Dengan Melakukan Ini, Akhirnya Aku Menemukan Kebahagiaan

Roda kehidupan terus berputar. Banyak episode yang telah kita lewati. Ada suka, ada duka. Ada kesempitan, ada kelapangan dan ada senang dan ada sedih. Namun semua episode itu tidak akan bisa kembali, hanya kenangan saja yang tersisa.

Ketika kesulitan melanda, kesedihan mendera dan cobaan terus datang. Terasa bahwa hidup ini begitu sempit. Tentu kita pernah merasakan ini semua. Hanya saja setiap dari kita melewati ini dengan kadar yang berbeda. Maka, cobalah tenangkan hatimu dalam situasi apapun meskipun cobaan sulit menerpa.

Tenangkan diri mu sobat, setiap hari memiliki cerita yang berbeda. Karena ini misteri dari Sang Maha Kuasa. Bisa jadi besok kamu bahagia, namun lusa kamu sedih. Saat ini engkau bersama dengan orang yang dicintai, namun besok bisa jadi kamu akan berpisah dengannya. Besok bisa saja kamu sedang merayakan kesuksesan, namun di malam harinya kamu sedang mengalami kegagalan.

Tidak ada situasi yang sama, semua berbeda. Kadang berada diatas ataupun dibawah. Namun hanya satu yang seharusnya tidak pernah berubah. Yaitu hati yang tenang dalam siatuasi apapun dan memahaminya karena takdir dari Sang Maha Pencipta.

Sobatku, kita ingin kebahagiaan menyelimuti hari-hari kita.Terutama dalam situasi sulit dan ditimpa musibah. Kita ingin hati senantiasa tenang, sehingga secara spontan tubuh dan lisan juga akan merasa tenang. Namun jika hati gelisah, maka seluruh tubuhpun akan bergetar.

Berikut akan kita ulas bagaimana hakikat menemukan kebahagiaan itu:

1. Berkumpul Dalam Rangka Menuntut Ilmu

https://pixabay.com/id/users/WikiImages-1897/

https://pixabay.com/id/users/WikiImages-1897/

Kebahagian itu dapat diperoleh ketika kita berkumpul dalam rangka menuntut ilmu. Jika hati gelisah. Jika hati merasa gundah dan hilang arah sampai tidak tahu tujuan, maka cobalah untuk berkumpul dalam majelis ilmu.

Karena di dalam majelis ilmu akan diturunkannya rahmat Allah subhanuhu wata’ala. Kegelisahan yang menyelimuti anda maka akan sirna jika berkumpul dengan orang-orang sholeh. Baca juga : laki-laki sholeh

2. Berdoa

http://photo.elsoar.com/

http://photo.elsoar.com/

Pernahkah anda ketika ditimpa kesempitan rezeki anda berdoa? Atau malah mencari kesenangan dengan pergi ke diskotik dan mabuk-mabukan. Jika ini yang dilakukan maka bukan kebahagiaan yang akan diperoleh tetapi melainkan menambah kesengsaraan.

Tahukah anda bahwa rahmat Allah subhanuhu wata’ala itu sangat begitu luas? Karena saat kita berdoa maka Allah akan mengabulkannya. Cobalah untuk berdoa, memohon kepada Allah agar diberikan ketenangan hati agar hati yang awalnya gundah dapat terobati dengan pertolongan Allah subhanuhu wata’ala.

3. Baca Al Quran

islamic-research.org

islamic-research.org

Al Quran adalah obat bagi hati yang keras. Hati yang selalu diliputi dengan kemaksiatan. Dengan membaca Al Quran, maka kebahagian dan ketenangan akan dirasakan seketika itu juga. Karena yang dibaca bukanlah sembarang kalimat tetapi melainkan kalamullah (firman Allah).

Sadar atau tidak sadar sesungguhnya Allah itu sangat dekat dengan kita. Saat adzan berkumandang, Allah telah memanggil kita. Disaat kita ingin berinteraksi dengan Allah, shalat adalah medianya dan disaat kita ingin berdialog dengan Allah, Al Quran adalah kalamullahNya.

4. Memperbanyak Mengingat Allah

http://abiummi.com/

http://abiummi.com/

Allah berfirman dalam surah Ar Ra’du ayat 28:

… orang-orang yang beriman dan hati merekamenjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati kan menjadi tentram.

Pahamkah kita hanya dengan berdzikir hati akan menjadi tentram? Pernahkah anda mencoba melakukan ini? Dan pernahkah anda meluangkan waktu sebentar saja untuk berdzikir kepada Allah?

