[Lengkap] 24 Contoh Ekosistem Alami dan Buatan

Contoh Ekosistem Alami dan Buatan – Bumi merupakan salah satu planet yang terdiri dari berbagai jenis makhluk hidup. Mulai dari manusia, hewan dan tumbuhan. Bagian lapisan bumi atau biasa disebut kerak bumi memiliki permukaan yang tidak rata.

Hal ini dikarenakan ada 2 tenang besar yang mengubah struktur permukaan bumi yakni tenaga endogen dan eksogen.

Dari dua tenanga ini-lah yang kemudian tampak ada tonjolan dan cekungan pada bagian permukaanya. Dengan ada tonjolan dan cekungan ini banyak terdapat ekosistem di dalamnya.

Pada pembahasan sebelumnya, kami telah menjelaskan tentang pengertian ekosistem. Dimana ekosistem merupakan tempat berinteraksi antara komponen hidup (biotik) dan abiotik (tak hidup). Dari kedua jenis komponen ini-lah melahirkan dua jenis ekosistem lagi. Yakni ekosistem alami dan ekosistem buatan.

Pengertian dan Contoh Ekosistem Alami Beserta Penjelasannya

Ekosistem alami ialah ekosistem yang dibentuk langsung oleh alam. Dalam artian tidak ada campur tangan manusia dalam pembuatan ekosistem ini. Apabila ekosistem alami rusak maka bisa mengganggu keseimbangan ekosistem yang lain. Dan dampaknya tentu akan besar.

Di bawah ini ada 14 lebih contoh ekosistem alami disertai gambar dan penjelasannya:

1. Hutan Hujan

contoh ekosistem alami dan buatan

satujam.com

Hutan hujan adalah salah satu contoh ekosistem alami yang berada pada kawasan yang beriklim tropis. Setiap tahun debit hujan yang turun di daerah ini bisa mencapai 200 cm – 225 cm.

Ciri-ciri pepohonan yang tumbuh di kawsan ini ialah besar dan tinggi. Dan jenis hewan yang sering dijumpai adalah kera, harimau, berbagai jenis burung, badak dan babi.

2. Hutan Gugur

contoh ekosistem alami

pixabay.com

Hutan gugur adalah bagian dari contoh ekosistem alamiah yang terletak di daerah beriklim sub tropis. Curah hujan yang turun di kawasan ini berkisar 75 cm – 100 cm setiap tahunnya.

Adapun hanya sedikit pepohonan yang tumbuh di daerah. Yakni hanya sekitar 10 hingga 20 pohon saja. Kemudian pohon yang tumbuh pun tidak terlalu besar dan tidak rindang.

Jenis hewan yang ditemukan pun hanya sedikit saja yaitu beruang, hamster dan beberapa jenis hewan yang berhibernasi di musim dingin.

3. Ekosistem Padang Rumput

contoh ekosistem alam adalah

ammahsukma.com

Ekosistem padang rumput adalah salah satu contoh ekosistem alami yang terletak di daerah berikim tropis dan sub tropis. Curah hujan di daerah ini terbilang rendah. Yakni hanya sekitar 25 hingga 50 cm per tahun.

Di daerah ini terbentang padang rumput yang luas dan beberapa jenis pohon pendek. Hewan yang bisa dijumpai di kawasan ini ialah zebra, kangguru, kelinci, ular, jaguar, singa dan beberapa jenis reptil.

4. Hutan Sabana

contoh ekosistem alami & buatan

berkahkhair.com

Hutan sabana adalah bagian dari contoh ekosistem alamiah yang terletak pada wilayah beriklim tropis. Curah hujan antara 95 cm – 150 cm setiap tahunnya. Adapun jenis hewan yang hidup di kawasan ini ialah gajah, kuda, macam tutul, singa dan beberapa jenis hewan pengerat.

Baca juga: 

5. Hutan Taiga

contoh ekosistem alami beserta penjelasannya

berkahkhair.com

Hutan taiga merupakan salah satu contoh ekosistem alami yang terletak di daerah dengan iklim sub tropis dan iklim dingin. Jenis tumbuhan yang hidup di dalamanya hanya sedikit diantaranya cemara, alder dan beberapa pohon yang berdaun harum. Hewan mamalia yang sering dijumpai adalah serigala, beruang hitam dan lynx.

