Bahan Alami yang Sangat Efektif Menghilangkan Bau Badan

Pernah merasakan gak saat anda berada di ruang yang dipenuhi banyak orang, tiba-tiba tercium aroma yang menyengat dan datangnya dari badan salah seorang dari ruangan tersebut. Nyaman gak? Bisa jadi anda langsung tutup hidung. Menahan napas atau bisa juga berkipas agar aromanya menyebar. Atau parahnya lagi anda bisa marah di ruang itu. Tapi, bagaimana sebaliknya jika aroma itu datangnya dari badan anda sendiri? Bisa kebayangkan gimana malunya anda?

Bau badan  adalah bau yang tak sedap dan berasal dari lipatan ketiak. Bau yang tak sedap ini disebabkan oleh bakteri dan keringat. Medis menyebutkan bahwa persentase kuman dan bakteri yang menempel pada badan hanyalah 1%. Meskipun hanya sedikit bakteri tersebut akan memecahkan protein yang kemudian akan menjadi asam dan menimbulkan bau yang tak sedap.

Banyak sebagian orang mengeluhkan bau badan yang dialaminya. Sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Semakin banyaknya aktifitas fisik yang dilakukan oleh seseorang maka semakin banyak pula keringat yang ditimbulkan. Meskipun pada dasarnya keringat tidaklah berbau namun keringat sangat membantu memperbanyak munculnya bakteri.

Namun, anda tidaklah perlu emosi dengan bau yang berlebih pada tubuh anda. Karena stress atau emosi juga akan memproduksi keringat menjadi lebih banyak.

Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas bahwa bau badan disebabkan karena bakteri dan bercampur dengan bakteri. Keringat yang timbul itu dihasilkan dari kelenjar accrine dan apocrine. Kedua kelenjar ini memiliki fungsi yang berbeda.

Kelenjar accrine menghasilkan kelenjar bening dan tidak berbau sedangkan kelenjar apocrine biasanya muncul diarea tubuh yang sempit dan tertutup dan meimbulkan bau tak sedap. Misalnya pada ketiak, hidung, kemaluan. Kelenjar accrine sudah ada saat kita masih bayi dan ini  biasanya keluar pada telapak tangan, sekitaran dahi dan bagian punggung. Jadi bau badan itu disebabkan karena kelenjar apocrine. Kelenjar ini akan semakin meningkat terutama pada masa-masa pubertas.

Disadari atau tidak bau badan sangat mengurangi rasa percaya diri. Apalagi jika sudah berkumpul dengan teman-teman. Maka biasanya kita akan menyemprot farmum pada badan baru kemudian bermain dengan teman-teman.

Banyak cara yang dilakukan orang untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi bau tak sedap ini. Seperti memakai baju yang berbahan catton. Baju dengan bahan ini dapat membantu kulit menajdi lebih mudah bernapas dan dapat mengurangi keringat yang berlebihan. Hindari menggukan baju berbahan satin karena bisa menimbulkan iritasi dan keringat berlebih.

Kemudian anda bisa mandi minimal 2 kali sehari. Dengan menggunakan air yang bersih. Maka akan melarutkan keringat dan kotoran yang menempal pada tubuh. Atau anda bisa juga menggunakan parfum. Kandungan anti perspiran yang terdapat pada parfum dapat menyumbap pori-pori pada kulit. Tetapi menggunakan ini secara berlebihan akan menyebabkan timbulnya peradangan dan perubahan warna pada kulit.

Cara yang sudah kita tampilkan diatas sifatnya hanyalah sementara dan memiliki efek samping sebagaimana halnya parfum tadi. Namun untuk hasil yang memuaskan tidaklah cukup dengan mencegahnya dari luar tapi bisa melakukan pencegahan dari dalam dan ini terbilang sangat ampuh. Baik langsung saja akan kita bahas obat herbal apa saja yang ampuh untuk menghilangkan atau mengurangi bau badan.

  1. Minum Air Putih

pixabay.com

pixabay.com

Minum air putih sedikitnya 8 gelas sehari akan membantu melarutkan dan menetral suhu tubuh. Sebagaimana telah kita ketahu bahwa keringat ditimbulkan karena aktifitas berat yang berlebihan. Oleh sebab itu dengan meminum air mineral sedikitnya 8 gelas akan menetralkan suhu badan. Ketika anda sudah merasakan capek maka ambillah air minum dan minumlah. Adapaun air minum yang dianjurkan yaitu air dingin (bukan air es). Aroma panas yang berasal dari dalam akan dinetralkan dengan air dingin ini setelah kita mimun.

