17 Trik Jitu Cara Belajar yang Efektif, Efisien dan Menyenangkan

Cara Belajar Efektif – Suatu hikmah yang sangat besar bagi orang yang sedang menuntut ilmu. Karena sejatinya setiap manusia yang hidup di dunia akan haus akan ilmu. Baik itu ilmu dunia terlebih lagi ilmu akhirat.

Bersungguh-sungguh dalam belajar tentu akan memperoleh hasil yang maksimal. Tidak ada kesuksesan diraih dengan bermalas-malasan. Namun kerja keras dan terus berusaha adalah kunci dalam meraih kesuksesan.

Ada suatu hadis dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tentang orang yang bersungguh dalam belajar. “Dua orang yang rakus dan tidak pernah kenyang yaitu, (1). Orang yang rakus terhadap ilmu da tidak oernah kenyang dengannya. (2) Orang yang rakus terhadap dunia dan tidak pernah kenyang dengannya. (Al –Baihaqi)

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama. Belajar adalah suatu perbuatan yang sugguh mulia. Akan tetapi dalam mencapainya berdoa saja tidaklah cukup melainkan juga dengan kerja keras.

Berikut ini akan kami berikan tips belajar agar lebih efektif. Silahkan disimak ya!

1. Cari Tempat yang Nyaman

Suasana Ruang Belajar

berkahkhair.com

Suasana yang nyaman akan membantu otak bekerja lebih prima. Ketika pikiran sudah nyaman maka hati akan turut senang. Sehingga belajar akan terasa mudah dicerna.

Akan tetapi tempan yang nyaman tidaklah harus luas melainkan tempat tersebut rapi dan bersih. Namun, tak bisa kami pungkiri versi nyaman sangatlah relative tergantung dari hati kamu sendiri.

2. Tentukan Waktu Belajar yang Baik dan Tepat

Menentukan Waktu Belajar yang Baik

berkahkhair.com

Kapan waktu efektif belajar? Islam sudah mengajarkan kepada kita bahwa waktu efektif belajar yaitu setiap bangun pagi dan sore hari setelah tidur siang. Kedua waktu ini terbilang efektif dalam menimba ilmu.

Karena kedua waktu ini saat dimana pikiran tenang dan suasana nyaman sehingga membuat kamu mudah memahami setiap pelajaran.

3. Tentukan Metode Belajar Menurut Hati

Menentukan Metode Belajar

berkahkhair.com

Setiap orang  tentu memiliki cara belajarnya sendiri. Terkadang seseorang cocok dengan metode belajar A tetapi tidak cocok dengan metode balajar B. Maka terapkanlah metode belajar kamu sendiri.

Namun ingat dalam metode belajar haruslah riang jangan menoton. Jadi jadikan metode belajar kamu bervariasi dan tidak jenuh apalagi bosan. Oleh karena pastikan aja kamu sudah menentukan metode yangtepat dalam belajar.

4. Belajar Dengan Disiplin

Disiplin Terhadap Waktu Belajar

leadfinder.org

Belajar itu juga perlu mengatur waktu. Kapan kamu mememulai dan juga istirahat. Disiplin sangat diperlukan dalam menuntut ilmu. Sebab dari disiplin lah orang bisa menjadi sukses.

Apabila dalam belajar kamu tidak disiplin maka cita-cita untuk menjadi oramng sukses akan terhambat. Buatlah daftar belajar lengkap dengan waktunya. Kemudian azzamkan dalam hati untuk bertekad menjalankan semua daftar yang telah dibuat.

Jangan biasakan belajar disaat besok mau ujian. Hal ini akan memberatkan kamu dalam menyerap materi pelajaran. Minimal dalam sehari kamu bisa menyisihkan waktu 1-2 jam untuk mengulang pelajaran.

Ingatlah, belajar bukanlah harus menunggu datangnya PR (pekerjaan sekolah), namun sewaktu PR di sekolah tidak ada. Maka kamu perlu membaca ataupun mengulang materi-materi yang telah disampaikan oleh guru.

5. Tulis Ulang Setiap Materi yang Diajarkan

Menulis Ulang Materi

dianeaninditya.wordpress.com

Setiap guru menjelaskan materi ajar maka sediakanlah buku catatan. Hal ini akan memudahkan kamu apabila mengulang pelajaran ketika di rumah. Selain dari pada itu, buatlah catatan khusus yang berisi materi inti dari setiap bab.

