Contoh Bunga Sempurna dan Bunga Tidak Sempurna

Contoh Bunga Sempurna – Tahukah kamu mengapa bunga dikatakan sempurna dan tidak sempurna? Untuk menjawab pertanyaan ini maka perlu kita jelaskan bahwa bunga disebut sempurna apabila bunga tersebut memiliki dua alat reproduksi. Yaitu alat reproduksi jantan (benang sari) dan alat reproduksi betina (putik).

Lantas apa nama organ reproduksi pada bunga betina? Organ reproduksi pada bunga betina adalah carpelum atau istilah Indonesianya daun buah.

Organ reproduksi ini pada pangkalnya akan ditemui bakal buah atau ovarium dengan lebih dari satu bakal biji diantaranya ovulum dan jamak ovula. Carpelum akan akan membawa gamet betina di dalam kantung embrio.

Kemudian jika diperhatikan lebih dalam maka pada ujung putik (alat reproduksi betina) akan ditemui juga kepala putik untuk menerima pollen (serbuk sari). Tangkai putik ini nantinya akan berfungsi sebagai pollen menuju ke bakal buah.

Begitu juga halnya bunga dikatakan sempurna harus memiliki seluruh bagian bunga. Seluruh bagian bunga ini juga termasuk bagian steril maupun bagian fertil.

Lantas kenapa bunga dikatakan tidak sempurna? Bunga dikatakan tidak sempurna apabila pada bunga tersebut hanya memiliki salah satu dari kedua alat reproduksi saja. Apakah itu hanya memiliki benang dari saja atau putik saja.

Baca:
Ulasan Lengkap Fungsi, Bagian, Jenis Dan Struktur Bunga Lengkap Dengan Gambar

Kesimpulannya adalah indikator bunga dikatakan sempurna maupun tidak sempurna adalah terletak pada lengkap atau tidak lengkapnya alat reproduksinya. Yaitu memiliki benang sari (alat reproduksi jantan) dan putik (alat reproduksi betina).

Namun pembahasan kita kali adalah lebih kepada contoh-contoh bunga sempurna dan tidak sempurna beserta gambarnya.

Contoh Bunga Sempurna

1. Mawar

Bunga Mawar

pixabay.com

Bunga mawar merupakan salah satu jenis flora/tanaman semak dari genus Rosa. Satu bunga mawar maka akan terdapat 5 helai daun mahkota namun tidak untuk jenis mawar Rosa sericea. Mawar jenis Rosa sericea hanya memiliki 4 helai daun mahkota saja.

Dari 100 jenis mawar yang tersebar di seluruh dunia hanya ada 4 warna yaitu mawar dengan warna putih, merah muda, kuning dan biru.

2. Bunga Strawberry

Bunga Stroberi

pixabay.com

Bunga strawberry atau stroberi merupakan buah yang jarang ditemui dan habitatnya tidak bisa hidup sembarang tempat. Bunga strawberry adalah bunga yang tergolong sempurna yang memiliki dua alat reproduksi dalam satu bunga. Disamping itu bunga strawberry jika sudah menjadi buah maka, jenis buah ini tergolong buah dengan harga yang cukup mahal.

3. Bunga Kopi

Bunga Kopi Arabika

2.bp.blogspot.com

Spesifikasi bunga kopi diantaranya mahkota bunganya berwarna putih kemudian akan memunculkan aroma yang semerbak. Selain itu kelopak bunganya berwarna hijau yang mana pangkalnya menutupi bakal buah yang nantinya akan menjadi biji.

Tahukah kamu bagaimana proses terbentuknya buah kopi? Berikut penjelasan singkatnya. Pada bunga kopi terdapat benang sari yang terdiri dari 5-7 tangkai yang berukuran pendek.

Jika bunga sudah dewasa, kelopak dan mahkotanya akan membuka dan segera mengadakan penyerbukan (peristiwa bertemunya benag sari dan putik). Setelah terjadi penyerbukan, secara perlahan-lahan bunga akan berkembang menjadi buah.

Mula-mula mahkota bunga tampak mengering dan berguguran. Kemudian kulit buah yang berwarna hijau makin lama makin membesar. Apabila sudah tua kulit ini akan berubah menguning dan akhirnya menjadi merah tua.

Waktu yang diperlukan sejak terbentuknya bunga hingga buah menjadi matang 6-11 bulan, tergantung dari jenis dan faktor-faktor lingkungannya. Kopi arabika membutuhkan waktu 6-8 bulan, sedangkan kopi robusta 8-11 bulan.

4. Bunga Tulip

Bunga Tulip

pixabay.com

Bunga tulip atau bahasa latinnya Tulipa adalah bunga yang masuk ke dalam keluarga Liliaceae. Bunga tulip tersebar dan tumbuh liar di wilaya Asia Tengah di daerah pegunungan Pamir, Hindu Kush dan sebagian daerah Kazakhstan.

Tahukah kamu tulip merupakan bunga nasional negara Turki dan Iran. Kedua negara ini menggunakan bunga tulip sebagai simbol negaranya.