  1. Memanfaatkan Rebusan Daun Sirih

ibucermat.com

ibucermat.com

Banyak mengenal bahwa daun sirih ini digunakan untuk perawatan organ kewanitaan. Tetapi bukan hanya itu saja manfaat daun sirih. Kandungan antibakteri dan anti septik dalam daun ini juga dapat mengatasi bau badan secara efektif dan ampuh. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu dengan merebus 3-6 lembar daun sirih segar (masih warna hijau muda) menggunakan 3 gelas air. Tunggulah hingga mendidih dan biarkan sampai rebusan tersebut hingga tersisa kurang lebih satu gelas saja. Ketika sudah dingin maka minumlah setiap hari (pagi atau malam) untuk mendapatkan hasil yang optimal. Bisa juga menggunakan air rebusan tersebut untuk mandi dengan merebus sedikitnya 10-15 lembar daun sirih dengan satu ember air.

  1. Menggunakan Kapur Sirih dan Perasan Jeruk Nipis

http://bibitbunga.com/

http://bibitbunga.com/

Kedua campuran diatas sangat ampuh mengatsi bau badan. Kandungan asam pada jeruk nipis akan meningkatkan pH kulit. Dan juga senyawa antibakteri yang dimiliki oleh jeruk nipis akan membunuh bakteri penyebab bau keringat.

Caranya yaitu mencampurkan kedua campuran tersebut dengan mengambil perasaan jeruk nipis dan menambahkan kapur sirih. Kemudian gosokkan pada bagian ketiak atau bagian lipatan kulit sumber bau setiap pagi dan sore atau setiap akan melakukan atifitas berlebih. Kemudian bilaslah dengan air dingin.

baca juga : Untung menggiurkan, menanam dan membudidayakan jeruk nipis

  1. Menggunakan Cengkeh

amazine.co

amazine.co

Bentuknya yang kecil dan warnanya yang coklat ini ternyata cengkeh memiliki senyawa antibakteri yang cukup tinggi. Bahan tradisonal ini mengandung zat anti-inflamasi dan bertindak mencegah adanya peradangan.

Rempah-rempah yang banyak digunakan untuk bumbu masak ini terbilang sangat mudah menggunakannya untuk mengurangi bau badan. Bisa mengambil 5-7 buah cengkeh kemudian rendam di air hangat.

Tunggulah hingga mengembang beberapa saat setelah itu minum secara rutin minimal 3x seminggu. Meskipun rasa pedas yang dimiliki bahan ini tidak akan menimbulkan sakit perut jika dikonsumsi. Cara lainnya bisa menggunakan rendaman cengekeh tersebut dengan langsung membasuhkanya pada tubuh agar mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Daun Kemangi

satujam.com

Daun yang biasa dikonsumsi untuk lalapan makan lele, ayam penyet, urap atau pecel ini memiliki khasiat yang sanga tinggi. Kandungan mineral dan antibakteri yang dimiliki daun ini terbukti mampu mengurangi bau badan dan mulut.

Caranya penggunaanya cukup mudah yaitu langsung dikonsumsi saat makan seperti halnya lalapan. Jika anda mengkonsumsi sayuran ini secara rutin maka bau badan yang anda derita akan berkurang sedikit demi sedikit.

  1. Mentimun

wongmlijo.com

wongmlijo.com

Sudah tidak asing lagi bagi kita dengan buah yang berwarna hijau ini. Sayuran yang biasanya digukan sebagai lalapan atau perawatan kecantikan ini mengandung air yang cukup tinggi. Selain dari itu mentimun juga memiliki senyawa antibakteri untuk menghilangkan bau badan. Sadar atau tidak saat mengkonsumsi mentimum ketika makan sedikit demi sedikit bau badan anda akan berkurang.

Cara menggunakan bahan herbal ini ada dua yaitu langsung dikonsumsi layaknya lalapan pendamping makanan dan juga bisa menggunakan potongan timun untuk dioleskan kebagian ketiak atau lipatan sumber bau. Tambahkan madu agar mendapat hasil yang optimal.

  1. Jahe

http://manfaatjahemerah.com/

http://manfaatjahemerah.com/

Orang Indonesia menyebut jahe sebagai rempah yang memilki kaya akan manfaat. Selain sebagai penghangat tubuh (wedang jahe, bandrek, air jahe) jahe ternyata berkhasiat membunuh bakteri pada tubuh sehingga bau bdaan dapat teratasi. Rasanya yang hangat dan pedas banyak dijadikan sebagai minuman dan pengganti minyak pijat.

Caranya itu menggunakan jahe sebagai minum keseharian. Seperti halnya wedang jahe, bandrek atau air jahe. Bisa juga dengan menggosokkan potongan jahe ini pada ketiak atau organ sumber bau. Jangan khawatir rasa pedas pada jahe tidak akan membuat iritasi pada kulit anda.

  1. Daun Beluntas

http://daunbeluntas.com/

http://daunbeluntas.com/

Daun ini hampir tidak diketahui sebagian orang fungsinya. Ternyata daun yang bertekstur halus, dengan berusuk halus dan memiliki banyak cabang ini ternyata bermanfaat dalam mengatasi bau badan. Tumbuhan ini biasanya ditemukan sebagai tanaman pagar atau bakan tumbuh liar yang tingginya bisa mencapai 3 meter. Cara penggunaanya yaitu dengan mengkonsumsinya sebagai lalapan atau bisa dimasak terlebih dahulu.

  1. Daun Jambu Biji

dharmamuliahusada.com

dharmamuliahusada.com

Banyak sebagian dari kita tidak mengetahui khasiat daun jambu biji selain untuk mengurangi bau pada jengkol. Daun jambu biji memiliki kandungan antibvakterial yang tinggi. Aroma harum pada daun tersebut terbukti ampuh mengurangi bau badan.

Caranya yaitu tumbukklah daun biji yang masih segar sampai halus dan kemudian oleskan pada bagain sumber bau seperti ketiak atau lipatan lengan. Gunakan secara teratur setiap sore agar mendapatkan hasil optimal.

  1. Kecombrang

http://bibitbunga.com/

http://bibitbunga.com/

Tumbuhan satu ini biasanya digunakan sebagai tambahan masakan pada daun singkong oleh orang Sumut. Selain teksturnya lembut dan harum, daun ini memiliki khasiat yang dapat membunuh bakteri pada kulit dan senyawa yang dapat menghilangkan bau yang tak sedap. Aromanya yang harum dapat membuat ketiak kamu terasalebih harum.

Caranya dengan oleskan kuncup tanaman yang satu ini secara merata pada bagain ketiak, lipangan tangan, leher bila perlu dan bawah lutut. Tunggulah sampai kitra-kira 10 menit lalu bilas dengan kain bersih yang telah dibasahi.

  1. Bunga Mawar

pixabay.com

pixabay.com

Anda tentu sudah kenal dengan bunga satu ini. Aromanya harum dan warnanya yang merah membuat orang yang akan melihatnya akan langsung mencium aroma yang dimilikinya. Bunga yang satu ini terbilang sudah banyak yang tahu khasiatnya yaitu sangat efektif untuk menghikangkan bau badan.

Caranya cukup sederhana campur bunga mawar denga air lalu gunakan airnya tersebut untuk mandi atau bisa juga dengan mengoleskan air awar ini pada bagian tubuh yang bau. Lakukan secara rutin sampai bau ketiak anda berkurang.

  1. Lobak

vemale.com

vemale.com

Tumbuhan yang hampir mirip seperti wortel ini ternyata memiliki peran yang penting dalam mengatasi bau badan. Lobak dapat kita jumpai di pasar atau supermarket. Dan umumnya tanaman ini digunakan sebagai sayuran dalam masakan. Cara cukup mudah agar bau badan anda dapat teratasi. Yaitu dengan membuat jus lobak. Lalu isikan ke dalam bentuk

  1. Tomat

http://blog.ruangguru.com/

http://blog.ruangguru.com/

Bahan alami yang terakhir ini adakah tomat. Buah yang berwarna merah ini sangat mudah ditemukan. Selain digunakan selain bahan masakan. Tomat dipercaya mampu meringankan bau badan dan ketiak anda.

Caranya sangat mudah yaitu haluskan tomat dengan ditumbuk atau blender 1-2 buah tomat. Oleskan kebagian tubuh yang sensitif terhadap bau. Diamkan lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini minimal seminggu sekali, niscaya bau ketiak atau bau badan anda akan berkurang.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

3 Comments

  1. Raihanah Ahmad Jum, 11 Maret 2016
  2. desi Sab, 12 Maret 2016
    • Khair Sab, 12 Maret 2016

Leave a Reply