6 Faktor dan 7 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Berkahkhair – Banyak para wanita maupun pria mengeluhkan rambut yang sering rontok. Merupakan suatu yang normal jika ada 100 helai rambut hilang setiap harinya. Tetapi jika berlebihan ada alasan medis yang bisa menyebakan kerontokan tersebut.

Bagi kebanyakan orang rambut merupakan mahkota. Tanpa rambut bisa menyebabkan rasa kurang percaya diri saat berada di lingkungan sosial.

Ditambah lagi rambut merupakan hal yang paling penting bagi para wanita. Dengan mempercantik rambut bisa membuat wanita itu tampil cantik di hadapan para lelaki.

Banyak cara yang dilakukan oleh pria maupun wanita untuk memperindah rambutnya. Ada yang menggunakan cara tradsional (alami) dan ada juga menggukana cara medis melalui kedokteran.

Tahukah anda bahwa setiap tahunnya penderita rambut rontok terus meningkat. Peningkatan ini disebabkan banyak foktor, mari kita bahas satu persatu.

Faktor Penyebab Rambut Rontok

1.Faktor Penyebab Rambut Rontok: Stress

Stress

pixabay.com

Stress yang berlebihan pada diri seseorang akan menyebabkan banyaknya rambut yang rontok. Sehingga faktor ini menempati urutan pertama yang perlu diwaspadai bagi yang ingin memperindah tampilannya melalui rambut.

Karena Stress merupakan tekanan psikologis serta fisik yang bisa datang dari menjalani operasi besar atau penyakit yang baru sembuh dari infeksi yang parah.

Penderita yang mengalami strees akan mengalami penipisan rambut di kepala bukan berarti akan mengalami kebotokan secara permanen. Nah, setelah mnegetahui ini, kita mesti wasapa ya guys.

2. Faktor Penyebab Rambut Rontok: Pengaruh Obat-obatan

Pengaruih Obat-obatan

pixabay.com

Efek samping dari pengaruh obat-obatan dapat menyebabkan kerontokan rambut. Misalnya obat-obatan untuk menangani gangguan jantung, tekanan darah dan  depresi.

Kerontokan yang paling banyak disebabkan pengaruh kemotrapi. Pasien yang sedang menjalani kemotrapi pertumbuhan sel ditekan yang gunanya untuk menekan pertumbuhan kanker.

3. Faktor Penyebab Rambut Rontok: Pengaruh Hormon

Pengaruh Hormon

pixabay.com

Akibat efek hormon pada umumnya diamali pria. Hormon dihidrotestoteron (DHT) menyebabkan kerontokan berlebih pada pria. Peningkatan hormon ini akan mengakibatkan rambut makin tipis dan tumbuh lebih pendek dari biasanya.

Begitu juga hormon androgyn yang bisa menyebabkan kerontokan yang sangat parah. Hal ini terjadi karena terlalu aktif atau malah tidak aktif tiroid yang bekerja pada hormon ini.

Sehingga mengakibatkan pertumbuhan rambut tidak normal artinya pertumbuhan rambut ini  dapat berbeda-beda.

4. Faktor Penyebab Rambut Rontok: Makanan

Makanan

pixabay.com

Konsumsi makan makanan yang buruk memiliki pengaruh yang dapat menyebabkan rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan mudah rapuh.

Seseorang yang sedang menjalani program diet disarankan untuk berhati-hati, karena diet yang salah akan menyebabkan kerontokan rambut yang berlebih.

Selain itu makan yang buruk merupakan munculnya penyakit pada tubuh. Sehingga kulit kepala akan kelebihan minyak dan akibatnya rambut menjadi rontok.

5. Faktor Penyebab Rambut Rontok: Alopesia Areata

pixabay.com

pixabay.com

Penyakit ini tidak menyebabkan kerusakan rambut secara permanen. Penyakit ini disebabkan karena penyakit autoimun yang dapat terjadi pada penyandang gangguan sindrom.

Gangguan sindrom adalah kelainan genetika sehingga memperhambat perkembangan gangguan fisik. Umumnya gangguan ini  sifatnya menular dari anggota keluarga dengan kondisi yang sama.

6. Faktor Penyebab Rambut Rontok: Kehamilan

Faktor Hamil

pixabay.com

Pada saat hamil atau setelah proses melahirkan, banyak para wanita yang rambutnya mengalami kerontokan. Kerontokan rambut ini merupakan terjadis secara alami.

Hal ini dipengaruhi karena hormone telogen effluvium mengalami sedikit gangguan. Meskipun rontok yang ditimbulkan cukup parah. Tetapi tenang saja, kerontokan rambut ini hanya terjadi bebrapa bulan saja.

Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Obat Tradisional

Ada beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami yang terbukti ampuh untuk diterapkan dan tentunya efek samping yang ditimbulkan sangat sedikit bahkan hampir tidak ada serta dana yang dikelurkan juga sedikit.

1. Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok: Kemiri atau Minyak Kemiri

1. Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok: Kemiri atau Minyak Kemiri

pixabay.com

Bahan alami ini terbukti sangat ampuh mengatasi rambut rontok. Buah yang berwarna coklat kehitam-hitaman ini dipercaya sebagai penyubur dan penumbuh rambut. Sehingga kami meletakkannya di urutan pertama.

Warna hitam yang dimilikinya akan membuat rambut menjadi lebih hitam secara almi dan minyak kemirinya terbukti ampuh membuat akar rambut emnjadi lebih kuat dan merangsang hormone rambut untuk tumbuh di kulit kepala anda.

Cara penggunaan cukup mudah hanya dengan meletakkan kemiri yang sudah disangrai dan kemudian digiling halus atau minyak kemiri di kepala dengan memberikan pijatan yang lembut dan didiamkan selama lebih kurang satu jam kemudian bilas dengan air, boleh juga menggunakan shampo.

Lakukan perawatan ini selama 3 kali dalam seminggu.

2. Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok: Madu

2. Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok: Madu

pixabay.com

Bukan rahasia umum lagi bahwa madu merupakan obat herbal yang memiliki banyak khasiat. Obat herbal yang berwana kuning keemasan ini selain teksturnya lembut juga saat dikonsumsi tidak lengket ditenggorokan.

Salah satu khasiat madu yaitu sebagai penyubur rambut dan membuat rambut kelihatan lebih kuat.

Penggunaanya cukup sederhana yaitu dengan mengoleskan madu di seluruh permukaan kulit kepala dengan melakukan pijatan selam 10-15 menit dengan lembut.

Lakukanlah hal ini minimal seminggu 5 kali di pagi atau malam hari menjelang tidur.

Baca:
8 Manfaat Lebih Mengkonsumsi Pisang Merah

3. Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok: Lidah Buaya

3. Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok: Lidah Buaya

wisatapontianak.com

Tumbuhan yang memiliki nama latin aloe vera ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat membuat rambut lebih tebal dan subur serta mengatasi kerontokan. Bahan herbal yang berwarna hijau ini cukup mudah ditemukan dan dibudi dayakan.

Penggunaanya yaitu potonglah lidah buaya menjadi beberapa bagian dan ambillah gel yang warna putih. Setelah itu olehkan ke permukaan kulit kepala sambil melakukan pijatan-pijatan ringan.

Diamkan selama 20-30 menit agar gel lidah buaya tadi meresap ke permukaan kulit kepala. Lakukan ini setiap pagi untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

4. Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok: Bawang Merah dan Bawang Putih

4. Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok: Bawang Merah dan Bawang Putih

pixabay.com

Kedua bumbu masakan ini ternyata memiliki pengaruh yang besar bagi kesuburan rambut. Tidak hanya itu kerontokanpun dapat teratasi secara efektif. Kedua bawang ini penggunaanya berbeda.

Khusus bawang merah maka cukup dikonsumsi dengan cara di acar. Atau dengan memeras bawang merah. Kandungan air yang dimilikinya dioleskan pada bagian kulit kepala anda pada malam hari. Lalu bilaslah rambut anda dengan shampoo agar wangi.

Kemudian untuk bawang putih yaitu dengan menghaluskan beberapa suing bawang putih, lalu balurkan pada rambut sebelum tidur. Lakukanlah hal ini sedikitnya seminggu 3 kali setiap malam.

5. Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok: Alpukat

4. Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok: Bawang Merah dan Bawang Putih

pixabay.com

Protein yang dimiliki oleh buah alpukat sangat efektif untuk menguatkan rambut dan memberikan asupan nutrisi pada rambut anda. Selain itu juga buah ini juga berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut anda.

Adapun caranya dengan dihaluskan, kemudian diaduk merata hingga menjadi krim. Setelah itu diamkan selama 30 menit lalu oleskan pada rambut anda secara perlahan-lahan.

Tunggu selama lebih kurang 20 menit setelah itu bilaslah rambut anda dengan air bersih. Lakukan hal semacam ini sedikitnya 3 hari sekali

6. Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok: Teh Hijau

6. Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok: Teh Hijau

pixabay.com

Teh hijau memiliki zat antioksidan yang berfungsi menjaga rambut agar tetap sehat dan kuat secara alami. Teh yang umumnya hidup di datarang tinggii dan sejuk ini cara penggunaan gampang.

Cukup menyeduh teh hijau dengan segelas air panas dan didiamkan selama semalaman. Setelah itu gosokkan teh hijau ini pada kulit kepala dengan memberikan pijakan yang lembut sebelum anda melakukan keramas.

Lakukan cara ini sedkitnya seminggu 2 kali setiap pagi.

7. Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok: Minyak Zaitun

7. Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok: Minyak Zaitun

pixabay.com

Minyak zaitun berfungsi untuk menguatkan rambut. Minyak ini terbukti sangat ampuh mengatsi kerontokan pada rambut anda. Penggunaannya oleskanlah minyak ini di rambut anda sambil memberikan pijatan yang ringan secara merata.

Berikan perawatan ini minimal 2 kali tiap pekannya. Kemudian lihat perubahan yang terjadi pada rambut anda.

Demikianlah artikel kami seputar cara mengatasi rambut rontok. Jika dalam prakteknya Anda juga belum mendapatkan hasil yang memuaskan dari obat tradisional yang kami tawarkan, maka tidak ada salahnya Anda mencoba obat alternatif yakni obat penumbuh rambut yang dapat dibeli di apotek.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 Comments

  1. cumilebay.com Sen, 28 Maret 2016
  2. cumilebay.com Rab, 13 April 2016

Leave a Reply