Beberapa Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berinteraksi Dengan Seseorang

Tak ada yang bisa menyangkal bahwa manusia itu butuh sosialisai. Karena manusia adalah makhluk sosial. Makluk yang pastinya sedikit banyak membutuhkan bantuan orang lain. Benarkan? Untuk dapat menyesuakan diri dengan orang sekitar banyak cara yang dilakukan seseorang. Mulai dari membaca karakter wajah, cara makan, senyuman dan bahkan ada yang menggunakan jasa peramal. Naudzubulillah. Semoga sobat berkah tidak demikian.

Seperti halnya orang China, mereka percaya wajah dapat merefleksikan kepribadian. Karena setiap bagian yang ada di wajah mempunyai makna dan arti tersembunyi. Jika Anda ingin nyaman berbicara atau berinteraksi dengan orang disekitar, pasti hal yang anda lakukan adalah melihat mimik orang tersebut. Benarkan?

Taukah anda berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh CIT (Carnegie Institute of Technology) yang berpusat di Amerika Serikat bahwa kesuksesan seseorang itu ditentukan berdasarkan orang itu terampil dibidangnya sebesar 15 % sedangkan sekitar 80 % ditentukan berdasarkan komunikasi dengan orang lain. Bukan zamannya lagi jika kita egois, orang egois akan sulit dalam segala bidang, apakah itu bisnis, pendidikan ataupun karier. Anda rasakan tidak? Malah orang yang peduli dengan lingkungan sekitar (manusia, hewan dan tumbuhan) akan berada di puncak kesuksesan.

Sebagaimana yang kami katakan diawal, setiap orang ingin merasa nyaman dengan kita. Untuk mendapatkan kenyamanan ini orang tersebut harus mampu memperlakukan orang lain sesuai dengan yang dia perlukan. Artinya setiap orang memilki jenis pendekatan-pendekatan yang berbeda untuk dapat berinteraksi.

.

Tes Kepribadian Berdasarkan 4 Karakter Manusia

Dalam ilmu psikologi ada 4 jenis karakter manusia, yaitu koleris, melankolis, sanguinis dan plegmatis. Setiap orang dapat memiliki 4 karakter manusia ini dan hanya satu karakter manusia yang dominan. Yuk kita simak satu persatu.

  1. Koleris

briantracy.com

briantracy.com

Korelis memilki arti dominan. Maksudnya adalah orang yang memiliki sifat ini cenderung memiliki sifat tegas dalam berbica dan tidak suka basa-basi. Jika berbicara langsung kepada intinya (to the point). Orang dengan karakter korelis bukanlah orang yang pendiam. Orang dengan tipe ini suka dengan perintah, aturan dan terarah. Jika apa yang diinginkannya tidak terpenuhi maka akan mudah marah. Kita bisa menemukan orang semacam ini sebagai atasan (pemimpin).

Dengan demikian orang yang korelis sangat berhati-hati dalam memilih teman atau sahabat. Bagi dia tujuan adalah segala-galanya. Sehingga tidak tak jarang kita jumpai orang yang memiliki karakter semacam ini terlihat sombong, cuek luar biasa. Tapi meskipun begitu jika anda berteman dengan orang korelis maka anda adalah orang yang spesial baginya. Sebab, anda adalah orang yang membantunya dalam puncak kesuksesan.

Jika dicermati orang dengan sifat ini dalam berbicara tidak menyukai debat. Ia lebih meyukai jawaban “Iya” dari lawan bicaranya. Jika anda temukan orang yang seperti maka jawablah pembicaraanya dengan “oh gitu”, “hhmmmm”, “baik”, “oke” atau hal senada.