Dengan merangkum materi ajar maka akan menguatkan daya ingat kamu. Sebab ketika kamu menulis maka otak akan turut bekerja dalam memproses pelajaran.

Catatan yang baik itu adalah catatan yang memuat inti sari. Kamu boleh saja menulis dengan berbagai kreasi. Sehingga memudahkan kamu dalam membacanya di kemudian hari terutama ketika ulangan mendadak.

6. Biasakan Minum Air Putih Setiap Belajar

Minum Air Putih Setiap Belajar

deherba.com

Belajar juga memerlukan energy yang cukup besar. Karena tidak hanya fisik yang dikuras tetapi pikiran juga ikut lelah. Sewaktu belajar, ptak akan terus bekerja dan membutuhkan oksigen yang cukup banyak.

Apabila saja otak kekurangan oksigen maka akan menyebakan kelapa pusing dan mata akan mudah mengantuk. Maka dari itu sediakanlah air disamping meja belajarmu.

Karena dengan meminum air putih akan membantu memulihkan pikiran yang sempat lesu dan mengembalikan konsentrasi. Namun perlu diingat terlalu banyak minum air juga akan menghilangkan konsentrasi berpikir. Jadi kamu harus proposional saat meminumnya.

7. Menjelang Ujian Jangan Terlalu Banyak Belajar

Proporsional dalam Belajar

matabaraja.com

Mungkin kamu pernah dengar sistem belajar kebut semalam? Ya, ini merupakan sistem belajar yang keliru dan salah. Apabila kamu menerapkan hal ini maka yang terjadi ada tidak siapnya menjawab soal dan gerogi serta pusing.

Sistem ini sangat merusaka cara berpikir kita, karena ini hanya akan membuat dan menimbulkna tekanan pada pikiran kita sehingga buka ilmu yang bertambah malah sakit yang datang.

Mulai menerapkan kedisiplan dalam belajar, minimal dalam sehari 2 jam kamu sediakan untuk belajar maupun mengulang pelajaran. Hal ini memungkinkan pikiran kamu akan mudah mencerna pelajaran.

8. Learning by Discussion

Diskusi dalam Belajar

businessgolfjazz.lt

Belajar sambil diskusi merupakan metode belajar yang sangat efektif. Dengan berdiskusi maka akan memudahkan kita bertanya dengan teman-teman. Dengan begitu tidak ada orang yang bodoh apabila ia berdiskusi dengan baik.

Dengan berdiskusi juga maka pemikiran kita akan tertuang dan akan beradu argumen sebab ide yanga da di dalam pikiran kita akan terus tergali dengan sendirinya. Dengan berdiskusi juga akan membuat suasan belajar menjadi aktif.

9. Learning by Doing

Belajar Sambil Melakukan

licdn.com

Metode belajar ini banyak diterapkan di sekolah yang menerapkan sistem indoor outdoor. Banyak dengan menggunakan sistem ini semakin mudah memahami pelajaran. Sebab sembari mendengarkan teori namun diiringi dengan praktik.

Otak akan mudah mencerna secara visual dan langsung terekam dengan cepat. Banyak lembaga studi menggunakan metode ini kepada para muridnya. Alhasil terbukti, dengan waktu yang begitu singkat anak didik mereka berhasil mengingat dengan cepat.

Cara melakukan metode ini cukup mudah yaitu apabila hendak belajar maka disediakan juga alat peraga untuk belajar. Misalnya saja saat belajar ilmu biologi tentang organ tubuh manusia. Maka kamu juga menyediakan gambar atau sejenisnya.

10. Kurangi Menghapal Tapi Perbanyak Pehaman

Perbanyak Memahami Materi Pelajaran

berkahkhair.com

Metode menghapal emang terbilang sukses untuk kasus tertentu. Kamu apabila menghapal dibarengi dengan mendengar maka akan jauh lebuh efektif.

Dalam beberapa kasus menghapal hanya mengingatkan materi sekejap saja. Namun apabila kamu mempelajari materi dengan konsep pemahaman maka akan jauh lebih baik dan ingat lebih lama.

Dengan memahami pelajaran maka kamu telah membangun konsep berpikir untuk jangka waktu yang lama. Banyak orang sukses karena dia mengetahui suatu konsep dan mengolah serta menggali suatu cabang lebih dalam.

Ada istilah di film 3 idiots, Dengan menghapal pada dasarnya kamu telah menghemat waktumu selama 4 tahun di universitas akan tetapi kamu telah menghancurkan 40 tahun hidupmu kedepan.