6. Ekosistem Tundra

contoh ekosistem alami adalah

kliksma.com

Ekosistem tundra adalah salah satu contoh  kelompok ekosistem alami yang terletak pada daerah terdingin di bumi. Yaitu bagian wilayah antartika dan artik. Daerah ditandai dengan musim dingin yang sangat lama (baca: panjang). Yakni bisa berlangsung 9 bulan.

Jenis tumbuhan yang dapat bertahan hidup di wilayah ini hanya lumut. Dan jenis binatang yang bisa ditemukan adalah rusa kutub, rubah dan bison (baca: sejenis banteng).

7. Ekosistem Gurun

contoh ekosistem alami beserta gambarnya

ammahsukma.com

Ekosistem Gurun adalah bagian dari contoh kelompok ekosistem alami yang terletak di bagian bumi dengan temperatur yang paling panas. Hampir bisa dikatakan curah hujan di kawasan ini sangat sedikit bahkan tidak ada.

Daerah ini dikenal dengan daerah tandus berpasir. Seperti wilayah gurun pasir di tumur tengah. Tanaman dan hewan yang tumbuh dan hidup hanya sedikit yaitu kaktus dan unta. Sebab kedua mahkluk hidup ini mampu menyimpan cadangan air.

8. Ekosistem Sungai

artikel contoh makalah ekosistem alami

mongabay.co.id

Ekosistem sungai adalah bagian dari contoh kelompok ekosistem alamiah yang mengalir di permukaan bumi. Sebagiamana yang telah diketahui bahwa air sungai mengalir dari dataran tinggi menuju dataran rendah. Hingga aliran airnya berakhir atau bermuara ke laut.

Banyak jenis tumbuhan yang hidup subur di daerah pinggiran sungai. Sehingga tak jarang kita melihat banyak hewan yang menikmati tumbuhan hijaunya. Air sungai termasuk air tawar. Yakni tidak memiliki rasa asin. Dan hewan yang dapat hidup di dalamnya adalah ikan nila, emas, lele gurami dan beberapa jenis ikan tawar lainnya.

Lihat juga: 

9. Ekosistem Danau

contoh ekosistem akuatik alami

satujam.com

Ekosistem danau merupakan contoh ekossitem perairan alami yang ditandai dengan cekungan besar berisi air yang sangat banyak. Terbentuknya danau bisa diakibatkan oleh aktivitas gunung berapi. Ataupun terbentuk dari sedimentasi yang memotong garis kontur sungai.

Sama halnya dengan air sungai. Danau juga memiliki rasa tawar. Dan jenis hewan air yang hidup ialah ikan mas, ikan pora-pora, udang dan beberapa jenis ikan tambak lainnya.

10. Ekosistem Rawa-rawa

contoh ekosistem air alami

trunity.net

Ekosistem Rawa-rawa adalah contoh ekosistem air alami yang bersifat tenang. Rawa merupakan daerah perairan dengan genangan air yang terjadi di daratan yang cekung.

Akan tetapi jenis genagan air ini hanya akan ada pada waktu tertentu saja. Bisa dikatakan musiman. Dan biasanya diakibatkan dari hujan atau luapan air sungai atau bisa juga akibat lokasi yang dekat dengan sumber air. Pada umumnya rawa-rawa ini terletak di daerah dataran rendah.

11. Ekosistem Pantai

Ekosistem pantai merupakan contoh ekosistem akutik alami yang terletak di kawasan perairan di tepi laut. Terbentuknya ekosistem laut ialah akibat dari hasil proses sedimentasi air laut.

Tidak banyak jenis pohon yang dapat tumbuh di daerah ini. Dan umumnya pohon yang dapat tumbuh ialah pohon kelapa atau sejenisnya. Dan hewan yang dapat hidup ialah kepiting, siput dan kerang.

12. Ekosistem Terumbu Karang

Ekosistem pantai adalah bagian dari ekosistem alami yang terletak di dalam laut dangkal yang ditandai dengan sinar matahari masih dapat terjangkau (baca: masuk). Jenis tanaman yang dapat tumbuh di tempat ini ialah  rumput laut dan terumbu karang. Sehingga masih memungkinkan mereka dapat melakukan fotosintesis.

Ada banyak jenis hewan laut yang hidup di dalam ekosistem ini. Dan jenis hewan laut yang banyak ditemukan adalah ikan yang memiliki aneka warna. Karena kecantikan daerah terumbu karang ini banyak dimanfaatkan manusia untuk melakukan diving ataupun snorkling.

13. Ekosistem Laut

Ekosistem laut adalah contoh bagian ekosistem laut yang berada pada kedalaman air lebih dari 2000 meter di bawah permukaan laut. Ditaksir suhu di wilayah ini sangat dingin yang diakibatkan oleh tidak masuknya sinar matahari. Dan jenis hewan yang hidup di kedalaman ini ialah hewan predator dan hewan pemakan bangkai saja.

14. Ekosistem Estuari

Ekosistem estuari adalah contoh-contoh ekosistem alami yang tempat bermuaranya antara air tawar dan air laut. Jenis pohon yang dapat tumbuh ialah pohon magrove. Dan hewan yang hidup adalah beberapa dari jenis kepiting.

Sebagai tambahan magrove ini banyak difungsi sebagai ekositem laut yang memiliki manfaat luar biasa terhadap pemeliharan makhluk hidup laut. Dan fungsi yang paling besar adalah mencegah terjadi abrasi laut.

15. Ekosistem Hutan

Ekosistem hutan merupakan contoh ekosistem alami daratan yang banyak ditumbuhi popohonan yang besar dan tinggi serta diisi oleh berbagai jenis organisme. Ekosistem hutan termasuk di dalamnya ekosistem hutan hujan tropis dan hutan gugur.

16. Ekosistem Gunung

Ekosiste gunung adalah bagian dari ekosistem alami daratan yang terletak di wilayah pegunungan. Intiinya jenis ekosistem ini jauh di atas permukaan laut. Banyak sekali jenis tumbuhan dan hewan darat yang hidup dan tumbuh di pemukiman ini. Dan jenis iklim yang daerah ini ialah iklim dingin.

17. Ekosistem Air Terjun

Ekosistem air terjun merupakan contoh ekosistem alami darat yang bersifat lotik dan mengalir dengan cukup deras sebab berada di daerah dengan sudut kemiringan yang sangat curam.

Di kawasan ini banyak ditemukan tanaman lumut dan beberapa jenis tumbuhan hijau yang hidup subur. Suhu udara di daerah ini sangat dingin sebab banyak percikayan air yang menetes ke permukaan tanah.

18. Ekosistem Gua

Ekosistem gua adalah salah satu bagian dari contoh ekosistem darat yang terbentuk dari rongga pertemuan antara lempeng bebatuan bumi. Ekosistem gua sangat identik dengan daerah yang gelap. Dihuni oleh kelelawar atau hewan noktural lainnya.

Suhu udara di dalam gua sangat dingin dan pengap. Sebab cahaya matahari tak mampu masuk ke dalamnya. Banyak ditemukan tumbuhan seperti lumut dan sangat identik dengan permukaan yang licin.

Pengertian dan Contoh Ekosistem Buatan Beserta Penjelasannya

Ekosistem buatan merupakan ekosistem yang dibentuk atau dibuat oleh campur tangan manusia. Ekosistem buaan berfungsi sebagai penjaga ekosistem alami agar tetap seimbang.

Fungsi kedua yaitu untuk melestarikan hewan atau tumbuhan yang terancam punah. Sehingga dengan begitu makhluk hidup yang hampir punah dapat dilestarikan dan dipertahankan kehidupannya.

Dengan adanya ekosistem buatan maka secara tidak langsung telah melestarikan keanekaragam hayati. Contoh-contoh ekosistem buatan ialah suaka marga satwa, kebun raya, kebun binatang dan taman safari.

Berikut ini akan kami ulas mengenai contoh-contoh ekosistem buatan disertai dengan fungsinya.

1. Suaka Marga Satwa

contoh ekosistem alamiah dan buatan

panoramio.com

Suaka marga satwa ialah bagian dari contoh ekosistem buatan darat yang berfungsi sebagai suatu upaya dalam melindungi berbagai macam flora dan fauna. Suaka marga satwa terbilang unik. Sebab ada dua jenis komponen hidup di dalamnya yakni jenis tumbuhan dan hewan.

Ekosistem buatan darat seperti suaka marga satwa dibuat langsung oleh manusia di alam. Manusia mendesain sedemikian rupa agar interaksi antara hewan dan tumbuhan di dalamnya tetep berlangsung baik.

2. Taman Hutan Raya

contoh ekosistem alami dan ekosistem binaan

berkahkhair.com

Taman hutan raya adalah salah satu cotoh ekosistem buatan agroekosistem dimana sebagian taman hutan masih habitat asli dan sebagiannya lagi telah diperbarui dengan lingkungan buatan.

Ciri-ciri dari taman hutan raya adalah lebih fokus dan mengkhususkan pada perkembangan atau konservasi berbagai jenis tumbuhan. Kedua yaitu memiliki sejumlah koleksi tumbuhan yang unik dan langka.

Ketiga masih asri dan memiliki keindahan habitat aslinya. Taman hutan raya juga sering disebut hutan buatan sebab sebagian besar dibuat oleh tangan manusia.

Baca juga: 

3. Kebun Binatang

contoh ekosistem alami dan ekosistem buatan

berkahkhair.com

Kebun binatang merupakan contoh ekosistem buatan lingkungan yang terbentuk dengan konsep konservasi dan jenis spesiesnya terletak secara terpisah. Kebuh binatang terbilang mudah dijangkau dan dilihat apabila hendak ingin melihat aneka hewan.

Akan tetapi hewan yang berada di dalam kebun binantang sangat terbatas oleh jumlah kandang. Ditambah lagi dengan banyak kandang yang kurang diurus. Sehingga mengakibatkan banyak hewan yang mati akibat penyakit atau kelaparan.

4. Taman Safari

contoh gambar ekosistem alami

berkahkhair.com

Taman safari adalah contoh ekosistem buatan berbasis lingkungan yang terfokus pada pelestarian flora dan fauna. Artinya semua jenis flora dan fauna di kumpulkan dalam satu wilayah yang besar dan luas.

Berbeda dengan kebun binatang yang hanya meletakkan satu jenis hewan di kandang yang sama. Umumnya taman safari akan dibatasi dengan pagar besi yang tinggi agar hewan yang di dalamnya tidak keluar.

Apabila pengunjung ingin melihat langsung flora dan fauna maka bisa menggunakan mobil sambil mengitari area taman. Taman safari sering disebut sebagai ekosistem buatan darat yang melestarikan lingkungan dengan teknik eksitu.

Taman safari juga termasuk ekosistem buatan yang jauh lebih baik daripada kebun binantang. Sebab spesies di dalamnya tidak terkekang dan dapat bergerak berdasarkan habitatnya.

5. Waduk

contoh gambar ekosistem alami dan buatan

ammahsukma.com

Waduk adalah contoh ekosistem buatan bendungan dimana berfungsi sebagai tempat penampungan air raksasa dan dibuat oleh tangan manusia. Dilihat secara lansung maka waduk akan tampak seperti pengahalang aliran sungai. Dan sengaja didesain meninggi dan terlihat sebagai danau yang besar.

Fungsi utama waduk ialah sebagai sumber air bagi penduduk setempat dan irigasi bagi pertanian semisal sawah bahkan sebagian besar waduk bisa difungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air. Bisa juga dikatakan bahwa kehadiran waduk merupakan ekosistem baru bagi ikan air tawar.

6. Ekosistem Sawah

contoh kelompok ekosistem alami

ammahsukma.com

Ekosistem sawah adalah bagian dari ekosistem buatan berbasis lingkungan yang dibentuk manusia sebagai tempat budidaya tanaman padi. Ada berbagai macam organisme yang tumbuh dan hidup di area sawah. Seperti di dalamnya gulma, serangga, binantang pengerat, ular dan beberapa jenis ikan.

Dengan adanya sawah secara tidak langsung telah membentuk suatu ekosistem yang sempurna sehingga dapat membantu pertumbuhan tanaman padi.

Demikianlah contoh ekosistem alami & buatan. Kesimpulannya adalah setiap contoh ekosistem yang ada di dunia itu memiliki sifat khas masing-masing. Dan sangat penting bahkan harus bagi manusia untuk menjaga keberlangsungan ekosistem baik di darat maupun lautan.

Keseimbangan ini sangat dibutuhkan agar interaksi dapat dipertahakan. Dan hanya manusia yang mampu untuk melestarikan dan memperbaiknya.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One Response

  1. Khairul Zamri Kam, 16 Februari 2017

Leave a Reply