Sobatku, kebahagian itu bukanlah didapat dari mengerjakan sesuatu yang tidak berguna, misalnya saja mendengarkan music atau bahkan menggunakan obat terlarang. Mari luangkanlah waktu kita untuk khusus berdzikir kepada Allah. Dan ingatlah dengan berdzikir hati akan menjadi tentram.

5. Bersedekah

http://masjidnusantara.org/

http://masjidnusantara.org/

Ada ketenangan hati disaat ringannya tangan ini memberi kepada yang membutuhkan. Disaat hati ini berguncang karena kelelahan maupun kepenatan, maka tiada lain yang dilakukan untuk meredakannya selain bersedakah.

Melihat senyuman dari orang yang menerima merupakan anugerah yang tidak tertandingi. Lebih membahgaikan lagi jika yang kita sedekahkan hanya semata mengharap ridha Allah subhanuhu wata’ala. Karena sejatinya rezeki merupakan pemberian dari Allah yang harus kita gunakan dengan baik dan berkah.

6. Buang Rasa Takut dan Khawatir

http://1.bp.blogspot.com/

http://1.bp.blogspot.com/

Perasaan takut bisa berujung tidak produktifitasnya kerja dan menurunnnya semangat dalam beraktifitas. Pikiran yang buruk adalah pikiran yang mesti dibuang jauh-jauh. Mulailah membangun pikiran positif. Yaitu dengan menjauhi rasa takut yang menyerang pikiran kita.

Munculnya rasa takut bisa bervariasi misalnya kehilangan orang yang dicintai, takut miskin atau bisa jadi takut mati. Namun kalau kita terus memikirkan ini semua, yang ada hanyalah penyesalan semata. Mulailah menatap kedepan dan bangun pikiran positif.

7. Jangan Menyimpan Dendam

fastaqimsolution.files.wordpress.com

fastaqimsolution.files.wordpress.com

Taukah anda bahwa dendam merupakan beban terberat di dalam hati? Apakah anda mau menyimpan dendam ini sampai mati? Jangan anda buang energy anda untuk hal yang emosi yang tidak berguna.

Cobalah ikhlaskan setiap problem yang menyerang kita. Maafkanlah orang-orang yang telah menyakiti hati kita. Dan gunakanlah energi kita untuk hal yang berguna dan hal yang positif.

8. Fokus Pada Satu Masalah

https://pixabay.com/id/users/Unsplash-242387/

https://pixabay.com/id/users/Unsplash-242387/

Banyak problematika dalam hidup kita. Namun selesaikan masalah itu dengan melihat masalah mana yang paling ringan dan mudah diselesaikan. Jangan habiskan waktu kita untuk mencoba menyelesaikan masalah sekaligus karena justru akan membuat kita semakin stress.

9. Jangan Mencoba Mengambil Masalah Orang Lain Sebelum Masalah Anda Terselesaikan

http://2012books.lardbucket.org/

http://2012books.lardbucket.org/

Sebenarnya tidak menjadi persoalan jika niat anda adalah untuk membantu menyelesaikan masalah orang. Tetapi selesaikan dahulu masalah anda. Dengan begitu hati anda akan begitu tenang dan nyaman.

Boleh saja anda memberikan saran dan solusi dari masalah orang. Tetapi jangan sesekali ikut campur dalam menyelesaikannya. Biarlah orang yang bersangkutan menyelesaikan masalahnya sendiri.

10. Jadilah Pendengar yang Bijaksana

http://oyibanget.com/

http://oyibanget.com/

Kita terlalu egois terhadap diri. Namun pernarkah kita menjadi pendengar yang bijaksana? Kita selalu mengharapkan orang lain mendengar dan mentaati omongan kita. Tetapi kita tidak pernah mendengar dengan seksama omongan orang lain.

Kita harus tahu bahwa menjadi pendengar yang bijaksana adalah hal yang sangat berguna bagi kehidupan kita. Karena dengan begitu kita mendapatkan hal baru. Bahwa bukan kita saja yang ingin didengar namun orang lain juga dan dari sinilah kita belajar.

11. Bersyukur

http://2.bp.blogspot.com/

http://2.bp.blogspot.com/

Nikmat yang terbesar yang Allah berikan adalah nikmat syukur. Karena dengan bersyukur Allah akan menambahkan kenikmatannya kepada kita. Terutama kebahagian dan ketenangan hati.

Dengan bersyukur esensinya kita sudah mendapatkan kesuksesan dan ini merupakan anugerah yang sangat kita idamkan. Dan juga dengan bersyukur kita telah berterimakasih kepada Sang Pemeberi Rezeki, berkatNya lah kita dapat menikmati kehidupan sampai sekarang ini.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 Comments

  1. Pengobatan gagal ginjal Sen, 21 Maret 2016
  2. ar syamsuddin Sel, 20 September 2016

Leave a Reply