11. Jauhkan Sifat Malu Jika Bertanya

Jauhkan Sifat Pemalu

notethinkdotcom1.wordpress.com

Apabila materi pelajaran yang diterangkan seorang pengajar tidak kita mengerti maka acungkan jari dan tanyakan materi tersebut dengan segera. Jangan sampai terbangun dalam diri untuk malu bertanya.

Ada istilah pepatah kuno, “malu bertanya maka tersesat di jalan”. Ini merupakan pepatah yang kaya akan makna. Bagaimana mungkin kita bisa mengetahui materi pelajaran dengan sempurna apabil atidak bertanya sama ahlinya.

Hal ini adalah yang mesti dibangun oleh pelajar. Jangan pernah gengsi untuk menunjukkan ketidak tahuan kita. Mulailah bangun rasa percaya diri dan jauhkan sifat malu.

12. Try and Error

Jangan Menyerah dan Coba Lagi

unismarockclimb.blogspot.com

Dalam belajar gagal itu adalah hal yang biasa. Thomas Alfa Edison saja bereksperimen sebanyak 999 kali baru berhasil menemukan bola lampu yang sampai sekarang kita nikmati.

Ada juga istilah, “Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda”. Maka dari itu jangan berhenti untuk terus mencoba dan mencoba. Karena kesukesan seseorang diraih dengan gagal. Dan kegagalan merupakan teman kita menuju sukses.

Kita tidak akan pernah tahu dimana letak kesalahan kita apabila belum menemui kesalahan. Materi yang sesulit apapun harus kamu hadapi dengan tenang dan tanpa menyerag. Cobalah terus memahaminya dengan baik. Karena setelah kesulitan pasti ada kemudahan.

13. Cintai Pelajaran yang Kamu Suka Tanpa Menyampingkan Pelajaran yang Lain

Mencintai Pelajaran yang Disenangi

nerds.airbnb.com

Apabila dari sekian mata pelajaran di sekolah, kamu hanya menyukai pelajaran ilmu geografi maka dalami saja pelajaran tersebut dengan benar. Namun perlu diingat peljari juga ilmu pelajaran yang lain meskipun tidak begitu kamu dalami.

Karena dengan mencintai suatu pelajaran maka akan lebih mudah ilmu diserap. Ini tidak lain karena kamu melakukannya dengan sepenuh hati maka hasilnya akan memuaskan. Atas dasar kecintaanlah maka pekerjaan akan mudah dirasa,

Sehingga segala bentuk penghalang akan sirna dengan cinta terhadap pelajaran. Banyak orang yang sukses juga karena dia mencintai apa yang dia pejari. Mungkin kamu yang membaca ini sudah mengetahui apa materi apa yang kamu cintai.

14. Ingatlah Tujuan Datang ke Sekolah

Tujuan ke Sekolah

baysidejournal.com/

Banyak orang telah mengabaikan bahwa tujuan mendasar ia ke sekolah adalah dengan menuntut ilmu dan menambah wawasan. Buanglah apabila sifat jelek telah meracuni pikiranmu.

Jangan permasalahkan apabila kamu mendapatkan tidak peringkat di kelas. Namun jangan kamu lupakan niat kamu pergi ke sekolah. Sadarilah peringkat itu hanyalah sebuah apresiasi dari sekolah atas usahamu.

Apresiasi terbesar adalah saat kamu bisa mengamalkan ilmu yang diperoleh di bangku sekolah di kehidupan bermasyarkat. Dengan mengingat tujuan mendasar ke sekolah maka tubuh akan bergerak dengan sigap sehingga belajarpun akan lebuh efektif.

15. Banyak Membaca

Perbanyak Membaca

msecnd.net

Pepatah mengatakan dengan membaca maka jendela dunia akan terbuka. Membaca merupakan kunci untuk memulai kesuksesan. Dengan membaca maka akan menambah pengetahuan kita.

Seorang pelajar yang menginginkan kesuksesan tentu dalam hatinya akan merasa rishi apabila sehari tidak membaca. Dengan membaca juga akan menambah dan memperluas pengetahuan kita.

16. Learning by Keyword

Mebuat Keyword

rahvaraamat.ee

Belajar dengan kata kunci merupakan suatu hal yang sangat penting. Misalkan saja sewaktu kamu mempelajari tentang hukum gravitasi. Maka akan lebih mudah kamu mengingatnya dengan singkatan g.

Contoh lainnya yakni apabila kamu ingin mengklasifikasikan hewan, maka kamu perlu mempeljari dulu nama-nama hewan seperti mamalia, reptile, burung, serangga dan jenis klasifikasi lainnya.

Setelah kamu memegang kata kunci tersebut baru kemudian kamu akan mulai mencoba mencari definisi dan contoh dari klasifikasi tersebut.

Cara ini akan membuat kamu dalam belajar lebih sistematis, terarah dan efisien. Namun satu yang perlu diingat, ketika mengambil waktu istirahat jangan lebih dari 15 menit karena nanti akan membuat kamu terlena dan tidak fokus untuk belajar lagi.

17. Membuat Flashcard

Mebuat Flashcard

haltonsbec.wordpress.com

Flashcar adalah media yang akan membantu kamu dalam mengingat setiap poin dalam pelajaran. Kamu bisa memotong-motong kertas seukuran kertas 15×15 cm. Dan kemudian kamu tulis hal-hal yang tidak kamu ketahui.

Pada satu sisi kamu boleh menulis pertanyaan. Flash card ini nantinya kamu temple tempat dimana kamu sering berada. Misalnya saja tempat belajar, ruang tidur, makan maupun di ruang keluarga.

Dengan menggunakan flashcard ini terbilang akan memudahkan kamu dalam belajar. Sehingga proses belajar kamu menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Sebagai tambahan, berikut kami lampirkan perkataan dan nasehat dari Imam Syafi,i tentang seorang penuntut ilmu. Perkataan ini patut ditulis dengan tinta emas agar kiranya dapat menginspirasi kehidupan kita.

***

Aku melihat pemilik ilmu hidupnya mulia meskipun ia dilahirkan dari orangtua terhina.
Dia terus-menerus diangkat hingga pada derajat tinggi dan mulia.

Umat manusia mengikutinya dalam setiap keadaan seperti pengembala domba ke sana sini diikuti hewan piaraan.
Jika kiranya  umat manusia tidak memiliki ilmu maka tentu tidak akan merasa bahagia dan tidak mengenal halal dan haram.

Diantara keutamaan ilmu kepada penuntut ialah semua umat manusia dijadikan sebagai pelayannya.
Wajib menjaga ilmu layaknya orang menjaga marwah dan kehormatannya.

Siapa yang mengemban ilmu kemudian ia titipkan kepada orang yang bukan ahlinya karena kebodohannya maka ia akan mendzoliminya.

Wahai saudaraku, ilmu tidak akan dicapai kecuali dengan enam syarat dan akan aku sebutkan  perinciannya berikut ini:

Pandai, perhatian tinggi, sungguh-sungguh, bekal, dengan arahan guru dan lamanya menuntutnya.

Setiap ilmu selain Al-Qur’an melalaikan diri kecuali ilmu hadits dan fikih dalam beragama.
Ilmu merupakan suatu yang berdasarkan riwayat dan sanad maka selain itu hanya was-was setan.

Bersabarlah terhadap kerasnya sikap maupun perilaku seorang guru.
Karena Sesungguhnya gagalnya mempelajari ilmu karena memusuhinya.
Barangsiapa belum merasakan pahitnya belajar walaupun sebentar,

Maka Dia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang perjalanan hidupnya.
Dan barangsiapa tertinggal belajar di masa mudanya,
Maka bertakbirlah untuknya empat kali karena kematiannya.

Demi Allah hakekat seorang pemuda ialah dengan ilmu serta takwa.
Apabila keduanya tidak ada maka tidak ada anggapan baginya.

Ilmu adalah tanaman kebanggaan maka hendaklah Anda senang dengannya. Dan waspadalah kebanggaan itu terlewatkan darimu.
Ketahuilah dan sadarilah bahwa ilmu tidak akan didapat oleh orang yang pikirannya tertuju pada makanan dan pakaian.

Pengagum ilmu akan selalu berusaha baik dalam keadaan telanjang dan berpakaian.
Jadikanlah bagi dirimu bagian yang cukup dan tinggalkan nikmatnya tidur
Mungkin suatu hari kamu hadir di suatu majelis menjadi tokoh besar di tempat majelsi itu.

***

Tulisan atau nasehat diatas diambil dari sebuha kitab dengan judul Kaifa Turabbi Waladan Shalihan, Al-Maghribi bin As-Sain penerbit Darul Haq. Demikianlah trik dan tips cara belajar efektif. Semoga bermanfaat

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 Comments

  1. kiki Gusnawan Sab, 4 Februari 2017
  2. Santo Primanti Sab, 4 Februari 2017

Leave a Reply