  1. Plegmatis

pixabay.com

pixabay.com

Plegmatis atau biasanya dikenal dengan SI Cinta Damai. Kenapa? Karena orang dengan karakter ini tidak menyukai perdebatan dan cenderung menyukai perdamaian. Umumnya dengan sifat ini banyak penggemarnya. Karena plegmatis adalah pendengar yang baik. Kebanyakan dengan sifat ini dia akan dijadikan tempat curhat. Kesederhanaan, tenang, rendah hati, simple (tidak mau ribet) dan bijak membuat orang yang mendengar nasehatnya akan menyimak dengan seksama. Jika anda menemukan orang yang memiliki karakter seperti maka anda harus memulai pembicaraan. Mulailah dengan topic-topik yang umum. Nah, anda tidak perlu khawatir, karena selama 15 menit ke depan orang plegmatis hanya duduk diam saja dan menyimak apa yang anda bicarakan. Setelah 15 menit anda bicara dengannya maka dia akan mulai berbicara. Orang dengan tipe ini memiliki selera humor yang tinggi. Ditambah lagi jika antar anda dan dia memiliki banyak kesamaan. Sehingga maka dari itu pembicaraan antara anda dan dia akan menjadi lebih asyik. Dalam suatu organisasi orang plegmatis akan cenderung diam, dan menghindar tetap suatu konflik ataupun perdebatan. Umumnya setiap keputusan yang dihasilkan dalam rapat, orang dengan kararkter ini akan menyetujui hasil rapat, dan jarang atau tidak begitu aktif dalam memberikan saran. Jika anda belum begitu ahli dalam menilai orang apakah itu plegmatis, melankolis, korelis ataupun sangunis maka perhatikan saha dari cara dia berbicara, murah senyum dan ekpresi wajahnya sangat tenang bahkan orang yang melihatnya ikut hanyut dalam ketenangan. Apakah anda termasuk dari ciri-ciri orang plegmatis?

  1. Sanguinis

pixabay.com

pixabay.com

Merupakan orang yang sangat ceria dan ingin menjadi pusat perhatian. Sehingga jika kita temukan orang sanguinis dalam berbicara dia akan memulai pembicaran dengan banyak penjelasan baru kemudian ke pokok permasalan. Inilah yang membedakan orang korelis dengan sangunis. Orang psikologi menistilah orang dengan tipe ini dengan sebutan si superstar. Karena orang dengan tipe ini bersifat antusias dan ekspresif, ceria dan rasa ingin tahunya tinggi, mudah berteman dan menyukai orang lain, mudah memaafkan, menghindari hal-hal yang membosankan, senang berkumpul-kumpul, sangat aktif dan tidak suka berdiam diri, cenderung suka dengan pujian sehingga menjadi pusat perhatian orang. Dibalik keceriannya orang dengan karakter ini pandangannya mudah berubah-ubah, suka menghabiskan uang, dalam bekerja maka lebih suka berbica daripada menuntaskan kewajiban, mudah ditipu, jika ada suatu perkumpulan maka suara dan tertawanya sangat keras dan susah untuk diam. Jika anda berhadapan dengan orang ini maka setiap hal yang anda minta akan di”iyakan” olehnya. Bagi dia dengan banyak memberi akan membuat hatinya senang dan gembira. Apakah anda termasuk yang sangat ceria?

  1. Melankolis

pixabay.com

pixabay.com

Jika anda menemukan orang yang memiliki karakter sangat detail dan paling teliti, idealis dan perfeksionis maka bisa dipastikan orang ini cenderung bersifat melankolis. Ekspresi orang melankolis sangat mudah dijumpai. Yaitu lihat saja matanya, jika matanya kelihatan berkaca-kaca seperti menegluarkan aair mata maka bisa dikatakan orang tersebut memilki sifat yang cenderung melankolis.

Dalam berkomunikasi dengan orang jenis ini, anda harus berhati-hati karena orang ini memiliki hati yang lembut dan halus sekali. Itu artinya mudah tersinggung dan sangat sensitif. Orang ini tidak suka dengan orang yang banyak bicara, senangnya sendiri dan dalam keheningan. Menurutnya dengan keheningan dapat menentramkan pikiran dan suasana hatinya. Tetapi dalam beberapa kondisi orang dengan tipe ini bisa dikatakan adalah orang yang paling menderita, seakan-akan ia merasa didzalimi sehingga jika kita perhatikan ekspresi wajahnya terlihat memikirkan sesuatu dan penuh dengan masalah. Dan dalam kondisi lain melankolis tidak dan bahkan menghindarkan dari perkataan yang dapat menyinggung perasaan lawan bicaranya. Dan jika anda berbicara rahasia dengannya maka rahasia anda tidak akan disebarluaskan ke orang lain. Apakah anda menemukan ciri-ciri ini di lingkungan anda?

