State University.

Beliau menuturkan, kupu-kupu ini ditemukannya di dekat tanaman inang. Ketika sinar matahri menyinari kupu-kupu ini maka akan tampak kelihatan berkilau seperti kilauanya warna tembaga.

Hewan ini dapat dijumpai di Hawai, Saudi Arabia, Bahrain dan Uni Emirat Arab. Namun sayang karena ukurannya yang kecil, Western Pygmy Blue Butterfly tidak mampu hidup di cuaca ekstrim.

26. Hewan Terkecil: Mouse Lemur

Hewan Terkecil Mouse Lemur

phocus.org

Lemur Madame Berthe Mouse (Microcebus berthae) adalah jenis lemur terkecil di dunia. Hewan yang hanya ada di Madagaskar ini memiliki panjang tubuh sekitar 0,99 cm dengan berat badan 30 gram.

Hewan bertubuh mungil ini sangat lincah dan gesit. Sehingga sangat sulit dipegang apabila Anda bukan seorang professional.

Di Madagaskar sendiri keberadaan lemur sangat langka bahkan terancam punah. Hanya terisisa 15 ekor betina. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu untuk berpindah dari satu pohon ke pohon lain, dengan cara melompat.

Lemur merupakan hewan nocturnal, yakni hanya hidup pada malam hari dengan memakan serangga, buah, bunga dan beberapa jensi tanaman kecil lainnya. Sedangkan pada siang hari, mereka manfaatkan untuk tidur.

Untuk mempertahankan hidupnya, Lemur beradaptasi dengan menyimpan lemak di bagian ekornya dan kaki bagian belakang. Uniknya meskipun tubuhnya mungil, ia mampu menyimpan makanan 35% dari berat badan mereka sendiri.

Keberadaan mereka semakin langka disebabkan, banyaknya perburuan illegal yang mengkap dengan sengaja untuk diperjual belikan di pasar gelap.

27. Hewan Terkecil: Pygmy Possum

Hewan Terkecil Pygmy Possum

wikimedia.org

Pygmy Possum adalah mamalia berkantung terkecil di dunia. Hewan yang masih satu famili dengan kangguru ini pertama kali ditemukan pada tahun 1996 di Australia ski Club Lodge.

Namun sayang keberadaan hewan ini hampir punah karena dalam beberapa tahun hanya ditemukan sisa-sisa fosilnya saja.

Oleh karena itu, pemerintah Australia terus melakukan pencarian dan perlindungan untuk melestarikan hewan mungil ini dengan membangun terowongan cinta atau tunnel of love.

Terowongan ini berguna untuk memfasilitasi perkembangbiakan pygmy possum. Agar kehidupannya dapat berlangsung dengan lancar dan tidak rentan kepunahan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply