4 Faktor Utama Pentingnya Penggunaan AC di Rumah

Fungsi AC – Mungkin bagi sebagian orang akan bertanya-tanya, seberapa pentingkah kegunaan AC (Air Conditioner) di rumah? Dan Apa yang menjadi alasan utama memakai AC di rumah?

Pertanyaan Seputar Kegunaan AC (Air Conditioner)

4 Fungsi AC di Rumah

desainrumahkeren.com

Untuk menjawab pertanyaan diatas, maka ada beberapa dua kondisi yang harus dipahami dan dijelaskan.

Kondisi pertama adalah orang menggunakan AC disebabkan kebutuhan. Dan kondisi keduanya adalah orang menggunakan AC hanya sebagai pelengkap perabotan rumah.

Perlu saudara ketahui bahwa AC di  era sekarang ini bukan merupakan barang mewah lagi. Karena banyak sekali model AC yang beredar di pasaran. Mulai dengan harga yang murah sampai mahal. Dan dari berdaya watt tinggi sampai dengan watt yang kecil.

Khusus untuk daerah tropis termasuk Indonesia. Sebagian orang akan memilih kondisi pertama yaitu menggunakan AC sebagai mesin pengondisi udara ruangan agar tidak panas dan bau.

Seorang arsitek asal Medan nenuturkan ada 4 faktor  utama penggunaan AC di rumah. Yaitu faktor suhu, polusi, desain rumah dan sirkulasi udara yang buruk.

A. Fungsi AC: Suhu Ruangan

Fungsi AC: Suhu Ruangan

ciputramakassar.com

Kemudian beliau menambahkan, “Yang namanya suhu tentu tidak stabil pada suatu daerah, terkadang dingin dan terkadang juga panas”. Sehingga dalam kondisi seperti ini AC sangat dibutuhkan untuk diletakkan di rumah.

Ditambah lagi, banyak orang berdalih bahwa suhu ruangan merupakan alasan utama yang sering orang gunakan saat rumahnya berada di daerah beriklim panas.

B. Fungsi AC: Polusi Udara

Fungsi AC: Polusi Udara

media.rooang.com

Arsitek tadi juga menambahkan, selain suhu ruangan polusi juga menjadi alasan yang tepat. Kenapa? Karena selain polusi udara, polusi suara juga dapat diatasi dengan ruangan ber-AC.

Ruangan ber-AC akan mampu menahan atau meredam suara yang bisa saja datang dari luar. Sehingga seolah-olah orang yang berada di dalam ruangan tidak mendengar apa-apa yang terjadi di luar.

Terkhusus untuk rumah atau ruangan yang berdekatan dengan pabrik atau bandara udara serta rumah yang berada di penggiran kali yang bau. Sehingga dengan menggunakan AC di rumah adalah solusi tepat dalam kasus ini.

C. Fungsi AC: Desain Rumah yang Buruk

Fungsi AC: Desain Rumah yang Buruk

berkahkhair.com

Ketiga desain rumah yang buruk. Ada kondisi dimana sang pembuat rumah atau pemilik rumah salah dalam mendesain rumah. Misalnya saja ruangan atau kamar tidak didesain memiliki sisi yang bersinggungan denga area luar. Sehingga tidak ada sirkulasi udara di dalamnya.

Kondisi diatas mau tidak mau Anda harus menggunakan AC untuk mengendalikan suhu ruangan. Atau minimal menggunakan kipas angin. Supaya ruangan tidak pengap dan bau.

Baca:

D. Fungsi AC: Sirkulasi Udara yang Buruk

Fungsi AC: Sirkulasi Udara yang Buruk

calisthaproperty.com

Keempat yaitu sirkulasi udara yang buruk. Daerah padat pemukiman yang dibarengi dengan harga tanah yang mahal. Maka secara tidak langsung akan memaksa orang atau penghuni rumah memiliki rumah yang kurang baik dari sisi sirkulasi udaranya.

Seperti yang dilihat, rumah yang hanya memiliki pintu depan. Sedangkan jendela ataupun pintu belakang diapit sama rumah yang disamping dan dibelakang.

Dengan melihat kondisi diatas, tentu rumah dan penghuni rumah akan merasa tidak nyaman. Baik itu dari sisi udaranya dan juga cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah tidak optimal.

Sehingga dengan begitu agar dapat mengurangi bau atau aroma  tidak sedap, maka AC merupakan alat yang sangat tepat untuk megatasinya.

Minimal suhu udara di dalam ruangan dapat berkonveksi. Dan ruangan akan menjadi segar dan tidur serta beraktivitas menjadi lancar.

Demikianlah 4 alasan penggunaan AC di rumah. Namun yang namanya barang tentu akan mengalami kerusakan jika tidak diperbaiki dengan baik dan berkala.

Oleh karena itu Anda harus rutin untuk membersihkan AC di rumah atau ruangan. Dalam hal ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan jasa service AC jogja. Semoga bermanfaat. Yuk terapkan hidup sehat.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

3 Comments

  1. Ell Jum, 11 November 2016
    • Khair Jum, 11 November 2016
  2. Uncle Zuan Sen, 14 November 2016

Leave a Reply