Tes Kepribadian Berdasarkan Organ Tubuh

Membaca karakter seseorang ternyata sudah dilakukan selama berabda-abad yang lalu dan itu diteruskan hingga sekarang. Banyak cara dalam mengenali kepribadian seseorang. Seperti halnya penjelasan diatas masih bersifat umum. Nah, kali ini kita akan membahas karakter seseorang dari organ tubuh yang artinya itu adalah lebih spesifik atau khusus. Yuk, kita simak!

  1. Bentuk Wajah

clearlycontacts.ca

clearlycontacts.ca

Ada 4 jenis bentuk wajah yaitu bulat, oval, kotak dan segitiga. Dari keempat jenis ini memiliki kepribadian yang berbeda. Bentuk bulat cenderung berkpribadian emosional, perhatian dan sangat sensitif. Orang yang memiliki bentuk seperti ini biasanya memiliki tingkat sesksual yang tingggi dan itu artinya dalam berhubungan memilki rasa nyaman yang stabil dan tahan lama. Sedangkan bentuk kotak lebih cenderung ambisius dan sangat agresif tetapi memiliki pandangan yang tajam dan analisa yang bagus. Beda halnya jika orang yang memiliki bentuk wajah segitiga yang umumnya didominasi oleh orang-orang tionghoa. Orang yang semacam ini terlihat kurus, kreatif dan temperamental. Dan wajah yang bentuknya seperti oval adalah orang dengan tipe pekerja keras, atletis dan dalam hal asmara cenderung tidak bertahan lama.

  1. Gaya Berjalan

pixabay.com

pixabay.com

Seorang penulis yang bernama Patti Wood dalam bukunya Making The Most of First Impressions mengatakan bahwa dalam melihat kepribadian seseorang tidak selamanya dinilai berdasarkan tampilan luar (wajah), tetapi bisa juga dinilai dari cara dia berjalan. Seperti yang akan kita ulas berikut ini. Gaya berjalan cepat memiliki karakter penuh percaya diri, semangat dan pantang menyerah. Kesuksesan bagi dia adalah kemampuan yang harus dicapai dengan usaha keras. Selain itu gaya berjalan lurus memiliki karakter yang tegas dan memegang teguh prinsip artinya orang jenis ini adalah visioner, yaitu berpandangan luas dan kedepan. Karakter ini berpeluang menjadi seorang pemimpin atau sosok yang diperhitungkan karena kebijaksanaannya dalam mengambil keputusan. Kemudian gaya berjalan menunduk. Jika ditemukan orang seperti ini umumnya adalah orang dengan tipe tidak percaya diri dan sulit bergaul. Bisa juga dikatakan orang ini terkesan cuek dan dingin. Meskipun begitu orang dengan karakter ini adalah sosok yang sangat setia kepada pasangan. Selain dari ketiga karakter diatas ada juga orang yang jalan dengan gaya lambat. Itu artinya ia merupakan sosok yang tenang, santai dan tidak mau ambil pusing suatu persoalan. Hanya saja orang semacam ini dalam suatu tim tidak bisa dijadikan pemimpin karena memiliki karakter bukan pejuang keras dan takut ambil resiko. Nah, ada keempat gaya berjalan diatas anda ada diposisi yang mana? Tetapi ada satu hal mendasar yang mesti diketahui bahwa setiap orang memiliki semua gaya berjalan diatas. Hanya saja dari keempat gaya diatas orang akan memilki salah satu gaya yang lebih cenderung.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 Comments

  1. Vixalexa Kam, 10 Maret 2016
    • Khair Kam, 10 Maret 2016

Leave a Reply