Spesifikasi bunga tulip diantaranya tumbuhan yang berumbi dengan panjang 10-17 cm, daunnya berlilin, berbentuk sempit memanjang berwarna hijau nuansa kebiru-biruan, dan bunganya berukuran besar terdiri 6 helai daun mahkota.

Tulip hasil persilangan menghasilkan bunga berwarna tunggal, merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, atau berbagai macam kombinasi dan gradasi warna. Tulip menghasilkan biji-biji berbentuk bundar pipih yang dibungkus kapsul kering.

5. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek

pixabay.com

Anggrek atau Orchidaceae adalah jenis bunga yang memiliki anggota terbanyak dan tersebar di wilayah tropika basah sampai lokasi sirkumpolar, walau beberapa besar anggotanya ditemukan di wilayah tropika.

Anggrek adalah bunga yang memiliki bentuk dan ciri khas yang unik. Hal yang khas dan unik adalah pada bunga anggrek tersusun majemuk dan dapat terlihat dari tangkai bunga yang memanjang dan juga dapat terlihat di bagain ketiak daun.

Bentuk bunga simetri bilateral. Helaian kelopak bunga (sepal) umumnya berwarna serupa dengan mahkota bunga (hingga dimaksud tepal).

Satu helai mahkota bunga termodifikasi membentuk sejenis lidah yang membuat perlindungan satu susunan aksesori yang membawa benang sari serta putik.

Untuk menghasilkan bunga yang bagus dan sempurna maka anggrek membutuhkan bantuan manusia maupun hewan dalam hal ini serangga.

Sebab pada bunga anggrek terdapat benang sari yang mempunyai tangkai amat pendek dengan dua kepala sari berupa cakram kecil (pollinia). Apabila tidak ada bantuan eksternal maka anggrek tidak akan bisa menghasilkan bunga yang sempurna.

6. Bunga Kembang Sepatu

Bunga Kembang Sepatu

pixabay.com

Bunga kembang sepatu merupakan bunga yang paling banyak dijadikan contoh pada palajaran morfologi tumbuhan di sekolah. Bunga jenis ini dikatakan bunga yang paling lengkap. Karenaseluruh  bagian bunga ada pada bunga jenis ini.

Secara singkat bunga kembang sepatu terdiri dari 5 helai daun kelopak dan dilindungi oleh epicalyx (kelopak tambahan). Kemudian bunga ini memiliki tangkai putik yang berbentuk silinder panjang yang mana dikelilingi oleh tangkai sari yang berbentuk oval.

Salah satu manfaat dari jenis bunga ini adalah banyak dijadikan tanaman hias karena bunga ini kelihatan cantik dan enak dipandang.

7. Bunga Matahari

Bunga Matahari

pixabay.com

Bunga matahari adalah bunga yang memiliki warna kuning, terang, dengan kepala bunga yang besar. Diameter bunga jenis ini bisa mencapai 30 cm. Hal yang unik dari bunga ini adalah wajah bunga yang selalu condong ke matahari.

8. Bunga Kamboja

Bunga Kamboja

pixabay.com

Tahukah kamu denga bunga kamboja? Bunga kamboja adalah bunga yang memiliki nama latin Plumeria rubra L.cv. Acutifolia. Bunga jenis ini berasal dari daerah Afrikan dan Amarika tropis.

Bunga kamboja banyak dijadikan untuk kecantikan dan perawatan kulit. Sebab bunga kamboja mengandung senyawa sejenis karet, lupeol, triterpenoid amyrin, kautscuk dan damar. Kandungan inilah yang menjadikan bunga kamboja banyak diminati para kecantikan.

9. Bunga Alamanda

Bunga Alamanda

pixabay.com

Sekilas penjelasan mengenai bunga alamanda. Bunga alamanda merupakan jenis bunga yang termasuk kedalam golongan perdu berkayu. Bunga dengan tinggi mencapai 2 meter ini bersifat hijau sepanjang tahun.

Pada permukaan daun akan kelihatan kasar dengan panjang bisa mencapai 16 cm. Dan jenis bunga ini hanya terdiri dari empat berbeda halnya dengan bunga kembang sepatu yang memiliki lima helai.

10. Bunga Bougenvil (Kertas)

Bunga Bougenvil

wikimedia.org

Bunga bougenvil merupakan bunga yang paling banyak jenis warnanya. Bunga ini dapat tumbuh dan dikembangbiakkan dengan cara stek. Dan jenis bunga ini tergolong mudah ditanam dan selalu dijadikan tanaman hias di depan pekarangan rumah.

Hal yang unik dari tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini adalah suka merontokkan daun apabila bunganya bermekaran. Dn satu hal lagi jika ingin mendapat hasil yang maksimal maka dalam merawat bunga ini jangan terlalu sering di siram dan diberikan pupuk.

Contoh Bunga Tidak Sempurna

1. Bunga Salak

Bunga Salak

berkahkhair.com

Salak adalah jenis palma namun bisa dikonsumsi/makan. Salak biasanya disebut dengan snake fruit. Jenis buah yang bersisik ini banyak tumbuh di daerah Padang Sidempuan, Yogyakarta, Jakarta dan Bali.

Perlu diketahui bahwa tanaman salak masuk ke dalam tumbuhan yang berbuah dua. Artinya setiap tumbuhan salak hanya ada satu alat reproduksi jantan atau satu alat reproduksi betina.

Sehingga apabila kita hendak menanam salak maka jangan hanya satu pokok saja yang ditanam namun harus lebih dari satu agar mendapatkan buahnya.

Meskipun begitu pokok salak juga memerlukan tangan manusia untuk proses penyerbukan. Tetapi ini hanya pada daerah-daerah tertentu saja. Karena pada dasarnya tanaman salak dalam penyerbukannya dibantu oleh angin.

2. Bunga Vanili

Vanili Bunga yang Harum

berkahkhair.com

Apa itu bunga vanili? Bunga vanili adalah bunga yang biasa dijadikan pengharum makanan terutama kue atau roti  yang mana dihasilkan dari buah yang berbentuk polong.

Secara morfologi bunga vanili hanya sebesar jari, berwana hijau, sedikit lunak, beruas-ruas dan berbuku-buku. Sedangkan panjangnya hanya 15 cm.

Bentuk daun vanili pipih namun berdaging, bulat seperti telur dengan ujungnya berbentuk lancip. Kemudian terlihat pada tulang daunnya sejajar, namun ini hanya bisa dilihat pada saat daun sudah mulai mongering atau tua.

Rangkaian bunga vanili adalah bunga tandan yang terdiri dari 15-20 bunga. Bunga keluar dari ketiak daun bagian pucuk batang. Bentuk bunganya duduk, berwarna hijau-biru agak pucat, panjang 4-8 cm dan berbau agak harum.

3. Bunga Pepaya

Bunga Pepaya atau Kates

c2.staticflickr.com

Bunga pepaya terlihat secara fisik berwarna putih yang kemudian apabila kita pegang akan terasa lengket. Lengketnya ini disebabkan getah yang menempel pada bunga tersebut.

Bunga pepaya umumnya dibantu oleh serangga dalam hal ini biasanya kupu-kupu dalam proses penyerbukan. Apabila sudah menjadi buah maka jensi buah ini tergolong manis dan nikmat jika dimakan.

Tahukah kamu bahwa nama pepaya itu diadopsi dari Belanda yakni “papaja”. Dan bunga pepaya sendiri biasanya digunakan sebagai bahan masakan. Contohnya saja dibuat tumis pedas papaya.

Meskipun bunga pepaya apabila dimakan pahit namun rasa pahitnya ini dipercaya orang sebagai obat alami penghilang racun di dalam tubuh.

4. Bunga Sawit

Sawit

pixabay.com

Bunga sawit adalah bunga yang masuk ke dalam kelompok tanaman monocesiu. Yaitu kelompok tanaman dimana bunga jantan dan betina berada terpisah namun tetap dalam satu pohon.

5. Bunga Pakis Haji

Pakis Haji

pixabay.com

6. Bunga Melinjo

Bunga Melinjo

berkahkhair.com

Bunga melinjo merupakan bunga tidak sempurna dimana antara bunga jantan dan betina terpisah. Pada bunga jantan melinjo terdapat benang sari dan bunga betina terletak dalam karangan bulir. Pada umumnya bunga melinjo dalam penyerbukannya dibantu oleh angin atau serangga.

7. Bunga Kelapa

Bunga Kelapa Muda

berkahkhair.com

Bunga kelapa merupakan bunga dari jenis tanaman palmae yang memiliki karakteristik berumah ganda yakni bunga jantan dan betina berbeda tempatnya.

Penyerbukan maupun pembuahan pada bunga kelapa dapat dilakukan secara alami seperti angin mserangga ataupun manusia.

Hal yang menarik dari bunga kelapa adalah memiliki bentuk yang indah. Hal ini nampak jelas apabila pada pagi hari disaat embun masih menempel maka akan terlihat berseri-seri.

Bunga kelapa inilah yang kemudian akan menjadi cikal bakal buah kelapa setelah melalui dua tahap yaitu stadia mumbang (anak buah) dan dogan (kelapa muda).

Bunga kelapa ternyata memiliki banyak manfaat diantaranya daoat diolah menjadi gula aren atau kelapa dengan memanfaatkan nira. Lalu apabila nira kelapa difermentasikan maka akan menjadi minuman baru dengan rasa sepat manis yaitu tuak.

Kemudian bunga kelapa juga dapat dijadikan hiasan vas bunga di dalam ruangan. Baik itu dengan memanfaatkan bunga yang kering mauoun yang masih segar. Maka ruangan akn terlihat lebuh cantik, alami, eksotik dan segar.

Selain itu bagi masyarakat yang tinggal di desa, dengan adanya pohon kelapa telah mencirikan bahwa desa tersebut merupakan desa yang sederhana dan menghargai kelapa sebagai sumber pangan.

8. Bunga Jagung

Bunga Jagung Muda

berkahkhair.com

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply